Rendang Daging

Bahan:

  1. 1 kg daging sapi gandik atau paha, potong sesuai selera
  2. 2 buah serai, geprek, potong jadi 2 bagian
  3. 1 lembar daun kunyit (jika ada)
  4. 1 buah asam kandis ( ganti dengan 1 sdt asam jawa jika tidak ada)
  5. 5 helai daun jeruk purut
  6. 2 liter santan kental
  7. garam secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 250 gr cabe merah, buang bijinya
  2. 10 bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 25 gr lengkuas segar, kupas
  5. 25 gr jahe, kupas
Bahan Rendang Daging
Bumbu Rendang
Santan Untuk Rendang
Masak Rendang
Masak Kalio
Kalio
RendangBasah
RendangKering
Rendang Daging

Rendang Daging

Asal: Sumatra Barat.

Sumber: Filmawati, teman sekaligus eks rekan kerja di Batam.

Catatan!

Rendang adalah salah satu resep asli Minangkabau yang sudah mulai populer di Eropa. Orang sini menyebutnya "Rendang, Indonesian Curry". Kadang saya heran kok bisa disebut kari padahal bumbunya jauh dari bumbu2 khas kari yaitu : kapulaga, cengkeh, kayu manis, ketumbar dan jintan. Tapi sudah terlanjur salah kaprah susah kalau mau dikoreksi. Ngomong2 pertama saya belajar membuat rendang sendiri sekitar tahun '93, diajari sama Filma, teman sekaligus mantan rekan kerja waktu masih nyangkul di salah satu MNC di Batam. Saya yang berasal dari Jawa awalnya cuman bengong waktu diajak belanja ke pasar beli kelapa parut sekitar 2 kg untuk 1 kg daging. Lebih heran lagi waktu diterangin cara meras santannya pakai kain serbet bersih. Kata Filma supaya semua sari santan keluar. Caranya kelapa ditaruh di tengah-tengah kain, serbet kita gulung seperti bikin lontong, kemudian masing-masing dari kita pegang salah satu ujung serbet terus kita pelintir kain serbet sampai ngos-ngosan ha ha hah. Pengalaman berharga yang tak pernah saya lupakan.

Kunci bikin rendang hanya satu : SABAAAAAAR!!! ;-) Bikin rendang memang makan waktu, minimal 2.5 jam seperti buatan saya ini. Menurut beberapa sumber orang Minang bahkan perlu waktu sekitar 4 jam. Kalau selama itu terus terang saya tidak sanggup :-( . Satu lagi yang saya tahu dari orang Minang dan Melayu, kalau masak mereka tidak pernah pakai gula tentunya berlaku juga untuk bikin rendang. Trus bumbu sebaiknya digiling semua termasuk jahe dan lengkuas bukan hanya digeprek. Kalau cuman digeprek namanya bukan rendang ;-). O ya sebagai catatan tambahan, dalam resep ini saya tidak memakai daun kunyit dan asam kandis, karena kedua bahan tsb tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Jadi untuk Udo dan Uni dari Ranah Minang mohon maaf untuk kekurangan di atas. Namanya juga usaha...mohon dimaklumi ;-). Last but not least thx and credit goes to Filma yang sudah bagi2 pengalaman bikin rendang.

Cara Membuat:

  1. Cincang semua bahan bumbu halus kemudian blender sampai halus.
  2. Jika perlu tambahkan sekitar 50 ml santan untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Campur daging dengan bumbu yang dihaluskan, taruh dalam wajan ukuran besar (kapasitas minim 4 liter).
  4. Tuang santan, tambahkan serai, asam kandis, daun jeruk purut dan daun kunyit.
  5. Masak dengan api antara sedang dan besar sampai santan mendidih. ( Kurang lebih 0.5 jam )
  6. Kecilkan api ke posisi sedang, masak selama 1.5 jam sampai keluar minyak. Aduk sekali-kali.
  7. Cicipi, tambahkan garam sesuai selera.
  8. (Catatan : Sampai di sini masakan sudah bisa anda santap dengan kuah kental, namanya Kalio).
  9. Kecilkan lagi api, masak sambil terus diaduk sampai santan mengering dan minyak terserap oleh daging. ( Kurang lebih 0.5 jam)
  10. Hidangkan panas dengan nasi, rebusan daun singkong dan sambal lado mudo.

Catatan Tambahan:

  1. * Kalau suka rendang yg kehitaman, tambahkan kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus dan keluar minyaknya.
  2. ** Kalau saya lebih suka tidak terlalu kering, bisa dimakan sama nasi panas sambil mencocol sausnya ;-)






Reviews & Comments


  |  2011-12-19 19:12:35

Jase from says:

Finally! This is just what I was looking for.




  |  2012-08-20 23:02:24

c.ronaldo from madir,spain says:

mana gambar nya??

gambar segede itu masak gak nongol. Computernya lagi ngadat kali Cak Ronaldo ;-)


  |  2012-05-30 18:00:25

izal from langsa says:

berapa jam memasaknya?

Hallo Izal. Sekitar 2 jam untuk Kalio, 2.5 jam untuk Rendang. Bikin Rendang memang butuh kesabaran ;-) Selamat Mencoba OK?!


  |  2012-12-13 17:01:08

omolewa from mississauga says:

berhasil-berhasil horeeee :D klo tiap hari libur acaranya masak-masak sampai 5 macam jnis masakan, bisa2 sy jdi koki handal wkwkwkkwk semua berkat resep dr mbk endang.. :D good job ^_^

Selamat...Selamat Non Lewa jadi juara!! Udah jadi koki handal tinggal buka warung. Yg nyata tapi yach bukan warung maya kayak punya saya. Selamat Menikmati Rendang...ato jangan2 dach habis??.. Ayo Non...Masak Lagi sampek teler ha hah..


  |  2013-02-09 14:11:47

LexLex from Melbourne says:

dagingnya kalau diganti beef ribs masaknya sama seperti itu apa dagingnya harus dimasak lebih dulu? trus daun kunyit nya kalau diganti aja sama kunyit (bubuk) apakah oke oke aja?

Bos masak rendang apapun bahannya : daging (iga) itik, ayam, nangka masaknya bareng bumbu & santan, gak perlu dimasak dulu. Proses masak yg lama membuat daging empuk sendiri. Resep asli rendang gak pakai kunyit cuman daunnya kl gak ada skip aja tetep enak


  |  2013-10-20 23:11:31

Djoko from Berlin says:

Maturnuwun..eco....ming *daun jeruk purut* mboten wonten..diganti kulit Citrone..

Sami-sami Pakdhe Djoko. Saestunipun ron Jeruk purut sampun kathah lan sumadyo wonten Asia Laden. Menawi kerso, njenengan saged mundhut tanemanipun wonten exoticplant.de, key word "Citrus-hystrix". Mboten promosi lho namung mbagiaken pengalaman ;-)


  |  2013-04-11 20:49:23

yeyen from says:

wow wenax tenan mb

He eh. Rendang emang uenak kl bikinnya bener. Selamat atas kesabaran Yeyen selama proses memasak ;-) . Salam..Endang


  |  2013-07-06 10:36:15

animardianirahayu from bengkulu says:

aku walau bukan asli orang sumatra tapi makanan favoritku selain makanan sunda tentunya aku juga rendang... karena bumbunya yang meresap kedaging dan empuk dagingnya karena proses pembuatan nya yang lama itu yang aku suka gurih pedas bahkan kadang-kadang aku bikin sendiri rendang kalau ada acara-acara arisan di rumah

Hallo Ani. Kok sama he he. Meski saya dibesarkan dalam nuansa masakan Jawa dari Ibu dan masakan Sunda dari Ayah, tapi sekarang saya penggemar masakan dari seluruh Nusantara dech. Menurut saya semua enak ha ha. Salam..Kuliner..Endang


  |  2013-08-14 12:45:32

echa from bali says:

Mantap,,favorit keluarga,,

Sudah pernah bikin sendiri Echa?? Rendang emang istimewa tapi bikinnya itu mesti sabar banget. Tapi hasilnya emang bikin kangen ;-)Salam..Endang


  |  2013-09-03 09:02:15

ana from jakarta says:

Mbak, santan nya pakai santan instan sejenis kara gitu bisa? 1kg kira-kira pake brp ml santan instan ya mbak? *males meres kelapanya hehe :p Makasih sebelumnya mbak udah berbagi resep yg sedap-sedap ;)

Hallo Ana. Bagi yg punya kendala untuk mendapatkan kelapa parut ato males ;-) silahkan saja pakai pakai santan kara instan . Hasilnya tetap enak. Sesuai resep untuk 1 kg daging pakai santan sebanyak 2 liter. Selamat Mencoba & semoga sukses. Salam..Endang


  |  2013-09-30 20:13:27

Elin from NewYork says:

Resep2 m'Endang simple n mudah diikuti...hasilny jg Mantap, jd semangat bljar memasak...luv You Sista ..!!

Postingan ini juga hasil try error, kadang berkali-kali Sist. Yg sudah lolos seleksi dan eksperimen baru online biar gak digebukin pembaca apalagi yang barusan belajar biar tambah semangat gitu ;-). Keep on cooking ha ha..


  |  2013-10-19 22:02:57

Elmi from NL says:

Walau saya asli dr ranah minang. Yg dulunya cuma liattin ibuk waktu masak alias nggak pernah Belajar lsng. Pas dirantau menu rendang yg saya Buat hasil dr browsing di internet. Dan resep Mbak Endang ini pasti akan saya coba. walau dah dapet resep dr ibuk, tp nikmatnya tak senikmat ibukku yg masak...hiks hiks. Salam kenal dan sukses sll yah Mbak ;)

Aduh Elmi jangan bandingin rendang sy sama bikinan ibuk yg asli orang ranah minang. Jadi ngeriii nich ;-) Tinggal di rantau emang bikin kita tambah cinta masakan Indonesia, khususnya buatan ibuk!!Tul nggak?? Salam kenal kembali & thx juga u/ kunjungannya.


  |  2014-01-19 00:32:10

nadia from jeddah says:

Duh enak sepertinya ..tak Cobain ah..mksh ya MBA

Waduh Nadia. Resep ini lebih tepat dalam kategori "Sengsara Membawa Nikmat" ha ha. Maksudnya harap SABAAAAR berpanas ria di dapur gitu. Tapi hasilnya hmmmmmmmm....Jangan lupa disantap dengan sambal lado ijo. Wah gak rugi dech. Ok Selamat Mencoba dan Semoga hasilnya Mak Nyuss. Thx juga sudah mampir. Salam...Endang


  |  2015-07-17 16:37:03

eni from malang says:

Mbaakkk rendangnya uda saya coba. Ayayayyyy....enakkkk... Makasih bangets ya mbaakkk....Tips mengolahnya detil banget. Cocok untuk awam kayak saya hoho. Hidup kuliner Indo..

Hallo Enii......Selamat Rendangnya sukses. Berarti Eni sudah lulus tes kesabaran nich ha ha ;-). Pantas kalau Rendangnya Enak! Ayo silahkan lihat resep2 yang lain lagi siapa tahu ada yang patut dicoba selain Tumis Peda dan Rendang Padang. Salam...Endang


  |  2015-09-06 22:02:07

ayesha from rangkasbitung says:

Mbak, kalo gk ada daun jeruk purut d ganti pke apa?

Ayesha kalau daun kunyit gak ada masih OK tapi kalau daun jeruk purut usahakan ada biar rasanya mantap. Penggantinya ya daun jeruk purut kering mungkin ada beli di Supermarket Non. Kalau bahan pengganti lain kayaknya nggak ada. Maaf Ayesha itu saja sepengetahuan saya. Selamat Mencoba...salam..Endang


  |  2015-09-06 21:59:17

denia from Jerman says:

hallöchen mbak, mantap nih resepnya, nanti saya mau coba. kalo ga ada daun kunyit gpp ya? ga nemu di sini, udah sampai keriting cari2 online pun tak ada hiks. makasih ya mbak resepnya.

Ha ha....daun kunyit..di Indonesia saja gak semua daerah ada kecuali nanam sendiri Denia. Skip ada tetap enak kok. Selamat Mencoba Semoga Sukses. Jangan lupa bikin Samabal Lado Ijo hmmm sedap ;-) Hi hi biar makin ngiler nich..


  |  2015-09-26 20:36:45

titi from solo says:

kemaren nyoba perdana bikin rendang tpi kok rendang aku g bisa kluar minyak nya gitu ya mba...apa krn aku pakek santan instan yg aku campur air gitu ya...rasa nya sih lumayan tapi kok gitu ya :-( 1 - 10 nilai nya cuma 3 :'( hiks..hiks..mb endang

Titi, terus terang Bumbu Rendang termasuk sederhana tidak begitu banyak ragam dibandingkan dengan kuliner Bali misalnya tapi peran santan memang sangat penting di hampir semua masakan khas Minang. Kalau ada sebaiknya memang pakai santan segar atau kalau terpaksa gak ada kelapa parut segar seperti di tempat saya, pakai sediaan santan cair kemasan tetra pak yang berkualitas bagus (kandungan santannya banyak atau setara dengan santan kental. Itu saja saran saya dari pengalaman pribadi. Ayo coba lagi sampai dapat skala 9 he he. Salam....Endang


  |  2015-11-19 20:22:36

lina hidayat from Philippines says:

Halo mbak, kalo gak ada lengkuas/laos bisa diganti apa? Susah sekali dan blim nemu lengkuas disinu, baik di supermarket maupun lokal market :( Trima kasih ya mbak

Hallo Lina. Di Philipina gak ada lengkuas ya? Baru tahu saya kalau dapur Philipines tak kenal laos. Kalau bahan pengganti, terus terang lengkuas sama kencur itu termasuk bumbu yang gak punya pengganti ;-(. Bumbu Rendang sebenarnya simpel tetapi kalau kurang salah satu jadi kehilangan karakter. Di Sumatra bahkan ada yang bikin rendang dengan parutan lengkuas. Coba Lina pergi ke Toko punya orang Thailand kalau ada di Philipina pasti mereka punya lengkuas. Tapi kalau gak ada mungkin nunggu pulang kampung dech bawa dari rumah. Maaf ya Lina kalau jawaban saya gak memuaskan tapi emang gak ada pengganti untuk lengkuas. Salam...Endang


  |  2016-07-05 18:49:36

sylvia from cileungsi says:

Agak ragu juga sama resep'a, simple.. ngga sama dg yang biasa sy buat. Penasaran dan tadaaa.. hasil'a bikin perut langsung kriuk kriuk hehee.. (tahan dulu lagi puasa). Buka puasa langsung santap.. mantap dan pas rasa'a, makasih banyak mba endang

Sylvia.. Paham dech dengan keraguan sama resep ini. Ada memang variasi resep Rendang yang bumbunya lebih komplit pakai kunyit, ketumbar, kemiri bahkan pakai kayu manis segala. Tapi resep simpel yg saya dapat dari teman ini yg akhirnya saya pakai sampai sekarang. Bikin Rendang saat puasa....waduh bener2 saluuuuuuuuut untuk kesabaran Syvia ;-). Selamat Idhul Fitri 1437H. Minal Aidin Wal Faidzin. Salam....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari