Sambal Lado Ijo / Mudo

Bahan:

  1. 15 cabai hijau keriting, potong-potong
  2. 7 butir bawang merah
  3. 2 buah tomat hijau ukuran sedang, belah 2
  4. 1 sdt air jeruk nipis
  5. 1 sdt garam
  6. 3 sdm minyak goreng
Bahan Sambal Lado Mudo
Rendang dengan Sambal Lado Ijo
Sambal Lado Ijo

Sambal Lado Ijo / Mudo

Asal: Sumatra Barat

Sumber: Kumpulan Resep Sambal Nusantara

Catatan!!

Ini dia salah satu sambal yang menjadi menu wajib jika saya makan di restauran Padang : " Sambal Lado Ijo atau Sambal Lado Mudo". Seperti biasa menu racikan favorit saya adalah Nasi, Ayam Pop, Rebusan Daun Singkong trus ditambah Sambal Lado Mudo/Ijo banyak2. Seyangnya daun singkong adalah barang langka di tempat tinggal saya sekarang, jadi sekarang saya makan sambal Lado Ijo ini dengan lauk apa saja : Rendang, Ayam goreng, Ikan Goreng, telur dadar. Rasanya hhhhhhmmmmmmmmmmm tetap enak dech....cuman ngebayangin aja saya udah ngiler he he.

Seperti kita ketahui bagi masyarakat Minangkabau, cabai dan sambal bukan hanya berperan sebagai pendamping masakan, sebaliknya cabe dan sambal ibarat sudah menjadi makanan pokok bagi mereka :-), Iya nggak? Nyatanya fakta memang tak bisa dibantah, jika anda pengagum masakan Padang, anda tahu pasti tanpa sambal ibarat anda makan sayur tanpa garam. So Anda tertarik untuk bikin sendiri di rumah? Resepnya praktis, bikinnya cepat dan gampang tapi dijamin rasamya hhhhhhhhhhmmm dijamin bikin nambah nasi terus sampai anda kepedasan plus kekenyangan ;-).

Cara Membuat:

  1. Kukus cabai hijau, bawang merah dan tomat sampai lunak ( kurang lebih 5 menit).
  2. Angkat dari api lalu ulek kasar dengan cobek.
  3. Panaskan minyak goreng kemudian tumis sambal yang sudah diulek.
  4. Tambahkan garam sesuai selera. Aduk rata.
  5. Terakhir masukkan air jeruk nipis, aduk sebentar dan angkat dari api.

Catatan Tambahan:

  1. Jika sudah dingin sambal bisa anda simpan di dalam wadah tertutup rapat kemudian simpan dalam kulkas.
  2. Sambal Lado Mudo bisa anda konsumsi untuk beberapa hari.






Reviews & Comments


  |  2012-10-19 09:30:53

ria from ragunan says:

kmrn wkt aku ada acara pengajian aku bt nasi dus ala mskan padang yaaaa aku belajar deh bikin sambal ijo tp horeeeee aku berhsl malah tetangga ada yg bilang lbh enak dr pd orang awak katanya hhhheeeeee nyanjung sendiri

ha ha ha.. Ria kalo emang puas dengan masakan sendiri boleh dong berbangga hati. Nyanjung diri sendiri lebih baik daripada mencela orang lain, iya nggak? ;-)


  |  2012-12-07 22:58:25

omolewa from mississauga says:

sambal terasi dan sambal ini kesukaanku,,hmmm yummy,,jauh dr tanah air ternyata membuatku lebih pintar masak :D, maklum klo ditanah air cuma bisa beli doang dan malas masak hehehe :) makasih buat resepnya pengen mencoba semua masakan disini ;)

Wow.. Non Lewa tancap gas nich he he. Sambal emang gak ada matinya !! Selamat bereksperimen dengan resep2 baru. Semoga tambah canggih di dapur. Thx untuk kunjungannya. Wish U Happy Cooking ;-) Salam...Endang


  |  2013-03-19 23:10:56

dewi from kuala lumpur,Malaysia says:

thanks buat resep2nya, bikin lidah selalu bergoyang, jadi rajin masak dan mencoba masakan baru terus nih, (biar tambah disayang suami) hehehe

Hallo Dewi. Ayo silahkan dicoba sepuas-puasnya. Yang nyangkut di lidah diterusin yg gak cocok ya ntar lewatin aja he he. Sy dukung 100% nich cita2 mulia untuk menyenangkan suami. Thx juga sudah mampir. Salam....Endang


  |  2013-03-29 18:25:36

cindy from serang-banten says:

Nggak usah diragukan lg deh sambal lado slalu bikin mataku melek trus and banjir keringat ky abis olahraga, sehat khan! Pokoke ueeeenak tenan rek.

He he. Setuju sama Cindy. Sambel ini juga wajib bagi saya kalau pas makan di restauran Padang atau kalau pas masak Rendang. Emang Mak Nyuss dech ...Salam Sambal Lado Ijo ;-) ....Endang


  |  2013-04-11 20:50:34

yeyen from says:

nyummy abz dec kakakku cuxa low mkz y

Sambal ini cocok untuk teman makan Rendang yang barusan dibikin tuch ;-)


  |  2013-07-11 19:43:56

Novi from Jambi says:

Jd tmbah ngiler nich,cb aah siang nich... Tq tuk resepnya

Hallo Novi. Ayo silahkan dicoba. Sambal Lado Ijo bikinya gampang tapi rasanya cukup nendang lho. Salam...Endang


  |  2013-08-14 12:39:26

fitri from bandung says:

Kalo sedang sakit aku males makan. Tapi kalo ada nasi rames padang plus extra sambal, makanku lahap kali

Kalau saya kebalikan Fitri. Kalau sakit makan saya tambah banyak. Contoh sakit sariawan malah saya makan Yang pedas2, habis itu sembuh ha ha. Sambal emang gak ada matinya ;-) Salam...Endang


  |  2013-09-03 08:56:21

asmawati from pekanbaru says:

Thanks ya resepnx, udah q praktek kan ternyata enak banget, menggoyang lidah...

Sama-sama Asma. Saya ikut senang hasilnya sesuai selera. Ayo silahkan dicoba resep sambal yang lain. Thx sudah mampir. Salam..Endang


  |  2013-10-03 20:26:27

alivia from lampung says:

resepnya bisa bisa menggoda iman nih.. jadi pengen masak terus :D tambah lagi ya mba resep resep nya yang banyak....

Alivia bisa aja nich he he. Tepatnya menggoda mata trus turun ke perut kriuk-kriuk bunyinya minta diisi. Ayo sana cepetan masak biar iman gak tergoda untuk jajan di luar ;-) Thx untuk motivasinya. Salam..Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari