Gulai Daun Singkong

Bahan:

  1. 500 gr daun singkong
  2. 50 gr ikan teri, goreng (jika suka)
  3. 1 buah serai, potong jadi 2, memarkan
  4. 1 sdt asam, larutkan dengan 2 sdm air
  5. 2 lembar daun salam
  6. 2 cm lengkuas, geprak
  7. 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  8. 400 ml santan sangat kental
  9. 300 ml air atau santan encer
  10. Minyak secukupnya
  11. 2 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Halus:

  1. 3 bh cabe merah
  2. 6 bh bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 5 butir kemiri
  5. 2 cm kunyit, sangrai atau 1 sdt kunyit bubuk
  6. 2 cm jahe
  7. 2 sdt ketumbar atau 1 sdt ketumbar bubuk
  8. 1 sdt jintan atau 1/2 sdt jintan bubuk
Wirsing Putzen
Wirsing Putzen
Wirsing Putzen
Weiche Wirsing
Blanched Savoy
Blanched Savoy
Bahan Gulai Daun Singkong
Air Asam
Gulai Daun Wirsing
Gulai Daun Wirsing
Gulai Daun Wirsing
Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Asal: Sumatra Barat

Sumber: Kumpulan Resep Indonesia

Catatan..

Di daerah asalnya di Sumatra Barat, gulai daun ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daun paku, makanya disebut "Gulai Daun Paku". Sementara di restauran padang saya sering melihat dengan bahan dasar kacang panjang dan kol. Daun singkong adalah favorit saya, sayangnya daun ini tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Sebagai alternatif saya ganti dengan daun kale (Inggris = Curly Kale, Jerman = Grünkohl).

Karena daun kale juga tak selalu ada, iseng2 kali ini saya bereksperimen dengan daun Wirsing (Jerman) atau Savoy (Inggris). Awalnya saya skeptis melihat teksturnya yang keras. Tapi setelah saya coba trik ini dan itu, ternyata hasilnya sangat memuaskan, paling nggak buat saya lho ;-). Bagi anda yang tinggal di LN dan mempunyai problem serupa silahkan coba alternatif di atas. Kuah Gulai ini rasanya sungguh sedap dan nikmat, jadi apapun jenis sayuran yang anda pakai tak akan mengubah rasanya. Pertimbangan saya, alangkah sayang jika resep gulai ini anda lewatkan begitu saja hanya kendala sayuran yang tak terakses ;-(.

Catatan : Jika anda menggunakan daun kale, buang bagian tulangnya yang keras, kemudian iris kasar dan bisa langsung direbus. Tips bagi anda yang memakai daun Wirsing atau Savoy : Daun sejenis kol ini cukup keras menyerupai daun pepaya. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, buang tulang daun yang keras, remas2 daun dengan garam sampai daun lemas, kemudian rebus dalam air mendidih. Tiriskan dan peras sampai air keluar. Baru potong2 kasar. Selamat bereksperimen dan semoga sukses :-)

Cara Membuat:

  1. Rebus daun singkong hingga matang, angkat dan tiriskan. Potong-potong kasar.
  2. Cuci ikan teri, goreng kering, sisihkan.
  3. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut dan daun salam hingga bumbu matang dan berbau harum. (kurang lebih 10 menit)
  5. Pindahkan bumbu tumis ke dalam panci ukuran sedang.
  6. Tambahkan ke dalamnya air panas atau santan encer dan air asam. Masak dengan suhu sedang hingga mendidih.
  7. Masukkan daun singkong atau daun pengganti lain yang anda punya.
  8. Tambahkan santan kental dan teruskan masak di atas api sedang sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah.
  9. Masak sampai santan mendidih dan mengental. Cicipi dan tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  10. Masukkan ikan teri goreng. Sajikan hangat.






Reviews & Comments


  |  2012-10-28 06:34:05

deni setyorini from kalimantan says:

Sip bangettttttt

Setuju dech Deni. Emang gulai daun ini rasanya siip dan gurih hm nyam..nyam.. ha ha


  |  2012-11-09 17:41:39

Mutia FD from Malang says:

gulai, saya kurang suka karena cenderung berbahan daging. ini berbahan sayur, so... boleh dicoba

Hallo Mutia. Silahkan dicoba ..ditanggung dech Gulai berbahan daun singkong ini rasanya sedap dan tidak bikin blenger ..khususnya bagi yg kurang suka gulai daging. Salam..Endang


  |  2013-02-01 17:17:08

narita trad from gambia africa says:

Ikan teri bisa ngk d.ganti dgn sarden.soalnya d.sini susah cari ikan teri

Hallo Narita. Di resep disebutkan optional atau jika suka. Tp kl nggak ada mending gak usah pakai dech daripada diganti sarden apalagi sediaan kaleng yg sdh berbumbu ntar bikin rasanya tercampur-campur gak karuan ;-) . Itu menurut saya lho. Salam..Endang


  |  2013-09-13 21:13:31

diana from hongkong says:

SEDAP . CUMA SAYANGNYA DAUN SINGKONG TAD ADA DI HONGKONG . DAN SAYA SUKA TONGSENG KAMBING . TAPI BLUM DAPATI RESEPNYA DISINI

Sama dech. Daun singkong juga gak ada di sini, padahal kalau di Ina malah banyak dijadikan makanan kambing he he. Jadi ngiri dech saya sama kambing ;-( . Resep Tongsengnya harap nunggu antrian dulu ya Non ;-)


  |  2013-06-17 12:52:38

rara imot from medan says:

Saya paling suka gulai daun singkong,tp kayaknya cara kita masaknya beda.tanks ya ud kasih saya resrp yg bru:::--)

Banyak variasi resep tradisional Rara. Semua unik dan sedap asal masaknya benar. Ayo silahkan dicoba, kalau cocok silahkan pakai, kalau nggak lewatkan saja. Salam...Endang


  |  2013-07-01 19:40:43

Yohana from München says:

daun singkong kalo di jerman bisa diganti dgn apa ya?

Waduh Jeng, Lha itu udah saya terangin panjang lebar di catatan khusus, bahan pengganti dan gimana cara ngolahnya. Udah kebelet masak sampai lupa baca ya he he..


  |  2013-11-01 14:03:31

Lilis from München says:

Thanks resepnya dik Endang! Sudah aku coba sekali hasilnya langsung ludes gak bersisa......

Selamat woi...Ayo..ayo silahkan dicobain semua resepnya biar tambah canggih he he. Thx juga sudah mampir. Schönen Gruß aus meiner Küche...Endang


  |  2014-02-19 23:56:28

erlin from finland says:

Wah resepnya enak banget. Brsan sy hbs masak daun singkong mbak, tp sayangnya tdk sy kasik ikan teri. Soalnya, keburu mertua dtg kerumah ngantar anak sy td. Ya jd nya sy gk jd grg ikan terinya. :-)

Erlin takut baunya ya ha ha ha ;-). Padahal ikan teri kriuk2 bikin tambah Mak Nyuss !! Besok aja bikin ikan terinya siapa tahu sayurnya masih sisa ;-)


  |  2014-02-21 14:13:00

from says:

Ya mbak takut kebauk an. Hehehe.... Sayurnya masih mbak.

Yach tinggal digoreng terinya kan udah gak ada patroli ha ha ;-)


  |  2014-03-14 08:10:48

yeri from batam says:

daun singkong makanan kesukaan saya.tpi saya bingung bikin menunya itu. ibu saya sering masakin saya enak banget

Ngapain bingung Yeri :-) Yach tinggal tanya atau nungguin Ibu kalau pas lagi masak dong..trus tinggal dicatat dan dipraktekin. Daun singkong emang enak apalagi masakan ibu masakan paling enak sedunia :-). Salam..Endang


  |  2014-11-05 08:10:36

Selfi Le from tangerang says:

Gulai sayur singkong enak bgt cumi aku ganti ayam. Anak2ku jd suka ma sayur daun singkong'tadinya ngak suka daun singkong skrang jd suka. makasih banget ya resepnya

Hallo Selfi....selamat oi...usahanya patut diacungi jempol merubah yg gak disuka jadi disukai anak2 :-). Silahkan bahan diganti apa saja asal sedap, kenapa nggak? Di Sumatrapun resep gulai ini bahannya juga bervariasi seperti saya tulis di catatan atas. Silahkan lihat2 resep yang lain siapa tahu ada yang cocok. Terima kasih juga sudah mampir kemari. Salam....Endang


  |  2014-12-01 08:03:55

Ira from Melbourne says:

Mantepppp Mbak. Pake Kale bisa yah, ntar sy coba. Thanks... Krn di sini ndak isa nemu daun singkong, sy pake silverbeet leaves.

Sama Ira, daun singkong juga barang langka di sini ;-(. Solusinya ya pakai daun apa saja yang bisa dimakan dan teksturnya keras biar gak hancur waktu dimasak. Di resep ini saya pakai Savoy karena daun Kale juga jarang di Jerman bagian selatan ;-(. Tapi kondisi membuat kita kreatif dan inspiratif, iya nggak? Selamat Bereksperimen, Semoga Sukses. Salam....Endang


  |  2014-12-06 11:53:46

endah from surabaya says:

Resepnya mo di coba,,,krn mau aku sajikan utk suamiku yg sebenarnya kurang suka makan sayur. Thx resep nya ya...

Selamat Berjuang Endah, Semoga misinya sukses ha ha ...Kebanyakan mengkonsumsi daging tidak baik lho, lebih baik kalau menu seimbang ;-). Selamat Bereksperimen Semoga sukses.. Salam....Endang


  |  2015-04-25 16:16:27

dinda from malang says:

di ganti bayam bisa gak yaa ? daun singkong bkin naik darah (darah tinggi)

Hallo Dinda. Menurut saya bayam kurang cocok karena lekas lunak, padahal gulai biasanya dimasaka gak lama supaya bumbunya benar2 meresap. Ganti saja dengan daun pakis, atau campuran kacang panjang dan kol seperti orang padang kalau suka. Itu saja yang bisa saya sarankan. Salam...Endang


  |  2016-01-31 13:33:08

kang mun from riau says:

Woww,,klihatanya enak tuh,,boleh d ciba tuh resep nyaaa,thanks ya mbk....

Emang enak Kang Mun. Ayo jangan ragu-ragu segera praktek. Pakai lauk ayam atau ikan goreng hmmm tambah nikmat ;-). Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari