Cumi Saos Padang

Bahan:

  1. 750 gr cumi ukuran sedang, siangi sampai bersih
  2. 200 ml air panas
  3. 3 sdm saus tomat
  4. 3 sdm saus cabe/sambal botolan
  5. 2 sdm saus tiram
  6. 1 buah jeruk nipis atau 1 sdt asam dilarutkan dengan 2 sdm air dingin
  7. 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  8. 2 batang serai, memarkan
  9. 1 sdt gula pasir (jika suka)
  10. 1 sdt tepung maizena larutkan dalam 2 sdm air dingin
  11. 1 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Halus:

  1. 5 buah/50 gr cabai merah, buang bijinya
  2. 100 gr/10 buah bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 2 cm/10 gr jahe
Bahan Cumi Saos Padang
Menyiangi Cumi
Memotong Cumi
Cumi Direndam Jeruk Nipis
Bumbu Cumi Padang Cincang
Bumbu Saos Padang Diblender
Bumbu Halus Cumi
Menumis Bumbu Cumi
Bumbu Tumis Cumi
Cumi Dimasak Saos Padang
Air Untuk Cumi
Saos Sambal Untuk Cumi
Saos Tiram Untuk Cumi
Mengungkep Cumi
Maizena Untuk Cumi
Cumi Saos Padang

Cumi Saos Padang

Asal: Padang - Sumatera Barat

Sumber: Kumpulan Resep Indonesia

Catatan..

Bagi anda penggemar Seafood sekaligus masakan pedas......, cobalah sajian dari Sumatera Barat: Cumi Saos Padang. Bikinnya gampang rasanya nendang!!! Hanya perlu kesabaran saat menyiangi cumi ;-) tapi jerih payah anda tak akan sia-sia.

Kenikmatan cumi yang gurih berbalut bumbu kental yang asam sekaligus pedaaaaaaaaaaaaaas hhhhmmmm bisa2 bikin ketagihan. Menurut saya semakin pedas semakin nikmat.

Tips Penting: Memasak cumi perlu trik supaya hasilnya tidak alot. Caranya ada 2 pilihan yaitu masak/panaskan cumi sebentar saja (tidak lebih dari 3 menit) atau lama sekalian, jangan nanggung! Masak dalam waktu kilat cocok kalau anda bikin cah cumi saos tiram misalnya, masukkan potongan cumi terakhir. Kalau untuk resep dengan saos padang, perlu waktu supaya bumbu benar2 meresap, jadi masak atau ungkep cumi agak lama sekalian sampai cumi empuk. Kalau air mulai menyusut tambahkan lagi air panas secukupnya. Selamat Mencoba.

Cara Membuat:

  1. Bersihkan cumi dari tinta dan mata, sayat kulit ari dengan pisau dan kupas lapisan ari sampai bersih.
  2. Potong2 cumi bulat sepanjang 2 cm, kerat2 jika suka, cuci bersih dan beri perasan air jeruk nipis atau air asam.
  3. Diamkan cumi selama 15 menit. (Bisa disimpan dalam kulkas)
  4. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  5. Tumis bumbu halus bersama serai dan daun jeruk purut, aduk terus menerus hingga bumbu benar2 matang dan berbau harum. (kurang lebih 5 menit)
  6. (Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang supaya kuah tidak langu dan rasanya benar sedap).
  7. Masukkan cumi, aduk2 hingga daging cumi kaku dan berubah warna.
  8. *** Tambahkan 200 ml air panas. Masak hingga kuah mendidih.
  9. Tambahkan saus tomat, saus cabai, saus tiram, garam dan gula. Aduk rata.
  10. Kecilkan api, tutup/ungkep panci, masak selama kurang lebih 15 menit sampai cumi empuk dan bumbu meresap.
  11. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  12. Terakhir masukkan larutan maizena, aduk sebentar hingga kuah mengental. Angkat dari api.
  13. Sajikan panas bersama Cah Kangkung Belacan.

Catatan:

  1. *** Tambahkan air panas supaya sari daging cumi terkunci dan terasa lebih lezat.






Reviews & Comments


  |  2016-07-14 22:47:39

sylvia from cileungsi says:

Udh lama ngga masak cumi, anak2 jarang mau... Tadi pagi dapat lauk'a cumi bingung masak apa? Buka resep mb endang ada cumi saos padang.. Bismillah.. dkulkas ada tahu, skalian aq masukin ajj, Alhamdulillah anak q suka semua, kaya masakan restoran ajj kt anak2 bakalan susah diet klo ibu masak enak gini... Haduuh seneng banget d'puji anak"... Pdhal hasil contekan dr mb endang, makasih bnyak mb, 2 jempol wat mb endang ;-) ;-D

Hallo Sylvia....Selamat ya barusan dipuji Anak" ;-). Sylvia koki hebat juga nich sekali masak langsung selera restauran ha ha ;-). Anak kecil itu jujur kalau masakan enak bilang enak kalau rasa ngalor ngidul ya langsung mangap jg he he. Saya juga nyontek dari buku2 referensi Sylvia, kl urusan masak kuncinya bukan resepnya tapi orang dibalik kompor alias yg masak! 4 jempol juga buat Ibu Teladan yang lebih mengutamakan Anak-anak dan melupakan diet sejenak ha ha ha :-). Salam....Endang


  |  2016-11-03 18:59:28

Marlinda from New York, USA says:

Hallo mbak Endang....Barusan saya uji coba Cumi Saus Padangnya, makknyuss deh! Anak bujang saya langsung makan nambah2, padahal saya masukin irisan jamur putih biar banyak, hehe. Hari ini, saya coba gulai daun kale ala mbak Endang (light version),....came out ... mantaafff!!! Makasih mbak udah berbagi ilmu masaknya. Sehat dan sukses sll buat mbak Endang dan keluarga, aamiin.

Hallo Marlinda Selamat buat Cumi dan Gulainya. Waduh Marlinda ngebut nich. Kayak orang lagi ngidam ha ha ;-). Acung jempol juga buat Linda, koki hebat nich sekali coba langsung Mak Nyos. Tuch buktinya si Bujang makan dengan lahap. Lidah anak2 tuch jujur lho, kalau enak makan lahap kl gak enak gak bakalan disentuh!. Anyway bagus juga tuch idenya dgn tambahan jamur biar tambah banyak. Thx for sharing. Makasih juga sudah wira-wiri ke warung nyempil nich. Sehat dan sukses juga buat Marlinda dan keluarga tercinta. Salam Hangat dari sesama perantau ;-)... Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari