Featured Recipes


Philips-Dry-&-Wet-Blender
Philips Mini Blender

Blender Khusus Untuk Menggiling Bumbu


Menggiling bumbu secara tradisional dengan cobek masih menjadi pilihan utama bagi perempuan Indonesia khususnya bagi generasi tua atau siapa saja yang punya waktu dan kesempatan dan kondisi yang memungkinkan. Tetapi bagi kaum perempuan yang bekerja atau berwiraswasta, waktupun menjadi pertimbangan utama. Perkembangan jaman menuntut efisiensi di segala bidang termasuk urusan memasak dan ulek-mengulek bumbu. Tak salah jika akhirnya blender menjadi peralatan dapur penting di setiap rumah tangga.


Blender yang terbukti sangat membantu dan meringankan pekerjaan rumah tangga sekarang dipakai bukan karena alasan waktu tapi lebih pada alasan kepraktisan dan kenyamanan. Terus terang saya akui sudah lebih dari 15 tahun saya tak pernah lagi menggiling bumbu dengan cobek dan ulekan. Cobek hanya wajib saya pakai untuk membuat sambal sekali hidang atau bumbu tempe goreng yang hanya terdiri dari garam dan satu siung bawang ;-). Selebihnya saya pakai blender termasuk hampir semua resep non sambal dengan bumbu halus yang ada di website ini. Kenyataan ini menggugurkan asumsi sebagian orang bahwa bumbu yang diulek dengan blender tak seenak bumbu hasil ulekan cobek. Dengan jelas saya katakan, bumbu blender tetap menghasilkan masakan yang lezat dengan trik penggilingan yang betul dan tentu saja didukung alat/ blender yang tepat.


Masalahnya tak semua orang tahu memilih blender yang tepat untuk menggiling bumbu halus. Alih2 meringankan pekerjaan, blender yang anda beli malah bikin jengkel karena tak berfungi sesuai harapan. Masalah klise yang sering dihadapi mulai dari bumbu yang hanya berbutir-butir kasar bukan seperti bubur/pasta, mesin atau motor yang macet dan tak mau berputar. Ada juga blender yang hanya berfungsi jika diberi larutan pembantu berupa minyak atau air yang banyak. Akibatnya karet kendor bahkan putus sehingga blender tak lagi berfungsi, jika berfungsipun bumbu yang dihasilkan terlalu berair atau berminyak sehingga rasa dan penampilan masakan jadi amburadul :-(. Tak jarang juga blender yang mengeluarkan bau aneh seperti terbakar sehingga anda ngeri mau memakai ;-). Ada lagi yang harus coba merk ini itu tapi belum juga ketemu yang benar, akhirnya semakin frustasi, iya nggak he he.


Masalah di atas timbul karena blender yang anda miliki sebenarnya bukan didesign untuk menggiling bumbu basah /wet mill /wet grinder tetapi fungsi aslinya adalah untuk menggiling bahan kering /dry mill /dry grinder seperti kopi atau kacang-kacangan atau sekedar mencincang/chopper. Untuk anda ketahui, spesifikasi design ini tak ada hubungannya dengan besarnya daya listrik maupun harga produk. Mau 1000 watt daya listriknya atau mahal sekali harganya kalau bukan design peruntukan ya gak bakal ngaruh. Gampangnya ibarat anda memotong dengan garpu atau mengulek dengan sendok, kata orang gak bakalan ngefek!! Dan typical orang Indonesia yang penuh kreativitas campur kepepet, mulailah kita berimprovisasi dengan segala jurus andalan untuk menghadapi blender salah model ini. Tak jarang berakibat fatal: Bumbu tak tergiling, blender ngadat, hati dongkol....duitpun melayang percuma!! Tetapi semua masalah tersebut tak akan anda jumpai jika anda tahu bagaimana membeli blender yang tepat sehingga memasakpun menjadi hobby yang sangat menyenangkan.


Untuk itu saya akan mengupas 3 contoh merk blender khusus bumbu yang saya tahu, termasuk salah satu produk yang saya pakai. Terus terang selama ini saya punya blender yang sudah saya pakai lebih dari 9 tahun dan saya pakai hampir setiap hari tanpa problem. Nah untuk anda yang mempunyai masalah dengan blender atau belum memiliki blender khusus penggiling bumbu yang tepat, saya bagi tips yang mungkin berguna untuk anda. Tapi saya ingin menggaris bawahi dulu bahwa saya bukan mau promosi merk tertentu untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk apapun apalagi secara finansial. Ini murni inisiatif saya sendiri, hanya sekedar sharing dari pengalaman pribadi. Kalau berguna silahkan pakai, kalau tidak ya skip saja ;-) he he.


Blender punya saya ini bentuknya Mini karena namanya juga Mini Blender, merk Philips model HR2860/55 (220 Watt). Mini Blender ini punya beberapa model seperti HR2860/80 (220 W) atau HR2870/50 (250 Watt) tetapi fungsinya persis sama. Meski bentuknya mini, blender ini punya fitur lengkap dilengkapi 3 jenis pisau yang berbeda karena memang didesign untuk menggiling jenis bumbu yang berbeda yaitu:


1. Pisau Wet Grinder/Wet Mill, gunanya untuk menggiling bumbu basah seperti bawang merah, bawang putih, cabe, irisan jahe, kunyit yang jumlahnya sedikit. Caranya bumbu diris dulu lebih kecil kemudian giling tanpa bantuan cairan apapun:


Philips Wet Mill
Philips Spice Grinder


2. Pisau Dry Grinder/Dry Mill, gunanya untuk menggiling bumbu/bahan kering seperti kopi, kemiri cincang, kacang tanah goreng atau butiran ketumbar. Dry mill ini juga tak perlu dibantu cairan dalam proses menggiling:


Philips Dry Mill
Philips Dry Grinder

3. Mangkok dengan pisau yang menyatu, fungsinya sebagai Juicer/Milkshake maker. Mangkok dilengkapi pisau ini dimiliki hampir semua blender merk lainnya dan gunanya untuk membuat jus buah atau milkshake. Mangkok ini umumnya selalu ada sebagai pasangan dari dry grinder yang anda beli. Bedanya punya saya ini volumenya kecil hanya 400 ml. Alat inilah yang saya manfaatkan untuk menggiling bumbu basah jika jumlahnya banyak dan tidak muat di wet mill/wet grinder dengan penambahan sedikit minyak atau air, tergantung jenis bumbu. Anda tak usah kuatir akan rusak, karena mangkok juicer ini tak ada karetnya dan saat menggiling lubang mangkok menghadap ke atas bukan gelas tengkurap seperti wet mill atau dry mill.

Tetapi ada trik khusus yang perlu anda terapkan jika anda harus menggiling bumbu dengan bantuan cairan, seperti yang sering saya cantumkan dalam resep di blog ini dengan kalimat "Jika perlu tambahkan sedikit minyak atau air ke dalam blender untuk membantu proses penghancuran". Trik ini sangat penting untuk menghasilkan bumbu dan masakan yang lezat yaitu dengan menambahkan jenis cairan pembantu/pelumas yang sesuai dengan jenis bumbu dan proses memasak.

Tips menggiling bumbu dalam blender dengan bantuan cairan:

  1. 1. Jika bumbu harus ditumis dulu sebelum dicampur dengan bahan lain -> Tambahkan minyak goreng ke mangkok blender sejumlah minyak yang akan anda pakai untuk menumis, contohnya dalam resep Tenggiri Jaya Wijaya. Minyak goreng tak perlu lagi anda tambahkan saat menumis.
  2. 2. Jika bumbu akan dicampurkan dengan santan -> Ambil santan secukupnya dari jumlah yang akan dipakai dalam resep dan tambahkan ke mangkok blender bersama bumbu, contohnya dalam resep Rendang Daging.
  3. 3. Jika bumbu akan dicampurkan dengan air kemudian direbus -> Tambahkan air dingin secukupnya atau ambil dari jumlah air yang tertera dalam resep, seperti dalam pembuatan bumbu ungkep Ayam Goreng Kremes.
  4. Jangan dibolak-balik, misalnya bumbu yang harus anda tumis anda tambahi air sementara bumbu yang cukup direbus anda tambah minyak, nanti rasanya ancur2an dan kurang enak. Dulu ada teman saya yang tak mau menggiling bumbu dengan blender (meski punya) dan memilih ngulek dengan cobek sambil mengeluh karena menurut dia hasil masakan tidak enak sama sekali. Usut punya usut ternyata blender yang dia punya sebenarnya fiturnya juicer/milkshake maker yang tentu saja memerlukan cairan pembantu/pelumas untuk menggiling bumbu basah. Masalahnya apapun resep yang dimasak termasuk bumbu yang akan ditumis selalu dia pukul rata dengan menambahkan air sebagai cairan pelumas, jelas saja masakan rasanya menjadi tidak karuan. Tapi setelah dia tahu teknik yang tepat dan masakan menjadi lezat sesuai harapan cobekpun ditinggalkan ;-).
  5. Anda boleh percaya atau tidak, saran saya silahkan bikin eksperimen, bandingkan hasilnya dan buktikan sendiri apakah omongan saya benar.


Philips Mini Blender 2860/55
Memblender Bumbu Dengan Bantuan Minyak


Hasil riset dan ubek2 di internet untuk produk Philips tersedia di Eropa, Malaysia, Hongkong dan Korea dan mungkin negara lain yang saya tidak tahu. Harganya di Eropa sekitar 65 Euro, harga tentu bervariasi dari kawasan Eropa, USA atau Asia. Dari informasi terakhir Mini Blender Merk Philips sudah bisa dibeli di Indonesia melalui layanan pembelian online. MOdel HR2860 220 Watt harganya sekitar Rp.800.000,-. Coba cek link Philips Mini Blender Cucina. Untuk mengintip bagaimana blender bumbu merk Philips ini bekerja silahkan lihat video yang saya ambil dari Youtube. Dalam video tersebut blender yang dipakai adalah edisi Philips Cucina Model HR 2860/80 yang mungkin saja sudah tidak keluar lagi tetapi bentuk dan fungsinya mirip dengan edisi berikutnya yang saya pakai.





Selain merk Philips ada juga merk blender/wet grinder dari Magic Bullet MBR-1701. Yang ini saya tidak tahu fitur barangnya secara detail tetapi produk ini juga dilengkapi 3 pisau untuk chopper, blender/juicer dan wet grinder. Harganya di Amazon sekitar $40. Merk ini banyak dijual di kawasan USA, Australia, India dan Timur Tengah. Pastikan anda membeli dari pabrik aslinya bukan dari retail karena banyak produk tiruan yang harganya murah tapi berkualitas rendah. Dari riset terakhir, Magic Bullet ini sudah dijual juga di Indonesia dalam 1 paket "Magic Bullet 21-Piece Multipurpose Blender Set". Silahkan google di Internet, coba saja dengan kata kunci misalnya "beli magic bullet blender" nanti akan muncul beberapa provider yang melayani penjualan online, harganya berkisar antara Rp.350.000 - Rp 400.000. Tapi saya tidak bisa menjamin apakah produk yang dijual di Indonesia kualitasnya sama seperti yang beredar di luar. Anda bisa lihat fungsinya di Video Magic Bullet Blender


Untuk wilayah Indonesia, setahu saya salah satu produk yang punya paket three in one (juicer, dry mill dan wet mill) adalah Miyako Blender dengan model 102 PL(plastic-200 Watt)/102 GS (glass-200 Watt) atau 152 GF(300 Watt). Harga berkisar antara Rp.250.000 - Rp.300.000. Sayangnya saya tak bisa menemukan demo blender ini dalam bentuk Video.



Yang jelas anda tak akan pusing memilih blender khusus bumbu jika anda bermukim di India, karena India dengan budaya kuliner yang banyak mengandalkan bumbu kari halus dalam jumlah banyak, mereka memiliki blender penggiling bumbu basah dari berbagai merk dan kualitas. Sayang sekali Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner daerah yang beragam dan banyak mengandalkan bumbu giling halus dalam masakan tidak memiliki banyak pilihan untuk produk blender khusus bumbu basah yang bagus dan portable. Produsen lebih gencar memasarkan berbagai merk blender dan food processor ukuran besar yang mahal tapi kurang praktis untuk menggiling keperluan bumbu sehari-hari. Tak heran banyak Ibu2 di Indonesia terpaksa membeli blender seperti orang main judi, kalau dapat yang benar dan tahan lama ya syukur, kalau dapat blender rongsokan ya nasib ;-(



Semoga tips ini berguna sebagai referensi dalam mencari blender yang tepat. Intinya merk apapun yang ingin anda beli, baca dan pelajari fitur produk dengan teliti, pastikan blender tersebut memang didesign sebagai wet grinder atau wet mill dalam fungsinya, bukan sekedar dry blender atau chopper. Kalau perlu beli saat ada demo langsung di depan anda, tanpa rekayasa iklan di televisi apalagi dari pabriknya. Kata orang semua kecap nomor satu ;-), tetapi keputusan berada di tangan anda sendiri. Dan harapan saya semoga produk-produk yang saya paparkan di atas bisa dibeli di Indonesia. Tetapi saat ini dimana pembelian secara online lewat situs internet misalnya Amazon atau ebay sudah jamak, terbuka kemungkinan bagi anda untuk membeli barang dari Luar Negeri jika terpaksa.



Akhir kata untuk anda pengunjung setia halaman ini baik yang berdomisili di Indonesia atau negara lain yang sudah memiliki blender beneran artinya blender khusus penggiling bumbu basah dari merk apa saja yang terbukti berfungsi untuk menggiling bumbu tanpa bantuan air atau minyak, kalaupun dengan bantuan jumlahnya sedikit dan mangkoknya yang menghadap ke atas alias design tidak berkaret gelang, silahkan bagi pengalaman anda di kolom komentar. Saya yakin input anda sangat berguna bagi rekan-rekan lain yang masih bingung dan frustasi memilih blender.


Terima Kasih dan Salam Kuliner, Endang Lestari






Reviews & Comments


  |  2014-11-30 10:29:02

ni wayan santaasih from Denpasar Bali says:

saya ingin mencoba dgn memesan bagaimana caranya

Hallo Ni Wayan. Untuk Produk Miyako bisa dipesan di Indonesia, tinggal ketik di google dgn kata kunci "harga blender miyako 3 in 1" nanti akan muncul beberapa provider di mana anda bisa memesan online, misalnya www.tokoperabotan.com, jualelektronik.com dll. Untuk Magic Bullet anda bisa memesan lewat Amazon.com di bagian International Shipping. Buka linknya di http://www.amazon.com/b?ie=UTF8&node=230659011&tag=best-seller_today-20 lalu ketik nama produk misal Magic Bullet MBR-1701 di tombol search nanti akan terpampang produk yg anda cari. Tapi untuk membeli lewat Amazon harus mendaftar anggota dulu dan pembayaran dilakukan dengan kartu kredit atau account pay pal. Untuk produk Philips seperti yang saya pakai lihat di www.ebay.com, ketik kata kunci "Philips Blender HR 2860/55" di tombol search nanti akan muncul produk & bs dipesan lewat delivery options free international shipping, spt amazon bayarnya jg dengan kartu kredit. Semoga info saya membantu. Salam....Endang


  |  2014-11-30 18:40:18

Juli from Nederland says:

Trimakasih ya dengan resepnya yg lengkap juga tipnya.

Sama2 Juli. Belanda markas besar Philips, produsen blender punya saya he he. Tapi khusus HR2860/55 ini sy dapatnya lewat Amazon.de dikirim dari Itali ;-). Selamat mengeksplorasi resep2 tradisional di dapur sendiri. Salam....Endang


  |  2015-04-13 20:10:34

Ernie from Malaysia says:

Hi saya dari malaysia saya ingin bertanya adakah bila blend bawang menggunakan wet mill, akan menjadi halus?

Hallo Erni. Seperti gambar yang saya posting di atas di bagian wet mill, sebagai contoh saya giling campuran bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Hasilnya halus seperti pasta. Sebelum digiling sebaiknya dicincang kasar jangan bairkan utuh supaya proses penghalusan di wet mill lebih gampang dan cepat. Semoga info saya membantu.


  |  2015-05-12 20:10:55

Sri from Melbourne says:

Terimakasih banyak Info nya, sangat membantu sekali.... baru nemuin blog ini...pasti bakal jadi pengunjung setia... :) :)

Selamat Datang Jeng Sri :-). Ayo silahkan mengeksplorasi resep2 dari kampung halaman. Siapa tahu ada yang nyangkut di lidah. Terima Kasih juga untuk kunjungannya..sering2 ya ha ha. Salam Hangat sesama perantau...Endang


  |  2015-05-14 13:35:28

vinno from jakarta says:

apakah ada blender khusus untuk menghaluskan benda yg keras dalam hal ini ikan yg sudah diasap, karena ikan yg d asap itu memiliki tekstur yg keras sehingga blender biasa mungkin tdk akan dapat menghaluskannya.

Hallo Vinno. Blender maupun food processor biasanya dilengkapi dengan pisau khusus untuk dry mill, fungsinya untuk menggiling bahan keras seperti kacang2an misal kacang tanah, kemiri, kenari, kopi dll. Saya kira ikan asap bisa digiling dengan dry mill. Saran saya ikannya dipotong-potong kasar lebih dulu untuk mempermudah penggilingan. Logikanya kalau ikan asap tidak lebih keras dari kopi atau kemiri pastinya bisa ;-). Salam...Endang


  |  2015-05-28 18:37:49

elsy from indonesia says:

Benar2 info yg sgt membantu

Terima Kasih Elsy. Itu juga harapan saya semoga pengalaman saya ini bisa menjadi referensi untuk memilih blender yang cocok dan memanfaatkannya secara benar dalam proses memasak. Salam...Endang


  |  2015-09-08 22:29:39

widya from sulawesi selatan says:

Bisa didapatkan dimana product tsb?

Hallo Widya. Seperti yang saya tulis di atas atau jawaban yang saya beri ke salah satu penanya di salah satu komentar, mungkin Widya bisa coba untuk order di situ . Saya hanya mencoba untuk memberikan kriteria-kriteria yang harus kita ketahui untuk memilih blender Bumbu yang tepat Widya tapi tepatnya di mana produk tersebut bisa dibeli di Indonesia terus terang saya juga tidak tahu. Coba saja google dengan kata kunci merk blender yang Widya cari, siapa tahu akan muncul info yang lebih lengkap di mana belinya. Kalau merk Philips seperti yang saya pakai, kanyaknya tepat yang terdekat untuk membeli di Malaysia. Salam...Endang


  |  2015-10-18 14:35:46

bella from bogor says:

Mba kalau untuk giling bumbu dapur yg manual rekomennya apa ya? Saya cuma butuh untuk wet mill aja sih, soalnya males halusin pakai cobek. Saya punya chopper tapi tidak bs halus kayak pakai wet mill. Kalau yg manual tidak ada, yg listrik gpp deh, yg kecil aja supaya tidak makan tempat. Bingung mba nyari yg bener2 bisa bikin halus bumbunya tanpa pakai cairan. Ditunggu jawabannya ya. Terima kasih mba endang

Hallo Bella. Kalau yang manual terus terang saya tidak tahu. Tapi seperti Bella bilang kalau chopper memang tak akan menghasilkan pasta bumbu yg halus seperti saya tulis panjang lebar di atas. Di Indonesia setahu saya merk blender yang punya fitur wet mill bagus dan gampang dibeli ya merk Miyako. Tapi blender ini biasanya dijual dalam paket three in one seperti umumnya merk-merk lain. Coba Bella cari di conter Miyako, cari produk 3 in one yang ada wet millnya misalnya BL 152 GF (300 watt, mangkok dari gelas) atau BL 152 PF/AP ( 300 watt, mangkok dari plastik). Kalau untuk merk Philips seperti yang saya pakai kayaknya ada layanan beli online di Indonesia, tapi ongkos pengiriman mungkin mahal krn barang di kirim dari luar negeri. Coba lihat di link http://www.elevenia.co.id/prd-original-philips-hr-2860-mixer-hr2860-mini-blender-mouth-an-1781739. Semoga saran saya membantu dan gak perlu lagi bingung cari wet mill. Salam...Endang


  |  2015-10-29 20:48:09

Dera rislan from Palembang says:

Trima.kasih mb artikelnya bermanfaat sx.. Tpi sya msh bngung mau beli blender merk apa utk memghaluskan beras merah jdi tepung, utk peralatan mpasi anak.. Di tnggu info nya mb. Bsa bls via email mb. Deramutzi@gmail.com Tx ya mb. ^^

Hallo Dera, kalau untuk menggiling beras gak masalah merk apa saja yang penting berkualitas bagus. Pakai bagian dry mil atau dry grinder. Hampir semua blender merk apapun kebanyakan selalu dilengkapi fitur untuk juicer/milk shaker dan dry grinder/dry mill. Justru bagian wet mill atau penggiling khusus untuk bumbu yang jarang ada. Dry mill yang biasanya untuk menggiling kopi, kacang-kacangan itu sudah cukup bagus untuk membuat tepung. Rendam sebentar beras merahnya dengan air dingin lebih gampang lagi digiling. Saya juga sering bikin tepung sendiri pakai dry mill, punya saya merk Philips. Coba lihat di pembuatan resep Iwel-iwel di web ini di sub menu jajanan dan minuman, di situ bisa lihat saya giling beras dengan dry mill. Merk lainnya saya yakin juga banyak yg bagus. Tapi saya gak bisa nyebutin satu-satu ntar dikira promosi :-). Kalau bisa cari yang pisaunya bermata 4 biar daya gilingnya lebih kuat dan hasilnya lebih bagus. Selamat Mencoba. Salam...Endang


  |  2015-11-03 21:56:51

dera rislan from palembang says:

maaf mb. nya ya bnyak tnya,, hihihihiiii klo utk blender lbh nyaranin miyako atau philips yg mbak pake ya,, aku sih kyk nya klo scara merk sih lbh mlih ke philips,, hehehhe dry mill nya bgus ya kan mb. utk buat tepung beras,, ^^ bener2 bisa tnpa air ya mb???

Dera terus terang hampir semua alat dapur saya merk Philips he he. Tapi saya gak mau promosi lho. Cuman sekedar Info kalau Dera tertarik Philips juga, banyak tuch blender Philips yang dilengkapi dry mill dengan pisau sangat tajam dengan berbagai pilihan daya listrik, mulai 220 Watt sampai 600 Watt. Seperti saran saya cari yang pisaunya bermata 3 atau 4, proses gilingnya akan lebih cepat dan hasilnya tepung lebih halus. Bisa tanpa air seperti menggiling kopi itu lho. Silahkan berburu semoga dapat model yang cocok ;-). Salam...Endang


  |  2015-11-22 21:08:22

Wiwied from Depok says:

Salam kenal mba ;-). Senang sekali ketemu blog ini, jd ngerti skrg penggunaan blender.. Mau nanya nih mba, klu untuk giling cabe tanpa pake tambahan air di wet mill apakah bisa? Trims sebelumnya ...

Ya bisa Wiwied, seperti saya bahas di point nomer 1 tentang Wet Mill atau Wet Grinder, memang gunanya untuk menggiling bumbu basah seperti bawang merah, bawang putih, cabe, irisan kunyit. Bisa Wiweid lihat jg disitu gambar bagian Wet Mill, saya giling campuran bawang merah, bawang putih dan cabe tanpa bantuan cairan untuk jumlah sedikit tanpa air tidak masalah. Tapi pastikan cari blender yang punya fitur pisau khusus untuk wet mill. Semoga Membantu. Salam...Endang


  |  2015-11-25 22:31:46

Wiwied from Depok says:

Ok mba Endang, informasi yang sangat membantu.. Skrg dilanjutkan nyari blendernya... Udh capek ngulek bumbu terus :( dan kerjaan masak jd lama.. Uneg2 yg saya rasakan, sama persis dgn awal tulisan mba Endang :D... Makasih banyak Mba Endang :)

Sama-sama Wiwied. Selamat Berburu Blender. Dijamin dech kalau dapat wet mill yang benar, ngulek bumbu cuman kisaran detik atau menit dan memasak menjadi hobby yang sangat menyenangkan. Terus terang sudah lebih dari 15 tahun saya tidak pernah lagi ngulek bumbu manual kecuali sambal ;-). Salam....Endang


  |  2015-11-25 22:40:37

wiwin from indonesia says:

thank you so much......

You're wellcome Wiwin ;-). Hopefully it helps you. Nice Greetings....Endang


  |  2015-11-27 17:14:09

hanik from serang says:

mbak kalo buat ngalusin daging ayam bisa ga?

Blender kurang tepat untuk menggiling daging Hanik, bisa-bisa nanti macet motornya gak bisa berputar. Tapi coba saja pakai bagian mangkok juicernya, dagingnya dipotong-potong kecil trus ditambah cairan pelumas misal air. Tapi saya nggak yakin semua merk blender bisa, tergantung jenis pisau dan merk mungkin ;-). Alat yang tepat untuk ngalusin daging ayam atau daging sapi sebenarnya Food Processor Hanik, biasanya dengan mangkok lebih besar dan pisau khusus penggiling daging. Coba lihat di blog ini pada resep Bakso di sub-menu Indonesia, di situ saya pakai Food Processor untuk menggiling daging sapi, hasilnya benar-benar halus. Semoga mendapat pencerahan. Salam....Endang


  |  2016-03-20 22:32:31

dian from rembang jateng says:

Kalo untuk jualan es blend,kira" pake blender apa ya? Kemarin saya pake philips tapi pecah.

Hallo Dian. Blender yang saya bahas di sini khusus untuk bumbu. Setahu saya dari merk Philips ada versi khusus yang mempunyai fitur "Ice Crushing Function" atau mecahin es batu misalnya model HR2095 atau HR2096. Kalau blender untuk juicer, wet dan dry grinder memang bukan didesign untuk ice crusher, paling banter ya bikin juice atau milk shaker makanya pecah. Coba cari tahu langsung ke dealernya pasti mereka lebih tahu. Salam...Endang


  |  2016-03-25 21:33:20

Carissa from Spain says:

Wah banyak resep&tipsnya ya,mbak! Anak sy baru masuk tahun kedua,waktunya biasain lidahnya dg makanan nusantara. Blender sy pake Bosch Silentmixx karna robust&sngt silent :)

Hallo Carissa. Selamat Mengeksplorasi resep2 warisan leluhur. Siapa tahu ada yang cocok dengan si kecil. Meski merantau ke ujung dunia, resep nusantara tak akan terlupakan dan wajib diwariskan, tul nggak? ;-) Anak saya jg doyan masakan kampung. Terima Kasih untuk inputnya mengenai blender silent. Saya ya tinggal di Jerman pabriknya si Bosch malah gak tahu ;-). Salam dari sesama perantau....Endang


  |  2016-04-07 18:56:44

Tissa from Bekasi, indonesia says:

Mba, mau tanya dong ... Maaf klo OOT Mba kan beli blender ini di elevania, apa benar buku manualnya msh berbahasa korea? Lalu cara klaim garansinya bagaimana ya? Trims

Hallo Tissa pertanyaannya tidak OOt lah he he. Link di atas yang mengacu ke Elevania atau PriceZa itu hanya sekedar alternative bagi siapa saja yang tinggal di Indonesia dan ingin membeli Mini Blender seperti yang saya pakai secara online. Tapi punya saya sendiri saya beli (lewat online) juga dari tempat tinggal saya sekarang yaitu di Jerman dan barang dikirim dari produsennya yang ada di Italia. Jadi untuk pertanyaan Tissa terus terang saya tidak bisa jawab khususnya masalah garansi. Silahkan hubungi Elevania untuk detail lebih lanjut. Yang pasti ada pedoman dalam bahasa Inggris. Kalau ada kenalan atau rekan di Malaysia bisa juga nitip untuk dibelikan krn produk ini dijual di Malaysia. http://www.lazada.com.my/philips-mini-blender-hr2860-220w-04l-plastic-jar-9179896.html Sekian jawaban saya semoda membantu. Salam....Endang


  |  2016-04-10 21:21:31

NUNUY from Bandung says:

Mba mau tanya kalo bikin bumbu dalam jumlah banyak lebih baik pake blender apa food processor?dan penggunaan food processor pakai cairan atau tidak perlu?

Hallo Nunuy ...kalau jumlahnya banyak sekali dan tidak muat di mangkok blender/juicer pakai saja Food Processor. Tidak usah pakai cairan saya rasa bisa. Atau test dulu kalau tanpa cairan berhasil ya gak usah pakai baru kalau tanpa cairan macet tambahin cairan pembantu (yang cocok) sekedarnya. Tapi dari pengalaman saya tanpa cairan bisa. Coba lihat di pembuatan Sambal Pecel di sub menu Aneka Sambal di situ saya haluskan bumbunya pakai food processor tanpa cairan hasilnya betul-betul halus. Semoga jawaban saya membantu. Salam....Endang


  |  2016-04-11 21:30:43

Eka from Yogyakarta, Indonesia says:

Waah, informatif & berguna banget mbak Endang. Kebetulan baru punya dapur sendiri & lagi getol-getolnya masak. Pengen beli blender, tapi staff toko suka kurang informatif jelasin perbedaan jenis-jenis blender. Danke schoen, mbak! :)

Hallo Eka. Udah tinggal tunggu apa lagi? Dapur sudah ada baru lagi ;-) Semangat 45 tinggal beli Blender yang tepat. Ditanggung memasak akan menjadi hobby yang menyenangkan. Selamat Berburu ....Semoga infonya tetap nyantol di ingatan waktu hunting ;-). Semoga Sukses. Danke auch sudah sempat mampir ;-). Salam....Endang


  |  2016-04-16 20:41:34

Dian from Jakarta says:

Saya sudah lama nyari blender model gini di Indonesia tapi nggak nemu. Tiap buka online shop dikirimnya pasti dari overseas. Give up deh... Makasih infonya yg sangat membantu.

Terima Kasih Kembali Dian. Ayo silahkan hunting semoga dapat blender yang mantap biar masak lebih cepat dan nyaman ;-). Salam....Endang


  |  2016-04-22 14:11:24

vina from jakarta says:

ya ampun mba aku sama kaya temen mba de.. yg menganggap semua blender wet mill/dry mill itu sama hahahaha.. karena kesel saya beli food processor philips 7627 dengan pikiran mungkin mesti pake food processor ga bs blender biasa buat halusin cabe/dan bawang2an.. nah tapi sygnya stlh sy coba hasilnya tetep kaya dipotong2 kecil doank tuh mba.. kalo sy kasih air hasilnya lebih halus tapi tetep tidak sehalus foto mba yang pake wet mill itu.. apa karena jumlahnya terlalu dikit ya? oiya saya cuma pak

Hallo Vina ha ha ha....Terus terang Food Processor meski daya listrik/watt besar kurang cocok untuk mengulek bumbu basah karena seperti yang saya tulis di atas bukan didesign untuk wet mill. Makanya meski ditambah cairan pelumas (air atau minyak) tak akan menghasilkan bumbu yang halus seperti pasta. Nanti kalau Vina tambahin cairan pembantunya belum tentu juga halus, justru resikonya bumbu semakin cair atau berminyak! Cuma ada satu pengecualian kalau Vina ngulek bumbu banyak sekali ( Coba lihat di resep Sambal Pecel di menu Aneka Sambal di situ saya ulek bumbu basah plus gula merah sisir jumlahnya kurleb 750 gr baru bisa halus). Saran saya untuk nggiling bumbu sehari-hari yang jumlahnya sedikit (100-250 gr) lebih baik beli Wet mill beneran. Kan sudah tahu tips untuk membeli ;-). Salam....Endang


  |  2016-05-14 15:49:08

ayu from batam says:

Terima kasih mbak... informasinya berguna banget... tapi apakah ada tips gitu,, supaya tabung wet mill gak cepet rusak karna ditambahi air atau minyak ?? Soalnya tadi kan dikhawatirkan karet longgar dan motor nggak berfungsi?? Suksek slalu....

Hallo Ayu, coba dibaca lagi dari atas sampai bawah lengkap. Maksud saya...kalau bisa pilih merk yang mempunyai fitur wet mill biar tidak perlu nambahin air atau minyak. Tapi kalau bumbu dalam jumlah besar dan tidak muat di wet mill baru saya pakai juicer seperti gambar paling akhir itu yang pakai tambahan minyak.. Tapi mangkok juicer ini posisinya berdiri bukan mangkok tengkurap seperti wet mill umumnya yang pakai karet gelang. Makanya meski saya sudah pakai lebih dari 10 tahun dan selalu saya pakai cairan pelumas air atau minyak sampai sekarang masih bagus karena gak ada karetnya. Semoga info saya mencerahkan. Salam...Endang


  |  2016-05-14 21:26:04

Trisna from Jakarta says:

Mba, ada tipsnya gak utk yg cuma pny blender dgn dry mill. Mau buat bumbu basah (bawang, cabe) apakah tetap aman (tdk merusak) pake dry mill? Perlu tambahan minyak/air gak? Atau baiknya pakai gelas blendernya saja dengan air? Saya pny philips HR 2059 (smoothie, sauce and ice breaker). Terima kasih sebelumnya

Trisna seperti saya bahas di atas kalau pakai dry mill untuk nggiling bumbu basah kayaknya gak bisa dech. Kalaupun bisa paling hasilnya gak bisa halus meski ditambah cairan pembantu (minyak atau air) karena jenis pisaunya emang lain. Feeling saya model HR 2059 ini mangkok juicer/blendernya besar ukuran 1 liter ya. Kalau untuk nggiling bumbu basah dalam jumlah banyak mungkin bisa tapi pakai cairan pembantu agak banyak baru bisa halus, hasilnya bumbu akan cenderung berminyak atau berair berlebihan. Kalau untuk bumbu yang jumlahnya sedikit sepertinya hasilnya kurang memuaskan. Coba dech eksperimen kalau perkiraan saya benar ya lebih baik Trisna beli yang bener2 design wet mill. Atau beli yang ukuran Mini kayak punya saya supaya nambah cairan pembantunya gak terlalu banyak dan hasilnya benar2 halus. Semoga memberi pencerahan. Salam..Endang


  |  2016-05-15 17:47:48

Dian from Serpong says:

Mau tanya dong,kalau bumbu basah yg banyak apa bisa halus dengan food processor ?,kalau blender 2 pisau dan 3 pisau beda penggunaannya ? Kadang bumbu keringpun tidak halus dengan blender kering,phillip yg dry mill di atas bisa ?

Bisa Dian. Saya kalau pas bikin bumbu untuk sambal pecel jumlahnya banyak sekitar 750 gr saya giling dulu bumbunya pakai Food Processor sampai halus habis itu saya tambahkan gula merah sisir giling dan campur sekalian bisa benar2 halus. Kalau masalah masalah pisau 2 atau tiga itu bukan membedakan fungsi tapi masalah design, masing-masing merk berbeda. Tapi logikanya pisau lebih banyak tentu lebih cepat dan efektif dalam proses menggiling mau bumbu basah ataupun kering. Pertanyaan terakhir tergantung merk dan kualitas dry mill juga bisa nggiling sampai benar2 halus atau tidak. Kalau yg saya pakai di atas selama ini berfungsi baik untuk menggiling bumbu kering jumlah sedikit seperti ketumbar. Kalau menggiling kopi atau kacang tanah goreng saya pilih pakai Food Processor yang mangkoknya lebih besar hasilnya juga bener2 halus. Semoga info saya membantu. Salam....Endang


  |  2016-05-21 00:35:43

Zenni from Lampung says:

Wow info mbk brmnfaat bgt. Slma ini sy gk gt paham. Blender philips ini klo diindonesia bs bli dmn ya mbk krn klo dielevenia dikirim dr korea n ongkirny ngalahn hrga blnderny hehe.. Pingin bgt puny blnder philips ini

Hallo Zenni. Sudah banyak yang tanya dan sdh saya ubek2 di internet sayangnya sampai saat ini saya belum menemukan alamat toko di Indonesia untuk pembelian langsung. Satu-satunya alternatif ya lewat pembelian online. Tidak semua ongkos kirim dari LN selalu mahal. Coba buka link di artikel atas pada point " Philips Mini Blender Cucina" (di atas video masak). Link mengarah pada salah satu layanan online shopping, di situ ada daftar harga dan biaya pengiriman gratis untuk normal atau sekitar Rp. 120.000,- untuk pengiriman lewat FedEx. Syaratnya ya biasanya pembeli harus daftar jadi member di online shop ini, cara pembayaran bisa lewat kartu kredit atau transfer. Kalau website dari link di atas dibuka selain informasi barang, di sebelah kanan website tsb ditulis lengkap mulai cara pemesanan sampai status pemesanan. Semoga membantu. Salam....Endang


  |  2016-06-06 19:10:24

Zenni from Lampung says:

Mlm mbk endang.. Lg seneng bgt nih akhirny bs punya philips yg seprti dirimu hehe. Hari ini nyampe lbih cepat dari perkiraanku. Blm dicoba sih. Smoga blnder ini bs mmbntu di bulan puasa ini bikin2 bumbu gk perlu ngulek lg. klo sy ada prtanyaan ato kndala bisa tolong dibantu ya mbk. Thx

Malam Zenni. Selamat oi....akhirnya dapat juga. Salut buat perjuangannya mendapatkan blender pujaan. Selamat Bereksperimen. Semoga acara memasak akan menjadi hobby yg lebih menyenangkan. Saya sering pakai mangkok juicernya Zenni karena bumbu yg saya giling rata2 jumlahnya banyak, bumbu dipotong2 agak kecil dulu tambahin sedikit minyak atau air, langsung dech hitungan detik atau menit bumbu sudah jadi pasta halus. Tips dari saya waktu proses menggiling mencet tombolnya selang-seling artinya pencet sebentar trus lepas lalu pencet lagi. Jangan dipencet terus-menerus sampai halus. Dengan triks mencet dan lepas seperti mengaduk adonan, bumbu akan lebih cepat tergiling rata. Dari pengalaman saya paling perlu 3 kali pencet lepas tombol bunbu sudah halus. Selamat Mencoba. Salam....Endang


  |  2016-06-11 10:06:58

Dina from Bekasi says:

Halo mba. Salam kenal. Saya ibu baru yg mau belajar masak. Lagi pusing pengen punya blender. Tujuannya biar g usah ngulek ngulek gitu. Hahahaha. Untung ketemu artikel ini. Makasih ya mba. Blender nya mini bgt. Cocok buat rumah saya yg kecil. Apalagi saya masih berdua aja. Mba kalo blender ini bisa buat giling daging ga?bisa buat ice cube juga? Atau ada rekomendasi food processor yg kecil dan bagus. Tapi jujur aja mba. Saya g tau bedanya blender dan food processor. Hahaha. Bikin artikelnya

Salam Kenal kembali Dina ;-). Blender mini ini hanya bisa untuk menggiling bumbu atau membuat jus Dina, tidak bisa untuk menggiling daging atau Ice crusher. Perbedaan blender dan Food Processor terletak pada fungsinya. Ada fungsi yang mirip pada blender dan food processor misalnya untuk memblender atau menghaluskan tetapi Food Processor biasanya punya fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh blender misal untuk menggiling daging, mengaduk/menguleni adonan, mengiris/memotong sayuran dll. Food Processor yg kecil? Terus terang saya belum pernah nemu Dina. Ukuran FP memang rata2 besar karena fitur multifungsinya, rata2 dgn ukuran mangkok 1 - 3 liter. Itu saja yang bisa saya jelaskan. Salam..Endang


  |  2016-06-18 21:15:10

Zenni from Lampung says:

Dear mbk endang, sy br pakai blendernya 3 hr yg lalu br coba wet mill n persis sperti yg mbk bilng tnp perlu cairan apapun bumbu jd halus. Gk nyesel puny barang ini. Tp kbar burukny mbk, sy baru lihat ternyta motor blnder bag bawahny pecah.. Salh saya gk cek saat baru sampai :(. Ini sedang proses klaim ke elevenia, smoga aj bisa ditukar n gk ada biaya. Mnt bantu doa ya mbk hehehe. Salam zenni

Zenni aduh..betapa beratnya perjuangan untuk mendapatkan blender idaman ;-(. Saya ikut cemas dan berharap semoga garansinya bener2 berlaku dan direspons tanpa kesulitan dan tambahan biaya. Saya tunggu khabar baiknya semoga. Amin. Don't give up Sista! . Salam...Endang


  |  2016-06-18 21:12:13

Dina from Bekasi says:

Hai mba. Mau nanya lagi nih. Hehehe Sebenernya enakan pake ini atau pake hand blender untuk bikin bumbu?

Ya jelas enak pakai blender ini Dina. Hand/stick blender gampang buat menghaluskan yang lunak2 misal tomat, daging buah dan bahan lainya yang banyak mengandung tapi kalau sudah berhadapan dengan kemiri cincang atau jahe cincang dan tanpa bantuan air hasilnya tidak akan halus mungkin sekedar mencincang saja seperti chopper. Lagian hand/stick blender memang desain peruntukannya bukan untuk mengulek bumbu ;-). Saya punya stick blender saya pakai kalau mau bikin selai buah buat ngancurin misal ; nanas, stoberi, plum dll. Semoga memberi pencerahan. Salam....Endang


  |  2016-09-26 20:57:48

Irna from Cimahi says:

Nice post mba..aku lg nyari blender mini..makasih info nya..

Sama-sama Irma. Selamat berburu semoga dapat blender mini yang mumpuni ;-). Salam...Endang


  |  2016-11-29 20:49:21

Dewi from Jakarta says:

Saya akhirnya punya alat,beli di elevania, saya jd g repot ngulek2 lg deh coz ini alat yg saya cari dr dulu sblmnya saya pakai tokebi. Thanks ya mba.....

Selamat Dewi. Saya ikut senang berarti pesan online berfungsi juga ya ;-). Paham dech betapa repotnya ngulek2 bumbu tiap hari. Tapi sekarang dijamin ngalusin bumbu cuman hitungan detik atau menit langsung siap pakai. Oh ya biar masakan sedap jangan lupa tips di atas ya kl ngalusinnya pakai bantuan cairan ;-). Terima Kasih juga sudah mampir bahkan sudah uji beli ;-). Salam...Endang


  |  2017-04-18 22:24:32

Irma from Jakarta says:

Mba blender aku Philips HR 2116 ada jar dan multi mill apa multi Mill bisa buat wet Mill for bumbu tanpa air

Hallo Irma. Kalau saya lihat di deskripsinya multi mill berfungsi untuk menghancurkan bahan keras dan lunak seharusnya bisa dech. Cuman kl saya lihat pisaunya cuman bermata dua, mungkin hasilnya gak sehalus dibandingkan dengan pisau wet mill beneran. Ini dugaan saya lho, coba dech eksperimen dan buktikan hasilnya. Kalau sukses ya bonus ;-). Selamat Mencoba. Salam...Endang


  |  2017-05-03 19:33:00

Aldi from Malaysia says:

Minta alamat emailnya mbak..saya fb:almison aldi

kirim saja ke info@lestariweb.com Aldi ;-)


  |  2017-06-25 21:43:32

simple from indonesia says:

terima kasih

Sama-sama ;-)


  |  2017-06-30 22:30:20

Ave from Bogor says:

Mbak, apakah food processor bisa menghaluskan bumbu kering semisal lada, ketumbar dan kacang2 an?....pengen beli philips hr7625/70 untuk menggantikan blender philips plus chopper hr1538/6.

Hallo Ave, sepengetahuan saya dan dari pengalaman Food Processor tidak bisa dipakai untuk menghaluskan bumbu kering spt lada atau ketumbar karena mesin dan mangkok terlalu besar untuk bumbu kering yang terlalu kecil. Kalau untuk menggiling/menghaluskan kacang tanah baru bisa. Semoga jawaban saya bisa membantu ;-)


  |  2017-06-30 22:44:22

Ave from Bogor says:

Dan apakah bumbu basah yang dihaluskan pakai FP bisa sehalus kalo pake blender?

Bumbu basah asal jumlahnya banyak bisa dihaluskan dengan Food Processor. Lihat di resep saya bagian pembuatan Sambal Pecel (di sub menu Aneka Sambal). Di situ bumbu yg berjumlah kurang lebih 750 gr saya giling pakai FP dan hasilnya benar2 halus. Tapi kalau jumlahnya sedikit misal bumbu masak sekali/sehari-hari mungkin gak akan berfungsi, paling bumbu akan nempel ke gelas mangkok atau pisau penggiling tapi gak akan benar2 tergiling halus. Saran saya lebih baik cari blender yang memang ada fungsi wet mill jangan mengandalkan FP daripada kecewa. FP didesign untuk multi fungsi memang benar tapi justru krn multi fungsi manfaatnya general memudahkan pengadukan, pemotongan/chopper tapi bukan spesific wet mill. Saya punya 1 normal blender dan 2 FP (salah satunya merk Philips) dan kedua2nya tidak berfungsi untuk wet mill khususnya jumlah sedikit. Hanya blender mini yang saya bahas di artikel inilah yg benar2 berfungsi memuaskan. Selamat Hunting Wet Mill ;-). Salam....Endang


  |  2017-08-26 12:38:56

Tutiek Sundari from Cikarang Bekasi says:

Waduh akhirnya aku nemu artikel ini, sudah 5 hari berargumen dengan adik saya yang hobby masak soal blender atau food processor. yang saya cari pengganti cobek dan ulekan kesayangan. Akhirnya nemu yang benar2 cocok lewat artikel ini. Makasih banyak sharingnya ya. Aku akan hunting mini blendernya.

Ha ha ha ketawa baca blender sempat jadi bahan diskusi dan argumen ;-). Selamat Berburu Blender Tutiek. Semoga segera dapat yang tepat. Salam....Endang


  |  2017-11-08 23:26:04

Telly from Jakarta says:

Mbak mau tanya.. klo mini blender yg type HR2874 itu hampir mirip ya fungsinya? Apa perbedaan nya ya mbak? Apakah bisa untuk wet mill dan dry mill? Terima kasih.

Hallo Telly. Type HR2874 hanya punya 2 fungsi. Mangkok/jar ukuran 600 ml dgn pisau yang bisa dipasang/dicopot berfungsi sebagai juicer/milk shaker. Pisaunya bisa dipasang pada botol yg tersedia untuk bikin smoothie. Trus mangkok yang kecil itu berfungsi sebagai multi chopper/mencacah halus bahan bumbu spt bawang merah, bawang putih dll TAPI tidak bisa menggiling sampai halus menjadi pasta. Multi chopper ini juga merangkap sebagai dry mill untuk bahan kacang2an, kopi dll tapi bukan untuk bahan terlalu keras misalnya biji pala. Mangkok/jar besar dgn pisau pasang copot mungkin bisa untuk menggiling bumbu ASAL dibantu cairan, silahkan baca artikel yg saya tulis di atas khususnya pada point 3. Silahkan pertimbangkan baik2 sebelum membeli. Yg jelas tipe ini tidak punya fungsi wet mill. Semoga menndapat pencerahan. Salam....Endang


  |  2017-11-15 14:14:22

from says:

Mb kalo bumbu pala pake dry mill ini kira2 bisa ga ya?




Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari