Ayam Goreng Kremes

Bahan:

  1. 1 ekor ayam sedang atau dada ayam (900 gr), cuci bersih.
  2. 1 sdm air jeruk nipis
  3. 1 liter air kelapa (ganti dengan sediaan air kelapa murni kalengan atau 1 lt air + 1 sdt gula pasir + 2 sdt cuka + 1/4 sdt soda kue)
  4. 2 lembar daun salam
  5. 1 liter minyak goreng

Bumbu Halus:

  1. 6 siung/18 gr bawang putih, cincang kasar
  2. 6 butir kemiri, cincang kasar
  3. 1 sdm ketumbar bubuk
  4. 1 cm atau 1/2 sdt teh kunyit bubuk (optional)
  5. 2 sdt garam atau sesuai selera

Adonan Kremes:

  1. 120 gr tepung tapioka atau sagu tani
  2. 40 gr tepung beras
  3. 650 ml sisa kaldu perebus ayam (tambah air dingin jika jumlahnya kurang)
  4. 1 kuning telur
  5. 1 sdt soda kue/backing soda (supaya kremesan tahan renyah)
Bahan Ayam Goreng Kremes
Bahan Bumbu Ayam Kremes
Bumbu Halus Ayam Kremes
Bumbu Ayam Kremes
Merebus Ayam Bumbu Kremes
MasakAyamKremes
Rebusan Ayam Bumbu Kremes
Adonan Kremesan
Menggoreng Kremesan
Kremesan Mengambang
Ayam Digoreng Kremes
Melipat Kremesan
Ayam Kremes Goreng
Kremesan Goreng
Gorengan Ayam Kremes
Ayam Goreng Kremes

Ayam Goreng Kremes

Asal: Propinsi Jawa Tengah & Jogjakarta

Sumber: Hasil "try & error" di dapur sendiri...

Catatan..

Ayam Goreng Kremes, ibarat ayam KFC a la Indonesia. Jika anda sudah pernah menyantap Ayam Goreng Mbok Berek atau Ayam Goreng Nyonya Suharti, pasti anda sudah kenal dengan sajian Ayam berbalut tepung yang yummy dan crunchy ini. Sekilas mirip ayam goreng remah, tapi kalau ayam goreng remah ayamnya hanya dicelup ke bumbu kemudian digoreng dan sisa adonan digoreng terpisah menjadi kremesan atau remah2 yang ditaburkan bersama ayam saat dihidangkan.

Meski menurut saya prinsip dasar keduanya hampir sama tapi jenis adonan dan teknik penggorengan agak berbeda jadi ya lebih baik saya posting lagi resep ayam kremes sesuai penampilan aslinya. Sekaligus menjawab seorang rekan di FB Resep Indonesia yang sudah putus asa bikin ayam kremes, sudah coba resep yg ini yg itu, tp hasilnya tetep gak kriting malah yg ada malah mirip ayam tepung biasa, sedihnya ;-( .

Catatan: Membuat ayam goreng berbalut kremes tidak susah asal takaran adonan benar dan tahu teknik yang tepat. Satu lagi yang penting kuncinya memang harus SABAR. Terus terang saya jg sudah bereskperimen berkali-kali dan tidak langsung sukses sampai menemukan rumus yang tepat. Adonan kremes sebenarnya bisa dari tepung beras atau tepung kanji atau paduan keduanya.

Bedanya kremes dari tepung beras lebih keras setelah dingin, solid dan lebih mudah melempem kalau dibiarkan di wadah terbuka, sementara adonan dari tepung tapioka atau sagu tani menghasilkan kremesan yang tidak terlalu keras, tidak mudah melempem, lebih berongga-rongga/bersarang dan warnanya tidak terlalu coklat. Intinya kalau mau bikin ayam berbalut kremes yang keriting cantik ya pakai tepung tapioka lebih banyak. Kalau untuk merenyahkan kremesan tambah soda kue ke dalam adonan.

Dari beberapa kali percobaan dengan metode "try and error" akhirnya saya dapatkan rumus yang pas untuk membuat kremesan yang cantik keriting. Rumus Perbandingan Adonan Kremesan Bersarang: 3 bagian tepung kanji vs 1 bagian tepung beras vs 4 X (jumlah tepung tapioka+beras) kaldu perebus/air (dlm ml). Contoh 75 gr tepung tapioka vs 25 gr tepung beras vs 4 X (75 + 25) = 400 ml pelarut atau 75 tepung tapioka vs 25 tepung beras vs 400 ml kaldu perebus ayam / air dingin yang dibumbui. Angka bisa anda bulatkan kalau hasilnya tidak bulat jadi gak harus exact kayak rumus fisika ;-). Silahkan bereksperimen dan selamat menikmati ayam KFC a la Indonesia buatan sendiri ;-).

Cara Membuat:

  1. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Tusuk2 dengan garpu supaya bumbu meresap ke dalam ayam saat direbus.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  3. Jika anda menggunakan blender, tambahkan air secukupnya ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Rebus ayam dengan ditutup/diungkep bersama bumbu halus, air jeruk nipis, air kelapa (air biasa) dan daun salam di atas api sedang sampai ayam lunak dan kaldu mengental.
  5. (Anda juga bisa menggunakan panci tekan / presto, ikuti tipp di bawah.)
  6. Setelah ayam lunak, angkat, sisihkan ayam.
  7. Ukur kaldu ayam sebanyak 650 ml. Tambahkan air dingin jika jumlahnya tidak cukup. Sisihkan dan dinginkan.
  8. Campur tepung beras, tepung kanji/tapioka/sagu tani dan soda kue dan aduk hingga rata.
  9. Campur tepung, kuning telur, dan larutan sisa perebus ayam yang sudah disisihkan sebelumnya hingga rata. Larutan kelihatan sangat encer tapi anda tak usah kuatir memang seperti itu bentuknya.
  10. Cicipi, dari pengalaman saya tak perlu menambahkan garam karena sudah asin tapi jika perlu tambahkan garam sesuai selera.
  11. Panaskan minyak goreng dalam wajan cekung yang anti lengket dengan suhu tinggi sampai minyak benar2 panas. (Kalau suhu kurang panas, adonan tidak akan menyebar tetapi menyatu dan lengket).
  12. Ambil adonan tepung sebanyak satu sendok sayur besar, sebar merata ke dalam wajan. Jangan kaget dengan suara yang nyaring keras dan minyak yang berbuih saat adonan dimasukkan !!!
  13. (Minyak akan memercik ke sekitar wajan tapi tak akan meledak-ledak ke wajah anda jadi tak perlu takut ;-) )
  14. Tunggu sebentar sampai buih menghilang, kremesan mulai mengeras tapi tidak sampai terlalu kering, segera kumpulkan/rapatkan kemesan yang mengambang rata di atas permukaan minyak dengan sutil.
  15. Kecilkan api, celupkan ayam ke dalam adonan tepung, masukkan ayam di tengah2 sarang kremesan, lipatkan segera sarang kremesan ke potongan ayam sampai benar2 terbungkus kremes.
  16. Jika perlu bantu dengan serok untuk menahan sarang kremesan dari bawah saat anda masukkan ayam tapi pastikan kremesan masih terendam minyak. Bungkus segera.
  17. Teruskan menggoreng sampai ayam dan kremesan kering berwarna kecoklatan. Angkat, tiriskan dan letakkan pada kertas tissu penyerap minyak.
  18. Besarkan api kembali dan lakukan kembali langkah2 yang sama sampai ayam habis. Jangan lupa untuk mengaduk adonan sebelum digoreng karena tepung mengendap.
  19. (Anda juga bisa memakai 2 wajan, satu untuk menggoreng kremesan satunya untuk menggoreng ayam yang sudah terbalut kremes supaya tak repot mengecilkan dan menaikkan suhu kompor, tapi perlu minyak lebih banyak dan sigap menangani keduanya agar tidak gosong ;-) ).
  20. Goreng sisa adonan jika masih tersisa dan taburkan pada ayam goreng saat dihidangkan.
  21. Sajikan segera dengan nasi, lalapan dan sambal jika suka.

Tips Tambahan:

  1. Pilih ayam yang relatif muda supaya ayam tidak alot dan terasa lebih sedap.
  2. Rebus ayam di atas api sedang supaya sari ayam tetap awet dan bumbu meresap sehingga ayam terasa lebih gurih. Alternatif lain anda juga bisa merebus dengan panci tekan/presto sehingga ayam cepat lunak sampai ke tulang. Selain itu makanan lebih sehat dan kandungan nutrisinya lebih lengkap karena kerusakan zat gizi akibat pemanasan selama proses memasak dapat dikurangi. Syaratnya anda harus menjaga supaya ayam tidak terlalu lama dimasak sampai hancur lebur ;-).
  3. Tambahkan soda kue pada adonan kremes supaya kremesan goreng benar2 renyah.
  4. Kalau tak ada timbangan kue silahkan pakai ukuran sendok makan munjung (15 gr), contoh 3 sdm tapioka (45gr), 1 sdm tepung beras (15 gr) diencerkan dengan 4x (45 gr+15 gr) atau 240-250 ml kaldu/air.
  5. Gunakan wajan yang benar2 anti lengket kalau tidak hasilnya bisa ancur2an dan gagal total.
  6. Bumbu bisa anda ubah sesuai selera, tapi hindari pemakaian gula secara berlebihan dalam adonan. Adonan yang manis manghasilkan kremesan yang cepat gosong sementara ayam di dalamnya masih lunak dan belum kering.
  7. Masukkan kuning telur saja dalam adonan kremesan. Putih telur menyebabkan minyak berbuih dan lengket ke kremesan. Akibatnya kremesan cenderung berminyak berlebihan.
  8. Tepung kanji lebih banyak menyerap minyak daripada tepung beras, tiriskan dengan sempurna dan serap kelebihan minyak dengan kertas tissu supaya kremes bebas dari minyak.
  9. Tunggu kremesan sampai benar2 dingin sebelum kremesan dimasukkan toples/wadah kedap udara dan tutup rapat supaya tidak melempem.
  10. Ayam Goreng Kremes yang sudah dingin bisa anda panaskan di dalam oven dengan suhu 150C selama 15 menit supaya bisa renyah kembali.






Reviews & Comments


  |  2015-01-20 13:36:25

ima from bekasi says:

salam kenal mbak lestari makasih resep ayam kremesnya, saya udah coba-coba berbagai resep di website bikin kremesnya selalu gagal, pas ketemu web mbak lestari langsung jadi. ulasannya detail dan jadi favorit saya web masakannya :)

Hallo Ima salam kenal kembali ;-). Selamat ya kremesannnya sukses dan berhasil.. saya ikut senang! Salut juga perjuangan Irma yang tak pernah menyerah mencari resep kremesan yang tepat :-). Saya juga bukan ahli masak, hanya ingin berbagi dari hasil uji coba dan eksperimen berkali-kali yang sering gagal juga he he. Terima Kasih untuk apresiasinya. Ayo silahkan lihat resep2 yang lain...banyak resep lezat menunggu ;-). Salam...Endang


  |  2015-04-22 18:49:37

frieslanda uneputty from Houston, Tx, USA says:

Terimakasih banyak buat resepnya mb...sukses!! GBU

Hallo Frieslanda..Terima Kasih Kembali sudah mampir. GBU too. Ayo silahkan dicoba resep yang lain siapa tahu ada yang nyangkut di lidah ;-). Salam....Endang


  |  2015-04-22 18:54:39

Miki from UK says:

Salam Endang. Thanks banget dengan resep kremasannya. Very pleased with the result. Kemarin bikin Ayam Lengkuas, so sekalian mau bikin kremasan. Photo akan di share di Facebook food/drink saya #Housewife Club with credit to you. Thank you.

Salam Kembali Miki :-). Selamat kremesannya sukses, saya ikut senang dengarnya. Bikin kremesan susah2 gampang saya dulu juga babak belur coba ini itu sampai ketemu paduan yang pas ;-). Terima Kasih untuk apresiasinya. Ayo silahkan lihat2 resep yang lain siapa tahu ada yang bisa disharing di Housewife Club ha ha ;-). Salam....Endang


  |  2015-07-08 18:21:49

Annie from Jakarta says:

Salam kenal Mbak Endang, terimakasih banyak atas resep ayam kremesnya.. aku sudah coba beberapa kali dengan resep yang lain tetapi hasilnya kurang empuk dan tidak keriting..GBU Mbak...

Salam Kenal Kembali Annie :-). Selamat Ayam Kremesnya berhasil! Saya ikut senang sekaligus bangga dan salut atas perjuangannya yang tak pernah nyerah nyari dan nyoba resep Ayam Kremes yang cocok ;-). GBU too. Salam....Endang


  |  2015-07-08 18:26:14

Ika from Malaysia says:

Hallo mba, aku pertama kali searching trus nemu beberapa resep, dapat resep mba endang, lalu aku ambil resepnya, krn paling lengkap dan detail. Pertama kali masak, alhamdulillah langsung jd, seneng bgt, sampe suami tanya kok bisa kremes ayamnya, hehee. Terimakasih buat resepnya :)

Hallo Ika. Selamat ya pertama nyoba Ayam Kremes langsung sukses. Saya ikut senang dan bangga masakan Ika bikin suami terkagum-kagum ;-). Ayo teruskan...silahkan lihat resep2 yang lain siapa tahu ada lagi resep yang patut diuji coba untuk suami tercinta ;-). Terima Kasih juga untuk apresiasinya. Salam...Endang


  |  2015-07-15 18:02:32

Puji Hastuti from solo says:

Bagus

Maksudnya enak atau gimana Puji he he ...


  |  2015-09-06 22:13:52

Ina from Medan says:

Hi mba lestari. Aku udah coba, dari segi tekstur. Kremesnya TOP, warna keemasan, gak terlalu keras, juga gak terlalu lembut dan agak kriuk mba, pokoknya pas lah. Tp dari segi rasa malah PAHIT banget. Pada kunyahan pertama oke, setelah beberapa saat rasanya pahit. :( Apa kemungkinan karna kelebihan baking soda ya mba? Trus, aku bikin adonan kremes sekali lagi (kali ini aku masukin baking sodanya 1/4 sdk teh), tp pada saat digoremg malah kaya lembek alot gitu.

Waduh Ina. Turut berduka cita untuk kremes pahitnya! Memang kelebihan soda kue menyebabkan pahit. Apalagi kalau bumbunya sudah mengandung kunyit agak banyak. Mungkin Ina coba sekitar 1/3 sendok gitu, siapa tahu lebih pas. Penggunaan soda kue memang perlu uji coba sampai mengenal betul merk yang kita pakai karena kadar soda kue mungkin beda satu sama lain. Ayo jangan putus asa, gagal dalam masak itu biasa saya juga sudah babak belur uji coba kok ;-). Salam..Endang


  |  2015-09-24 18:46:01

Pipit from Kediri says:

Lam kenal mb endang,sy udh bbrp kali buat kremesan tp baru kali ini bs berhasil keriting cantik n renyah pokoknya top deh,o ya mb kremesan ini bs untuk pisang kremes ndak?

Hallo Pipit Salam Kenal Kembali. Waduh senangnya saya dapat kunjungan dari tetangga ;-). Selamat untuk keberhasilan kremesnya. Mengenai pertanyaaanya bisa nggak untuk kremes pisang goreng. Terus terang saya tidak bisa jawab soalnya belum pernah nyoba. Tapi dari pengalaman bikin adonan kremes yang terlalu manis karena bumbunya saya kasih gula, hasilnya ancur-ancuran gosong meski apinya kecil. Asumsi saya kalau untuk pisang goreng kayaknya adonannya bakalan manis juga, betul tidak? Intinya kalau adonan kremes diaplikasikan untuk adonan manis hasilnya cenderung negatif dech. Tapi kalau mau coba silahkan, asal siap nanggung resikonya he he. Selamat Bereksperimen, Semoga Berhasil. Salam....Endang


  |  2015-12-13 13:34:33

Linda from Sydney says:

Mbak endang, terima kasih banyak buat tips.. Pertama kali diajarin seperti mbak endang ber sarang kremes, tapi terus catatan nya hilang dan lupa mesti pake tepung apa.. Beberapa kali gagal, dan juga cek di website, kurang pas takaran nya. Resep mbak endang top ;-). Malah teknik membalut ayam dengan sarang nya.. Brilliant banget.. Krn biasanya kremes nya habis dimakan in haha.. ;-D

Hallo Linda ;-) Selamat untuk kremesnya. Saya ikut senang dan bangga dengar Linda berhasil dengan resep hasil try error ini ;-). Jadi ingat pertama kali saya bikin dan berhasil setelah gagal berkali-kali. Kalau udah tahu rumusnya, tinggal bikin kapan saja, saya juga sering bikin kremesnya saja Linda, tinggal dikremus untuk lauk tanpa ayampun sudah enak ha ha ;-D. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali. Salam....Endang


  |  2015-12-22 22:29:45

kiki marstiana momzeko from kediri says:

Mbak makasih yaaaaa Baru kali ini nyoba kremesan.. Puas dan pas dilidah

Hallo Kiki. Selamat ya kremesmnya sukses. Aduh saya semakin senang nich banyak berhasil percobaannya ;-). Ayo silahkan dicoba resep lainnya. Salam dari Tetangga ;-) ...Endang


  |  2015-12-31 21:05:53

Diana from Malangjawatimur says:

Tips yg menarik untuk referensi masakan

Ayo Diana, jangan hanya untuk referensi tapi dipraktekkan langsung. Selamat Mencoba. Salam....Endang


  |  2016-01-06 11:08:26

Mada from Golden Bay, New Zealand says:

Hallo mb, Thanks so much ya buat resepnya. Baru coba sekali langsung jadi, Enak dan mudah. Suami bilang hmmmm interesting? sambil terlihat bingung. Wah..ntar mau bikin lagi bulan depan untuk acara ma teman2 Indonesia disini, pasti mereka suka. Sukses ya mb..:)

Hallo Mada... Selamat Woiii buat Ayam Kremesnya. Suami bingung plus salut Mada bisa nyaingin KFC kali ha ha ha ;-). Ternyata bikin Ayam Kremes tidak susah ya. Semoga berikutnya juga sukses membuat terpana teman-teman dari Indonesia. Thx so much juga sudah mampir dan uji nyali. Sukses juga buat Mada ;-). Salam Hangat dari Rantau....Endang


  |  2016-01-31 13:49:09

Elisabeth from Breda, Nederland says:

Thanx banget untuk reseptnya!udah sering mencoba pakai resept lain namun hasilnya huh....mengecewakan. Kemarin mencoba pakai resept ini and yeaah...yam...yam......

Hallo Elisabeth. Selamat untuk keberhasilan kremesnya. Ternyata Ayam Goreng Kremes banyak penggemar ya, dan anehnya banyak fans yang sudah babak belur mencoba resep ini itu tapi tidak kapok sampai nemu resep yang cocok. Ayo silahkan lihat resep resep yang lain siapa tahu ada yang cocok. Salam dari Tetangga. Endang


  |  2016-06-28 20:51:06

Lenny from Las Vegas says:

Terima kasih atas resepnya. Saya telah mencobanya. Hasil ayamnya cocok tapi hasil kremesannya tidak seperti yg mbak Endang tampilkan. Hasil saya ok waktu masih panas, tapi setelah dingin jadi melempem dan liat. Dan yang menempel pada ayamnya setelah dingin terasa lengketnya karena resepnya 120 gr tapioka dan 40 gr tepung beras. Saya kira saya masih perlu saran dari mbak Endang utk memperoleh hasil yang lebih baik. Cara membalut ayampun saya masih kaku sehingga tidak serapi buatan mbak Endang. Ka

Hallo Lenny. Aduh turut sedih dengan pengalaman pertama praktek trus Gatot ;-(. Jangan putus asa ya. Kremesan melempem meski sudah nurut resep? Saya juga jadi bingung nich apa kira2 penyebabnya. Sudah ditambah soda kah di adonan tepung? Kalau sudah mungkin sedikit kebanyakan gula. Asumsi saya Lenny bukan pakai air kelapa betulan. Takaran gula untuk resep pengganti air kelapa saya koreksi sekalian untuk mengantisipasi kelebihan gula dan menyebabkan kremesan lengket dan melempem. Kadar manis gula lain2 ya meski sama2 satu sendok. Saran sy lain kali coba bikin kremesan saja tanpa ayam tanpa pakai gula sama sekali. Kalau hasilnya kremesan tetap renyah berarti dugaan saya benar. Pakai wajan cekung ya bikinnya jangan pakai wajan datar, meski minyaknya banyak menggoreng kremes pakai wajan datar hasilnya kurang bagus karena panas minyak tidak merendam adonan secara sempurna. Itu saya sementara tebakan saya. Keep trying. Saya juga melewati masa2 itu dulu sampai mblenger ;-). Salam...Endang


  |  2016-08-02 18:49:34

putri from bojonegoro says:

mb mau tanya jika goreng ayamya d goreng dulu apa langsng di goreng bersama kremenya atau kremesya dulu terus ayamya,maksutq jija bareng kremesya apa ayamya tidk kurang kres atau kurng kering mb ya ,maksiih....q tgu jawabanya

Lho kan sudah saya tulis dan terangkan di cara pembuatan Putri, pertama kemesnya dulu digoreng trus dimasukkan ayam yang barusan dicelup ke dalam adonan kremes diletakkan di tengah2 kremesan dan langsung dibungkuskan kremesnya menyelumuti ayam. Habis itu diteruskan menggoreng dengan api sedang sampai ayam benar2 kering. Kalau Putri mau menggoreng ayam dan kremes secara terpisah ya silahkan saya ;-). Nanti kremesannya ditaburkan di atas ayam goreng saat dihidangkan. Sajian ini punya nama yang lebih tepat yaitu Ayam Goreng Remah. Silahkan pilih mau Ayam Goreng Kremes atau Ayam Goreng Remah keduanya enak. Kalau cara bikinnya Ayam Goreng Remah tentu lebih mudah ;-). Selamat Mencoba. Salam...Endang


  |  2016-08-14 16:59:37

from says:

Good




Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari