Ikan Kuah Kuning

Bahan:

  1. 2 ekor (600 gr)ikan barakuda, tongkol atau ganti dengan ikan lain
  2. 2 batang serai, memarkan
  3. 2 cm lengkuas, iris tipis
  4. 2 sdt gula pasir
  5. 2 buah jeruk nipis
  6. daun kemangi atau ganti dengan daun basil
  7. 1 lt air
  8. Garam secukupnya
  9. Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  1. 5 buah bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2-4 buah cabe merah besar
  4. 2 cm jahe
  5. 3 cm kunyit
Bahan Ikan Kuah Kuning
Ikan Kuah Kuning

Ikan Kuah Kuning

Sumber: Buku Kumpulan Resep Tradisional Indonesia

Catatan..

Kepulauan Maluku yang kaya dengan hasil ikan laut dan rempah-rempah ini memang terkenal dengan masakan khas yang berasal dari ikan, salah satunya yaitu "Ikan Kuah Kuning". Sesuai namanya sajian ini berwarna kuning cenderung oranye yang berasal dari rempah kunyit. Sajian Ikan yang dimasak dengan daun kemangi, bumbu, rempah serta perasan jeruk nipis ini rasanya hhhhhm sedap dan menyegarkan. So bagi anda pecinta hidangan dari ikan tak ada salahnya anda mencoba. Terus terang saya sendiri suka dengan cita rasa masakan ikan dari Maluku yang menurut saya sangat mudah proses pembuatannya tetapi rasanya sangat menggugah selera.

Catatan: Di tempat asalnya di Maluku biasanya dipakai ikan barakuda tapi berhubung di tempat tinggal saya sekarang susah mendapatkan jenis ikan ini, maka terpaksa saya ganti dengan ikan Dorade (sejenis Mujair) yang menurut saya rasanya paling sesuai dengan lidah Indonesia saya. Bagi anda yang mempunyai masalah serupa silahkan pilih jenis ikan sesuai selera anda. Untuk Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu terutama penduduk asli Maluku mohon maklum dengan keterbatasan di atas. O ya sebelum saya lupa jika anda ingin mengurani bau amis yang menyengat pada ikan, silahkan rebus dulu ikan sebentar saja dan buang air perebusan. Cara ini sering saya pakai, siapa tahu berguna bagi anda. Selamat Mencoba OK...

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan, potong sesui selera. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis atau air asam. Diamkan selama 15 menit.
  2. Cuci ikan dengan air dingin. Tiriskan.
  3. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  4. Tumis bumbu halus hingga matang dan berbau harum.
  5. Tambahkan irisan lengkuas dan serai. Teruskan tumis sebentar sampai serai agak layu.
  6. Tambahkan 1 lt air masak sampai mendidih.
  7. Kecilkan api ke posisi sedang, masukkan ikan, masak sampai ikan berubah warna dan matang.
  8. (Jika perlu rebus ikan sebentar dalam panci terpisah untuk mengurangi bau amis seperti yang saya tuliskan di atas).
  9. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Masukkan daun kemangi.
  10. Terakhir beri 2 sdm air jeruk nipis. Angkat.
  11. Sajikan bersama pepeda.






Reviews & Comments


  |  2012-09-01 09:02:58

any from jepara says:

Pasti sedap!!!

Memang betul !! Makanya segera dicoba ;-)


  |  2012-12-11 21:33:44

facrizal from 1234 says:

lebih baik menunya di tambah degan apa ya?

Hallo Facri. Set menu lengkap biasanya terdiri dari Pepeda, Ikan Kuah Kuning, ditemani tumis ganemo ( daun melinjo muda ) dgn bunga pepaya & cabe merah. Plus dilengkapi sambal colo colo khas Maluku. Semoga membantu. Salam..Endang


  |  2013-01-13 10:34:35

TITIN ANGGRAINI from SUMBAR says:

LIKE THIS

Like it too ;-)


  |  2013-02-10 18:37:07

Ervan from Jombang says:

Biarpun saya orang jawa tp i love u maluku,

Kl saya love semuanya Boss maksudnya masakan dari bagian Indonesia manapun asalkan enak ha ha


  |  2013-02-14 17:53:54

Ervan from Jombang says:

Mantappp!!! Masakan nusantara gak ada matinya.Hehehe

Makanya dipraktekkan Boss biar masakan Indonesia tidak punah dilindas restauran Fast Food he he...


  |  2013-03-19 23:07:49

aneu from pandeglang says:

Nyumiiiiiiiiiiiii. Nt boleh tuh di coba........

Mangga`' atuch Neng.....semoga sukses percobaannnya ;-) Salam....Endang


  |  2013-04-11 21:09:10

rini anggraini from papua says:

Waktu saya bumbu buah kuah kuning & amp;#8706;ï pasar saya diksh pake daun kunyit ; daun salam+jeruk.

Hallo Rini. Bumbu & bahan dlm masakan tradisional bs saja bervariasi dari suatu daerah ke daerah lain krn tak ada resep mutlak u suatu masakan. Terima kasih untuk masukannnya. Salam....Endang


  |  2013-05-09 22:20:54

wiliah from Tarakan says:

Memang Mantap Banget Masakan Indonesia :D

Setuju Wiliah. Sampai kapanpun dan dimanapun saya tak akan bosan dengan masakan Indonesia ;-))


  |  2013-05-13 20:07:58

hndo alif from jakarta raya says:

wow......enak tenan.

Setuju.. sajian ikan dari Maluku emang mantap!!


  |  2013-07-15 20:43:09

warsih from jl wahid hasyim 174 jombang says:

enak tenan legi kecut seger

He eh....Setuju banget sama Warsih. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2013-11-05 07:32:15

Anastasia from Pati, Jawa Tengah says:

Hmm, aku sdh coba, tp aku tambah sedikit asam biar seger..hehe.suedaaap

Hallo Anastasia. Woi selamat ya eksperimennya berhasil. Suka yang asam asam ya? Emang rasa asam ini yang bikin ikan terasa tidak amis dan rasanya lebih seger. Ayo silahkan dicoba resep yg lain. Salam...Endang


  |  2013-12-09 19:49:43

yudi from sulawesi says:

Udah q coba rasanya gk enak . Tipu kau!!!

Ngapain saya nipu ;-) Ucapan anda ibarat menghina resep saudara kita dari Maluku. Banyak komentar di atas bilang enak tuch, masaknya salah kali atau suasana hati lagi kacau. Ada pepatah bilang, buruk rupa cermin dibelah he he. Salam Endang.


  |  2013-12-09 19:51:00

warni from jajag says:

Udah bener kuninh ikaanna.. persis kyak di gambar... Makasih yaa atas resepnya Rasanya Ngak enak!! Udah gitu bkin mencrettt lagii!

Makanya beli ikan yang segar dong biar gak mencret hi hi. Kalau masalah enak gak enak sich relatif dan tergantung yg masak. Santai aja kalee, kalau selera gak cocok yach silahkan skip aja nggak perlu emosi he he. Thx juga untuk komennya.


  |  2013-12-26 14:14:22

RYEL from bandung says:

sy coba pake kakap merah,,rasanya suuegeerrr di padu dgn cah kangkung belacan dan perkedel jagung,,top markotop

Ngomong2 Non RYEL sama Hubby kena mencret gak ?? ha ha ha. Kalau mau bikin resep yang asam2 harus lihat kondisi perut juga. Top markotop juga nich udah mulai menyisir ke Maluku gak cuman jatim. Keep on ;-) Salam Kuliner ....Endang


  |  2013-12-27 17:14:58

RYEL from bandung says:

hehehe gak ahh kami gak mencret, pada dasar nya masakan nusantara banyak kesamaan antara daerah satu dengan yg lain, seperti ikan kuning ini kalo di sumbar atau sumut hampir sama dengan asam padeh yg selalu ada di tiap resto padang, tinggal pilih selera mana yg suka silahkan coba,,,iya gak mbak heheheh

Iya betul...paling cuman bumbu yang agak variasi sana sini. Terus terang sy senang nich ada yang berhasil lagi bikin resep ini, soalnya tuch komen di atas Non, sy barusan disemprot habis2an gara2 masaknya Gatot. Tp jujur masukan dan kritik sy terima dgn lapang dada untuk instropeksi sekaligus motivasi, tul gak ??! ;-)


  |  2013-12-28 23:20:31

RYEL from bandung says:

hem sebagai orang timur kita terbiasa dengan etika yg luhur, kata2 ibarat cerminan hati dan jati diri,,saya sangat bangga dan salut dengan begitu legowo mbak menanggapi kritik yg disampai kan kurang elegan itu, tapi keep going mbak karena masih banyak yg merasa sgt terbantu koq dgn resep2 yg mbak posting, keep spirit high sist,, big hug..

Hmmm...Terima Kasih atas ucapan Non RYEL yang menyejukkan sekaligus memberi pencerahan. Semoga sy selalu dikasih kesabaran dan sikap legowo dlm menyikapi perbedaan. Amin!! Big Hugs for U too Sist ;-)


  |  2014-01-08 07:30:45

hofier from papua barat says:

pokok.x nyami dhee,,

Setuju Hofier. Sajian ikan dari Indonesia Timur memang top. Saya juga ngefans banget, bumbunya simple rasanya lezaat!! Salam...Endang


  |  2014-01-18 09:20:17

lala from solo says:

kebetulan suami sy jg orang timur sana..lagi minta dimasakin kuah kuning..tp ikannya sisa dikit..boleh dicampur hati ayam ga yah?

Hallo Lala. Memasak bukan ilmu pasti, setiap orang bisa berkreasi sesuai bahan dan selera, tidak harus terpaku dengan resep masakan. Saran saya mungkin lebih baik dicampur udang kan masih saudara dekat ikan2an gitu he he. Selamat bereksperimen dan semoga sukses. Salam..Endang


  |  2014-04-26 19:07:59

reni from says:

Lagi masak nihh doakan semoga berhasilllll

Gimana hasilnya Reni?? Semoga sukses dan cocok dengan selera nich. Salam....Endang


  |  2014-10-18 10:57:57

lina from salatiga says:

sudah sy praktek kan..n hasil nya mantap. mak nyussss

Selamat Lina..koki jos juga nich sekali praktek langsung Mak Nyuss ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain banyak resep lezat menunggu. Salam....Endang


  |  2014-10-24 09:32:27

hasmawaty from lgi masak moga berhsil says:

Makasi mba atas resepx sy uda buktkn ternxt makjus banget

Untuk Hasma yang "sudah berhasil masak" ikan kuah kuning...Selamat Non, bakat koki juga nich sekali coba langsung Mak Nyuss ;-). Thx juga untuk kunjungannya... Salam..Endang


  |  2014-11-08 07:38:50

Ibu nafingah from Kebumen says:

Wadduh... Klo saya lg masak ikan kuah kuning...anak2 makany jd nambah... Ma'nyuz... Makasìh recep ny yaa d tunggu resep2 yg lain.

Waduh jempol juga nich..Ibu Nafingah koki bertangan dingin nich. Kebahagiaan tersendiri lihat putra-putri makan lahap di rumah sendiri, betul kan Ibu?? ;-). Terima Kasih untuk motivasinya..saya akan terus perbanyak resep tapi Ibu praktek juga ya ha ha. Selamat Berakhir Pekan. Salam...Endang


  |  2014-11-13 07:56:12

winanda G silawanebessy from Ambon says:

ikan kua kuning memang sadap apa lagi masak make asam lemon china,,, Mantap :-)

Wo ada yang punya resep nyasar ke mari ;-). Setuju sekali Winanda memang sedap tuch buktinya banyak saudara2 kita dari kawasan barat yang ngefans berat sama resep ini termasuk saya ;-). Sayangnya asam lemon china tak terakses di semua tempat apalagi yang tinggal jauh dari benua Asia tapi pakai jeruk nipis juga sudah lezaaaaaaaaaaaat banget ;-) Salam....Endang


  |  2014-11-18 13:43:30

laila cristanto from sidoarjo says:

alhamdulillah aku sudah coba dan suamiku suka banget.. makasih resepnya..

Alhamdulillah..saya ikutan seneng Laila :-). Selamat Ya....masakannya sudah sukses memuaskan pelanggan utama ha ha. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain...banyak resep lezat menunggu. Siapa tahu cocok dengan selera Hubby. Terima Kasih Lalila ..sudah berani uji nyali :-) . Salam....Endang


  |  2014-11-28 08:07:42

Ima limola from makassar says:

Wow,, Nih udah masak dan rasanya pengen nambah lagi nambah lagi, Makasih buat resepnya..

Wow Ima koki hebat nich!!! Sekali coba langsung sukses :-). Tinggal bikin lagi & bikin lagi ha ha ha..Kata Ibu Susi menteri KKP persediaan ikan sekarang melimpah :-D, tak perlu kuatir kekurangan bahan ;-). Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali. Silahkan intip2 resep yang lain siapa tahu ada yg nyantol. Salam....Endang


  |  2014-11-28 19:41:56

hamdiana from palu says:

jadi nambah koleksi resepku. tks :-)

Semoga tidak hanya dikoleksi tapi dipraktekkan. Cuma mengoleksi gak bikin kenyang Boss ha ha. Thx sudah wira-wiri ke warung saya hari ini. Salam..Endang


  |  2014-11-29 09:11:03

eve from medan says:

Biarpun saya orang batak...masakan ini passss buangetttt di lidah saya :-). Thx buat resepnya....

Eve....selera tak mengenal batas dan waktu, tul nggak? Memang resep saudara kita dari Maluku ini telah membuat banyak orang jatuh cinta, korban terakhir tercatat dari Medan :-D. Terima Kasih juga sudah mampir. Ayo silahkan intip2 siapa tahu ada ada yg pass di lidah lagi. Salam...Endang


  |  2015-01-05 21:14:25

lucky from bontang says:

udah gw coba gan,,mantaaaap ni resep,,walapun gw gak pnter masak n bahan2 minim tapi hasilnya enak ajaa,,hehehe

Selamat Gan :-). Berarti jago masak dong, cuman bekal google sekali praktek langsung mantap. Tinggal diasah aja tuch ilmunya Chef ;-). Ayo silahkan lihat resep2 yang lain banyak resep mantap dari Aceh sampai Papua menunggu tuch. Salam..Endang


  |  2015-01-09 10:35:50

yola from bekasi says:

salam mba Endang. ketemu lagi ya. maaf aku tadi beli ikan tuna. langsung bergerak kursor ke website mba Endang. apa bisa masak ikan kuah kuning mba Endang? oiya cocokkah dengan cap cay? satu lagi mba Endang, cumi Saos Padang kemaren sukses bikin temen saya nambah dan minta resepnya. hihi..

Yola...Ikan tuna salah satu ikan yang tanpa bumbupun rasanya enak. Saya yakin dimasak model apa saja enak Sist. Kalau masalah menu tambahan, biasanya orang Maluku menyajikan Ikan Kuah Kuning dengan tumis ganemu atau melinjo. Jadi ambil sayuran yang kurang lebih sama tumis2an yang tidak berair karena sup ikannnya suda berkuah banyak gitu ;-). Anyway Selamat Untuk Cumi Saos Padangnya..makin hebat saja nich koki baru he he! Well done ...Selamat berakhir Pekan..jangan lupa refreshing..jangan nungguin kompor terus ;-) . Salam...Endang


  |  2015-03-02 21:20:00

yuli from bali says:

Belom coba,,, tp bakal coba besok,,, thx

Selamat Bereksperimen Yuli. Sempga sukses dan rasanya Mak Nyuss ;-). Salam..Endang


  |  2015-03-07 21:17:33

Lidya Syaranamual Papilaya from Bali says:

Katong orang ambon tinggal di Bali. Katong su coba deng tambah sawi tumis. Leeker skali.. Mantaaap deh

Hallo Lidya. Woi senengnya saya dapat komen dari yang punya resep berarti resep ini sudah lolos uji nich ha ha :-D. Yakin dech di tangan Lidya semakin lekker rasanya. Beta ucapkan terima kasih untuk kunjungannya. Salam....Endang


  |  2015-04-29 20:24:02

indah anggrian from jakarta barat says:

Rabu,29 apRiL'15... Mantaaaappp,baRu MuLai beLajaR masaKk LaNgsUng masak ikan kUniNg nya sUksesssss,ditambah cabe rawitt merah,sm petee kesukaan misuaa (garnish gtt ceritanya mah) hasiL nya MeMuaskan ApaLagi ikan langsung dari laut yg dibawain temen misua yg baru pulang berlayar.. SekaLian buatt nambah vitamin dedek nya juga nih yg bentar lagi lounching.., moga

Hallo Indah. Wow..Selamat Ikan Kuah Kuningnya sukses!! Waduh saya ngiri berat tuch sama ikan segar langsung dari laut pasti tambah lezaaaaaaaaat! Betul makan ikan yang banyak biar si Dedek tumbuh jadi anak cerdas ;-). Salam...Endang


  |  2015-05-16 14:55:08

joni iskandar from makassar says:

good taste. disini ada juga kuah kuning rasanya hampir sedikit mirip cuma di makassar sedikit rempah alias citarasa orang makassar sangat berbeda dengan daerah lain. istilah kasarnya suka yang hambar. mungkin yg bilang tipu2 diatas sukanya makan masakan hambar,jadi makan yg gurih ful rempah muntah hahahaha. btw saya asli jawa yang suka rempah dan bumbu lengkap . bulukumba makassar

Ha ha ha ....Jonny komennya menghibur bikin saya ngakak sendirian wakkkkk...masak ada orang suka masakan hambar! Biarin aja orang komen positif dan negatif saya terima dengan senang hati. Rambut sama hitam tapi selera memang beda. Resep apapun tergantung yang masak juga..kata orang The Man behind the gun adalah faktor utama. Syukur rasanya cocok buat Boss. Ayo silahkan nyicipi resep yang lain. Selamat Berakhir Pekan. Salam....Endang


  |  2015-06-13 21:12:40

rhevas from ternate says:

mantap,,,, makanan kesukaanku,,,

Percaya dech Rhevas, orang luar Maluku aja banyak yang jatuh cinta sama masakan ini ;-)


  |  2015-06-13 21:16:14

mei from france says:

Hari ini ta' coba resep ikan bumbu kuning ini mbak, enak2 aja tuh ;-) gak pake bonus diare kok hehehe.... di tambah daun jeruk ama irisan tomat tambah maknyus

Ha ha ha Mei pasti baca komen dari atas ya. Kalau ikannya bagus dan masaknya bener saya yakin gak akan mencret dech ;-). Tambahan daun jeruk hmm yakin semakin harum dan segar aromanya. Good idea. Makin kratif saja Jeng. Keeep it up! Happy Weekend.....Endang


  |  2015-06-23 18:30:18

galuh from perancis says:

Saya akan coba dgn ikan dorade di freezer krn bingung mau diapain. Sptnya resep ini enak bgt. Tp gak dipakein cabe krn takut pedes ntar gak ada yg mau makan lagi...

Di foto atas saya juga pakai ikan dorade Galuh. Silahkan pakai cabe tapi isinya dibuang biar nggak pedas. Meski gak pedas paling nggak aroma cabe membuat bumbunya semakin lezat. Selamat Mencoba. Salam...Endang


  |  2015-08-10 20:37:34

Lia Amalia from banten says:

Boleh coba nch????

Silahkan Lia...Semoga sukses percobaannya ;-)


  |  2015-08-10 20:39:04

dianris from jakarta says:

Ikan kuah kuning masakan favorit suami saya, makan campur dengan papeda itu lebih mantafff .....

Betul Dian. Seperti saya tulis di kata pembuka biasanya memang disajikan dengan Pepeda dan tumis ganemu. Sayang dua-duanya gak ada di tempat saya. Tapi tetap enak kok disantap dengan nasi ;-). THx sudha mampir. Salam...Endang


  |  2015-11-19 20:26:23

valentina from samarinda says:

Top markotop... Biar merantau tdk lupa masakan daratan timur.. Ueeeeenaaaak eee polllll gak pake mules atw mencret. Hahahaha. Resep daratan tmur yg lainnya dunk mbk

Hallo Valentina Ha ha ha. Aduh senanfnya yang barusan makan enak ;-). Selamat gak pakai diare berarti bahan dan masaknya benar nich. Tunggu ya Non masakan baru dari Timur. Ada planning nich masakan dari Ikan dari Kalimantan sebentar lagi saya eksekusi. Tuch masih banyak resep menunggu. Selamat Mencoba yang lain dulu ;-). Salam...Endang


  |  2016-01-23 10:35:39

wijhyuyee from cilacap says:

. Weww ... maknyozz bingitzzz ulala hahaha Thanks for resepnya mba :) :* Di tunggu resep lainya :)

Ha ha ha senangnya yang baru makan enak ;-) Thx jgua sudah uji nyali Wijhyuyee. Salam...Endang


  |  2016-02-25 22:06:58

from says:

Saya mau coba akh kaya nya uenaaakkkkkk...

Emang enak Bos. Sudah banyak yang nyoba kayaknya cocok tuch ;-)


  |  2016-03-08 21:02:08

risman from says:

Hari ini sudah coba. Orang Maluku nya aja bilang sama dengan buatan Maluku dan enak sekali. Terima kasih resepnya...

Selamat Boss!! Koki hebat jg berani uji nyali untuk orang Maluku asli yang punya resep dan hasilnya dahsyat!! Saya ikutan bangga nich berarti resep sudah lolos sensor ;-). Terima Kasih Kembali. Ayo silahkan uji nyali lagi banyak resep lezat menunggu ;-). Salam....Endang


  |  2016-04-20 21:29:00

Aminah from Jakarta says:

Masak ikan kuah kuning (ikan diganti tongkol) utk makan siang tadi. Anak2ku suka. Suami juga suka, sampe bilang "ikannya aku habisin semua ya ;-). Senangnyaa ketemu blog mb Endang. Aku yg baru belajar masak sebulanan ini merasa sangat terbantu. Jadi PD karena resepnya enak dan mudah dibuat. Trm ksh sdh sangat baik berbagi resep nusantara. Aku sampe ngeprint segala loooh (abis blm mau buat buku sih.. hehehe) Semoga Allah menyejahterakan mb Endang dan keluarga.

Bunda Aminah rajin banget masak plus mondar-mandir ke warung saya kayak orang mau kendurian aja ha ha ;-). Emang menunya ganti 3 kali sehari gitu?? Selamat buat isti dan ibu teladan....saya ikut bangga dan terharu nich buat perjuangan untuk menyajikan masakan yang lezat buat keluarga tercinta. Terima Kasih untuk doanya. Semoga rahmat dan berkah Allah selalu melimpahi Jeng Aminah dan Keluarga. Amin..


  |  2016-05-14 15:59:00

ratna from merauke papua says:

Sy asli sunda.... Untuk masakan maluku ini sy suka bngt apalagi dihidangkan dng papeda ....ajibbbb pisaann euy

Waduh Ratna saya cuman bisa makan Ikan Kuahnya aja. Pepeda susah cari di sini. Ada sediaan sagu blok kering mungkin bisa juga ya sebagai pengganti ;-). Salam....Endang


  |  2017-01-01 22:00:54

Farrah from Yogya says:

Hmmm mo coba aahh, mdh2an hslny lmyn buat yg bru bljr msak kyk aq ni hehhe.

Selamat Bereksperimen Farrah. Gak usah takut gagal saat masak itu biasa kan bisa diulang lagi he he. Lagian resep ini lumayan gampang kok ;-). Salam...Endang


  |  2017-02-15 22:06:34

riario from grobogan says:

Mksh ya resepnya,,,kta suami q rasanya muanteeeeep

Selamat Ria. Yang barusan bikin juga koki Mantep nich. Sekali percobaan langsung bikin suami makan lahap ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yg lain. Salam...Endang


  |  2017-05-03 19:28:39

hana from jayapura papua says:

Klo aq kutambahin kemiri dan cabe rawit. Makan pake papeda panas2 mak nyusss rasanya. Thx resepnya ya.

Hallo Hana terima kasih banyak untuk inputnya. Pakai kemiri saya yakin akan lebih gurih. Semoga bisa menjadi masukan untuk rekan-rekan yang lain. Percaya dech sama pengamat asli dari Maluku dan Papua ;-).


  |  2017-05-03 19:32:21

hana from jayapura - papua says:

Bagi yg koment g enak atau mencret2 ada 3 kemungkinan, 1. Cara masaknya salah. 2. Peralatan masak atw penyajiannya tdk higienis. 3. Ikan yg dibeli matinya berkali2 kaleee...(Ikannya sdh kadaluarsa) Klo d jayapura - papua ikannya mati 1x aja jd benar2 fresh.maklum kotanya dipinggir pantai.

Ha ha ha ....baca komen Hana jadi ngakak sendiri. Mati berkali-kali wakkkk. Eh orang gagal masak sampai marah-marah kok malah kita ketawain hi hi ;-). Tapi ngomong2 betul itu faktor yg menyebabkan sakit perut kayaknya ada maslah sama bahan atau cara mengolah. Kalau resepnya tg bikin mencret pasti orang Maluku mencret2 tiap hari. OK Terima Kasih untuk kunjungan dan masukan sekaligus humor. Salam Hangat Pepeda ;-)...Endang


  |  2017-07-14 18:04:11

Jeane from Jogja says:

AKu baru mau coba




Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari