Gulai Ikan

Bahan:

  1. 500 gr / 4 potong ikan patin bagian perut. (Di Ina bisa diganti dengan tongkol, kerapu atau tenggiri)
  2. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  3. 1 sdt asam larutkan dalam 2 sdm air
  4. 5 buah daun salam atau salam koja jika ada
  5. 1 cm lengkuas, geprek
  6. 1 buah serai, geprek
  7. 2 lembar daun jeruk purut
  8. 500 ml santan kental
  9. 50 ml minyak goreng
  10. 2 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Halus:

  1. 2 bh cabe merah
  2. 6 bh cabe rawit (optional)
  3. 4 bh bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 2 cm kunyit, sangrai atau 1 sdt kunyit bubuk
  6. 2 cm jahe
  7. 1 sdt jintan atau 1/2 sdt jintan bubuk
Bahan Gulai Ikan
Gulai Ikan

Gulai Ikan

Sumber: Nenek Saya alias Mbah Toyo

Catatan..

Ada berbagai variasi bumbu gulai mulai dari yang paling ringan sampai yang paling berat alias komplit atau lebih tepat disebut Kari.. Versi paling komplit biasanya menyertakan : kayu manis, cengkeh, ketumbar dan jintan. Resep dari Nenek saya ini menurut saya termasuk sedang-sedang saja.

Jika anda penikmat gulai tapi kurang menyukai aroma rempah yang kuat seperti kayu manis atau cengkeh mungkin resep ini pantas anda coba. Dengan sentuhan asam, jintan dan daun salam koja cita rasa gulai yang khas masih melekat tanpa aroma rempah yang berlebihan.

O ya resep sudah saya modifikasi sesuai bahan yang tersedia dan kebutuhan tanpa mengurangi isi kandungan resep. Pertama saya buat ikan mentah tapi rasanya kurang pas. Kedua ikan saya goreng terlebih dahulu dan kali ini rasanya lebih gurih dan mak nyuss ;-) Jika suka ikan bisa anda ganti dengan ayam atau daging.

Cara Membuat:

  1. Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis. Sisihkan selama 15 menit. Cuci bersih, tiriskan.
  2. Goreng ikan dalam minyak banyak yang panas sampai matang dan kecoklatan. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga berbau harum.
  4. Tambahkan serai, lengkuas dan daun jeruk purut, aduk sebentar, angkat.
  5. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci ukuran sedang.
  6. Masukkan ikan goreng, air asam dan santan. Aduk rata.
  7. Tambahkan daun salam koja. Masak di atas api sedang sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah.
  8. Masak sampai santan mendidih dan mengental. Cicipi dan tambahkan garam sesuai selera.






Reviews & Comments


  |  2012-11-30 20:28:34

ika larasati from bekasi says:

dicoba resepnya yaaaaa

Hallo Ika. Silahkan dicoba secepatnya. Semoga Mak Nyus dan cocok dengan selera Ika. Salam...Endang


  |  2012-12-07 22:49:11

Riena from Batam says:

Bisa dicoba nih resep ... :)

Monggo silahkan dicoba ;-)


  |  2013-01-01 21:30:41

Dewi Zie from surabaya - jawa timur. says:

enak nih kyaknya...

Semua masakan dan resep emang enak, asal bumbunya pas dan masaknya dengan hati ;-)


  |  2013-01-25 17:17:17

Sari from Denpasar bali says:

Kalo pake ikan kakap enak ga mbak???

Hallo Sari. Jelas enak juga. Ikan Kakap termasuk primadona untuk masakan dari ikan. Tapi digoreng dulu ya biar rasanya mantap. Salam....Endang


  |  2013-02-28 20:40:28

dEfika pusPita sari from purbalingGa says:

mantap bgt kaya nya, bes0k bikin aCh.

Hallo Defi, udah dicoba belum nich?? Moga2 sukses percobaannya. Salam....Endang


  |  2013-03-09 10:25:40

chie susanti from cianjur says:

Klo ikan nya di ganti pake ikan lele boleh gak+enak gak...??

Hallo Chie. Ya silahkan saja kalau mau nyoba. Nggak ada larangan improvisasi dalam seni memasak. Tapi goreng dulu lelenya ya..biar Mak Nyuss. Selamat bereksperimen dan semoga sukses. Salam...Endang


  |  2013-04-20 17:02:44

Carolus Lalopua from Pondok Ranji says:

Muantap banget Mbak. Ha ha ha ha, yg mask laki loh. Makasih banyak Mbak

Carolus bisa aja . Justru laki2 byk yg jadi chef profesional lho krn mereka lebih perfeksionis dlm urusan masak. Kl wanita kan kebanyakan krn tuntutan peran sebagai istri & ibu ;-) Ayo teruskan hobbynya Chef ;-). Thx jg sudah mampir. Salam..Endang


  |  2013-06-05 18:15:19

Delima from Sei-rampah says:

Ass..Boleh ngintip" dkit kn? :D SOAL'a aq gk pandai msak :D

Hallo Delima. Jangan cuman diintip, yang penting dipraktekin Non nanti ngiler ;-) . Semua orang bisa masak kalau mau belajar. Ayo selamat mencoba. Salam...Endang


  |  2013-08-25 15:49:54

reza from kediri says:

siippp......

Hallo Reza. Thx untuk apresiasinya. Yang barusan masak pasti juga bertangan dingin nich ;-). Salam..Endang


  |  2013-09-21 20:54:34

Yunita from Purwokerto says:

Mantapp ni resep..buat variasi masakan dirumah nie,soalnya keluarga trutama anak2 pecinta ikan patin..;-)

Hallo Yunita. Wah kebetulan banget tuch. Tunggu apa lagi?? Ayo..ayo silahkan dicoba, semoga cocok dengan selera anak-anak. Terima kasih sudah mampir. Salam..Endang


  |  2013-09-30 20:10:02

lela monika from jambi says:

lagi mau dicoba nih :)

Ayo..ayo Lela, silakan dicoba secepatnya. Selamat bereksperimen semoga sukses. Thx sudah mampir. Salam...Endang


  |  2014-02-10 21:05:42

from says:

Resep ikan bakar & resep pancah daging kok gk ada resep gambarnya. Maksud nya gambarnya lain.

Lain apanya Non?!. Emang itu gambarnya. Emang sudah baca sampai habis Pancah Daging itu apaan? ;-) Lah foto Ikan Bakar ditambah sajian pendamping masa gak boleh? ;-) Semangat kali Non mau masak sampai pusing sendiri lihat gambar ha ha.


  |  2014-02-10 21:08:02

from says:

Maksudnya, waktu sy click ikan bakar. Yg keluar resep & gambar gulai ikan. jg pancah daging yg keluar foto culinary.

Computer Non memorinya overload disuruh online terus, perlu istirahat juga dong ha ha ha


  |  2014-02-12 19:07:53

from says:

Sy kalau lihat resep selalu lewat hp. Begitu jg sy lihat dr hp suamiku jg sm hasilnya. Apa hp nya gk mau buka resep baru ya?

Moga2 HPnya udah nggak ngadat lagi biar dapur tetap ngebul ha ha


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2013 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari