Sayur Asam Jakarta

Bahan:

  1. 1.5 lt air
  2. 2 lembar daun salam
  3. 3 cm lengkuas, dimemarkan
  4. 1 bh labu siam, kupas, potong sesuai selera
  5. 1 jagung muda, potong 3 cm
  6. 2 sdm kacang tanah
  7. 200 gr nangka muda
  8. 100 gr kacang panjang, potong 3 cm
  9. 1 genggam daun melinjo, jika ada
  10. 1 sdt asam jawa
  11. gula putih secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 2 bh cabe merah
  2. 5 butir kemiri
  3. 5 bh bawang merah
  4. 3 butir bawang putih
  5. 1/2 sdt terasi
  6. 2 sdt garam
Bahan Sayur Asem Jakarta
Sayur Asem Jakarta

Sayur Asam Jakarta

Asal: Jakarta.

Sumber: Dwi Handayani, alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja..

Catatan..

Ada berbagai variasi sayur asam di antaranya adalah Sayur Asem Jakarta. Ciri khas yang membedakan dari sayur asam yang lain adalah bumbunya memakai cabe dan kemiri. Makanya jangan heran kalau kuahnya agak keruh. Tapi rasanya .....hhmm sedap dan segar di tenggorokan.

Sayur ini sangat cocok disantap bersama Ayam Goreng, Ikan Bakar plus lalapan mentah dan sambal terasi. Hhhmmm bisa-bisa nambah nasi terus he he. Ngomong2 saya tahu sayur asem Jakarta pertama kali waktu melihat teman serumah lagi masak. Saya perhatikan bahan dan bumbunya habis itu saya juga ikut makan ha hah.

Thx to Mami tentunya yang sudah memperkenalkan resep ini entah berapa tahun lalu. Sebelumnya saya cuma tahu sayur asam versi jawa dari Ibu saya ;-) Sebagai catatan resep sudah saya modifikasi sendiri sesuai ketersediaan bahan tanpa mengurangi kandungan resep.

Cara Membuat:

  1. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  2. Jika perlu tambahkan sedikit air ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Rebus 1.5 liter air bersama bumbu halus,lengkuas dan daun salam sampai mendidih.
  4. Kemudian masukkan berturut-turut dari bahan yang keras yaitu jagung, nangka muda dan kacang tanah.
  5. Setelah itu masukkan labu siam, kacang panjang dan asam jawa.
  6. Tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera hingga terasa gurih, manis dan asam.
  7. Terakhir masukkan daun melinjo (jika ada), masak sampai layu. Angkat.
  8. Hidangkan panas dengan nasi, lalapan mentah dan sambal terasi.






Reviews & Comments


  |  2012-09-16 22:17:46

Anggraeni from Amman jordan says:

Tolong gimana membuat kupat tahu karawang

Halo Anggraeni. Saya kenal cuman Kupat Tahu Bandung, kl Karawang belum tahu. Krn kendala domisili susah cari tahu kuning & bikin kupat. Saran sy cari resep di internet ganti kupatnya dgn lontong serta pk tahu putih. Semoga membantu. Salam..Endang


  |  2013-01-01 21:25:56

Dewi Zie from surabaya - jawa timur. says:

thanks resep2nya,,saya puas dngn resep2 ini. dan tolong donk resep roti atau cake yg modern.mkasih

Dewi thx juga u/ apresiasinya. Mengenai masukan anda, terus terang sy blm bisa memenuhi. Pertama, krn misi website ini sy prioritaskan untuk resep2 tradisional/daerah. Kedua sy kurang ahli bikin kue atau roti ;-). Mohon maaf. Salam..Endang


  |  2014-12-17 07:24:33

devi from batam says:

sangat membantu mb resepnya bagi istri baru yg mnginjak dapur :) , matur suwun yaa mba :D

Ha ha ha komen Devi bikin saya ketawa. Dulu cuman dilewati aja ya dapurnya hi hi. Ayo semangat terus Devi, pelan2 ntar memasak berubah dari kewajiban menjadi hobby yang menyenangkan. Semua orang bisa masak asal mau nginjak dapur ;-). Ngomong2 apa khabar Batam? Saya sempat bekerja dan tinggal di Batam selama 12 tahun lho. Salam....Endang


  |  2015-04-15 18:49:10

rinta from surabaya says:

mbak,itu pake asam jawa maksudnya asam yg udah matang ya?tuh di foto deketnya kacang ya? aku pernah bikin sayur asam ala2 Jawa Timur(duo bawang n asam aja) tapi pake buah asam kurang nendang rasanya..

Betul Rinta .. asam jawa yang sudah matang dan lunak warnanya coklat cenderung kehitaman. Biasanya dijual dalam plastik ada tanpa biji alias dagingnya saja tapi ada juga yang dijual dengan bijinya. Kalau pakai buah asam yang masih muda dan biasanya masih berkulit itu menurut saya rasa asamnya kurang optimal dan hasilnya sayur asam memang kurang nendang. Sekilas info semoga membantu :-) . Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari