Sambal Terasi Goreng

Bahan:

  1. 3 cabai merah besar, potong2 kasar
  2. 5 cabe rawit merah
  3. 3 butir bawang merah, potong2 kasar
  4. 1 buah bawang putih
  5. 1 sdt terasi goreng / bakar
  6. 1 buah tomat ukuran sedang, belah 2
  7. 1/2 sdt gula merah ( ganti dgn gula putih jika tak ada)
  8. garam secukupnya
  9. minyak untuk menggoreng
Bahan Sambal Terasi Goreng
Bahan Sambal Terasi Digoreng
Sambal Terasi Goreng Diulek
Sambal Terasi Goreng

Sambal Terasi Goreng

Asal: Jawa

Sumber: Eka Dianawati

Catatan!!

Ini dia sambal terasi yang cocok untuk dimakan dengan tempe, tahu goreng, ikan asin, ayam goreng plus lalapan mentah. Rasanya hhmmmmmm susah dech dilukiskan dengan kata2. Paduan antara pedas, gurih dan nikmat, bikin anda keringatan sekaligus puassss. Ditanggung nasi sebakul bisa habis ha ha. Resep ini saya dapatkan ketika saya masih nyangkul di salah satu MNC di Pulau Batam. Eka teman serumah sekaligus rekan kerja yang berasal dari Malang memperkenalkan sambal ini pertama kali dan sejak itu saya langsung ngefans berat sama sambal satu ini. Disantap sebagai pendamping nasi enak, apalagi dipenyet sama tempe atau tahu dan ditemani lalapan mentah. Hmmmmmmmmmmmm Mak Nyussss!!

O ya dalam resep ini semua bahan digoreng sebentar sebelum diulek. Tapi kalau anda suka tomat bisa anda biarkan mentah..hal ini sering saya lakukan, menurut saya sambal terasa lebih mantap dan seger. Dengan catatan sambal harus segera dikonsumsi karena tomat mentah lebih berair dan sambal tidak akan tahan lama. Sebaliknya jika bahan anda goreng semuanya, sambal bisa dikonsumsi untuk beberapa hari. Selamat Mencoba dan ber hah hah huh huh :-) Last but not least Thanks & Credits goes to Eka Dianawati yang sudah memperkenalkan resep ini beberapa tahun lalu.

Cara Membuat:

  1. Goreng sebentar cabe merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan tomat sampai setengah matang.
  2. (Pastikan jangan terlalu matang nanti cabe akan mengeras dan susah diulek).
  3. Angkat dari api lalu ulek dengan cobek sampai halus. Tambahkan terasi bakar/goreng, ulek kembali sampai rata.
  4. Tambahkan garam dan gula merah sesuai selera. Aduk rata. Sambal siap dihidangkan.

Catatan Tambahan:

  1. Hati-hati saat menambahkan garam karena ada beberapa jenis terasi yang sudah asin sehingga penambahan garam tidak diperlukan.
  2. Jika suka sambal bisa anda bikin dalam jumlah banyak, proses dengan blender dan simpan dalam kulkas. Sambal Terasi Goreng bisa anda pakai sebagai bumbu nasi goreng.






Reviews & Comments


  |  2012-09-20 17:17:59

niie arrach from taiwan says:

tag dounx..thanxz

Guten Tag Niie. Makasih juga sudah mampir. Dach kepedasan nich?


  |  2012-11-03 20:56:13

dede from bandung says:

mksih atas rsepnya.enak sekali .....!

Hallo Dede. Terima Kasih Kembali. Saya ikutan senang hasilnya memuaskan anda. Salam...Endang


  |  2012-11-24 19:33:05

santi from riau says:

mak nyosssss banget. tambain lagi resep yang lainnya ya....

Hallo Santi . Thx untuk apresiasinya. Semoga nambah motivasi untuk terus meng-update resep baru. Salam...Endang


  |  2013-01-10 17:40:35

Tyas from Solo says:

terimakasih kak resepnya. oya boleh tau proporsi antara bawang merah, putih dan cabeny? makasih

Hallo Tyas. Spt tertulis dlm bahan resep disitu jg terdapat jumlah alias proporsi bahannya. 3 cabe merah besar, 5 cabe rawit merah, 3 bawang merah & 1 bawang putih. Lupa nengok ya ;-) Salam..Endang


  |  2013-01-14 20:49:53

ana from jakarta says:

Mbak, Stok cabe ku lagi banyak banget, sayang kl ampe busuk, pengen di buatin sambal aja. Sambal terasi nya kl taro di kulkas kira" bisa tahan brp lama ya?

Hallo Ana. Biar awet goreng 2 X. Artinya digoreng trus diulek / diblender, trus digoreng lagi. Bisa tahan sampai 1 minggu. Atau simpan dlm wadah tertutup rapat taruh di freezer bs lebih lama lagi. Taruh di suhu ruang sehari sbl dikonsumsi. Salam Endang


  |  2013-02-07 21:28:46

Tyas from Solo says:

kak makasih resepnya, aku sudah coba, dgn bahan2 digoreng tp tomatnya mentah. nikmat sekali. terimakasih kak :)

Hallo Tyas!! Selamat...selamat hasilnya memuaskan. Dach kepedasan belum ha ha. Ayo Tyas cobain resep2 yang lain jgn hanya sambal. Terima Kasih juga sudah mampir. Salam..Endang


  |  2013-02-14 17:58:55

mama alf from semarang says:

Hi mba.. Klo dirumah ga ada ulekan pake blender aja bisa ga?walopun hasilnya pasti lebih enak klo diulek yaa..

Hallo Mama Alf. Kalau bikinnya banyak diblender OK2 saja, trus kl udah halus digoreng lagi sambalnya. Pasti rasanya lebih Mak Nyuss & sambel tahan lama. Kl bikinnya cuman dikit trus diblender..waduh apa nggak habis nempel di blender tuch ;-)


  |  2013-03-12 21:29:19

mamiek from cileungsi says:

wah..segera dicoba ni.kebetulan aku maniak sambel..kyny manteup euy..thx y mba..

Emang mantap Mamiek. Ditanggung bakalan jadi sambal favorite dech. Selamat mencoba dan semoga sukses. Salam...Endang


  |  2013-03-21 21:15:02

dian from buntok says:

wah makasih ya kak resep nya memang enak cuma dilihat sudah kelaparan he.he.he

Hallo Dian. Ayo cepetan dicoba jangan cuman diliatin ;-) Bikinnya gampang tapi rasanya hmmmm..ditanggung Mak Nyuss dech !! Salam..Endang


  |  2013-05-20 22:29:08

Elmi from gorontalo says:

Mmm.. nyummi mantap, sip sip sip. aq paling doyan sambal tomat terasi goreng. Ajib dah

Mmmm...setuju Elmi. Dimakan sama nasi panas, lauk apa saja plus lalapan mentah woooi...nikmatnya susah dilukiskan dengan kata kata ha ha.. .Sambal Terasi emang hebat dech ;-) Salam ..Endang


  |  2013-05-27 21:20:31

Joanna from Australia says:

Mba, makasih atas resepnya, enak banget walaupun saya cuma pake gula putih karena gula merah asli disini susah nyarinya,tetap enak sekali..xxxxxxxx

Hallo Joanna. Wow selamat untuk sambelnya ;-) Sy ikut senang hasilnya memuaskan. Mengenai gula saya jg sering ganti gula putih kok kl lagi gak ada gula merah. Resep udah sy tambahin sekalian tuch biar lebih fleksibel. Thx jg udah mampir. Salam..Endang


  |  2013-08-25 15:56:28

LOLA from Jakarta says:

Mba bagi resep Tempe gorengnya juga dong biar gurih dan enak gimana caranya. Tks

Halo Lola. Bikin Tempe Goreng yg gurih & enak itu gampang. Beli tempe yg berkualitas bagus dan masih segar. Bumbunya haluskan garam, bawang dan ketumbar, beri air sedikit. Cicipi apakah sdh cukup asin. Rendam tempe sebentar lalu goreng. Semoga membantu.


  |  2013-09-03 08:54:04

aleq kurniawan from bwi says:

mkash ts resepx...

Sama -sama Aleq. Sudah kepedasan nich? ;-) Thx untuk apresiasinya. Salam...Endang


  |  2013-09-27 08:26:00

ana from denpasar says:

ngiler....

Makanya cepet bikin Ana biar gak terus2an ngiler. Bahan dan bikinnya gamapang lho, tapi rasanya hhmm mana tahan ;-) Salam..Endang


  |  2014-07-17 22:42:32

Erlin from Finland says:

Thanks ya mbak Endang, atas resep sambel grg terasinya mantap & puedasss ... & mak nyussss.... ;-)

Erliiiin !! Kok bisa nyambung ya selera kita hari ini. Barusan buka puasa, nasi panas, tempe goreng pakai sambal ini plus lalapan..aduh rasanya ibarat makanan paling enak sedunia. Begitu buka web eh baca komen Erlin yg lagi nyambal juga ha ha. Emang ueenak nich sambal buatnya cepat waktu makan bikin lupa sampai kekenyangan wkkkk..Salam Sambal Terasi...Endang


  |  2014-10-12 12:26:24

elly, from from palangkaraya says:

mantap pedasnya....pedasnya nendang.bikin ketagihan.

Justru pedasnya yang bikin ketagihan ;-) Tapi mending ketagihan cabe Elly bukan narkoba ha ha. Ayo silahkan dicoab resep2 yang lain bukan sambal saja ;-). Salam....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari