Ayam Goreng Bumbu Kuning

Bahan:

  1. 750 gr ayam
  2. 2 lembar daun salam
  3. 1 batang serai, memarkan
  4. 200 ml air dingin
  5. Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:

  1. 4 siung bawang putih, cincang kasar
  2. 5 butir kemiri, cincang kasar
  3. 3 cm jahe
  4. 3 cm lengkuas
  5. 2 cm kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk
  6. 1 sdm ketumbar bubuk
  7. 1/2 sdt merica bubuk
  8. 1/4 sdt jintan bubuk
  9. 1.5 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Ayam Goreng Bumbu Kuning
Bumbu Ayam Goreng Bumbu Kuning
Ayam Goreng Bumbu Kuning
Ayam Goreng Bumbu Kuning
Masak Ayam Goreng Bumbu Kuning
Masak Ayam Goreng Bumbu Kuning
Masak Ayam Goreng Bumbu Kuning
Ayam Goreng Bumbu Kuning

Ayam Goreng Bumbu Kuning

Asal: Jawa

Sumber: Resep Keluarga

Catatan..

Ini dia lauk favorit keluarga kami : Ayam Goreng Bumbu Kuning. Dijamin bakal langsung ludes !! Sajian ini pasti sering anda jumpai di sepanjang pulau Jawa. Bumbu bisa saja bervariasi dari daerah yang satu ke daerah lainnya tapi intinya bumbunya pasti mengandung kunyit yang menampilkan warna kuning sesuai namanya. Rasanya hmmmmm......bikin ketagihan dech ;-) Crispy & Yummy !!

Tipp : Potong ayam agak kecil - kecil supaya bumbu meresap dengan sempurna dan ayam benar benar garing setelah digoreng.

Cara Membuat:

  1. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Cuci bersih, tiriskan.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  3. Jika anda menggunakan blender, ambil sebagian air yang tertera dalam resep ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Pindahkan bumbu halus ke dalam wajan, tambahkan air (atau sisa air dari 200 ml), daun salam dan serai.
  5. Masukkan ayam, masak dengan api sedang sambil terus diaduk dan dibolak-balik supaya tidak gosong.
  6. Kecilkan api, masak sampai ayam hampir matang, larutan bumbu menyusut sehingga tersisa gumpalan bumbu yang menyelimuti ayam.
  7. Cicipi rasa bumbu, jika perlu tambahkan garam sesuai selera. (lebih baik sedikit asin daripada hambar setelah digoreng)
  8. Angkat dari api. Pisahkan daun salam dan serai.
  9. Panaskan minyak, goreng ayam dalam minyak yang banyak dan panas hingga kedua sisinya kering. Tiriskan.
  10. (Anda juga bisa menggoreng dengan Fritteuse (alat goreng deep-fry) dengan suhu 190°C selama 4 - 5 menit.
  11. Sajikan panas dengan sayur asem Jakarta, sambal dan lalapan segar.

Catatan Tambahan:

  1. Ayam Goreng bisa anda buat dalam jumlah banyak dan direbus sehari sebelumnya, simpan dalam kulkas bersama bumbu marinade dan goreng sesaat sebelum dihidangkan.






Reviews & Comments


  |  2013-12-27 17:33:35

RYEL from bandung says:

bikin ungkep ayamnya agak banyak trus simpan deh di kulkas, untuk emergency,, maklum mbak hubby suka kelaperan tengah malam hahaha

Woi Jeng RYEL, terima kasih untuk idenya yang sangat bermanfaat. Tuch resep udah saya update sekalian untuk tambahan info bagi rekan2 yang lain. Thank You. Salam..Endang


  |  2013-12-28 23:29:42

RYEL from bandung says:

hihihi soal nya mbak hubby sering membuyarkan mimpi2 indah saya alias sering bangunin sy tengah malam minta di buatin makanan, kasian jg kalo terus2an di buatin mie instan,,akhirnya sy sering stok aneka ungkep2an jadi tinggal goreng kapan pun di perlukan..hehehe

Busyet...kl lihat waktu kirim komentar kira2 jam 03.00 pagi wib. Rajin banget Non malem2 udah melototin kompi jangan2 udah mulai masak pula pagi2 buta. Keseringan dibangunin jd gak bisa tidur ya ha ha. Hati2 Sist istirahat yang cukup..ingat..ingat. Take Care.


  |  2014-01-03 16:52:15

RYEL from bandung says:

hehe kan pengabdian mbak,,ich habe gerade versucht, eine gute ehefrau zu sein, weil sie alles fur mich war,,,,, hahaha

Ho ho ho...Meine Sista kann auch ja gut Deutsch sprechen!! Respekt!! Ich bin mir sicher dass du irgendwo Deutschkurs gemacht hat, nicht war? Gute Ehefrau muss ja sein. Aber schlaue Frau ist noch ein PLUS !! ;-) Mach weiter Sist... LG Endang


  |  2014-01-06 22:18:46

RYEL from bandung says:

ich hatte Deutsche sprache studiert, jetzt lerne ich Java sprache hehehe

Ach so!!..dann kannst du diese Seite auf deutsche Sprache besuchen damit deine Deutschkenntnisse nicht verlernen wird. Mach keine sorge um javanische Sprache. Das ist nicht schwer !! Hoch Javanisch/Kromo Inggil ist vielleicht nicht zu leicht . Aber du schaffst schon Sist weil du eine intelligente Frau bist ;-). Also viel Spass beim lernen. LG Endang


  |  2014-01-08 00:24:18

RYEL from bandung says:

hehehe iya ampe sgitu nya saya berjuang mbak,, sie fragen sich vielleicht warum ich bin vollig nachsichtig. Weil er junger als ich.aber das alter ist kein problem, manchmal ist er reifer als ich hahahahah

Sag einfach "Du" Sist..antara teman sebaya yg udah akrab gak perlu pakai "Sie" itu kromo inggilnya orang Jerman biasa dipakai acara resmi gitu. Sekalian belajar bahasa Jerman yach he he he. Be confident!! Die wahre Liebe kennt kein Alter & keinen Grenzen. Also..be proud to be loved by someone who loves you just the way you are ;-) Stimmt.. man muss die Beziehung pflegen: kochen, putzen, deinen Mann gluecklich machen etc..You've done it well ;-)


  |  2014-02-16 10:36:38

Sonia from California says:

Enak….. bumbunya terasa sekali. Lain kali ayamnya saya panggang di oven.

Hallo Sonia. Selamat ya bikin Ayam Gorengnya sukses. Ide bagus juga tuch dipanggang, perlu saya coba kayaknya ;-) Thx for sharing. Salam...Endang


  |  2014-07-05 23:43:24

erlin from Finland says:

Hello mbak, terimakasih atas resep ayam grg bumbu kuningnya. Enak banget, sayangnya kurang byk sy bikinnya. Oh ya, mbak bikin mmakanan buat buka puasa dong?

Hallo Erlin :-) Selamat nich Ayam Gorengnya sukses. Kesukaan anak saya tuch, kalau bikin langsung ludes. Sorry nich bulan puasa jarang ada menu baru soalnya juru masak lagi cuti. Udah klenger puasa seharian di musim panas ;-( Lagian kl lagi puasa nggak bisa bebas coba-coba dan cicip2 nich ntar rasanya gak karuan he he. Bukan ngeles lho..puasa gak boleh bohong hi hi. Udah ada 200 resep masak gak cukup Non??


  |  2015-01-09 10:53:44

Bunda Sri from Palembang says:

Assalamu’alaikum. Mb Endang, barusan masak ayam bumbu kuning untuk yg ke dua kali. Yg pertama sukses, tapi krn dagingnya gak lembut alias agak alot (pake ayam kampung), jadi request suami di presto aja dulu. Jadinya dipresto dulu cuma 20 menit aja sejak panci berdesis. Hasilnya daging ayamnya banyak yg hancur, ╮(╯_╰")╭ hiksssss.. Gimana supaya daging ayamnya lembut walau gak dipresto dulu ya?

Wa'alaikum salam Bunda. Aduh turut berduka cita untuk ayam gorengnya ;-(. Lah tempo hari sudah masak ayam kalasan apa hancur juga??!! Seperti tips sebelumnya tusuk2 ayam, dilumuri soda kue Bunda, diamkan 1/2 jam, dicuci bersih baru diungkep sama bumbu halus. Atau kalau pakai presto, setahu saya dari presto punya sy, setelah tombol muncul maksimum & uap mendesis, kompor langsung dikecilkan ke panas sedang, supaya tekanan tidak terlalu besar dan menyebabkan isinya hancur. Coba sekalian waktunya dikurangi. Bunda juga bisa bereksprimen dengan panci presto & mengecek langsung ayam/daging sudah empuk atau belum secepatnya tidak harus menunggu sampai waktu perebusan selesai dan menunggu panci dingin. Triknya begitu api dimatikan, angkat panci dari api, trus buka tombol panci sedikit demi sedikit dimaju mundurkan tombol supaya uap keluar lebih cepat secara bertahap sampai habis. (Warning: jangan langsung dibuka habis nanti uapnya melesat kayak bom). Cobalah semoga membantu. Salam..Endang


  |  2015-01-09 17:34:15

Bunda Sri from Palembang says:

Oh iya ya pake soda kue, lali saya mbak. Lain kali insya allah ngak pake lupa lg deh. Kayaknya potongan ayamnya jg mempengaruhi deh, tukang ayamnya motong kecil2, jadi mudah hancur. Kalo kalasan kmren 1 ekor ayam dipotong jd 4 bagian. Alhasil habis masak tadi jd ngak ceria lg deh, hihi.. Mbak, di Jerman ada yg jual jengkies alias jengkol ngak ya? Mau donk resep kalio jengkol atau jengkol di sambel gitu. Suka makan di resto padang sambel jengkolnya agak pedes manis kayak sambal bangkok gitu ;D

Bunda di Jerman cuman ada pete, kalau jengki nggak ada ;-(. Tapi saya punya resep dr buku Ny. Rumah yang sudah sering saya pakai sebagai referensi. Terus terang belum pernah praktek sendiri, tp kl Bunda Minat ada 2 resep. Rendang jengkol (Kalio adalah bentuk rendang yang masih berkuah banyak) dan Goreng Jengkol semacam sambal jengkol. Resep saya kirim lewat FB saja yang Fanpage saja ya soalnya panjang ;-) . Selamat Bereksperimen..ntar kasih ulasan hasilnya ya...jadi ikut penasaran nich he he


  |  2016-05-03 20:23:47

Santi from Dubai says:

Mbaaaaa.... It's me again ;-). Hari ini aku masak ayam goreng bumbu kuning and cap cay... Heheheh... Seperti biasa, dagangan ludes dalam hitungan menit... Enak, enak, enak... Perut kenyang, hati senang... Danke Mba Endang... Next week masak apa ya :-)...

Hallo Santi ..buka kedai cuman seminggu sekali tapi dagangan langsung ludes nich ha ha ;-). Cap Cay resep simpel tapi enak. Saya jg sering bikin kl pas lagi malas masak yang ribet. Ada lagi resep simpel cepat dan enak, cobain tuch minggu depan Cah Ayam Saus Tiram yg di atas Cap Cay tuch. Sayur bisa diganti lainnya misal Pak Coy. Lauk terserah ayam goreng, bakwan jagung juga boleh. Barusan saya bikin hmmm sedap ha ha ha.. Salam Hangat Cap Cay...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari