Lontong

Bahan untuk 7 - 10 buah lontong:

  1. 500 gr beras, cuci bersih
  2. 7 lbr daun pisang ukuran 25 x 30 cm
  3. 14 biji lidi atau tusuk gigi atau tusuk sate yang dipotong menyerong
  4. air secukupnya
  5. Rice Cooker untuk merebus lontong

Catatan Khusus:

  1. Pastikan anda mempunyai Rice Cooker ukuran besar yang cukup untuk merebus lontong dengan panjang kurang lebih 18 cm dan diameter 5 cm sebanyak 7 buah atau lebih. Volume panci Rice Cooker minimum 2 Liter.

  1. Isi bungkus lontong minimum 1/3 - maksimum 1/2 panjang selongsong, terlalu sedikit menghasilkan lontong yang lembek, sementara terlalu banyak menyebabkan lontong yang terlalu keras/bantat bahkan tidak jadi.

  1. Rice cooker tidak akan mati secara otomatis seperti saat anda memasak nasi. Selama proses perebusan, Rice Cooker bisa anda tinggal untuk melakukan kegiatan lain, anda hanya perlu mengecek saat menambahkan air.
  1. Kalau anda tak punya banyak waktu dan ingin membuat lontong dalam waktu cepat, silahkan pakai resep Lontong Presto dengan bantuan panci presto atau panci tekan. Selain praktis, dijamin lontong tak akan gagal.


Mencuci Daun Pisang
Bahan Lontong
Membentuk Bungkusan Lontong
Membungkus Lontong
Mengunci Bungkus Lontong
Mengunci Bungkus Lontong
Bentuk Samping Lontong
Mengunci Bungkus Lontong
Mengunci Bungkus Lontong
Isi Lontong
Bentuk Lontong
Bungkusan Lontong
Merebus Lontong
Merebus Lontong
Bungkusan Lontong
Bungkusan Lontong
Lontong

Lontong

Asal: Indonesia

Sumber: Resep Keluarga

Catatan..

Ada nggak ya orang Indonesia yang tidak kenal lontong?! Saya yakin setiap orang Indonesia pasti pernah makan, melihat atau paling tidak mendengar nama Lontong. Sajian khas dari beras ini merupakan bahan penyusun yang penting untuk beberapa masakan tradisional yang tersebar di seluruh kepulauan Nusantara, mulai dari Gado-Gado, Lontong Sayur, Ketoprak, Tahu Lontong, Lontong Balap, Lontong Cap Go Meh dan masih banyak lagi.

Ngomong2 pernahkah anda membuat lontong sendiri?!! Membuat lontong sebenarnya tidak susah, malah lebih gampang dibandingkan dengan membuat ketupat. Masalahnya membuat lontong yang bagus dan tahan lama perlu waktu dan tentunya membutuhkan banyak bahan bakar. Kalau di kampung halaman saya, ibu dan tetangga saya merebus di tungku api dengan bahan bakar kayu, jadi tidak perlu mikirin minyak atau gas. Tapi kalau anda tinggal di kota tentu saja bisa bikin babak belur. Untuk alasan itulah saya ingin memperkenalkan metode membuat lontong dengan rice cooker. Lebih praktis, ekonomis dan hasilnya memuaskan!

Cara ini saya temukan dengan tidak sengaja bersama rekan2 sekerja sekaligus serumah di Batam saat kami masak ketupat untuk Lebaran. Persediaan gas yang terbatas membuat kami jadi kreatif. Karena itu iseng2 kami rebus pakai rice cooker, listrik dibayar perusahaan jadi no problem ha ha. Jadilah ketupat dan lontong a la rice cooker. So bagi anda yang tinggal di kota, di rantau atau punya hajat dan ingin bikin lontong sendiri, silahkan mencoba trik ini dan semoga sukses.

IMPORTANT TIPS: Untuk anda yang tinggal di LN, jangan memakai beras import kualitas bagus seperti Jasmine Rice/Scented Rice dan merk2 asia lainnya. Beras2 ini sengaja didesain untuk dimasak dengan sedikit air, waktu singkat dan bentuknya tetap cantik berbutir-butir setelah dimasak. Kalau anda pilih beras ini untuk membuat lontong/ketupat saya jamin mau anda rebus sampai 6 jam atau lebih, lontong bakal gagal total, kalau nggak keras berbutir-butir ya berakhir seperti bubur encer yang berbulir-bulir. Prinsip pembuatan lontong: Beras kualitas sedang dan murah menghasilkan lontong yang lebih baik karena beras jenis ini bisa mengembang sekaligus menyatu. Saran saya lebih baik pakai beras patah atau kalau kepepet pakai Boiled-in Bag Rice/Reisbeutel. Cari yang regular parboiled, bukan precooked atau easy-cook.

Last but not least thx & credits goes to Yani & Liza, my best friends & ex-colleagues teman setia bereksperimen di tempat kerja plus di dapur, in Batam Island many years back ;-)

Cara Membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih atau air cucian berubah dari putih susu menjadi jernih transparan.
  2. Potong2 atau gunting daun pisang ukuran 25x25 cm, cuci atau rendam dengan air panas supaya agak lemas dan tidak sobek saat dilipat. Keringkan dengan lap atau tissue dapur.
  3. Tips : Lihat step by step membungkus lontong seperti pada gambar untuk anda yang baru belajar membungkus lontong.
  4. Gulung daun pisang searah ruas daun dari bawah menuju ke atas hingga membentuk silinder/selongsong dengan diameter kurang lebih 5 cm.
  5. Semat salah satu ujung silinder/selongsong dengan lidi atau tusuk gigi.
  6. Ukur dulu diameter panci rice cooker anda untuk memperkirakan panjang bungkusan lontong sehingga muat di panci rice cooker/tidak kepanjangan.
  7. Isi selongsong daun pisang dengan beras minimum 1/3 - maksimum 1/2 dari panjang selongsong. (Tergantung tingkat kekerasan lontong yang anda suka)
  8. Semat ujung yang lain dengan lidi hingga kedua ujung terkunci rapat. (Kalau mau praktis silahkan pakai stapler)
  9. Bungkus sampai habis. Untuk 500 gr kira2 terbentuk 7 - 10 bungkus dengan panjang lontong kurang lebih 18 cm, diameter 5 cm.
  10. Tata bungkusan lontong di panci rice cooker dengan cara zig-zag supaya semua bisa masuk.
  11. Beri air sebanyak mungkin sampai semua lontong benar2 terendam dalam air.
  12. Nyalakan rice cooker, masak selama 4 jam. Jika perlu pasang alarm atau tempelkan catatan waktu di rice cooker supaya anda tidak lupa waktu.
  13. Tambahkan air panas ke dalam rice cooker setiap 1/2 - 1 jam supaya lontong tetap terendam air.
  14. (Jaga supaya lontong selalu terendam air. Kekurangan air menyebabkan tekstur lontong berbutir seperti nasi/tidak halus menyatu).
  15. Jika sudah matang, tiriskan lontong dengan posisi berdiri atau miring supaya air keluar.






Reviews & Comments


  |  2014-07-17 07:42:47

firza from bandung says:

Thank you,very helpful, kebetulan saya ibu muda yg baru bljr masak :D

Hallo Firza. Terima Kasih Kembali. Saya ikut senang kalau web ini bisa bermanfaat. Ayo semangat terus untuk memasak. Semua orang bisa masak kok asal mau belajar he he. Salam...Endang


  |  2015-09-15 22:58:53

Ai Wang from Taipei says:

whats a great idea, thanks for sharing. kbetulan saya suka bikin masakan indonesia klo lgi kangen rumah. btw apakah metode ini bisa juga utk memasak arem2 atau lontong isi?

Hallo Ai, setahu saya untuk buat arem-arem berasnya dimasak dulu setengah matang atau istilahnya diaron, setelah diberi isian dan dibungkus, arem-arem dikukus bukan direbus seperti bikin lontong. Analisa saya kalau arem-arem direbus mungkin nanti bahan isianya akan terlalu lembab karena banyak menyerap air. Tapi kalau mau mengukus bungkusan arem-arem dengan rice cooker saya rasa bisa saja asal ditaruh di wadah saringan. Itu saja yang bisa saya jawab, maaf kalau salah karena terus terang saya juga belum pernah mempraktekannya. Salam....Endang


  |  2015-10-27 19:22:25

indraningsih from tulungagung says:

Resepnya benar2 helpful deh soalx g bikin repot n praktis...oh yà aq pernah lhat di internet ktnya kl pake rice cooker kok cm btuh waktu -/+ 30 menit sedangkàn di resep anda 3-4 jam....jd bingung ya...tlg djelasin ya

Hallo Indra. Kalau buatnya dari beras mentah gak bakalan jadi lontong dech cuman dalam waktu 30 menit. Bayangkan menanak nasi yang tanpa bungkus di Rice cooker saja butuh waktu kurang lebih 20 menit sampai matang. Di Indonesia saya sering bikin lontong bungkus plastik di Rice Cooker iutpun waktunya juga sekitar 2 jam baru jadi. Kalau yang Indra lihat mungkin nasinya diaron dulu setengah matang baru dibungkus, coba lihat di pembuatan lontong presto. Kalau dgn cara diaron dulu baru direbus di Rice Cooker memang waktunya jadi lebih pendek. Orang Malaysia malah bikin dari nasi yg sudah benar2 matang, dibungkus sampai benar2 padat lalu direbus. Mereka bilang namanya nasi himpit. Mungkin kalau dengan cara itu lebih cepat lagi sekitar 30 menit seperti yang Indra lihat di TV. Itu saja yang bisa saya jelaskan. Silahkan bereksperimen pilih mana yang paling praktis. Salam...Endang


  |  2015-11-22 20:56:33

iis from Gresik says:

Terimakasih resep nya. Pas banget buat ayah saya sayng lagi sakit dan ga mau makan nasi, pinginnya makan lontong. Kalau boleh tahu lontong dari resep diatas bisa tahan sampai berapa lama? Terimakasih

Hallo Iis. Maaf ya terlambat jawabnya. Lontong yang dimasak lebih lama hasilnya lebih tanak. Dari pengalaman saya, jika disimpan dalam kulkas bisa bertahan sampai 3 hari. Misal hari ini dibuat, masih bisa dikonsumsi sampai besok lusa. Semoga jawaban saya membantu. Salam..Endang


  |  2016-03-08 20:58:13

Lely susilawati from Bandung says:

Patut dicoba

Silahkan Lely ;-)


  |  2016-04-19 22:25:42

nurul wulan from Bekasi says:

Thanks mba atas resepnya. Besok sy mau coba resep pake rice cooker. Oh ya ibu mertua sy biasa mencelup2 lontong yg sudah jadi dlm air hangat/panas sebentar. Biar lebih awet disimpan ga gampang basi katanya. Dan saat ditiriskan dg cara dibalik posisinya.

Hallo Nurul, Selamat Mencoba. Sekedar tips untuk sedikit menghemat waktu, tambahkan air mendidih ke dalam rice cooker supaya lebih cepat proses merebus. Dan terima kasih untuk tipsnya agar lontong lebih awet. Semoga berguna untuk teman-teman semua. Salam...Endang


  |  2017-01-01 21:59:08

Dida from Netherlands says:

Wat leuk!,boleh juga idenya mba..sebagai ganti lontong plastik instant yg biasa dijual di toko Asia (bahaya carsinogenic banget),ribet dikit tidak apa-apalah yg penting sehat,bukannya daun pisang jg dijual di toko Asia juga toch!. Mohon maaf mau Tanya,kira2 kalau lontong ditaruh tegak didalam ricecooker bakal mateng tidak ya? Maksudny biar muat banyak gitu..bedankt.

Ya bikin dari daun pisang memang lebih sehat dan nikmat rasanya Dida. Kalau rebusnya secara tradisional di panci yang panjang bisa ditata tegak Dida. Prinsispnya semua lontong harus terendam dalam air. Kalau pakai rice cooker kayaknya susah dech soalnya panci rice cooker gak begitu tinggi. Ntar kl ngrebusnya gak terendam sempurna matangnya juga gak sempurna Non bisa2 bawah matang bagian atas masih mentah ;-). Semoga penjelesan saya membantu. Salam....Endang


  |  2017-09-05 20:30:03

Rika from Padang says:

Dear Mba Endang, terimakasiiih sangat untuk resep lontong ini. Berkat resep Mba, dihari Raya Idul Adha ini saya dan keluarga serta beberapa tetangga bisa makan lontong daun handmade yang perfect dan nendang! Terharu dan bangga tiada tara Mba :D Semoga web ini tetap Lestari sesuai namanya!

Dear Rika. Aduh saya ikut terharu sekaligus bahagia dengan kesuksesan Rika bikin lontong a la pemula alias step by step ini ;-). Apalagi disajikan di hari Lebaran Idhul Adha. Alhamdulillah semoga lontongnya membawa berkah untuk semua keluarga. Amien. Silahkan dicoba resep-resep yang lain siapa tahu ada yang cocok. Terima Kasih juga untuk apresiasinya. Ayo mari bersama-sama kita lestarikan resep warisan leluhur. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari