Ayam Goreng Lengkuas

Bahan:

  1. 1 kg ayam
  2. 3 lembar daun salam
  3. 2 batang serai, potong jadi 2, memarkan
  4. 1 sdt asam jawa, larutkan dengan 3 sdm air
  5. 50 gr lengkuas muda, parut
  6. 250 ml air dingin
  7. Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus/Marinade:

  1. 8 buah/80 gr bawang merah, cincang kasar
  2. 4 siung bawang putih, cincang kasar
  3. 5 butir kemiri, cincang kasar
  4. 2 cm kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk
  5. 1 sdm/10 gr gula merah
  6. 1.5 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Ayam Goreng Lengkuas
Ayam dan Asam
Memarut Lengkuas
Bumbu Ayam Goreng Lengkuas
Parutan Lengkuas
Racikan Ayam Goreng Lengkuas
Air Untuk Ayam Lengkuas
Masak Ayam Goreng Lengkuas
Masak Ayam Goreng Lengkuas
Menggoreng Ayam Goreng Lengkuas
Masak Ayam Goreng Lengkuas
Masak Ayam Goreng Lengkuas
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Asal: Bandung

Sumber: Resep Keluarga

Catatan..

Salah satu Ikon kuliner Indonesia dari kota Bandung: Ayam Goreng Lengkuas. Sekilas mirip Ayam Goreng ditaburi serundeng dan serundeng ini berasal dari lengkuas yang diparut. Kalau belum pernah makan, mungkin anda punya persepsi, lengkuas goreng bagaimana rasanya ya??!! ;-) he he

Jangan keburu skeptis, karena justru di situlah letak kelezatannya. Lengkuas parut yang berbaur dengan bumbu halus, setelah digoreng menghasilkan remah-remah dengan cita rasa istimewa. Crispy, gurih dan lezaaat!! Seperti semua hidangan ayam goreng, menu ini menjadi favorit keluarga saya. Begitu dihidangkan langsung ludes tak tersisa termasuk remahnya sekalian!!

Tipp: Butuh kesabaran dalam menggoreng ayam bumbu lengkuas. Saran saya goreng bagian ayam terlebih dahulu sampai habis, baru goreng endapan bumbu secara terpisah dengan api sedang sambil terus diaduk hingga kering lalu saring dan tiriskan.

Cara Membuat:

  1. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Cuci bersih, tiriskan dan taruh dalam wajan yang agak besar.
  2. Larutkan asam jawa dalam air, tambahkan ke dalam ayam. Sisihkan.
  3. Parut lengkuas. Sisihkan. (Jangan diblender karena blender tak akan menghasilkan tekstur memanjang seperti hasil parutan).
  4. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  5. Jika anda menggunakan blender, ambil sebagian air yang tertera dalam resep ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  6. Pindahkan bumbu halus ke dalam wajan, tambahkan parutan lengkuas. Aduk hingga rata.
  7. Tambahkan air (atau sisa air dari 250 ml), daun salam dan serai.
  8. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk dan dibolak-balik supaya tidak gosong.
  9. Kecilkan api, masak sampai ayam hampir matang dan larutan bumbu menyusut sehingga tersisa gumpalan bumbu yang menyelimuti ayam.
  10. Cicipi rasa bumbu, jika perlu tambahkan garam sesuai selera. (lebih baik sedikit asin daripada hambar setelah digoreng)
  11. Angkat dari api. Buang daun salam dan serai.
  12. Panaskan minyak, goreng ayam dalam minyak yang banyak dan panas antara sedang-tinggi hingga kedua sisinya kering. Tiriskan.
  13. (Jangan menggoreng dengan api yang terlalu panas karena bumbu mengandung gula yang menyebabkan cepat gosong).
  14. Anda juga bisa menggoreng dengan Fritteuse (alat goreng deep-fry) dengan suhu 190°C selama 4 - 5 menit.
  15. (Ambil jika remah2 bumbu sudah matang lebih dulu dan mengambang di permukaan minyak dengan serok supaya ayam tidak kotor oleh remah gosong).
  16. Terakhir masukkan endapan bumbu yang tersisa, goreng sambil terus diaduk hingga kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  17. Saring dengan saringan santan dari aluminium (jangan memakai saringan dari plastik, bisa rusak oleh minyak panas!!), tekan2 jika perlu supaya semua minyak keluar.
  18. (Dengan cara ini anda akan mendapatkan remah yang bebas minyak serta minyak bekas mengggoreng yang bersih kembali dari remah2 bumbu).
  19. Sajikan panas dengan sayur asem Jakarta, sambal dan lalapan segar.

Catatan Tambahan:

  1. Ayam Goreng bisa anda buat dalam jumlah banyak dan direbus sehari sebelumnya, simpan dalam kulkas bersama bumbu marinade dan goreng sesaat sebelum dihidangkan.






Reviews & Comments


  |  2014-03-24 07:38:14

ubah from gresik jawa timur says:

Saya cari marinade kok gak ada yah? Emang fungsinya marinade itu apaan? Hihiii (baru belajar masak)

Maksudnya di sini ya bumbu halusnya itu Non ;-). Intinya bumbu yang dipakai untuk merendam atau melumuri ( Inggris: to marinate) makanan yang akan digoreng, dibakar atau dipanggang disebut Marinade. Salam...Endang


  |  2014-07-13 11:50:31

nabila from banjarmasin says:

Mantap nih mba ijin coba y dirumah....

Silahkan Nabila. Yang sabar ya gorengnya soalnya banyak remah2 yang matangnya kadang tidah barengan dengan ayamnya ;-). Semoga sukses dan Mak Nyuss... Salam...Endang


  |  2014-11-01 10:50:43

Sari from kediri says:

Mantap mbk resep2nya... sngat berguna buat yg lg bngung pingin masak apa..

Selamat Berwisata kuliner Sari ;-). Banyak resep lezat menunggu dari ujung barat ke timur Nusantara. Setiap resep unik dan layak dicoba cukup untuk menu sebulan ;-). Selamat Berakhir Pekan. Salam...Endang


  |  2015-02-04 20:43:23

Deedee from Jember - Jawa Timur says:

Ijin copas resep, mau tak coba. Makasih sebelumnya

Silahkan semoga hasilnya memuaskan Deedee ;-). Makasih juga sudah mampir . Salam...Endang


  |  2015-06-19 20:19:34

Rahmi from Kuala Kapuas says:

Izin copas ya mba... makasih

Ayo dipraktekin Rahmi untuk menu buka puasa. Disantap bersama sambal dan lalapan mentah wow.....nikmatnya ha ha.


  |  2015-09-08 21:10:28

denia from Jerman says:

mbak ini resepnya udah aku coba, enak bangeeeeetttt top markotob jempol empat.. makasih ya mbak resepnya

Selamat Denia. Bakat koki juga nich pertama nyoba langsung Mak Nyuss ;-). Salut untuk semangat Denia mencoba resep-resep baru. Resep Ayam Goreng Lengkuas ini termasuk agak ribet lho kalau sukses masaknya berarti sudha lulus uji kesabaran. Jempol juga untuk Denia. Well Done. Mach weiter he he ;-D LG..Endang


  |  2015-12-22 22:35:18

rinta from surabaya says:

Lagi2 eksekusinya berhasilll mbak! Seneng nyontek resepnya.. bisa jadi andalan deh resepnya.. kmrin sih gak pake gula merah, adanya gula pasir.heheh

Hallo Rinta. Selamat Non...sukses uji kesabaran nich ha ha :-D. Udah lama saya gak bikin waduh jadi ngiler mbayangin kremesnya lengkuasnya he he. Mau gula merah atau pasir yang penting gula Non dan hasilnya ena, tul nggak? ;-). Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari