Tumis Kangkung

Bahan:

  1. 250 gr kangkung
  2. 5 bh cabe rawit merah, iris tipis
  3. 5 bh bawang merah, iris tipis
  4. 3 bh bawang putih, iris tipis
  5. 1 cm lengkuas, geprek, iris tipis
  6. garam secukupnya
Bahan Tumis Kangkung
Bumbu Tumis Kangkung
Menumis Kangkung
Masukin Batang Tumis Kangkung
Masukin Daun Tumis Kangkung
Tumis Kangkung Masak
Tumis Kangkung Lauk Tempe
Tumis Kangkung

Tumis Kangkung

Sumber: Dari Ibu Saya dan semua ibu2 tetangga yang saya tahu :-)

Catatan..

Kunci kenikmatan oseng-oseng terletak pada keberanian bumbu alias jangan terlalu pelit;-). Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum sayuran dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar / cemplang.

Tipps penting : Masak Tumis Kangkung sesaat sebelum dihidangkan dan santap segera sampai habis. Kalau bisa jangan panaskan kembali Tumis Kangkung ya. Karena kangkung termasuk keluarga Bayam makanya punya nama inggris Water Spinach. Menurut para ahli bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro). Kalau terlalu lama kontak dengan O2 (oksigen dari udara), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Jadi kalau bayam atau kangkung dipanasi, akan terjadi oksidasi tersebut. Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah ferro, sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam. Saya tidak menjamin keakuratan informasi ini karena saya bukan ahli kimia ;-) tapi tidak ada salahnya kita berhati-hati, OK?!

Cara Membuat:

  1. Siangi kangkung, petiki sesuai selera, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan lengkuas sampai matang dan berbau harum.
  3. Masukkan kangkung, masukkan irisan batang lebih dulu, aduk sebentar sampai layu.
  4. Kemudian masukkan bagian daun, aduk sebentar.
  5. Tambahkan garam sesuai selera. Angkat segera dari api.






Reviews & Comments


  |  2011-11-18 18:22:03

melya from Malang, Indonesia says:

Terima kasih atas resepnya. Bumbunya praktis. Saya sudah coba, dan hasilnya enak.

Thx juga buat Melya. Ayo dicoba resep2 tradisional lainnya ;-)


  |  2013-01-08 17:30:17

ryugha aoyama from malang says:

sepraktis itu ya? gampang kali yaaaa,ga kayak resep di yg laennya tak coba wes




  |  2012-02-27 02:02:45

guruh from surabaya says:

nice inpoh... resepnya ga repot, keliatannya gampang.... bisa dicoba....




  |  2012-03-16 19:45:28

Khaulah from Kediri says:

resepnya itu dikasih air apa enggak ya??

Hallo Khaulah. Tidak perlu dikasih air biar rasanya benar2 pas dech. Tanpa dikasih airpun kangkung sudah basah dari proses pencucian. Selamat Mencoba...


  |  2012-05-13 17:26:50

jevira from jakarta says:

hmmm... gitu doank ya ? dari dulu suka makan oseng kangkung gtau cara bkinya trnyata gampang ya kirain susah mumpung bude'ku lgi pulang kampung aku bikin sndiri aaahhh mkasih ya infonya ^_^




  |  2012-05-14 14:06:01

endah from semarang says:

perlu gula jawa gk y?krn ibu q slalu masak pake gula?mksh

Hallo Endah, sebagai orang Jawa saya juga sering menambahkan gula pada masakan, tapi untuk resep yang satu ini saya tak pernah menambahkan gula biar rasa asinnya lebih mantap dan menggigit ;-). Tapi kalau anda mau coba ya silahkan.. Salam Endang


  |  2012-05-17 16:37:53

Nadia from Jakarta says:

Kayana gampang pasti sya akan coba.makasih




  |  2012-06-20 22:59:38

ana vandaa from tangerang says:

makasiiiih ia resepnyaaaaq jadiii bsa masak hheheheheh

Hallo Ana, terima kasih sudah mampir. Semoga tambah semangat untuk belajar masak ;-)


  |  2012-06-24 09:09:54

wijiatmoko from malang says:

suwun resepe berguna bagi saya semoga dapat rejeki banyak

Suwun juga. Semoga Wijiatmoko juga banyak rejeki untuk belanja dan masak ha ha..


  |  2012-07-11 11:55:41

riri from ungaran says:

hmmm...yummy....




  |  2012-07-25 22:17:29

asih from brebes says:

guruku kan nanya apa si prbdaan oseng sama tumis kangkung...tau ga...???

Hallo Asih. Kalau menurut saya sich keduanya sama. Cuma istilah Oseng atau tepatnya istilah Oseng-Oseng itu berasal dari bahasa Jawa. Mohon maaf kalau jawaban saya kurang memuaskan. Salam ..Endang


  |  2012-08-07 17:11:35

dewa from medan says:

Mantabb maturnuwun yoo.. ;-)

sami sami Dewa. Maturnuwun njenengan sampun mampir :-)


  |  2012-08-11 17:58:17

from says:

thans infonya berguna sekali untuk para perantau

thx juga udah mampir. Ngomong2 ini siapa ya anonim dari negeri antah berantah kah ?! :-)


  |  2012-08-18 18:36:13

ahmad from blitar says:

sederhana juga ya resepnya, semoga ilmu yg bermanfaat mendatangkan syafaat. Amin

Hallo Ahmad. Itu juga harapan saya. Semoga doa Ahmad terkabul. Amien...Salam Endang


  |  2012-08-18 18:39:47

trio from jakarta says:

wah dilihat dari fotonya tumis kangkung sangat menggairahkan, bikin buka puasa kayaknya mantab nih tumis

Halo Trio. Jangan cuman ngliatin fotonya ntar ngiler he he..yang penting dipraktekin. Selamat Merayakan Lebaran ya.. Salam Endang.


  |  2012-08-18 08:02:55

bayu bimantara from blitar says:

wah saya akan masak tumis buat makan nanti pas buka, gambarnya sangat enak dilihat




  |  2012-08-18 21:53:49

Sep from tg.bara says:

Mantaplah ..kbetulan istri bentar lg bersalin klo dksh saus tiram boleh g mbak?

Halo Sep. Silahkan kalau mau ditambah Saus Tiram. Ada juga yang bikin tumis kangkung dengan tambahan kecap. Tentu saja rasanya jadi agak manis. Tapi kalau cocok dengan selera Sep kenapa nggak, OK? Selamat Mencoba..Endang


  |  2012-08-18 18:58:08

ahmad from blitar says:

sekedar info kalau habis bersalin itu silahkan minum air rebusan binahong agar lukanya cepet sembuh, insyaAllah. dan selamat menjadi bapak za mas Sep. :-)

Ahmad .Thx u/ tippsnya semoga berguna bagi yang membutuhkan. Ngomong2 gayeng sekali acara konperensi Tumis Kangkung hari ini ;-) Masakan mmg bisa mendekatkan kita saudara setanah air mulai dr Tg. Bara, Jakarta, Tegal sampai Blitar . Salam u/ Semua ;-)


  |  2012-09-01 21:44:49

bayu bimantara dan adeknya gendhis kumal from blitar says:

tante masakin tumis kangkungnya donk, ni ibuku yang nyuruh aku ngetik ini hehehehe.

Bayu..tuch komen di atas katanya mau masak sendiri. Nitip pesan sama ibu ya, bilang sekarang jaman kesetaraan..nggak cuman perempuan aja yang turun dapur. Cowok seperti Bayu juga harus mulai belajar masak he he..Salam Tumis Kangkung....Endang.


  |  2012-08-18 18:50:17

nuer imoet from tegal says:

sesederhana itu za resepnya ? tq duech

Buat Nuer yang imut2. Makanan yang enak tidak harus yang susah2 yang penting masaknya dari hati gitu he he.. Salam Endang..


  |  2012-08-28 18:27:55

franda from yogyakarta says:

trimakasih ya infonya . sangat berguna . apalagi buat saya yg lg pengen belajar masak :Dsering2 ya buat info masakan yg lainnya lagi :Ds u k s e s :D

Halo Franda. Sama2. Thx juga untuk motivasinya. Semoga Franda juga semakin termotivasi untuk turun dapur. Seni Memasak itu indah dan nikmat lho he he. Salam ..Endang


  |  2012-08-28 18:31:42

ROBINA from kimak,bangka,bangka belitung says:

mkasih resepnya jdi di kos aku bisa masak,,,

Halo Robina. Tinggal di kos adalah waktu yang tepat untuk belajar hidup mandiri dan tentunya makan bikin sendiri biar bisa berhemat gitu he he. Selamat Belajar Memasak ya. Salam Endang


  |  2012-09-01 09:04:09

isya yusuf from topoyo,sul-bar says:

hmm..... wajib dicoba nih ....bahannya gampang!buat keluarga yang pengen tumis kangkung rasa baru...

Halo Isya....Monggo dicoba secepatnya ;-) Salam Endang..


  |  2012-10-11 21:53:00

natasya from jakarta says:

thanks info nya sangat mmbantu :D

Hallo Natasya.. sama2. Thx juga untuk apresiasinya. Sering2 mampir ya maksudnya mampir ke dapur he he.. Salam Endang


  |  2012-10-13 19:41:31

mylda martha from cileduk says:

Mudah yah , aku mau coba lgsg ,, soalnya ibu lg sakit jd aku deh yg gantiin masak... Makasiih yah :)

Hallo Mylda. Ayo cepetan masak gantiin Ibu biar cepet sembuh. Bikin Tumis kangkung emang mudah dech tapi dijamin rasanya Mak Nyuss....Salam Endang


  |  2012-10-21 23:42:26

someone from bandung says:

What??! Gk pake terasi? Tambahin terasi biar lebih enak, tumis kangkung tanpa terasi rasanya hambar bok!

Gak semua resep kangkung pakai terasi Bung/ Mbak. Sekedar pencerahan kl yang pakai terasi itu namanya Cah Kangkung Terasi. Banyak yang sudah nyoba resep ini dan menurut mereka rasanya pas nggak hambar lho.. Coba dulu dong baru kasih penilaian. OK?!


  |  2012-11-03 21:07:20

Juli from PS.minggu says:

Satu lg resep mudah,enak & cepat yg pas utk aku yg repot sm balitaku..suwun sanget ya mba Endang

Hallo Juli. Bener2 ibu yang hebat nich !! Ngurusin Balita tapi nggak lupa ngurus suami tersayang he he. Ntar kalau si Dedek udah gedhe ..monggo dicoba resep2 yg lain. Matur nuwun sanget njenengan sampun mampir. Salam..Endang


  |  2012-11-09 17:38:54

Kirana Laksita from batam says:

Tumis kangkung adalah salah satu menu favorit keluarga kami salah satunya anak kami,,,Tapi akan lebih nikmat bila di kasih sedikit blacan atau ebi,,,,pasti lebih nyummmy :) selamat mencoba,,,,

Hallo Kirana. Thx masukannya. Kl mau ditambahin terasi monggo ;-). Bahkan bisa sekalian dibikin resep Cah Kangkung Terasi. Salam...Endang


  |  2012-11-21 22:10:02

REVITA CHABI from PANGANDARAN-JAWA BARAT says:

Wah kyanya enk bgt y bwt tumis kangkung terasi?pa lg hujan dan mmpung suami lg gx da d rumah.he..he.. mksh ya jeng infonya

Hallo Vita.. Ayo cepetan dicoba. Anyway mau bikin kangkung trasi kok nungguin suami nggak di rumah apa nggak salah tuch ?? Biasanya ibu2 justru masak buat suami biar si dia tambah sayang euy ha ha... Salam..Endang


  |  2012-11-22 21:06:44

dian from bandung says:

wah gampang y.. ga pke gula mrah ato gula ptih mba biar rasanya lbih kluar?klu ga pke lengkuas ga apa"? mu nyoba ah..hehe

Hallo Dian. Menurut saya lebih baik nggak pakai gula daripada minus lengkuas. Khusus untuk resep yg satu ini sy gak pernah pakai gula, Biar rasa asin dan pedasnya benar2 nendang. Tp kl mau pakai ya mangga atuch ;-)... Nuhun.. Endang


  |  2012-11-26 17:27:17

umi from surabaya says:

Mantaaab banget setelah coba masak,,thank kyu endang

Hallo Umi. Makasih jg sudah mampir. Yg udah cobain masak pasti tangannnya jg mantap nich he he.. Salam..Endang


  |  2012-12-04 20:45:01

andang from bandung says:

waw .... gampang banget ..hasil masakan saya , enak .. seneng rasanya :D thanks badai kangkung buatanku ... cetar membahana ... hehehe

Betul nich Badai Kangkung membahana ....baunya sampek kesini nich..ha ha ha.. Hatur Nuhun juga Andang udah mampir. Salam..Endang


  |  2012-12-18 23:15:58

agnes from 2012-19-12 says:

ternyata tumis kangkung itu masakan x gampang banget berkat resep x terima kasih

Agnes, pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Setelah nyoba baru kita tahu, ternyata banyak resep yang mudah, praktis dan sedap. Ayo silahkan coba resep2 yang lain biar tambah canggih he he. Salam ..Endang


  |  2012-12-25 20:19:45

septi from Banjarbnegara says:

terlihat mudah,,,nyoba buat temen spesial saya...hehehe

Emang mudah Septi ;-) Tapi rasanya hhmmmm. Ayo segera dicoba biar si temen spesial tambah sayang he he he :-) Salam ..Endang


  |  2013-01-01 21:27:37

kiki purnamawati from bandung says:

aku mau coba belajar masak dan selamat mencoba

Hallo Kiki. Semua orang bisa masak asal mau belajar. Ayo semangat nanti lama-lama akan mumpuni. Semi memasak itu indah dan nikmat. Selamat Mencoba. Salam...Endang


  |  2013-01-15 18:11:29

shelly from malang says:

gak usah kecap kah ?

Hallo Shelly. Ada berbagai variasi sayur kangkung : Tumis Kangkung Kecap, Kangkung Saus Tiram, Kangkung Belacan / Cah Kangkung Terasi. Untuk resep satu ini ya cuman itu kalau mau nambahin lainnya ya silahkan. Salam..Endang


  |  2013-01-13 10:40:16

Julie from Melbourne says:

Makasih resep ny ya... Aq mo coba! Kebetulan d melbourne ad jg kangkung.. G pake tomat ato terasi ya? Thanks :)

Hallo Julie. Kalau mau ditambah terasi ya silahkan. Resep Tumis kangkung yg saya posting ini yang paling simpel dan praktis nggak banyak bahan macem2. Tapi rasanya hhmmm Mak Nyus dech.. cobain aja. Salam..Endang


  |  2013-01-15 18:10:07

eka from sidoarjo says:

itu boleh nggak kalo di tambah sama cabe? Biar ada rasa pedesnya gitu. O ya apa juga bedanya kangkung balacan sama kangkung bawang putih?

Waduh Non Eka kan udah ada 5 buah cabe rawit tuch, kl mo tambah cabenya ya monggo. Belacan itu terasi, tumis kangkung yg bumbunya dihaluskan plus terasi. Kl Kangkung bawang putih sy kurang tahu ;-) Salam...Endang


  |  2013-02-21 18:58:51

jessica from makassar says:

wow ...Enak ga ya :) aku mau coba sekarang ...Kalo d kasih tomat enak ga ya ??? Soalnya bumbu aku pake tomat , jeruk nipis dikit, bawa merah , bawang putih ... Oia 250 gram berapa iket sih --'

Hallo Jessica kl bikin oseng2 sy gak pernah pakai tomat, tp kl bikin sambal sich sering he he. Silahkan aja kalau mau coba versi simpel ini. Ngomong2 250 gr kurleb 1 ikat lah tp liat2 ikat2an nya seperti yg difoto itulah kira-kira. Salam..Endang


  |  2013-03-15 18:37:53

melly from bandung says:

itu ngga usah pake air ?kalo kangkungnya 3 iket bumbunya sama aja ?

Kl 3 ikat ya bumbunya banyakin dong Melly ;-). Spt tips di atas kunci kenikmatan tumis adl jangan pelit bumbu. And gak usah pakai air biar bumbu tambah menggigit, tanpa airpun kangkung sudah basah dari pencucian. Salam...Endang


  |  2013-03-15 18:42:25

winda from purwokerto says:

Pertama kali nie mu blajar masak,masakan ?? pertama ?? di coba sayur kangkung permintaan suami. S???g? berhasil bkin suami sneng. Amien Tx resepnya

Hallo Winda. Selamat sudah berani uji nyali & hasilnya sukses. Itu jg harapan terbesar saya. Ayo..semangat terus!! Memasak itu ilmu katon kata orang jawa, siapa mau belajar pasti bisa. Silahkan dicoba resep2 yg lain biar tambah disayang sama suami ;-).


  |  2013-03-15 18:33:40

angel amelia from Singapore says:

Thx,,, wat resepnya,,,,

Hallo Angel. Thx juga untuk apresiasinya. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2013-03-29 18:38:05

Nabila Jibril from Makassar says:

Ternyata simple ya :)

Halo Nabila. Emang nggak semua masakan ribet dan rumit. Tumis Kangkung juga banyak yang ribet kl yang masak mau nambahin macem-macem. Tp ini versi paling gampang dan rasanya sedap.. Salam..Endang


  |  2013-04-10 18:50:10

yey from says:

waah terima kasih ya

Sama2. Ayo Yey silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam..Endang


  |  2013-05-04 16:04:23

amalia from merauke, indonesia says:

enakk bget lhooo,, mkasich eahh ?? qhuw jdi bsa msak ckrg !! hbiss qhuw sring d mrahin mmah gra2 dh klass 1 SMP blumm bsa msakk !! hahahahahahah :) ..

Ha ha ha. Belajar masak gara2 dimarahin Mama. Amalia bisa aja dech. Ayo jangan bosan2 turun ke dapur biar tambah canggih. Memasak itu seni yang indah lho, bikin perut kenyang dan hati senang ;-). Salam Kuliner... Endang


  |  2013-05-13 20:22:30

choirul from kotabaru says:

pngen nyoba bkin nih. soalx di rmah lg sndirian gk ada yg masakin..B-)

Ha ha....Masak karena kepepet nich ;-) Ayo Boss silahkan uji nyali semoga sukses. Salam....Endang


  |  2013-06-06 17:44:29

suhadi from rembang says:

resep simpel. tambah tomat makin maknyus.

Hallo Suhadi. Silahkan tambahin apa saja sesuai selera. Masakan yang enak tak harus melulu yang ribet2 yang penting masaknya dari hati ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2013-07-11 19:04:23

mira from jayapura says:

enak banget

Makasih Non Mira sudah mampir. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2013-07-28 20:40:30

fery from blitar says:

WOW poko'e mantep ini :D

Iya Fery..simpel dan praktis tapi rasanya hmmmm...Mak Nyuss dech. ;-)


  |  2013-08-01 15:14:31

puspita sari from gresik says:

mb nya,, log bikin tumis pkek di tambah air gak ya.?

Hallo Puspita. Kalau saya pribadi tak pernah saya tambahkan air biar tumisan bumbu terasa lebih menggigit. Tanpa dikasih airpun, biasanya sayuran sudah basah dari proses pencucian. Salam..Endang


  |  2013-10-03 20:24:18

hendri from samarinda says:

Wahh. .gampang bgt ternyata yaa,sangat membantu biar gk jajan trs. Hehe Makasih resepnya

Emang gampang Hendri. Masakan yang enak gak harus ribet bikinnya. Yang penting masaknya dari hati Bos ;-) Ayo silahkan dicoba biar bisa ngirit anggaran RT ha ha. Salam..Endang


  |  2013-12-14 15:02:50

wiwin ekka from jember says from says:

wahh tryta gampang dn mudah yaa .. mantabb rsanya mkan pkek tumis kangkung.. mkn cmuaaa. mantabbbbb. :)

Wah yang barusan masak koki handal bertangan dingin jg nich, bikin sekali langsung mantab rasanya. Selamat Wiwin..ayo silahkan bereksperimen dengan resep yg lain. Thx sudah mampir. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2013 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari