Tempe Bacem

Bahan:

  1. 1 papan tempe (500 gr)
  2. 5 sdm kecap manis
  3. 1 sdt asam jawa, larutkan dgn 1 sdm air
  4. 100 gr gula jawa, iris halus
  5. 2 cm lengkuas, geprek, iris tipis
  6. 2 lembar daun salam
  7. 1 liter air

Bumbu Halus:

  1. 4 buah bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 5 buah kemiri
  4. 1 sdt ketumbar
  5. 1 sdt garam
Bahan Tempe Bacem
Irisan Tempe
Tempe Dilumuri Bumbu Bacem
Tempe Bacem Direndam Bumbu
Masak Tempe Bacem
Masak Tempe Bacem
Menggoreng Tempe Bacem
Tempe Bacem Masak
Tempe Bacem

Tempe Bacem

Asal: Jawa Tengah & Jogjakarta

Sumber: Resep dari Nenek alias Mbah Toyo

Catatan..

Pastikan tempe dalam keadaan segar atau masih baru. Tempe yang sudah agak lama atau semangit akan merusak cita rasa tempe bacem. Kalau tersedia sebaiknya memakai daun salam segar tapi karena di tempat saya susah didapat terpaksa saya memakai daun salam yang sudah dikeringkan.

Cara Membuat:

  1. Iris tempe berbentuk persegi atau sesuai selera, sisihkan.
  2. Lumuri tempe dengan bumbu halus kemudian taruh di wajan cekung.
  3. Tambahkan gula, kecap manis, air asam, lengkuas dan daun salam.
  4. Tambahkan air, pastikan tempe terendam semuanya. Diamkan selama 1/2 jam supaya bumbu meresap.
  5. Masak tempe dengan api sedang sampai air menyusut sambil sesekali diaduk.
  6. Setelah air habis dan tempe mengering tambahkan minyak secukupnya.
  7. Goreng dan balik sampai kedua sisi tempe matang dan berwarna kecoklatan.






Reviews & Comments


  |  2012-01-07 23:36:36

Sigit prakoso from Jakarta says:

Trimakasih atas resep tempe bacemnya.Saya penggemar berat tempe bacem, terutama buatan ibu saya.karna Istri saya blm bisa membuatnya dan ibu saya diluar kota jakarta maka sy dan istri mencoba resep ini dan ternyata rasanya wuuuuenak tenan ....ajiiib.S

Terima Kasih Mas Sigit. Saya ikut senang karena hasilnya tidak mengecewakan ;-) Ucapan selamat tentunya buat istri anda yang sudah berani uji nyali. Hidup Tempe Bacem .. Si Hitam Manis yang selalu bikin kangen ha ha. Salam ...Endang


  |  2012-01-18 18:02:02

Adiet Van Java from Stabat, Langkat, Sumut says:

bagi saya orang jawa, tempe bacem sudah gak asing lagi,kebetulan istri saya orang padang pingin sekali belajar masakan jawa,akhirnya pilihan jatuh pada tempe bacem, jadilah tempe bacem ala padang, he he he..Trims resepnya ya mbak...Uenak tenan...

Hallo Adiet. Setuju ...biar merantau ke ujung dunia, tempe bacem selalu terbayang di mata. Kali ini istri bikin tempe bacem ala Padang, berikutnya Adiet bikin Rendang Ala Jawa. Ditanggung rasanya pasti Nuuuendang tenan ha ha. Salam...Endang


  |  2011-12-19 19:12:08

Hippie from says:

Heck yeah this is exactly what I need.




  |  2012-02-28 18:45:39

yesika from cempaka, jakarta pusat says:

klo ga pke kemiri dan ketumbar hasilnya gmna yaa?

Hallo Yesika, tanpa kemiri mungkin masih OK meski kurang gurih rasanya. Tapi untuk Ketumbar kayaknya wajib dech. Soalnya ketumbar adalah bumbu penting yang memberi kharakter / cita rasa khas pada Tempe Bacem. Salam..Endang


  |  2012-02-29 20:59:51

violyta from magetan says:

lebih mak nyuss lagi jika dimakan dengan sambal bawang masyaallah nasi banyak pasti habis




  |  2012-04-12 18:49:23

nesta from bontang says:

gag cuma tempe aja kan?? ayam ato juga boleh?

Hallo Nesta, tentu saja anda bisa memakai bahan lain sesuai selera. Setahu saya yang paling umum dibumbu bacem adalah Tempe, Tahu, Ayam atau Hati Ayam. Kalau suka anda bisa mencampur ketiga bahan ini sekaligus dalam satu resep. Selamat Mencoba..


  |  2012-05-04 17:45:27

ruby smith708 from jakarta indonesia says:

aku sudah lama tdk makan tempe bacem,mau bikin sendiri ngak tau resepnya,sekarang ku menemukannya di blok ini.trima kasih ya

Hallo Ruby...terima kasih kembali. Selamat mencoba dan menikmati tempe bacem buatan sendiri OK?!.. Salam Endang


  |  2012-07-29 10:10:37

nana from malang says:

maaf sebelumnya, trus nasib gula jawanya gmn? kok dalam cara membuatnya g di ikutkan?

Hallo Nana. Terima Kasih atas masukannya. Sorry kelupaan nich ;-) Barusan udah saya koreksi. Salam Endang..


  |  2012-09-26 18:12:41

erni Hindrawati from Tanggerang, Dasana Indah says:

Tempe Bacem, ini saya Buat Dalam Keadaan Galau, tp hmmmmmmm Saya Pikir dg Hati yg Galau,, Rasa nya bisa bikin Orang Kecewa, karena sy buat disaat Galau, Ternyata Masakan Saya ga segalau Hati saya, dg Memasak Hati saya Lega, :) mak nYuuuuS Rasanya :)

Halo Erni ha ha ha. Ada2 saja. Ngomong2 ide bagus juga tuch kalau lagi galau langsung aja cabut ke dapur. Ditanggung masakan tambah Mas Nyuss. Hati jadi tenang, perut juga kenyang ;-)


  |  2012-10-11 21:51:01

sucy wulansari from bandung says:

makasih sista atas resepnya...maklum suami saya gemar sekali dengan yang namanya tempe sampai2 saya bingung mau di masak yang gimana lagi..kalau ada menu baru soal tempe kasih tau ya sist...xixiix

Dear Sucy...Thx juga Sis u/ apresiasinya. tempe emang top dach. Murah, kaya protein & mak nyus!! Ngomong2 udah nyoba resep kering tempe, botok tempe teri, oseng2 tempe kacang panjang belum? kl belum coba dech biar suami tambah sayang ha ha. Salam..Enda


  |  2012-10-19 09:40:22

devi binti from nganjuk .jatim says:

rasanya udah gak sabar mau nyoba resep ini.tempe faforit aku .dulu sering hidup di solo makanan sehari hari tempe bacem .ni hamil muda kok kepingin bikin sendiri........makasih resepnya

Hallo Devi. Ayo cepetan dibikin biar si Dedek ntar nggak ngiler he he.. Salam Endang


  |  2012-12-03 17:36:32

eli from pekanbaru says:

Setelah air habis lgsg masukkan minyak ya mbak?masih di wajan yg sama ya?

Hallo Eli. Iya betul biar praktis nggak ganti2 wajan. Kecilkan api biar nggak hangus soalnya bahan manis cepet gosong. Atur tempe secara merata jangan sampai tumpang tindih trus balik hingga ke2 sisi matang. Semoga membantu. Salam Endang


  |  2013-01-07 19:53:31

uswatun khoirini from pekalongan says:

tempe itu makanan yang istimewa n sesuatuuuuhhhh,,,,

Hallo Uswatun. Istimewa setuju ;-) Cuman maksudnya sesuatuh apaan yach??!! Suatu kenangan " TEMPE DOELOE" yang terindah kah?? wkk wkk ;-)) Salam...Endang


  |  2013-01-23 17:31:03

indah from Batam says:

Tempe menu wajib tiap hari.apalagi di bacem,wah dalam sekejab saja tinggal piringnya.masalahnya buat cemilan sih : )

Setuju Indah. Cemilan Tempe Bacem apalagi makannya sambil nglethus cabe rawit hijau hmmmm.. sedap ;-) Salam Tempe Bacem ..Endang


  |  2013-04-06 21:20:51

Desnii from Mataram says:

Mkasii yaa reseep.a,, enyaaaak bangeed hasil.a,,:p i lope tempe;)

Hallo Desnii...I lup tempe full ..niru kata Tukul ha ha ha. .....Hitam manis enak rasanya, itulah tempe bacem. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain.. Salam ..Endang


  |  2013-04-10 18:54:05

zagithazagy from ambon says:

Pengen coba ah.....prnh mkn d rmh kaka.tp lupa nanya resepx..kbutulan mlalui media ini bs dech lgsg d paraktekkn...; -)

Ayo--ayo.. Silahkan diconba Zagit. Tempe Bacem..Si Hitam Manis yang rasanya hmmmm ;-).. Salam..Endang


  |  2013-05-19 13:48:12

ayu from jakarta says:

Terimakasih ilmu nya.. dan praktik minggu ini tempe bacem Ayam goreng sasando,sambel lado muudo Sama lalapan daun singkong.. Pertama Memasak selain mie instan..

Hallo Ayu. Selamat berkarya di dapur sendiri. Pelan-pelan Non jangan ngebut ntar teler kepanasan he he :-) Semoga sukses... Terima Kasih juga sudah mampir. Salam...Endang


  |  2013-05-29 21:00:37

ana from tangerang says:

Mbak, kl tempe bacem abis di inepin, panasin nya di kukus atau di goreng lagi ya spy rasanya tetep enak? :)

Hallo Ana. Jika tersedia, microvawe adalah pilihan terbaik. Kl nggak ada lebih baik dipanaskan kembali dgn wajan tebal, suhu sedang gak usah pakai minyak. Jgn dikukus karena akan menyerap air hingga tempe bacem jadi lembek & merusak rasa. Salam..Endang


  |  2013-06-28 07:10:29

hermin... from bekasi says:

Sy prnh nyoba resep ini pake daging dan asemnya agak di banyakkin dikit... Hasilnya sangat2 uenak tenan... Maknyus...

Hermin. Wow terima kasih untuk informasinya. Terus terang saya belum pernah bikin Bacem Daging. Semoga masukan ini berguna bagi saudara2 kita yang lain. Salam....Endang


  |  2013-06-30 20:07:51

Endah PS from Blitar says:

Selama ini saya sering mencoba bikin tempe, tahu bacem, ayam bacem tapi Saya belum menemukan rasa yg pas menurut saya. Setelah aku coba memakai resep ini sangat pas dengan selera keluarga saya. Makasih ya..

Hallo Endah. Selamat ya hasilnya memuaskan seluruh keluarga. Itulah harapan terbesar saya, situs ini bermanfaat untuk siapa saya yang ingin menikmati sekaligus melestarikan resep tradisional. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2013-10-03 20:53:53

Wimpi van Juned from Gresik,Jatim says:

Sist,buatnya pke air ja?pa ga pake santan juga?kok di resep ga disebutkan sm skali soal kelapa,cm gmbarnya ja.. :)

Dear Wimpi. Resep Tempe Bacem yang saya tahu emang gak pakai santan. Makanya di resep gak disebut. Gambar kelapa yg mana ??!! Itu warna putih bumbu berasal dari kemiri oi ha ha ha ;-) Anyway Thx sudah mampir. Salam..Endang


  |  2013-10-14 19:30:43

rahmad from nagoya says:

aku udah coba resep ini walawpun aku gx bisa masak tp enak juga hehhehe thx..

Berarti Rahmad bisa masak dong kl masakannya enak ;-) Semua orang bisa masak, mau cewek atau cowok yg penting mau belajar, tul nggak??!! Thx sudah mampir. Salam...Endang


  |  2014-10-21 13:51:38

ayun from cimahi says:

Makasih resep,y mbak..sy merantau udah lama..klo pgin tempe bacem sering,y beli di warung2 makan khas jawa..skrg nyoba2 bikin sndiri..hasil,y sangaat enak...cm sedikit gosong..hihihi

Ayun terlalu semangat kali masaknya sampai gosong ha ha ha.. Tapi rasanya tak sehitam gosongnya kan??! Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain biar gak selalu ke warung. Thx juga sudah mampir. Salam Manis Tempe Bacem :-) .Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari