Soto Kediri

Bahan:

  1. 500 gr paha ayam, bersihkan
  2. 5 bh daun jeruk purut
  3. 1 bh serai, ambil bagian putih, memarkan
  4. 3 bh daun salam
  5. 2 cm lengkuas
  6. 2 cm jahe, iris
  7. 1 Lt air
  8. 300 ml santan kental
  9. 50 ml minyak untuk menggoreng ayam
  10. gula secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 6 bh bawang merah
  2. 3 bh bawang putih
  3. 2 cm jahe
  4. 1 cm kunyit
  5. 5 kemiri
  6. 1/2 sdt merica butiran
  7. garam secukupnya

Bahan Taburan:

  1. 2 buah tomat, belah empat
  2. Kol, diiris halus
  3. Tauge, jika ada
  4. daun bawang, iris tipis
  5. 2 telur rebus, belah dua atau empat
  6. 1 buah jeruk nipis, belah jadi empat
  7. Kecap Manis
Merebus Ayam Untuk Soto Kediri
Masak Soto Kediri
Masak Soto Kediri
Masak Soto Kediri
Masak Soto Kediri
Masak Soto Kediri
Masak Soto Kediri
 Soto Kediri
Soto Kediri

Soto Kediri

Sumber: Resep Keluarga.

Catatan..

Ini salah satu soto yang berasal dari kampung halaman saya, Kediri - Jawa Timur. Jadi saya sudah biasa makan sejak kecil ;-). Yang membedakan Soto Kediri dari soto lainnya adalah kuahnya keruh alias tidak bening karena memakai santan. Tapi rasanya tak kalah dengan soto lainnya....lezat gurih plus bikin kangen ;-).

Tips penting : Jangan sekali-kali menambahkan air pada bumbu yang akan diblender (untuk mempermudah penghancuran ) khususnya untuk bumbu yang harus ditumis sebelum dimasak. Sebaiknya tambahkan minyak goreng secukupnya. Penambahan air akan merusak cita rasa bumbu bahkan kadangkala menyebabkan masakan terasa berbau listrik. Penambahan air disarankan untuk bumbu yang tidak perlu ditumis lebih dulu sebelum dimasak. Tidak percaya?? Silakan buktikan sendiri ;-)

Cara Membuat:

  1. Letakkan paha ayam, serai, daun jeruk purut, daun salam, lengkuas, jahe dan garam dalam panci yang agak besar.
  2. Tuangi air kemudian rebus ayam dengan api sedang dalam keadaan tertutup.
  3. Haluskan bahan bumbu halus dengan ulekan atau blender.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai berbau harum.
  5. Masukkan bumbu halus ke dalam panci perebus ayam, kecilkan api, masak hingga ayam empuk.
  6. Masukkan santan kental dan masak sampai mendidih. Aduk2 supaya tidak pecah. Ambil ayam dari panci dan tiriskan.
  7. Goreng ayam dalam minyak panas hingga kecoklatan, angkat kemudian disuwir-suwir.

Cara Penyajian:

  1. Ambil mangkok, letakkan suwiran ayam, irisan kol dan tauge.
  2. Siram dengan kuah soto.
  3. Tambahkan irisan tomat, telur dan taburi bawang merah goreng.
  4. Beri perasan jeruk nipis dan kecap manis.
  5. Sajikan dengan nasi. Kalau suka nasi bisa dicampur sekalian dalam mangkok.






Reviews & Comments


  |  2012-01-02 15:33:18

naelu,. from sabrang says:

great




  |  2012-06-26 18:08:07

nikmatul from trenggalek says:

oke kq..udah aku coba, Tapi rasanya kuahnya kq kurang seger.. Apanya yg kurang ya?

Hallo Nikmatul. Rasa kuah sangat ditentukan oleh paduan air jeruk nipis & kecap manis. Jika kebanyakan kecap terlalu manis & enek. Kebanyakan jeruk nipis terlalu asam. Solusinya coba & coba lagi sampai anda temukan paduan yang tepat. Salam Endang


  |  2013-06-06 17:50:46

Umi from Tkw hkg says:

Helo mbak,mksh bnyk sdh bgi pngalman kpd tman2 smua,aktf slalu dlm menuls

Hallo Umi. Saya ikut senang kalau website resep ini bermanfaat buat teman2 semua. Jauh dari tanah air membuat kita semakin cinta pada masakan Indonesia, tul nggak?? ;-) Ayo silahkan dicoba resep2 yg ada. Terima kasih jg untuk motivasinya. Salam...Endang


  |  2013-07-23 22:49:24

Djoko from Berlin says:

Seger dimusim panas, gampang masaknya, terima kasih....

Pakdhe Djoko....benar2 orang Indonesia sejati dech...menyantap soto di saat cuaca panas menyengat ha ha ha..Terima Kasih juga untuk kunjungan yang tiada henti. Salam...Endang


  |  2013-08-14 12:58:19

Anjani from Batam says:

Mantap.......lestarikan masakan nusantara

Hallo Anjani. Terima Kasih untuk motivasinya. Ayo..ayo silahkan dicoba juga kalau mau ikutan melestarikan masakan nusantara. Jangan cuman diliatin, ntar ngiler lho ;-). Salam Kuliner..Endang


  |  2014-01-27 19:41:37

erlin from Finland says:

Hello mbak, terimakasih atas resep soto kedirinya. Td sy masak soto kediri, teman sy suka banget. Katanya enak mbak. Oh ya, sy punya ikan tongkol. Enaknya dimasak apa mbak? Mbak punya resep ikan/daging asam padeh dong mbak? Terimakasih banyak seblmnya. ;-)

Soto Kediri.. hmm soto bersantan yang enak made in kampung halaman ;-). Boleh GR dikit lah yau.. Ikan tongkol kalau tanpa santan itu sudah ada resep dr Sumatra Asam Pedas Ikan atau orang Riau bilang Asam Padeh Ikan. Kalau yang bersantan bisa dibikin Gulai Ikan dari Jawa hmmmmm sedap juga, untuk gulai sebaiknya ikan digoreng dulu ya biar tambah Mak Nyuss. Ok selamat bereksperimen. Kalau sy tetangga Erlin tak ampiri tiap hari nich biar makan enak terus ha ha. Salam..Endang


  |  2014-01-27 22:28:33

erlin from Finland says:

Mbak, comment nya kok separuh di bacanya. Websitenya cm separuh bs dibaca. Dr awal tulisan gk bs di baca. Ok mbak, akan sy cb masak ikan tongkol pedas. Ya kalau dekat, mbak bs main kerumah sy / sy main kerumah mbak ;-).

Erlin ngliatnya pakai apa sich? Tablet, I Phone dan semacamnya yang monitornya cuman sak uprit?! ;-) Program website km masih belum segitu canggih buat gituan. Lihat pakai kompi yang konvensional aja pasti kelihatan semua gedhe lagi ;-). Ya udah selamat bikin asam padeh tongkol yang pedas ya biar tambah siip. Finland kejauhan buat disamperin..kita samper-samperin lewat warung ini saja ha ha. Good Night & Have a nice dream of Asam Pedas Tongkol ;-)


  |  2014-05-09 13:45:48

ainiyah from kediri says:

Bu, bagi resep ayam kentaki donk bu,, yg bener2 kriuk...

Jeng Aini. Silahkan pakai resep Ayam Goreng Kremes, cari di bagian menu Jawa & Madura. Di situ udah saya jelaskan tip dan trik lengkap untuk membuat ayam berbalut kremes macam KFC. Dijamin sukses. Bumbu silahkan diganti sesuai selera. Selamat mencoba semoga sukses. Salam..Kriuk kriuk ;-) Endang


  |  2014-12-28 20:30:06

lala from Jayapura says:

Mbak, mksh yaaa..., resep soto kediri nya, uenak tenan mbak .punya resep ayam basolek mbak,boleh donk, aq di kirim . Makasih ya mbak.

Lala...Selamat hoi..Soto Kedirinya sukses. Bangga juga nich masakan kampung halaman saya sudah merantau sampai ke Jayapura ha ha. Ayam Basolek??!! Terus terang baru dengar pertama kali, belum pernah saya baca di internet atau buku resep manapun!! Dari namanya ini masakan Minang ya?? Maaf Lala sy tidak bisa membantu tapi Terima Kasih banyak untuk pertanyaan sekaligus masukannya, saya jadi tahu masakan tradional baru. Harus kita cari nich resepnya sama2 sebelum benar2 punah, OK?! ;-) . Salam...Endang


  |  2015-03-28 22:49:39

bundanya salsa from surabaya says:

Thx resepnya....rasanya hmpir mirip ma soto tamanan. Tp kyknya kurang mantep cz q pake ayam potong bukan kampung. Bsk mo coba lg pake ayam kampung, pasti lbh mantep niy.....mksh ya mbak

Selamat Bunda Salsa untuk Soto Kedirinya. Koki berbakat juga nich sekali coba langsung enak. Tidak seperti resep lainnya, bikin soto gampang2 susah ;-). Saya ngiri dengan ayam kampungnya nich, yakin tambah gurih dan Mak Nyuss. Selamat bereksperimen kembali semoga hasilnya semakin nendang! Terima Kasih Bunda sudah mampir. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari