Sayur Lodeh

Bahan:

  1. 1 buah labu siam/manisa/jipang/gondes (150 g)
  2. 150 gr kacang panjang, potong kurang lebih 3 cm
  3. 1 bh terung (150 gram), kupas, potong sesui selera
  4. 2 bh daun salam segar jika ada
  5. 2 cm lengkuas, geprek
  6. 250 ml santan kental
  7. 1 lt air
  8. 1 sdt gula merah, jika suka
  9. garam secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 5 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 7 cabe rawit
  4. 2 cabe merah besar
  5. 5 buah kemiri, cincang kasar
  6. 2 sdt ketumbar atau 1 sdt ketumbar bubuk
  7. 1 sdt terasi bakar
Bahan Sayur Lodeh
Sayur Lodeh

Sayur Lodeh

Sumber: Resep Keluarga

Catatan!!

Ada berbagai variasi bumbu sayur lodeh dan setiap versi tentunya unik dan lezat! Resep yang saya posting ini adalah resep dari ibu saya yang selama ini saya praktekkan. Tidak ada salahnya anda mencoba, siapa tahu sesuai dengan selera anda :-) Tips : Potong atau petiki kacang panjang dengan jari bukan pisau biar rasanya lebih sedap. Setelah dicuci langsung ditiriskan jangan terlalu lama dibiarkan / terendam dalam air biar kacang tidak kaku saat dimasak. Lumuri tangan anda dengan sedikit minyak pada saat mengupas labu siam supaya getah tidak melekat di tangan.

Tips penting : Jangan sekali-kali menambahkan air pada bumbu yang akan diblender (untuk mempermudah penghancuran ) khususnya untuk bumbu yang harus ditumis dulu dalam proses memasak. Jika perlu, tambahkan minyak goreng secukupnya ke dalam blender. Penambahan air akan merusak cita rasa bumbu bahkan kadangkala menyebabkan masakan terasa berbau listrik. Penambahan air atau santan hanya disarankan untuk bumbu yang tidak perlu ditumis dulu sebelum dimasak, contohnya untuk sayur bobor atau gudeg.

Cara Membuat:

  1. Belah labu siam secara melintang, pertemukan kedua bagian dan putar-putar supaya getah keluar.
  2. Kupas labu siam, kemudian potong-potong bentuk korek api, beri sedikit garam, remas-remas sampai agak lemas, cuci, tiriskan.
  3. Petiki kacang panjang, cuci, tiriskan.
  4. Kupas terong, potong-potong, rendam dlm air dgn sedikit garam supaya warnanya tidak berubah kecoklatan.
  5. Haluskan semua bahan bumbu dengan cobek atau blender.
  6. ( Jika perlu tambahkan sedikit minyak goreng dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran) .
  7. Tumis bumbu halus dan lengkuas sampai bumbu benar2 matang dan berbau harum.
  8. Masukkan kacang panjang, labu siam dan daun salam, aduk2 sebentar.
  9. Pindahkan semua ke dalam panci jika anda ingin meneruskan memasak dengan panci.
  10. Tambahkan air, masak sampai air mendidih dan sayuran agak lunak.
  11. Masukkan terong dan santan kental, aduk sekali-kali agar santan tidak pecah.
  12. Masak sampai santan mendidih dan sayuran matang.






Reviews & Comments


  |  2012-01-02 09:18:46

dewi murindah from gowa - sulawesi selatan says:

terimakasih informasinya bagi kami yg baru belajar masak, cara penyajiannya cukup dimengerti

Terima kasih juga buat Dewi. Semoga tambah semangat belajar memasak. Ayo silahkan coba resep2 tradisional yang lain. Salam ;- ) Endang


  |  2012-06-20 22:57:57

Arinda from Bandung says:

terimakasih ya, sangat membantu :)

Hallo Arinda, sama-sama. Semoga tambah semangat untuk mencoba resep2 baru ;-)


  |  2012-07-28 13:09:40

Fitri Puji Lestari from Malang says:

Makasih untuk info resepnya..sangat bermanfaat!!!!!!!!

Terima Kasih kembali buat Fitri. Semoga semakin sering2 ke dapur yach ;-) Salam..Endang


  |  2012-08-17 19:53:12

silvi from tangerang says:

thanks...mbak sangat membantu saya yg mau bikin lodeh buat lebaran, maklum..tak ada yg bantuain jadi harus bisa masak sendiri...Semoga semakin rajin...bikin resep yg lain... :)

Halo Silvi. Selamat Merayakan Hari Lebaran dengan Sayur Lodeh buatan sendiri. Semoga tambah rajin & sukses di dapur ha ha. Salam ..Endang


  |  2012-09-08 18:08:04

mia sarra from blitar says:

terimakasih, dengan info ini aku lebih tahu variasi lodeh lainya, sangat membantu untuk aku yang lagi merintis mbak,

Hallo Mia. Terima Kasih juga sudah mampir. Selamat bereksperimen dengan variasi Lodeh terbaru, siapa tahu cocok dengan selera Mia. Dan semoga sukses untuk usaha yang lagi dirintis. Salam..Endang


  |  2012-09-18 18:44:46

natasha from jakarta says:

resep'a mba. Sangat membantu bgt ...

Halo Natasha. Saya ikut senang mendengarnya. Ayo jangan segan2 turun dapur coba resep2 yang lain biar tambah canggih.. Thx sudah mampir. Salam...Endang


  |  2012-09-18 18:43:12

yanti from jakarta says:

Makasih infonya mba, bermanfaat banget buat aq ...

Hallo Yanti. Itu juga harapan saya. Makasih untuk apresiasinya. Salam ..Endang


  |  2012-11-09 17:45:16

Jasmine from Winnipeg, Canada says:

Mbak Endang, terima kasih resepnya.. Ak barusan coba, hampir sama kaya buatan mbah ku. Ak asli Malang, jd makan lodeh pake sambel wajib hukumnya.. ^_^

Hallo Jasmine. Thx jg untuk apresiasinya.. jd tersanjung nich resep sy disetarakan dgn buatan si Mbah. Kali karena sama2 dari Jatim ( sy asli Kediri..) selera kita hampir sama ya suka yg asin-asin plus pedas ha hah :-) Salam...Endang


  |  2012-12-05 17:31:44

masithah from yogyakarta says:

makasih info resepnya :) langsung saya praktekan dan sukses :D

Hallo Masithah. Selamat juga udah berani uji nyali dan hasilnya sukses. Itu jg harapan terbesar saya. Monggo dicoba resep2 yang lain. Thx juga sudah mampir. Salam..Endang


  |  2013-01-07 20:21:40

harry from japan says:

makasih resepnya....lumayan meskipun takda daun salamnya, tetep sedap juga...makasih..

Hallo Harry. Memang Daun Salam termasuk barang langka, krn daun ini hanya dikenal di Indonesia & Malaysia, tidak di semua negara Asia. Ntar kl mudik bawa 1 kresek daun salam kering, cukup untuk 2 tahun di rantau ;-) . Thx juga udah mampir. Salam ..Endang


  |  2013-01-15 18:02:19

Nana from Jakarta says:

Terimakasih .... sangat amat membantu.. ^^

Sama2 Nana. Ayo silahkan dicoba secepatnya ;-) Salam..Endang


  |  2013-01-28 09:08:03

raisya from jember says:

Terimakasih resepnya.

Sama2 Raisya. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Terima Kasih juga untuk kunjungannya. Salam....Endang


  |  2013-02-23 12:45:54

Merchy from kupang ntt says:

Makasih mbak, resep lodehnya saya cobain dan ternyata disukai suami :-)

Hallo Merchy.. Selamat ya atas kesuksesan sayur lodehnya...cocok dgn selera suami pula ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yg lain biar tambah disayang sama suami hi hi. Thx u/ kunjungannya. Salam...Endang


  |  2013-02-24 15:14:24

supriyadi pakis from mustika tiga raksa says:

sayur lodeh adalah kesukan keluarga kami,maka kami suka posting posting di internet , untuk cari menu lain,pokoknya sayur lodeh maaantaaaap

Sayur Lodeh emang siip byk variasi dr yg berwarna pucat sampai merah..dari yang agak manis sampai pedas. Ayo silahkan coba versi ini ..siapa tahu cocok dengan selera keluarga ;-) Selamat Mencoba dan semoga sukses. Salam..Endang


  |  2013-08-25 15:45:57

andhie from sampit says:

Thanks, atas resepnya.....saya bisa masak sendiri jadinya...

Hallo Andhie. Siapa saja bisa memasak asal mau belajar. Selamat juga Andhie sudah berani uji nyali ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain siapa tahu nyangkut di lidah. Thx juga sudah mampir ke warung saya. Salam..Endang


  |  2013-09-26 18:10:45

wida ruffier from fort de france, martinique says:

mba, terimakasih untuk resepnya. Dulu aku paling enggak suka sama sayur lodeh. tapi ini kok sippp deh pingin coba buat makan malem kebetulan semunya bahan ada di kulkas kecuali kacang Panjang. so aku ganti aja dengan buncis ya.

Hallo Wida, selamat jumpa lagi. Masih setia nich ;-). Silahkan ganti dgn bahan yg ada itung2 berkreasi. Nggak semua lodeh jg cocok dgn selera saya. Apalagi yg putih pucat trus gaka da pedasnya. Tergantung selera sich ;-). OK Selamat Mencoba. Semoga cocok.


  |  2014-08-11 09:17:07

Alfi from taiwan says:

mksh atas info resep'a.bisa buat obat kangen masakan indonesia.

Hallo Alfi. Terima Kasih juga sudah mampir. Ayo silahkan dicoba resep mana saja sesuai selera. Kangen harus segera diobati lho biar gak jadi patah hati he he. Salam....Endang


  |  2014-09-08 09:59:42

sumiati from tangerang says:

Ok....terimakasih resepnyaa,,,muantaappp,,apalagi sya tambahin cabenyaa,,,peddeeezzz,,,

Hallo Sumiati ;-). Penggemar masakan pedas nich?! Saya juga suka Lodeh yang pedes kalau sama Sayur lodeh yang pucat tanpa cabe kurang selera. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain Jeng ;-) Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari