Sayur Bobor

Bahan:

  1. 1 buah labu siam atau ganti dengan labu biasa ( 200 g )
  2. 150 gr bayam, siangi
  3. 2 cm/10 gr lengkuas, geprak atau iris tipis
  4. 2 lembar daun salam
  5. 250 ml santan sangat kental
  6. 1 lt air
  7. 1 sdt gula merah atau sesuai selera
  8. 1 sdt bubuk kaldu (jika suka)
  9. garam secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 5 buah/50 gr bawang merah
  2. 2 siung/6 gr bawang putih
  3. 1 cm kencur
  4. 2 sdt ketumbar atau 1 sdt ketumbar bubuk
  5. 1/2 sdt terasi bakar
Bahan Sayur Bobor
Labu Dibelah
Labu Iris
Bumbu Sayur Bobor
Labu Sayur Bobor
Santan Sayur Bobor
Bayam Sayur Bobor
Sayur Bobor Matang
Sayur Bobor

Sayur Bobor

Sumber: Ibu Saya

Catatan!!

Sayur yang sudah memasyarakat di pulau jawa, Sayur Bobor. Ada berbagai variasi bumbu sayur bobor dan setiap versi tentunya unik dan lezat! Resep yang saya posting ini adalah resep sayur bobor dari ibu saya yang selama ini saya praktekkan.

Selain ketumbar dan kencur, ibu saya selalu menambahkan terasi matang, katanya biar rasanya lebih gurih dan sedap. Tidak ada salahnya anda mencoba, siapa tahu sesuai dengan selera anda :-)

Tips : Lumuri tangan anda dengan sedikit minyak pada saat mengupas labu siam supaya getah tidak melekat di tangan.

Cara Membuat:

  1. Belah labu siam secara melintang, pertemukan kedua bagian dan putar-putar supaya getah keluar.
  2. Kupas labu siam, potong bentuk dadu, beri sedikit garam, remas-remas, cuci, tiriskan.
  3. Haluskan semua bahan bumbu dengan cobek atau blender.
  4. (Jika perlu tambahkan sedikit air ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran) .
  5. Rebus 1 liter air bersama bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga mendidih.
  6. Masukkan labu siam, masak sampai labu empuk.
  7. Turunkan api ke posisi sedang, masukkan santan, aduk2 agar santan tidak pecah.
  8. Tambahkan bubuk kaldu (jika dipakai), garam dan gula. Aduk rata.
  9. Masak sampai santan mendidih. Cicipi, tambahkan garam atau gula jika perlu.
  10. Terakhir tambahkan bayam, masak sebentar saja asal layu. Angkat dari api.
  11. Sajikan dengan lauk tempe/tahu goreng, ikan asin dan Sambal Bajak.






Reviews & Comments


  |  2014-12-12 17:04:22

yola from bekasi says:

bener maknyuss mba Endang, sayur oblog oblog + ayam kecap pedas. suami dan adik ipar menyukai perpaduannya. apalgi ditambah tempe goreng. komentar adik ipar : pengen buka usaha makan kalo kayak gini masakannya. lho lho.. terima kasih resepnya ya mba.. :)

Waduh Jeng Yola makin canggih memadu-padan menu nich. Salut !!! Lha kan sudah sukses bikin warung tuch, suami penanam modal, Jeng Yola jadi Chefnya, adik ipar pelanggan setia ha ha ha... Becanda lho tapi serius nich kalau ada yang mau buka usaha rumah makan dari resep2 di sini, saya akan sangat senang dan dukung 1000%. Resep daerah milik kita bersama kewajiban kita saling menjaga dan melestarikan, iya nggak Non?? ;-). Selamat Berakhir Pekan bersama keluarga. Salam...Endang


  |  2016-11-30 22:11:47

Fransisca Anetzeder from Deutschland says:

Hai mba Endang, Saya udah cobain resepnya,saya masak sesuai resep nya mba Endang&hasilnya enaaakkk bgt! Pdhl ga pake kencur,soalnya ga ada disini. Mb Endang dpt kencur drmh tuh? Hehe Oya,suami saya juga suka lho... Makasii yaa resepnya&keep writing Ind recept

Fransisca...Loh loh pertanyaan sebelumnya ttg Semur kok yg muncul Sayur Bobor ha hah ;-). Cepet banget tuch pergerakan selera macam bursa saham aja he he ;-). Anyaway Selamat sayur bobornya, cocok untuk hubby yg gak suka makan pedas. Kencur memang gak ada di sini. Saya selalu bawa dari Ina kl pas mudik. Kl Sisca pulkam dan bawa kencur untuk stok di sini. PENTING untuk DIINGAT!. Jgn pernah menyimpan kencur di kulkas! 2 hari langsung kempes dan rusak!!Taruh di wadah karton tertutup dan simpan di tempat gelap biar gak tumbuh. Dalam waktu sekitar 6 bulan kencur mulai mengkerut/kering? Jgn dibuang, taruh di mangkok beri air sampai tumbuh dan kencur segar. Buang daunnya, keringkan dan simpan lagi. Dhn cara itu kencur bisa awet sampai 1 tahun ;-). Semoga memberi pencerahan. Salam..Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari