Sate Ayam Madura

Bahan:

  1. 500 gr daging ayam/fillet ayam, potong 2 X1 X 0.5 cm
  2. 2 sdm kecap manis
  3. 1 bh jeruk nipis
  4. 15 - 20 bh tusuk Sate

Bumbu Halus:

  1. 1 bh cabe merah besar, buang bijinya, rebus
  2. 2 bh cabe rawit
  3. 5 butir bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 5 bh kemiri, sangrai
  6. 2 sdt gula merah
  7. 1 sdt garam
  8. 2 sdm minyak goreng

Saus Kacang:

  1. 3 sdm minyak atau lemak ayam yang dicairkan
  2. 150 kacang tanah, sangrai, kupas, haluskan atau bisa diganti dengan kemasan Pinda Kaas
  3. 2 sdm kecap manis
  4. 150 ml air
Bahan Sate Ayam Madura
Sate Ayam Madura

Sate Ayam Madura

Asal: Pulau Madura.

Sumber: Femina Tempo Dulu.

Catatan & Tips!

Banyak variasi bumbu sate tradisional diantaranya adalah Sate Ayam ala Madura. Meski beberapa jenis sate sama-sama memakai bumbu kacang, tapi mereka ini berbeda. Ciri khas dari bumbu sate Madura adalah dengan adanya kemiri yang membuat rasanya gurih dan nikmat!. Membuat sate tidak berarti harus repot bakar-bakar dan berkeringat kepanasan. Anda bisa juga membakarnya di atas kompor dengan wajan pembakar atau bahkan wajan penggorengan datar. Cara terakhir sudah sering saya praktekkan. Rasanya?? Jangan kuatir dijamin tetap mak nyus dan lezat!! Tips: Rendam tusuk sate dalam air dingin sebelum dipakai supaya tidak mudah hangus pada saat pembakaran.

Cara Membuat:

  1. Sate: Tusuk tiap potong daging ayam dan 1 potong lemak dengan tusuk satai. Sisihkan.

  2. Saus dan Bumbu Olesan: Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Sisihkan 2 sdm untuk olesan.
  3. Saus: Tambahkan pada bumbu yang sudah ditumis kacang halus atau pinda kaas dan air, masak hingga kental. Tambahkan 2 sdm kecap manis. Aduk rata dan angkat dari api.

  4. Olesan: Campur 2 sdm bumbu tumis, 2 sdm kecap manis dan sisa minyak.
  5. Olesi satai dengan bumbu olesan hingga rata.

  6. Bakar sate di atas bara api atau elektric grill atau kompor ( dengan wajan teflon) sambil dibalik-balik hingga matang. Angkat.
  7. Sajikan panas bersama saus dan irisan jeruk nipis.
  8. Lengkapi dengan irisan cabai rawit dan bawang merah jika suka.






Reviews & Comments


  |  2011-11-18 18:29:47

indra from bandung says:

bagus,penyajiannya simple.singkat padat namun jelas.d perbanyak lagi mengenai berbagai macam resep yg ada asli nusantara indonesia yg bisa d pakai untuk melestarikan cita rasa khas kuliner indonesia.

Terima Kasih Mas Indra. Pesan anda menjadi motivasi kami untuk mengembangkan website ini lebih lanjut.


  |  2012-08-20 23:00:30

LATIFAH from BATAM says:

luwih enak resep satene sampeyan dewe

awkmu ae sing males nyoba resep baru. Setiap resep unik dan punya karakter dan cita rasa tersendiri Jeng. Ngomong2 iki lak resep Mbah buyutmu ta?


  |  2011-10-30 17:40:48

Kartika Dewi from Bintan says:

Terima kasih. Akan segera dicoba. :)




  |  2011-11-09 09:29:32

ewin from kaltim says:

asli madura asyik nie




  |  2011-08-29 09:53:50

sweethella from pontianak says:

perbanyak lagi ya resep makanan madura..




  |  2012-02-29 21:15:14

dion from malang says:

lumayan , sajiannya lebih di lengkapi lagi & situsnya juga udah oke tinggal di kembangin lagi, semoga sukses untuk ke depannya.

Terima Kasih Dion untuk dukungannya ;-)


  |  2012-04-19 05:53:21

azaleapriya from jurong west, singapore says:

let me try this recipe! hope it will taste delicious! gonna tell u later




  |  2012-03-27 17:06:10

Neneng Rahayu from Prokimal Lampung says:

Terima kasih saya akan mencobanya ...............




  |  2012-07-28 13:26:06

youvita lourenza from ds lubuk sahung says:

saya memesan sate madura 10 bungkus langsung antar ke rumahya

biaya pengiriman ditanggung vita ya..


  |  2012-07-31 09:14:17

adi anjella from says:

Hopeless to cook recipe from madura

Hallo Adi. Ngapain hopeless?!. Coba terus dong ekperimen " Try & Error" kayak saya....ntar kan lama2 berhasil ;-)


  |  2012-08-15 09:08:16

Nurhayati from Kalimantan tengah says:

Mkacih yaaa, kmi akn mncoba rsep nya scepat mngkin..

Hallo Nurhayati. Makasih kembali. Semoga sukses bikin satenya..Salam .Endang


  |  2012-08-28 18:34:35

tartyk from semarang says:

Makasih ya info nya,pAs bgt ntàr mau coba2 bikin sate

Halo Tartyk. Makasih kembali. Selamat bakar2 Sate. Semoga sukses dan Mak Nyus satenya... Salam Endang


  |  2012-09-04 23:31:40

agung from taiwan says:

koq sate yang aku buat rasanya beda,apa salah memasaknya?

Beda rasa di mana Boss? Sate or Sausnya? Kl rasa asin or manis yg pas, sesuaikan dgn selera Agung, jd ukuran kecap manis, gula or garam flexibel. U/ saus kl pakai kacang halus jadi, pilih Pinda Kaas biar rasanya Sip jgn pake Peanut Butter. Coba lagi, OK?!


  |  2013-01-08 17:34:07

NEL from DIHATINYA INSYA ALLAH says:

BUAT KAK AINI, IA SUKA SATE INI MAKASIH YA INI BUATNYA MOGA MAKIN SUKSES AJA DAN MAKIN ENAK SETIAP MASAKAN DAN MAKANANNYA (^_~)

Hallo Nel atau Aini ;-). Makasih kembali. Semoga Nel juga makin canggih dan sukses di dapur. Ayo cobain resep2 yang lain biar dia makin sayang euy he he . Salam.. Endang


  |  2012-10-28 06:31:06

rama putra from tuban jawa timur says:

mkasih atas resepnya dah aku coba & hasilnya mak nyus.......................

Hallo Rama. Terima Kasih kembali. Saya juga ikut senang hasilnya memuaskan. Monggo dicoba resep2 yang lain ;-) Salam...Endang


  |  2012-11-15 17:23:07

ratna ningsih & pulung sulistyo from pondok gede bekasi says:

Wah hari ini suami ku ngajakin bikin sate,langsung mau mencoba neh...yakin hasil nya pasti maknyus banget...makasih ya resep nya...sukses selalu...

Hallo Ratna & Pulung. Thx juga udah mampir. Semoga sukses juga bikin satenya :-) Salam....Endang


  |  2012-11-22 21:00:53

amey liana from singapure says:

Muantap,...

he eh. Sate emang sedap :-)


  |  2012-11-23 16:52:47

zayyan from pemalang-jawa tengah says:

aku penggila sate madura,ntar mo suruh nyokap cobain bikin deh... Resep2 yg lain ditunggu loh.

OK Boss!! Pesan diterima ;-) Itung2 buat nambah motivasi. Tapi Boss juga sering2 praktekin sendiri dong bukannya nyuruh Nyokap doang ha hah.. Salam ..Endang


  |  2012-11-23 16:50:52

kurniasih from mengori says:

suamiku seneng bgt pas aku bikin sate madura dg resep yg diatas. Uh....seneng deh tambah disayang suami. Ada yg mo cobain buatan ku ga?

Hallo Kurniasih. Hoi...Selamat dech udah sukses bikin satenya dapat bonus lagi dari suami ha hah. Boleh tuch sy cobain ...kirim ke sini dong ;-) . Salam..Endang


  |  2012-11-24 13:30:38

chi _chi from kaltim says:

resepnya sederhana banget,coba ah1

Hallo Chi_Chi . Ayo silahkan dicoba secepatnya....


  |  2012-12-04 10:18:49

anies from malaysia says:

sate madura




  |  2013-01-01 21:29:39

Tia from Jambi says:

Siip...Aq mau coba ah

hallo Tia. Ayo silakan dicoba secepatnya. Sate emang siip dech. Hidangan asli ,temuan Indonesia yang sekarang sudah mendunia !! Salam..Endang


  |  2013-01-05 10:09:59

surya from Malang says:

aq bikin kok rasane malah mirip bumbu pecel y @_@ btw thx for resep nya, maju trs =D

Jadinya Sate Pecel dong Surya wkk wkk. Kalau bumbu pecel masih ditmbahin kencur sama daun jeruk purut Boss tp emang mirip sama2 saus kacang ;-) . Anyway Makasih u/ dukungan & apresiasinya. Salam....Endang


  |  2013-02-18 21:32:40

ana trisnawani from palembang says:

oke

He eh. Dach habis berapa tusuk nich?? he he..


  |  2013-03-09 10:22:00

amey liana from tiong bahru,singapure says:

Simple n mau mencoba,.thank unt resepnya,.smg berhasil uenak ntar tak sisain tusuknya,,,hehehhe(bercanda) anyway,.thanks :)

Hallo Amey. Udah nyoba belum?? Ya kalo makan sate emang harus disisain tusuknya jangan disantap semua ntar keslelek bahaya ha ha. Selamat Mencoba..semoga sukses. Salam...Endang


  |  2013-03-18 20:44:15

danira from bogor says:

lebih sedap masak sendiri,daripada beli sama wong madura

Ha ha ;-). Danira bisa aja nich ! Justru masakan yang dibuat oleh penduduk asli biasanya lebih enak. Kali lagi apes saja Non dpt yang gak enak ;-). Tapi kl udah bisa bikin sendiri ya gak usah beli lagi dech. Salam Sate Madura ;-)..Endang


  |  2013-04-11 20:57:37

yeyen from says:

aku cuxaw ku dac coba muantap

Setuju. Sate Madura emang Mak Nyuss ;-)!!


  |  2013-04-20 16:54:49

henny from banyuwangi says:

Buat q yg sbuk.boleh tu dicoba untuk rsep yg sdrhana

Ya monggo silahkan dicoba Henny. Sesibuk2nya wanita karir pasti masih ada sedikit waktu di akhir pekan untuk uji coba, iya nggak? ;-) ...Selamat Mencoba semoga mengena di lidah. Salam...Endang


  |  2013-04-20 16:52:52

Dika from Dubai, UAE says:

Di Dubai gak ada sate se-enak bikinanku pake resep ini. Makasih buanget yaaa... Ternyata gak usah susah2 nyari sate madura, masak sendiri aja... "jempol 2" :))

Ha ha Ha. Sekalian buka restauran aja di Dubai pasti banyak pelanggan dech ;-) . Non Dika pasti bertangan dingin nich, masakannya enak!! Terima Kasih juga sudah mampir. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2013-05-19 13:53:00

meyson arlianto from boyolalg says:

sebetulnya mau coba tp tkt gak enak,mending beli aj kle

Kalau namanya belajar apa saja gak perlu takut gagal Boss.. Udah ada beberapa yang nyoba kayaknya cocok tuch. Kl gagal kan bisa nyoba lagi ;-)


  |  2013-07-11 19:00:45

ryanie from papua says:

my favorite food , yummy :)

Sate Madura emang Mak Nyuss ;-)


  |  2013-07-28 20:36:01

isty setyaningsih from says:

bleh dicoba ney nnty resepnya. . .makasih ea mas

Ayo silahkan dicoba secepatnya. Ngomong2 saya cewek lho bukan Mas he he he. Salam...Endang


  |  2013-09-12 17:51:13

ami from sr says:

enak banged saya suka bkn jika kangen masakan indo

Sate emang identik dengan masakan khas indo Ami. Tapi masih banyak lho masakan indonesia yang tak kalah sedap. Ayo silahkan dicoba jangan cuman sate doang ;-) Salam..Endang


  |  2013-09-26 18:01:35

Fina Argro Galipat from solo, indonesia says:

ngga' ada bahanyya

Bahannnya kan gampang dibeli di pasar Fina apalagi di Solo. Kl yang dimaksud daftar bahan gak keliatan, pasti kesalahan teknis. Coba di lihat di kompi normal. Semoga membantu. Salam..Endang


  |  2013-10-30 12:37:38

Djoko from Berlin says:

Maturnuwun, eco lan gampang...

Sami2 Pakdhe Djoko. Monggo dipun sekecak'aken dahar Sate Maduro ;-)


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2013 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari