Sate Ayam Jawa

Bahan:

  1. 500 gr daging ayam tanpa tulang/fillet ayam, potong 2 X1 X 0.5 cm
  2. 2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:

  1. 6 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 2 sdt ketumbar, sangrai atau 1 sdt ketumbar bubuk
  4. 1 sdt jintan, sangrai atau 1/2 sdt jintan bubuk
  5. 1 sdm gula pasir
  6. 2 cm kunyit, sangrai atau 1 sdt kunyit bubuk
  7. 1 sdt asam jawa tanpa biji
  8. 1 sdt garam

Saus Kacang:

  1. 2 buah cabe merah, rebus
  2. 5 buah cabe rawit, rebus (jika suka pedas)
  3. 1 siung bawang putih, rebus
  4. 1 sdt gula pasir
  5. 100 gr kacang tanah, sangrai, kupas, haluskan atau bisa diganti dengan kemasan Pinda Kaas
  6. 50 ml air panas
  7. 3 sdm kecap manis
  8. garam secukupnya
Bahan Sate Ayam Jawa
Marinade Sate Ayam Jawa
Bakar Sate Ayam Jawa
Sate Ayam Madura

Sate Ayam Jawa

Asal: Jawa.

Sumber: Modifikasi dari Femina Tempo Dulu.

Catatan & Tips!

Ini dia salah satu variasi Sate Ayam yang tak kalah sedap : Sate Ayam Jawa. Meski beberapa jenis sate sama-sama memakai bumbu kacang, tapi masing2 punya keunikan tersendiri. Ciri khas dari Sate Ayam Jawa adalah penggunaan bumbu ketumbar, kunyit dan jintan. Rasanya hmm... tak kalah nikmat!!. Terus terang Sate Ayam Jawa ini sangat disukai oleh anggota keluarga saya dan lebih mengena dengan selera lidah orang2 Eropa yang pernah menjadi tamu kami. Menurut mereka bumbunya terasa sedap dengan sedikit sentuhan aroma kari. ( Catatan : Bumbu khas olahan kari adalah kunyit, ketumbar, jintan, kapulaga dan cengkih).

Membuat sate tidak berarti harus repot bakar-bakar dan berkeringat kepanasan. Anda bisa juga membakarnya di atas kompor dengan wajan pembakar atau bahkan wajan teflon datar. Cara terakhir sudah sering saya praktekkan. Rasanya?? Jangan kuatir dijamin tetap mak nyus dan lezat!! So anda tertarik untuk mencoba??!! Tips: Rendam tusuk sate dalam air dingin sebelum dipakai supaya tidak mudah hangus pada saat pembakaran.

Cara Membuat:

  1. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  2. Sate: Tusuk tiap 4-5 potong daging ayam dengan tusuk satai. Sisihkan.
  3. Campur 2 sdm minyak goreng dengan bumbu halus, olesi sate dengan bumbu halus hingga rata.
  4. (Minyak tidak perlu ditambahkan jika sudah anda tambahkan saat memblender bumbu halus).
  5. Diamkan atau simpan dalam kulkas selama 1 jam agar bumbu meresap.

  6. Saus : Haluskan cabe, bawang putih dan gula pasir. Tambahkan kacang tanah halus atau Pinda Kaas, aduk rata.
  7. Tambahkan air panas dan kecap manis. Aduk rata.
  8. Cicipi, jika perlu tambahkan garam sesuai selera.
  9. (Hati2 saat menambahkan garam karena kecap manis juga mengandung unsur rasa asin sehingga penambahan garam kadang tidak perlu).

  10. Bakar sate di atas bara api atau elektric grill atau kompor ( dengan wajan pembakar atau wajan teflon) sambil dibalik-balik hingga matang. Angkat.
  11. Sajikan panas dengan sausnya.
  12. Lengkapi dengan irisan cabai rawit dan bawang merah jika suka.

Catatan:

  1. Jika anda tidak suka saus kacang, sate bisa anda santap dengan Sambal Kecap.







Reviews & Comments


  |  2014-05-06 22:01:54

from says:

Okay

Waduh yang keenakan makan sate sampai lupa nyebut nama dan asal usul nich he he. Terima kasih untuk apresiasinya. Salam...Endang


  |  2014-07-25 20:16:45

winda from kuala(binjai) says:

mantaaaaap...!

Yang barusan bikin pasti koki mantap ;-) . Selamat Menyantap Sate Winda, awak ketelan tusuknya ha ha. Salam....Endang


  |  2014-07-26 15:35:30

winda from kuala binjai says:

mbk ne lg nyoba buat...tp minyaknya utk apa ya??? doakan berhasil ya mbk..biar suami senang..ha..ha

Hallo Winda. Sorry kelewatan, minyaknya dicampur bumbu halus baru dioleskan ke sate. Terima Kasih inputnya, resep sudah saya koreksi ;-)


  |  2014-07-26 15:37:15

winda from kuala(binjai) says:

mbk ayamnya g ungkep dulu ya???

Bikin sate di Jawa tidak pakai acara ungkep2an Non. Ya dibakar langsung mentah, mau sate ayam, sate kambing atau sate lainnya. Justru di situlah letak kenikmatan sate ;-). Salam...Endang


  |  2015-06-11 18:47:10

mei from france says:

Jeng, kalau pake ketumbar + kunir bubuk, perlu di sangrai jg gak ? Thanks

Nggak perlu Jeng Mei, biasanya produk bubuk itu dalam proses pengolahannya sudah disangrai dulu sebelum dihaluskan. Saya juga sering pakai produk bubuk kalau gak punya stok segar, langsung pakai saja ntar disangrai malah gosong ;-). Semoga membantu..


  |  2015-07-01 10:57:32

Yogi from bandung says:

Enak nih resepna. Mirip sate khas Tegal ya. Saya pernah coba sate tegal di resto Sate Tegal Marem, Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung. banget sama hasil resep ini. https://goo.gl/6kiknv




  |  2015-07-13 18:44:03

mei from france says:

Ok thanks info nya ya

sama-sama Jeng ;-)


  |  2015-12-31 21:19:04

Nayla from Kav pelita says:

Kurang

Kurang apanya Nayla? Kurang enak atau kurang banyak ;-). Kalau masalah selera sich relatif ya. Saya sendiri sering bikin Sate Ayam Jawa atau Sate Ayam Ponorogo yang bumbunya mirip menurut saya selama ini enak-enak aja kok. Silahkan cari di blog lain dech kalau kurang mengena. Salam....Endang


  |  2015-12-31 21:17:59

Noah from says:

Jelek

Mana ada resep jelek Bos? Maksudnya gak enak ya? Kalau itu masalah selera dan tergantung yang masak. O ya kalau mau ngasih masukan sekali saja sudah cukup gak perlu diulang-ulang dengan nama beda. Saya sudah maklum kok. Silahkan cari di blog lain ya semoga dapat yang cocok dan tidak jelek. Salam....Endang


  |  2016-09-13 21:37:40

evlin from brunei says:

boleh dicoba nih sepertinya enak. .....

Memang enak Evlin ;-)


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari