Sambal Tumpang

Bahan:

  1. 250 gr tempe semangit atau tempe umur 2 - 3 hari.
  2. 2 lbr daun salam
  3. 2 cm lengkuas, memarkan
  4. 500 ml santan kental
  5. 1 liter air untuk merebus
  6. 1 sdt gula merah / gula pasir
  7. 1 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Halus, direbus dulu:

  1. 5 cabai merah
  2. 5 cabe rawit merah
  3. 3 cm kencur, cuci bersih
  4. 5 buah bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 2 lbr daun jeruk purut
Bahan Ayam Goreng
Sambal Tumpang Rebus
Tempe Rebus Diulek
Bumbu Halus Sambal Tumpang
Bahan Ayam Goreng
Santan Sambal Tumpang
Masak Sambal Tumpang
Sambal Tumpang

Sambal Tumpang

Asal: Kediri - Jawa Timur

Sumber: Resep Keluarga.

Catatan..

Jika anda pernah mengunjungi kota Kediri - Jawa Timur, kota kelahiran saya he he mungkin anda pernah dengar sajian ini : Sambal Tumpang. Bahan dasarnya berasal dari tempe semangit atau Tempe yang sudah berumur beberapa hari. Orang Kediri bahkan menyebutnya dengan istilah yang paling ekstrim yaitu "Tempe Bosok". Inilah keajaiban tempe, mulai dari sarinya, ampasnya bahkan sediaannya yang sudah busukpun masih layak dinikmati he he he. So bagi anda yang jauh di rantau dan ingin bernostalgia dengan hidangan Nasi Tumpang, tak ada salahnya anda memasak sendiri di rumah.

Bagi anda yang tinggal di LN di mana Tempe Bosok nggak ada yang jual ( Dilarang soalnya, bisa2 tokonya disegel sama dinas kesehatan ha ha.. ), solusinya silahkan beli tempe segar, biarkan beberapa hari sampai cukup semangit atau langsung olah saja kalau gak sabar nunggu ;-).

Tips Penting : Bumbu wajib sambal tumpang adalah kencur dan daun jeruk purut, usahakan keduanya hadir meski dalam bentuk sediaan bubuk atau kering. Tanpa kedua bahan tsb, sambal tumpang rasanya kurang afdol!!

Cara Membuat:

  1. Letakkan semua bahan : Tempe, bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk purut, daun salam, lengkuas dan kencur di dalam panci perebus.
  2. Tuangi air, masak sampai air mendidih dan bahan2 di atas empuk. Matikan api.
  3. Keluarkan semua bahan dari panci kecuali lengkuas dan daun salam, air jangan dibuang.
  4. Tekan2 tempe dengan ulekan sampai agak hancur. Masukkan kembali ke dalam panci.
  5. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit air dari panci ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  6. Masukkan bumbu halus ke dalam panci perebus. Semua bahan direbus kembali.
  7. Kecilkan api ke suhu sedang, masukkan santan dan masak sampai mendidih.
  8. Aduk sekali-kali supaya santan tidak pecah.
  9. Beri garam dan gula sesuai selera.
  10. Masak sebentar sampai sambal tumpang agak mengental.
  11. Sajikan dengan nasi panas, sayur-sayuran rebus dan krupuk atau bisa disantap bersamaan dengan Sambal Pecel.





Reviews & Comments


  |  2013-12-22 17:51:45

RYEL from bandung says:

sudah sy coba dan rasa nya eksotis, unik tentu saja sedaapp,masakan tradisi leluhur yg sdh jarang di jumpai, seperti juga semanggi yg selalu sy cari kalo sy pas sowan ke ibu mertua di surabaya

Waduh kasihan Non RYEL sampek mau-maunya makan tempe bosok wa ka ka. Becanda lho hi hi. Ngomongin masakan langka, jadi ingat waktu kecil kl kami mengunjungi Enek sama Akik di Ciamis, pernah terpaksa makan sayur enceng gondok biar mereka nggak kecewa. Sekarang enceng gondok numpuk di waduk pluit krn gak ada lagi yang mau makan gituan ;-) Nice weekend Sista..


  |  2013-12-23 16:24:52

RYEL from bandung says:

hem mungkin bukan eceng gondok mbak tapi genjer, hehe maklum mbak kalo kami orang sunda pemakan segala jenis daun2 an hahaha/tapi ngomomngin soal sayuran sy jatuh cinta bgt sama pecel surabaya yg pake bunga turi rasa bumbu pecel nya koq enak bgt,trus nasi goreng mawut itu lohh mbak bikin hati semrawut pengen balik dan balik lg ke surabaya hahaha

Oh salah ya. Jadi itu genjer bukan enceng gondok ya?!. Maap Non,maklum ingatan masa kecil sudah puluhan tahun lalu. Kalau masalah ngramban kata orang jawa alias makan daun2an mentah sy juga fans berat, kan saya juga indo sunda ha ha ha..Anyway sy pny resep sambel pecel enak dan awet dr Mbah, mo disimpan setahun di kulkaspun gak rusak tapi belum sempat bikin ;-) Ntar dech resep menyusul..


  |  2013-12-24 08:31:10

RYEL from bandung says:

di tunggu resep sambel pecel nya mbak juga nasi goreng mawut ya mbak, makasihhh

Wokeh...ditunggu ya. Orang sabar kekasih Tuhan ha ha. Ngeles nich..


  |  2014-11-11 20:14:11

keyylikin from jakarta says:

makasih mba.. resepnya, jadi pengen nyoba bikin, kangen sambel tumpang kediri

Lho ada yg nyasar kemari gara2 kangen tempe bosok ha ha :-D. Makanan busuk biasanya dibuang yang ini malah dicari, itulah kelebihan Tempe. Tapi kenapa orang lemah dibilang bermental tempe??!! Padahal tempe banyak vitamin hi hi. Jadi ngelantur nich gara2 Sambel Tumpang, jangan2 kita tetanggaan ;-). Yo wis monggo dicoba Key, semoga rasanya jos gandos!! Salam ....Endang


  |  2015-01-11 10:43:56

Eva Asegaf Asegaf from says:

Enak musntap thsk resepnya

Sama-sama Eva. Ayo silahkan mencicipi sambal yang lain banyak resep sambal yang tak kalah mantap lho ;-). Salam...Endang


  |  2015-01-27 18:05:50

mantan gmbel from says:

daun jeruk.ya itu ikut di blnder apa...di tinggl.rebus bersamaan lengkuas dan daun salam

Daun jeruk ikut diblender setelah direbus. Yang tidak diblender hanya lengkuas dan daun salam. Terima Kasih atas masukkannya, resep sudah saya koreksi. Endang


  |  2015-02-09 18:25:12

julia from klaten city says:

I like sambel tumpang

I like it too :-)


  |  2015-02-26 17:58:42

ayu from bekasi says:

Thanks utk resepnya.biasanya kalau mau makan sambal tumpang sy ke rumah ibu minta masakin tp skr bisa bikin sendiri deh.kalau di boyolali tempat mama sy makan sambal tumpang dgn daun adas (spr daun cemara tp lebih halus dan wangi) wah jd kangen pulkam nih :)

Hallo Ayu..sama-sama. Thx juga untuk infonya tentang daun adas, saya tidak tahu kalau bisa dimakan. Di tempat tinggal saya sekarang banyak sekali yang menjual daun adas bahkan sama bonggolnya sekalian. Selama ini cuman saya lewatin saja setiap belanja ke supermarket. Ngomong2 daunnya diapain, direbus sebentar alias diblansir kah? Mohon sharing infonya biar lain kali saya bisa ikut menikmati sambal tumpang dengan daun adas ;-). Terima Kasih sebelumnya. Salam....Endang


  |  2015-03-01 20:46:09

yanti from medan says:

Makasih banyak y mbak resepnya..buat obat kangen kampung halaman(kertosono)jd rindu pulkam

Hoi ada tetangga nyasar kemari gara2 Sambal Tumpang ha ha ;-). Ayo Yanti cepetan bikin keburu ngiler ntar. Tempe Bosok dicari-cari itulah keunikan Sambal Tumpang ;-). Thn sudah mampir. Selamat Mencoba semoga rasanya bisa membawa ke Kertosono :-). Salam...Endang


  |  2015-04-19 10:13:17

narendra diwangkasa adhitama from banjarnegara says:

thanks ya mbak resepnya.....aku suka banget. rasanya sama persis ditempat embah ku di ngawi ja-tim.

Narendra ...Selamat ya sudah berhasil bikin sambal tumpang seperti di tempat Embah. Koki hebat juga nich cuman bekal internet masakannya ces pleng ;-). Ayo silahkan mencoba resep2 yang lain siapa tahu ada yang cocok. Terima Kasih sudah mampir kemari ;-). Salam...Endang


  |  2015-05-03 22:23:18

henindya from kalteng says:

lagi ngidam sambel tumpang , aku juga wong kediri mbak , tapi tadi mau tanya ibukku bumbune opo kok malu , akhire nyangkut di blognya sampean ,. makasih mbak resep nya :)

Heny...ngapain kok malu ?? ;-) Justru ibu adalah guru sekaligus koki terbaik. Kata orang tak ada masakan seenak masakan Ibu, iyo ora?? Semoga sukses Sambal Tumpange....mengko nek mudhik iso pamer nyang Ibu hi hi... Salam dari tonggo....Endang


  |  2015-05-23 20:18:56

wahyu from ngayojokarto says:

welah pas tenan mba, lg kangen makan nasi pecel plus sambel tumpang je.., inget kalau pas mudik ke nganjuk. makasih yo mba, tak cobone resepe

Wahyu. monggo cepetan budhal nyang pasar, silahkan dicoba. Semoga rasanya seenak yang di Nganjuk ;-). Silahkan lihat resep sambel pecelnya sekalian kalau mau bikin juga. Salam.....Endang


  |  2015-05-28 18:46:05

mama aie from medan says:

thaanks mba resepnya.. akhirnya sy bs jg masakin sambal tumpang buat suami.. mknyoosss katanya meskipun saya yg masak nya org padang heheee ( berkat resep dr mbak) salam Mama Aie :)

Hallo Mama Aie. Selamat Ya untuk Sambal Tumpangnya. Salut untuk uji nyali sekaligus semangatnya untuk ber integrasi masakan tradisional, dari Padang menuju Jatim ;-). Masakan daerah punya ciri masing2 dan semuanya unik dan lezat asal kita mau mencoba dan memasaknya dengan benar. Saya juga suka lho masakan Padang. Jadi kangen nasi kapau dengan sambal lado ijonya yang banyak dan pedas hmmmmm jadi ngiler nich he he. Keep cooking Bunda ;-). Salam....Endang


  |  2015-07-15 17:59:56

hesti from surabaya says:

alhamdulillah,bs buatin buat suamiq,suamiq seneng bgt smpe lahap makanny:-)

Hallo Hesti....Wooi Selamat Sambal Tumpang perdana langsung cocok sama selera suami. Hesti koki jempol nich sekali coba langsung Mak Nyuss masakannya ;-). Ayo silahkan lihat resep yang lain siapa tahu disukai suami juga ;-). Salam....Endang


  |  2015-09-23 19:04:00

amelia from kediri says:

Resepnya mntabs bgt . Saya cba .. .. .......ok

Waduh ada tetangga lewat nich he he. Selamat Amelia sambal tumpangnya sukses. Itu baru orang Kediri namanya setelah sukses bikin samnbel tumpang ha ha. Ayo silahkan dicoba resep-resep yang lain. Salam...Endang


  |  2016-09-23 16:36:07

Bambang from Jakarta says:

Ba'da maghrib tadi kok pikiran saya langsung ingat sambal tumpang. Mau minta Bibi masak sambal tumpang, dia Sunada asli, dugaanku belum tahu. Langsung googling, dan ketemu resep ini. Dari testimoni yang ada, nampaknya oke banget alias maknyus bin mantap lan ngangeni. Pingin coba akhir pekan ini, kebetulan tidak ada kegiatan kantor. Untuk pelengkap, apa perlu pakai krecek kulit ya? Maturnuwun. Wong Sragen, mertua Kediri.

Sambal Tumpang memang bikin kangen Mas Bambang ;-). Tambahin krecek kulit juga tambah sip. Kalau gak ada krecek kulit biasanya diganti dengan gorengan tahu pong. Ayo silahkan bernostalgia. Semoga rasanya cocok. Salam...Endang


  |  2017-02-06 23:18:35

galih from banyuwangi says:

Mksh infonya.bs buat ttombo kangen ndeso

Ha ha ha....Sama2 wong ndeso dilarang mendahului ;-). Ayo Galih buruan bikin biar gak hilang ndesonya ha ha. Salam...Endang


  |  2017-02-15 22:19:33

Dewi from California, USA says:

Matur nuwun ya resepnya! Waktu kuliah di Malang, teman kos kos an yang dari Kediri sering masak sambel tumpang. Wah dadi ngiler ki :) Numpang tanya Mb. Lestari. Di daerah ku onok e tempe frozen. Terus nek arep di bosok ke pirang dino yo? Aku tau tuku tempe frozen, terus tak jar ke ning refrigerator seminggu, tapi wedi masak e. Dadine tak buang. Wah rugi yo. Maklum nemu resep e telat Mbak. So, seminggu or rong minggu rak po po yo? Matur nuwun Mb.

Halo Dewi aduh sory telat jawabnya. Nglembur kerjaan nggak sempat buka kolom komentar ;-). Biarin aja tuch tempe seminggu gak popo. Ojo dibuang Jeng. Koyok'e tempe LN gak iso bosok dech ha ha. Aku kadang nyimpan ning kulkas sampai seminggu lebih gak ada tanda2 ke arah kebusukan. Tp ojo nunggu sampai tingkat busuknya Tempe Ina ntar kadaluarsa tuch tempe. Mosok goro2 keracunan tempe bosok masuk RS kan ngisin-isini ;-). Asal semangit cukuplah. Selamat Bereksperimen. Kl ada tambahi krecek goreng atau tahu pong hmm tambah jos ;-) Salam Hangat Sambal Tumpang.


  |  2017-03-05 17:29:45

dyaru from yogya says:

Maturnuwun mbakyu resep sambel tumpangnya. Walaupun g smua tempe busuk krn baunya mau dimasak kok baunya nyengat. Jd dicampur sama 6g masih bagus. Alhamdulillah rasanya uenakee poolll.. plus sayuran plus krupuk karak Sarapan sambil bernostalgia... hmmm nikmatnya. ##2tumbup :D

Sami -sami Mbakyu. Ha ha ha baca komentar bau menyengat bikin ketawa sendiri. Yo gak popo dicampur, sing penting rasane enak. Selamat Bernostalgia. Monggo dipirsani resep-resep liyanipun. Mbokmenawi wonten resep nostalgia ingkah taksih ketlisut. Matur nuwun sampun mampir ;-)....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari