Sambal Terasi Penyet

Bahan:

  1. 3 cabai merah atau cabe merah keriting, potong2 kasar
  2. 5 cabe rawit merah
  3. 1 buah tomat merah ukuran sedang, potong2 kasar
  4. 1 sdt terasi goreng / bakar
  5. 1/2 sdt gula
  6. garam secukupnya
Bahan Sambal Terasi Penyet
Sambal Terasi Penyet

Sambal Terasi Penyet

Asal: Jawa Timur

Sumber: Nenek Saya alias Mbah Toyo

Catatan!!

Ini dia sambal terasi yang cocok untuk penyetan selain sambal kencur. Dimakan dengan tempe alias tempe penyet atau dengan ayam alias ayam penyet plus lalapan segar. Lebih sip lagi kalau ditemani daun kemangi. Bikinnya mudah tinggal diulek-ulek langsung jadi..tapi rasanya, jangan ditanya. Paduan antara pedas, gurih dan segar hmmmmm.....bisa2 nambah nasi terus sampai anda puas plus kekenyangan ha hah. So bagi anda penggemar sambal serta hidangan penyetan jangan lupa sambal yang satu ini.. Selamat Mencoba dan ber hah hah huh huh.

Cara Membuat:

  1. Potong-potong kecil cabe merah.
  2. Ulek cabe merah, cabe rawit dalam cobek sampai halus.
  3. Tambahkan irisan tomat, ulek lagi sampai halus.
  4. Tambahkan terasi, ulek sampai rata.
  5. Tambahkan gula pasir dan garam sesuai selera. Aduk rata.
  6. Sambal siap dihidangkan sebagai sambal penyetan untuk tempe atau ayam penyet.

Catatan Tambahan:

  1. Hati-hati saat menambahkan garam karena ada beberapa jenis terasi yang sudah asin sehingga penambahan garam tidak diperlukan.






Reviews & Comments


  |  2013-06-17 12:50:16

rara imot from kisaran says:

Resepnya enten banget mau dong cobainnya biar maknyus. :-)

Cobain sendiri dong. Ntar kan terbukti Mak Nyuss apa nggak? he he he..


  |  2013-06-28 07:07:31

budi from bekasi says:

Untuk semua bahan sambal terasi penyet itu semuanya di uleg dlm kondisi mentah ya ? Tdk digoreng dulu atau direbus dulu cabai dan tomatnya, trims

Hallo Budi. Iya betul sambal terasi penyet ini bahan semuanya diulek mentah, kecuali terasi saja yang digoreng atau dibakar. Semoga membantu. Salam....Endang


  |  2013-07-28 20:35:18

Liz from Ciputat says:

Knapa sambal ini tdk pakai bawang merah dan putih ya

Hallo Liz. Tidak semua sambal terasi pakai bawang merah dan bawang putih. Kalau Liz makan di rumah makan Arema sambal penyetannnya emang seperti itu. Kl mau yg pakai bawang merah dan bawang putih silahkan lihat resep Sambal Terasi Goreng. Salam...Endang


  |  2013-09-13 21:00:32

tia arista from jakarta says:

Semuanya simple dari mulai bahannya hingga cara membuatnya. cuma rasanya kok bisa enak ya? Hehehe

He he he. Ane juga bingung Non Tia. Itulah keajaiban Terasi mau diapain aja tetep enak. Ngomong2 Si Non bertangan dingin juga nich, sambal bikinannya enak!! Ayo..ayo silahkan cobain sambal yang lain. Salam..Endang


  |  2014-05-03 19:37:58

lastri from malaysa says:

sya pun mau mrasakn jga aah.. sya pling hobby msak sambal aym pnyet ni.. skrg pun aq msak ayam penyet.. tpi sayang trasinya blum beli. haha.. gmbar sambal mbk itu jadi makin menyelerakan... hahaha.. ee.. klau buqt smbalny itu tak payah di kasih pnmbah rasa ea .. sassa maksudny.. ?? knpa aq lau buat smbal.. kdag enak.. kdg gak enak ea...??? ku rasa sama j aq msaknya.. knpa ea..???

Hallo Lastri. Rahasianya sambal terasi itu paling mantap kalau terasinya dibakar daripada digoreng. Trus pertanyaan kenapa kadang enak kadang nggak, dugaan saya karena penyedap. Jujur saya tak pernah menggunakan penyedap masakan di dapur saya. Karena penyedap masakan selain menyebabkan ketagihan juga mempengaruhi syaraf di lidah. Jadi kl biasa pakai penyedap trus tidak pakai masakan akan terasa tidak enak di lidah kita. Ayo mulai kurangi sasa biar lidah kembali normal ;-) Salam..Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari