Sambal Pecel

Bahan:

  1. 1 kg kacang tanah (yang ukurannya kecil2 bukan kacang tanah arab).
  2. 500 gr gula kelapa (bukan gula merah dari tebu), disisir halus
  3. 1 sdm munjung/20 gr asam jawa
  4. 12 lembar daun jeruk purut

Bumbu Halus, disangrai atau ditumis:

  1. 100 gr cabe merah/cabe keriting
  2. 50-100 gr cabe rawit merah (silahkan ditambah kalau suka lebih pedas)
  3. 25 gr atau 1/4 ons kencur, dikupas
  4. 5 siung/15 gr bawang putih
  5. 2 sdm/20 gr garam atau sesuai selera

Catatan Khusus:

  1. Membuat Sambal Pecel yang enak tidak sulit asal anda memakai paduan resep yang tepat. Tetapi membuat Sambal Pecel yang awet dan tahan lama tanpa bahan pengawet tidak semua orang tahu. Resep yang saya posting ini untuk membuat Sambal Pecel yang bisa tahan lama dan tidak rusak meski anda simpan selama 1 tahun di kulkas.

  1. Caranya: Hindari pemakaian minyak setetespun di dalam Sambal Pecel. Sangrai semua bahan yaitu kacang tanah dan bumbu sampai matang kemudian dihaluskan. Minyak Goreng penyebab sambal lekas tengik dan jamuran, meski anda simpan dalam kulkas, sambal pecel yang dibuat dengan proses penggorengan akan bertahan paling lama 3 bulan.

  1. Pilih gula kelapa yang berkualitas bagus dan lunak, tandanya mudah diiris/disisir dan kalau kena panas sedikit mudah meleleh, kalau yang tetap keras, itu biasanya sudah memakai obat kimia..hati-hati. Selain itu gula yang keras juga akan menghasilkan sambal pecel yang keras dan akan membatu setelah lama disimpan.

  1. Cocok untuk anda yang tinggal di rantau atau di Luar Negeri dan ingin membawa sambal Pecel dalam jumlah banyak saat mudik. Sangrai semua bahan, bawa ke tukang giling untuk menggiling dan mencampur bahan kalau anda tak mau repot2 menggiling sendiri.
Bahan Sambel Pecel
Kacang Tanah Disangrai
Kacang Tanah Sangrai Matang
Kacang Diblender
Kacang Sangrai Dihaluskan
Kacang Tanah Halus
Bumbu Sambal Pecel
Bumbu Pecel Disangrai
Bumbu Pecel Matang
BumbuPecelDiblender
Bumbu Pecel Halus
Membuat Sambal Pecel
Sambal Pecel

Sambal Pecel

Asal: Jawa Timur

Sumber: Nenek Saya alias Mbah Toyo

Catatan..

Siapa yang tak kenal Sambal Pecel?? Sambel yang berasal dari Jawa Timur ini ibarat sambal sejuta umat khususnya di daerah Jatim. Ngomong2 ada berbagai versi Sambal Pecel misalnya : Madiun, Kediri, Blitar dll. Penampilan hampir sama paling hanya sedikit variasi bumbu di sana sini dan setiap versi tentunya unik dan lezat tergantung selera masing2.

Resep dan cara pembuatan Sambal Pecel dengan cara disangrai ini saya pelajari dari Nenek saya dan selama ini saya puas dengan rasa dan keawetannya. Saya selalu membawa Sambal Pecel yang dibuat dengan cara disangrai setiap pulang kampung ke Indonesia dalam jumlah banyak dan sambal tetap bagus sampai setahun kemudian hanya dengan penyimpanan di kulkas !!

Catatan : Bagi anda yang ingin membuat Sambal Pecel untuk langsung disantap atau tidak untuk diawetkan, ya silahkan menggoreng kacang tanah dan menumis bumbu seperti biasa.

Tips Penting: Jangan sekali-kali memakai bumbu mentah!! Nanti rasanya agak getir ( sengar dalam bahasa jawa) dan menurut saya kurang enak. Selamat Mencoba dan semoga sesuai dengan selera anda ;-)



Cara Membuat:

  1. Sangrai kacang tanah dengan suhu antara sedang dan tinggi ( kurang lebih sklala 6 dari 9) sambil diaduk terus menerus selama 30 menit. Ambil satu kacang dan cicipi apakah benar2 sudah matang.
  2. (Goreng dengan suhu panas sedang sampai kacang matang jika ingin membuat sambal yang akan langsung disantap (bukan untuk diawetkan). Pastikan kacang tidak gosong!!. Tiriskan.
  3. Haluskan kacang dengan dry mill/dry grinder atau food processor sampai halus. Sisihkan.
  4. Sangrai bahan bumbu halus (kecuali asam jawa dan gula merah) sambil diaduk terus menerus hingga matang tetapi tidak gosong. Tambahkan daun jeruk purut terakhir dan ikut disangrai selama 1 menit saja.
  5. (Tumis bahan bumbu plus daun jeruk purut sampai cabai lunak jika ingin membuat sambal yang akan langsung disantap (bukan untuk diawetkan).
  6. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender/grinder sampai halus.
  7. Tambahkan gula sisir dan asam jawa, aduk/haluskan kembali hingga rata.
  8. Tambahkan bumbu halus ke dalam kacang tanah yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata dengan spatula atau tangan (pastikan anda memakai kaos tangan plastik).
  9. (Kedua bahan bisa anda campur di dalam food processor jika anda mempunyai food processor dengan mangkok besar (volume 2 liter).
  10. Cicipi dengan cara larutkan 1 sdm sambal pecel dengan sedikit air untuk memastikan rasanya sudah benar2 pas.
  11. (Langkah ini perlu karena rasa sambal pecel sebelum dan setelah diencerkan dengan air tidak sama persis).
  12. Masukkan sambal dalam wadah tertutup rapat/tupperware, simpan dalam kulkas dan ambil seperlunya saat akan disantap.





Reviews & Comments


  |  2014-03-18 09:44:38

RYEL from bandung says:

akhirnyaaa saya bisa buat bumbu pecel yg passs, bumbu yg halus membelai lidah,,tapi karena kami suka pedas jadi ta' tambah rawit. makasi sist hari minggu ini menu kami nasi pecel pake ayam goreng, perkedel dan tahu tempe tentu nya,,,walaupun pecel nya tanpa bunga turi tapi rasanya gak kalah sama nasi pecel yg di daerah kayon surabaya

Hmmmm..Selamat Sist untuk hari Minggu yang menyenangkan. Di sini malah sering ada bunga turi diimport dari Thailand. Pecel ditaburi dengan petai cina atau lamtoro plus daun kemangi jg sedap lho. Ngomong2 saya jg gak mau kalah nich..Minggu ini saya menyantap Lontong Sayur he he he. Have a nice weekend ;-) Endang


  |  2014-09-29 13:38:31

Titi from Malang says:

Tips yg mantap! Gak pernah terpikir oleh saya gara2 hal kecil sperti minyak bisa merusak ketahanan bumbu pecel. Nambah ilmu lagi!

Hallo Titi. Ha ha ha..gara2 nyasar kemari dapat tips bikin sambal yang awet ya. Silahkan dicoba dan Semoga bermanfaat. Salam.....Endang


  |  2014-10-19 12:31:53

Lilis from Munich says:

Alhamdulillah sekarang bisa buat sambel pecel yg enak & awet, gak usah tunggu kiriman dari kampung. Untung punya punya tetangga yg baik mau berbagi resep & tips membuat sambel pecel. Vielen Dank.

Iyo...rugi bawa dari kampung trus jamuren ;-). Asal punya Food Processor satu jam juga selesai, enak murah meraih lagi. Beli di Toko Asia cuman sak uprit sekali pakai buatku sudah habis..mending bikin sendiri.


  |  2014-12-16 12:00:31

nurjannah from bandar lampung says:

makasih banget infonya..langsung sy terapin deh :)

Ayo ..ayo...silahkan langsung dicoba Non Jannah ;-). Ditunggu laporannya tahun depan, jamuran nggak atau nggak sempat berjamur krn sudah habis duluan ;-) Salam..Endang


  |  2015-01-22 07:25:28

ummu fatimah from says:

Makasih ilmunya ya .. ternyata tanpa minyak lebih awet.

Sama-sama Ummu. Ayo silahkan dipraktekkan. Selamat bereksperimen..semoga sukses dan yang penting rasanya Mak Nyuss. Salam...Endang


  |  2015-06-11 18:48:01

Haula from Pangkalan bun says:

Wajib coba, trims ya mbak infox

Sama-sama Haula. Selamat Mencoba dan buktikan sendiri keawetannya he he ;-). Salam...Endang


  |  2015-11-16 20:28:51

icha from solo says:

,wah g,nyangka dpt resep sedetil ini,suka bgt sama sambel ini sampai pernah pesan 11 kg buat stock di rantau,dilangganan sy pecelny awet & enak bgt mgkn ini rahasianya,sdh lama cari2 resep,makasih mb endang sdh mau berbagi,salam knal :-)

Hallo Icha salam kenal kembali ;-). Pesan sambel pecel sampai 11 Kg, buat dikonsumsi sendiri atau jualan nasi pecel tuch ha ha ;-). Ayo sekarang uji nyali, bikin sambel pecel tidak sulit kok. Seperti saya tulis di atas, kalau males nggiling, tinggal sangrai kacang dan bumbunya trus dibawa ke tukang giling bisa juga tuch kalau mau bikin 11 kg ;-). Selamat Mencoba Semoga rasanya cocok di lidah. Salam...Endang


  |  2016-01-09 23:28:23

sofie from jawa timur says:

Mbak sangrainya pake wajan/penggorengan yang bagaimana?

Waduh gak pakai merk-merkan Sofie ntar dikira promosi saya ;-) Merk terserah Sofie kalau bisa wajan yang agal tebal. Tapi kalau gak ada jg bisa pakai wajan aluminium asal apinya jangan terlalu besar supaya kacang tidak cepat gosong di luar tapi dalamnya masih mentah. Nenek saya malah pakai wajan dari tanah liat/wajan periuk, hasilnya juga bagus. Semoga info saya membantu. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil. Salam....Endang


  |  2016-02-22 20:47:51

arni from says:

apakah diluar kulkas bisa smpe tahan 2bulan sist ??? tggu jawabnya ya

Bisa Sist asal benar-benar bebas minyak lho ya. Bahkan bisa lebih dari 2 bulan diluar kulkas. Contohnya punya saya yang saya bawa waktu mudik ke Indo bulan Agustus tahun lalu cuman saya simpan di wadah tupperware dengan tutup rapat saya simpan diruang gelap sampai sekarang masih bagus, tidak ada tanda2 bau tengik sedikitpun. Kalau dihitung-hitung kan sudah hampir 6 bulan. Ayo silahkan bikin dan buktikan sendiri ;-). Semoga Memberi pencerahan. Salam...Endang


  |  2016-02-25 22:24:01

mona from palembang says:

Biasa saya klo bikin digoreng, udh halus direbus sampe minyak, terus terang kurang puas hasilnya... ehh.. nemu resep mba, ta cobabarusan enak lohh dan puas banget dgn hasilnya.. makasi mba, resepnya sama nga pelit bagi2 tips and triknya hehehe...

Hallo Monaaa !!!!. Selamat nich Wong Kito Galo sudah sukses bikin sambal Pecel dan hasilnya Mantap ;-). Acung 4 jempol nich buat Mona. Ngomong2 saya baru tahu kalau ada sambal pecel yang direbus. Kalau di Jawa yang direbus biasanya sambal kacang untuk Saus Sate Mona. Tapi memang banyak variasi sambal pecel mulai bumbu dan cara masak. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali. Resep leluhur wajib dibagi-bagi biar gak punah kayak Dinosaurus Mona ;-). Salam....Endang


  |  2016-03-01 18:39:18

mona from palembang says:

Halooo juga mba endangg... saya wong kalimantan perantauan di palembang... dan ternyataaa setelah baca replay mbaè baru ingat dulu emg minta resep sambal sate sama temen yg biasa saya bikin itu hahaha... kurang ngilmu dan salah kaprah saya.. anyway setuju masakan indonesia harus dilestarikan sama diperkenalkan keluar spy nga kaya dinosaurus... Suka blognya mba nga pelit ilmu ne apalagi klo ada resep yg turunan dr si mbah.. ngomong2 ada yg tanya di grup tahan brp lama, ta bilang 'kat

O gituuuu. Eh ngomong2 sambal pecel ini juga enak dijadikan sambal sate Mona. Kalau mau tinggal dikasih sedikit kecap manis. Coba aja ..ditanggung nikmat dech. Sekali bikin resep bisa untuk aplikasi dobel ;-). Salam dari sesama perantau ...Endang


  |  2016-04-13 20:59:31

Mety Saputri from sungailiat bangka says:

Kalaaw gk punya blender.. hanya punya lupang batu atau atau untuk meenumbuk bumbu..biasa gk.. penumbuk bumbu yang biasa bukan khusus pecel.. bisa gk

Ya tentu saja bisa Mety. Jaman dulu sebelum ada blender kan bisanya bikin tepung atau menghaluskan kacang pakai lumpang entah dari batu atau besi yang penting hasilnya halus. Tapi lumpang yang dalam lho bukan cobek. Kalau pakai cobek nanti kacangnya lari ke mana-mana ;-). Silahkan Mety pakai alat yang ada..memasak itu flexibel yg penting hasilnya enak, iya nggak ;-). Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam...Endang


  |  2016-05-27 21:11:04

ola from papua says:

Makasih mbak endang udah berbagi resepnya patut di coba.

Ayo Ola...tunggu apa lagi? Cepetan dicoba semoga sukses dan rasanya cocok ;-). Salam...Endang


  |  2016-08-21 17:38:56

ninda from yogyakarta says:

Trimakasih mbak untuk resepnya...segera saya coba tp ada yg mau ditanyakan mbak..itu sebelum gmbar terakhir pas sambal dimasukkan ke kontainer ada adonan putih itu apa ya mbak? bumbunya atau apanya mbak? bukannya bumbu sudah dimasukkan ke blenderan bersama kacangnya? hehe

Yang digambar terakhir itu, yang kelihatan berwarna putih kacang yang sudah dihaluskan. Trus yang dutuangkan itu bumbunya. Kacang dan bumbu saya giling terpisah Ninda soalnya gak muat dicampur semuanya di mangkok Food Processor. Jadi saya nyampurnya manual pakai bantuan spatula dan tangan saya bungkus plastik biar gak kena cabai. Kalau bikinnya sedikit sekitar 1/2 kg baru bisa langsung dicampur di mangkok Food Processor. Kalau warna putih di bumbu yang akan digiling itu garam ;-) Selamat Memcoba. Salam....Endang


  |  2017-02-06 23:17:11

HERMA LESTARI from jakarta says:

terimakasih ilmunyaaa baru nemu sekarang hehe ternyata ngga pake minyak toh kuncinya biar awet.. lets eksekusiii

Ayo Cepetan dieksekusi Herma. Ternyata tak sulit kan bikin sambel pecel tahan lama. Selamat Bereksperimen semoga hasilnya mantap. Salam....Endang


  |  2017-03-09 21:21:43

Dwima Nurbayani from Garut says:

Hallooo mbak.. Tips sangrai kacang tanah yg baik dong. Terima kasih

Hallo Dwima. Gak perlu tips aneh2. Yg jelas pastikan kacangnya kering. Jangan dicuci kacangnya ya ;-). Trus untuk mengetahui tanda2 kacang sudah matang adalah kacang mulai mengeluarkan suara kretak-kretak gitu tapi gak keras. Dalam waktu bersammaan kita akan mencium aroma yg khas. Kl kedua tanda2 tersebut muncul, ambil satu rasakan dan angkat segera dari api. Coba praktekkan nanti Dwima akan mengenali tanda2 yang saya sebut di atas. Selamat Mencoba Semoga Tips ini bermanfaat. Salam...Endang


  |  2017-03-09 21:11:39

Endang A from Sidoarjo says:

Mkasih Mbk Endang, sungguh mulia bersedia brbagi ilmunya. Sangat brmanfaat buat saya yg rencana mau lngsung mmpraktekan. Tapi ada sdikit yg mau saya tnyakan.heheh...:) Mbak, kalau misal ingin mmbuat 2 kg kcang. Trus bgaimana dgn ukuran bumbunya. Apakah brlaku klipatan dari resep yg sdh ada di atas? Terima kasih banyak. Salam, Endang A

Hallo Endang. He he kebetulan nama kita sama ya berarti nama ini belum menuju kepunahan sama seperti Sambel Pecel ;-). OK menjawab pertanyaan. Betul ini ukuran fix untuk bumbu jangan ditambah atau dikurangi supaya rasanya benar2 pas. Yg boleh ditambah atau dikurangi hanya cabe tergantung tingkat kepedasan masing2 orang. Kalau tersedia saya sarankan memakai timbangan digital yg biasa untuk nimbang bahan kue dan bisa menakar sampai ukuran gram (untuk kencur, asam dan garam) biar hasilnya benar2 Jos. Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam...Endang.


  |  2017-03-12 21:33:10

Endang A from Sidoarjo says:

Hallo Mbak Endang...he_he... :) Terima kasih ya mbak atas jwaban yg dberikan scara detail serta kramahannya.. Amiin.. Sukses jg buat Mbk Endang.. :)

Hallo Endang ;-). Lho jawaban memang selayaknya harus detail dan jelas supaya tidak menimbulkan pertanyaan lagi, tul nggak? ;-). Kalau bertanya-tanya sendiri kapan jadi Sambelnya ha ha. Ayo buruan sana tinggal praktek. .Selamat Bereksperimen. Sukses juga buat Endang & Sambelnya ;-). Salam...Endang.


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari