Sambal Goreng Kentang Hati

Bahan:

  1. 500 gr kentang
  2. 500 gr hati sapi
  3. 100 gr pete, kupas, belah 2 ( ganti dengan kacang kapri jika tidak suka pete)
  4. 2 bh cabe merah, iris tipis
  5. 2 cm lengkuas, iris tipis atau geprak
  6. 1 batang serai, potong jadi 2, memarkan
  7. 3 lbr daun jeruk purut, buang tulangnya
  8. 2 lbr daun salam
  9. 200 ml santan sangat kental
  10. 1 sdt asam (dilarutkan dengan 2 sdm air)
  11. 2 sdt garam atau sesuai selera
  12. 2 sdt gula atau sesuai selera
  13. minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu Halus:

  1. 8 bh bawang merah
  2. 4 bh bawang putih
  3. 5 bh cabe merah ( Buang biji jika tidak suka pedas)
  4. 2 cm jahe
  5. 1 sdt ketumbar bubuk
Bahan Sambal Goreng Kentang Hati
Hati Rebus
Kentang Goreng dan Hati Rebus
Bumbu Sambal Goreng
Sambal Goreng Kentang Hati Pete
Sambal Goreng Dengan Santan
Masak Sambal Goreng
Sambal Goreng Kentang Hati

Sambal Goreng Kentang Hati

Asal: Jawa

Sumber: Nenek Saya

Catatan!

Ini dia masakan yang sangat populer di pulau Jawa. Disantap di hari Lebaran sebagai menu pendamping Ketupat dan Opor Ayam atau lauk pendamping Nasi Tumpeng. Di Jawa Timur resep ini bahkan menjadi resep wajib acara selamatan atau kendurian. Seingat saya waktu kecil, saat orang tua dan semua tetangga saya punya hajat, entah hajat pengantin, khitanan, kelahiran bayi atau selamatan orang meninggal, mereka akan mengirimkan makanan di dalam takir atau berkat.

Takir atau berkat adalah wadah makanan yang dibuat dari daun pisang, berbentuk kotak dan didalamnya berisi nasi yang ditemani beberapa lauk-pauk yang ditaruh dalam wadah-wadah terpisah yang dibuat dari daun pisang juga. Lauk Pauk tsb umumnya terdiri dari : Mie Goreng, Sambal Goreng Kentang Ati, Kering Tempe, Perkedel Kentang dan tak ketinggalan Daging atau Ayam atau Telur Bumbu Bali.

Ada beberapa variasi bumbu Sambal Goreng, ada yang pakai kemiri, ada yang bumbunya hanya diiris bukan diulek. Tentunya setiap versi unik dan lezat. Resep yang saya posting ini saya dapat dari Nenek dan saya pakai sampai sekarang karena menurut saya rasanya paling pas ;-). Sentuhan air asam jawa berpadu dengan sambal goreng yang sedikit pedas hhmmmm lezat dan tidak bikin mblenger!! Terus terang saya hapal resep ini di luar kepala karena saking seringnya melihat Nenek memasak untuk acara selamatan, atau memenuhi undangan para tetangga dan kenalan untuk menjadi juru masak dalam acara hajatan. So, tidak ada salahnya anda mencoba, siapa tahu sesuai dengan selera anda ;-).

Cara Membuat:

  1. Panaskan 1.5 liter air, masukkan ke dalamnya 1 sdt garam, 1 lbr daun salam, 1 lbr daun jeruk purut, sedikit lengkuas dan jahe. Masak sampai mendidih.
  2. Masukkan hati sapi, rebus sampai matang ( kurang lebih 20 menit). Tiriskan.
  3. Potong2 hati sapi bentuk dadu. Sisihkan.
  4. Kupas kentang, potong2 bentuk dadu, rendam dalam air supaya kentang tidak berwarna kecoklatan. Tiriskan.
  5. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, goreng kentang sampai kecoklatan. Tiriskan.
  6. Goreng sebentar cabe merah iris. Tiriskan.
  7. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  8. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut dan daun salam hingga matang dan berbau harum. (kurang lebih 10 menit)
  9. Tambahkan kentang dan hati sapi. Aduk rata. Kemudian masukkan pete.
  10. Tuangkan santan dan air asam. Kecilkan api dalam posisi sedang dan teruskan memasak sampai santan agak menyusut.
  11. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Cicipi.
  12. Terakhir taburkan cabe merah goreng. Aduk kemudian angkat dari api.

Tipp:

  1. Masukkan hati sapi dalam air mendidih supaya rasa hati terkunci sehingga rasanya lebih sedap.
  2. Atas masukan dari seorang pembaca di Swiss, setelah direbus dan dipotong-potong, hati bisa digoreng sebentar. Rasanya lebih sedap dan tidak terlalu bau aroma hati sapi. (Credit goes to Bernadette, Thank You)
  3. Bumbu Dasar Sambal Goreng ini bisa anda pakai untuk sambal goreng apa saja, jika tidak suka hati tinggal ganti isinya. Contoh : Sambal Goreng Daging, Sambal Goreng Telur, Sambal Goreng Tahu, Sambal Goreng Udang dll.






Reviews & Comments


  |  2013-04-05 17:36:33

puji from kep Riau says:

Enaaaak....bgd!!!!

Yang barusan nyoba pasti bertangan dingin nich. Thx atas kunjungannya Puji. Ayo silahkan diicoba resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2013-04-29 11:21:12

shinta from madura says:

enak bangetss nicch resepnya,jadi pengen nyobain..pasti enak dan lezat....yuuuummmmyy..:)




  |  2013-10-06 22:50:12

nada from palembang says:

trimakasih resepnya.,.,pasti nikmat.,.,. bisa d coba ,.,, simple buat pemula sprti sya,,. tapi rasanya pasti .,,. nikmatt

Hallo Nada. Ayo..ayo silahkan dicoba. Semua orang juga awalnya pemula termasuk urusan masak. Dan semua orang pasti bisa masak asal mau belajar ;-) . Selamat Mencoba...Nada yakin saja, pasti bakalan enak ha ha. Salam..Endang


  |  2014-02-14 13:27:36

Inda Naumann from germany says:

Hmmm...ini resep yg aku cari dari dulu udah ngiler nih he he...

Hallo Inda. Yach udah sana buruan bikin biar nggak lama2 ngiler hihi. Ini resep paling diburu dech nggak tahu kenapa ;-) Selamat Mencoba semoga rasanya mantap... Salam....Endang


  |  2013-10-13 16:55:13

Vitry from Tangerang says:

Enak bgt,...jadi pengen lagi dan lagi,..hihihi thanks resepnya

Hallo Vitry....selamat masakan Non udah bikin ketagihan. Ayo tinggal bikin lagi..bikin lagi ;-) Thx juga sudah mampir. Salam...Endang


  |  2013-10-19 13:50:58

Elmi from NL says:

Mbak, hasilnya enak sekali. Tp knp yah,kok sambel gr kentang ati yg saya buat. Kentangnya agak hancur. Pdhl udh ikuti cara2nya Makasih

Hallo Elmi. Ada 2 penyebab. 1.Mungkin gorengnya kurang kering. 2.Kentang Eropa mmg lebih lunak dibanding kentang di Indonesia. Kl penyebabnya faktor ke2, lain kali masak kentang sebentar saja jgn dibarengin ati, biar gak hancur. Semoga membantu. Salam.


  |  2013-10-24 08:35:02

Eny Pudyastuti from Semarang says:

sambal goreng kesukaan anak saya nich...., tapi tanpa ati, jadi full kentang dan sambalnya aja. tq

Hallo Eny ha ha. Ngirit dong si kecil ;-). Ini resep dasar sambal goreng, isinya terserah sesuai selera. Silahkan bereksperimen siapa tahu si kecil juga suka. Salam...Endang


  |  2013-11-07 08:51:09

barry from padang says:

Baru tau ni ada sambel goreng pake santan

Sambal Goreng dari Jawa memang pakai santan Barry. Cobalah biar tahu rasanya pula ;-)


  |  2013-12-01 08:27:15

from says:

Besok pagi mau nyobain nich special buat my bojo mumpung lg hari libur... Doa'in sukses yaaaa sista sista....

Ya gitu sing rajin masak..biar suami makin betah makan di rumah nggak marung he he he. Cinta datang dari perut trus turun ke hati kata orang. Selamat Mencoba dan semoga sukses. Ngomong2 ini siapa ya he he .. Salam..Endang


  |  2013-12-06 07:40:07

RYEL from Bandung says:

ngak ada kata lain,,selain uenakk tenan

Oh...ternyata yang di atas itu Jeng RYEL ya he he. Masih semangat masak nich?? Lanjutkan Sist ;-) Salam....Endang


  |  2013-12-06 07:28:34

udien from pelaihari says:

mantap lg tambah kecap manis setelah santan

Yang ditambah kecap itu biasanya Bumbu Bali Bos. Tapi mungkin memang ada yang bikin sambal goreng pakai kecap..Indonesia banget itu hi hi.


  |  2013-12-06 07:36:51

Rina from Pabahanan says:

ganti santan dgn susu kental manis lbh ok

Pakai susu??!! Cara ini biasanya buat orang Indonesia yang lagi merantau dan susah beli santan. Kalau gak kepepet sich santan menurut saya lebih autentik dan sedap. Sekedar pendapat lho Non..


  |  2013-12-06 07:38:22

Rama anak mamah from Pabahanan Tanah Laut Kalsel says:

Masakan sambel goreng ati aku paling suka apa lg kalau mamah yg masak

Setuju Rama. Buat semua orang masakan Mama emang gak ada tandingannnya ;-)


  |  2013-12-06 07:33:26

Fitriani from Amuntai HSU says:

Pakai lombok bnyk2 biar suamiku kepedasan. Xixixi

Iya biar suami nyerah trus sisanya bisa dimakan sendirian. itu sich namannya raja tega Fitri ha ha..


  |  2013-12-06 07:32:15

Slamet ae from Pantai Batakan Tala Kalsel says:

gmana cranya supaya gak terlalu bau aroma hati sapi?

Makanya waktu ngrebus hati di kasih jahe, lengkuas sama daun salam Bos biar baunya hilang. Trik ini bisa dipakai untuk hati/daging yang harus direbus dulu sebelum dimasak. Semoga membantu..


  |  2013-12-06 07:29:57

olfit from Didapur keren says:

Kalau aku suka yg pedas manis

Itu juga masalah selera Olfit, mau ditambah cabe 1 ons pun asal kuat makannya pasti makin sedap...


  |  2013-12-07 16:26:52

RYEL from Bandung says:

tetep semangat mbak demi my lovely hubby yg doyan makan, seneng banget liat dia lahap makan jadi gak terasa cape nya, thanks ya sista

Aduh saya ikut senang dengernya. Istri yang sll ingin membahagiakan suami lahir batin susah dicari. Semoga Non Ryel juga selalu dilimpahi kasih sayang. Amien. Keep up the good work ;-)Salam Hangat Sist....Endang


  |  2013-12-15 22:39:02

nita from jakarta says:

Resep ini wajib dicoba nih hehehe apalagi gebetan baru aku paling suka sama masakan ini, yummy

Ha ha ha....Nita bisa aja!! Semangat masak krn gebetan baru LOL.. Tapi kl si dia tambah sayang why not??! Cinta datang dari perut trus turun ke hati kata orang. Lanjut Non. Moga makin lengket di hati kyk kuah sambal goreng ha ha. Salam..Endang


  |  2014-03-21 07:37:50

darel from bandung says:

tidak usah pake kemiri ya..

Terserah Darel dech. Ada versi resep sambal goreng kentang yang memakai kemiri katanya biar lebih gurih. Tapi kalau saya pribadi lebih suka versi dari Nenek saya ini, biar gak terlalu enek. Pakai santan kental saja menurut saya sudah cukup. Salam...Endang


  |  2014-01-07 07:27:30

ika from banyuwangi says:

Pengen sekali nyoba, kayaknya resep ini enak banget

Hallo Ika. Ayo2 silahkan dicoba, sudah banyak yang sudah uji nyali dengan resep ini kayaknya banyak yang cocok tuch ;-) Selamat mencoba semoga nyangkut di lidah. Salam...Endang


  |  2014-04-01 07:27:43

martia from jakarta selatan says:

enakk pkai bgt thnks ya resep nya.....

Sama2 Martia. Selamat ya uji coba sambal gorengnya sukses :-). Ayo silahkan mencicipi resep2 yang lain. Thx juga sudah mampir. Salam...Endang


  |  2014-04-02 23:29:34

from says:

Kalau pakai santai Kara bisa nggak

Tentu saja bisa. Saya juga selalu pakai sediaan santan jadi soalnya kelapa untuk diparut barang langka di sini. Hasilnya juga tetap enak asal masaknya benar. ngomong2 ini siapa ya ??! ;-)


  |  2014-05-02 07:28:43

tetik from kalimantan says:

Jos dech hasilnya.sampe keringetan sangking lahapnya makan.bagi" resep masakan khas jawa ya,mksh.

Hallo Tetik! Ha ha ha sampai keringetan plus kekenyangan ya. Selamat dech berarti Tetik bakat koki top juga nich sekali coba langsung Jos hasilnya. Lha resep dari jawa udah seabrek gitu Non, lihat di menu Jawa dan Madura, hampir semua resep utama khas Jawa mulai sudah tersedia tinggal diuji. Selamat bereksperimen. Salam...Endang


  |  2014-05-31 20:05:48

Selvy bebeww from cianjur says:

Hmmmm,,resep'a mudah di dapat dan seperti'a bikin'a mudah patut di coba neh,,thx yakk dah bagi" resep n cara bikin'a.. Sya mwu coba di rumah sambel ati'a kesukaan suami saya ;)

Hallo Selvi..mangga atuh silahkan dicoba. Bikinnya emang gampang kok dan rasanya enak. Sudah banyak yang nyoba resep ini kayaknya banyak yg cocok. Selamat bereksperimen semoga sukses. Salam..Endang


  |  2014-06-02 07:59:47

choty anwar from bangkalan madura says:

hmmmm wajib dcob nech untk menu ramadhan ntar... katax kemiri sbgai ganti santen..

Choty ada teori yang bilang kemiri adalah pengental santan atau kuah. Silahkan kalau mau ditambahkan. Dalam memasak kita bebas berekspresi yang penting hasilnya enak. Tul nggak? he he. he. Salam...Endang


  |  2014-06-06 09:27:12

rina from jakarta says:

Makasi resepnya ya mba endang... Sambelnya enak +gurih.. tapi qo atinya ga empuk ya???:( Tipss nya donk mba Biar atinya empukkk ;) Tq..:)

Hallo Rina. Supaya hati sapi tidak keras, waktu merebus potong2 tipis jangan biarkan utuh. Trus ngrebusnya agak lama bukan sampai hati berubah warna saja. Kalau kedua cara di atas gak mempan ada 2 cara praktis, pakai panci tekan/presto sekarang harganya lumayan murah. Kalau mau cara tradisional pakai buah nanas yang diparut hingga lembut atau daun pepaya, masukkan kedalam rebusan daging. Parutan nanas atau daun pepaya ini bisa dipakai merebus daging apa saja yang susah empuk dan butuh waktu perebusan yang cukup lama. Itu saja yang saya tahu, semoga tips2 di atas membantu. Coba lagi ya...dalam memasak ada sedikit gangguan itu biasa. Justru dari situ kita belajar, OK ;-) Salam...Endang


  |  2014-07-27 11:32:10

puji from ciledug says:

Thanks mbak endang resep sambal goreng hati ,sy sdh coba resepnya tuk pelengkap menu lebaran bersama kekuarga besar suami rasanya maaaantaaap...

Hallo Puji....Selamat oi....Saya ikutan senang dan bangga nich ;-). Koki hebat juga nich sekali coba langsung sukses. Selamat berlebaran bersama Keluarga Besar. Ayo bikin resep yang lain...Opor Ayam, Gule Kambing pasti laris di hari lebaran ha ha ha. Salam....Endang


  |  2014-07-29 21:06:32

teguh from saudi says:

ini dia resep yg aku cari persis buatan nenekku di cirebon. thank's banget

Hallo Boss. Hari Lebaran pada rindu sambal goreng kentang hati, apalagi buatan Nenek tercinta !! Berarti nenek kita kitabnya sealiran dong ha ha ha. OK dech..Selamat Mencoba Semoga rasanya Mak Nyuss kaya punya Nenek. Thx juga sudah mampir. Salam...Endang


  |  2014-09-15 10:26:14

Alyssa Mariana from singapore says:

Gonna try this look yummy...n make me hungry :)

Sorry Alyssa if this recipe makes you DROOL!! That's my intention ha ha ;-) So feel free to try it out and Bon Appetit . Regards...Endang


  |  2014-10-04 16:46:51

from says:

Kyaknya resepnya muantaaaaapp ddeh,,,gue coba besok buat menu idul adha

Udah dicoba belum?? Gimana hasilnya ;-) Semoga sukses dan hasilnya Mak Nyuss...Selamat Hari Raya Idhul Adha.. Salam....Endang


  |  2014-10-30 08:23:47

Dewi kamilah from Bandung says:

Mantaaaappp...langsung mau praktek ahh,,kayanya enak banget.thnks ya info resep nya...:)

Emang enak Dewi. Ini resep paling diburu sama pembaca apalagi pas hari2 raya tertentu. Banyak yg sudah praktek kayaknya cocok tuch rasanya. Selamat Mencoba semoga rasanya benar2 Mantap ;-). Salam...Endang


  |  2014-11-12 07:22:31

santi from bogor says:

mbak,, ini bisa tahan beraba lama ya kalo misal dimasukin kulkas gitu? biar skali masak banyak buat beberapa hari gitu ceritanya *ibu-ibu males masak*

Kalau dari pengalamanan saya Santi, di simpan di kulkas dan masih layak dikonsumsi untuk 3 hari. Jadi kalau hari ini masak, bisa dimakan sampai besok lusa begitu :-). Kalau mau bertahan lama, bagi beberapa bagian, dibungkus plastik trus disimpan di freezer, letakkan di suhu ruang sampai lunak kemudian dipanaskan sebelum disantap. Kalau difreezer seminggupun tetep bagus ;-). Semoga info saya membantu. Salam..Endang


  |  2014-11-29 12:06:11

syafuroh from tegal says:

.dtambahin kemiri jg bisa kan yah,, bwt gurihkan masakan, kalo gak usah pake santen , gmana yah rasanya, soalnya saya gak suka santen.. ^_^

Ya coba saja Syafuroh. Kemiri itu fugnsi dasarnya mengentalkan kuah. Kalau gak pakai santan saya rasa tetep enak jadi mirip bumbu bali. Masak itu bukan ilmu pasti jadi silahkan saja berimprovisasi lagian masakan punya kita sendiri suka2 kita dong mau dikasih atau tanpa dikasih apapun ha ha. Salam....Endang


  |  2014-11-29 12:03:49

Lita Putri from Kota Malang says:

waaahhh mbak resepnya Mantaaap pake bingiiittss, saya udah nyoba, Alhamdulillah semua keluarga pada suka, padahal saya gak bisa masak, mereka jd heran...kok tumben masakannya bisa enak hehehehe , Makasih banyak ya resepnya mbak :-)

Ha ha ha komen Lita bikin saya ketawa. Berarti Lita jago masak dong buktinya sekali praktek langsung ces pleng :-). Cuman jarang dipakai aja tuch ilmunya ;-). Ayo diasah terus lama2 masak bisa jadi hobby lho. Terima Kasih sudah berani uji nyali... Salam...Endang


  |  2014-12-19 10:59:15

vishel from kalimantan barat says:

Mbak kalo mau diganti ati/ampela ayam gmn, Ap direbus dlu kyk ati sapi?! *Bru belajar s0alny :)

Hallo Vishel, kalau hati ayam asal dipotong kecil2 tidak perlu direbus dulu karena hati ayam lebih empuk dibanding hati sapi (silahkan lihat resep Kelia Hati Ayam dari Sumatra, hampir mirip). Untuk ampela harus direbus dulu baru dimasak kalau tidak direbus alot kayak karet nanti ;-). Ok Selamat mencoba semoga sukses. Salam... Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari