Rawon

Bahan:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 2 buah batang serai, memarkan
  3. 2 cm atau 1 sdm lengkuas, geprak
  4. 5 buah daun jeruk purut
  5. 2 buah daun bawang, iris sepanjang 1 cm
  6. Lada/merica bubuk secukupnya
  7. Gula jawa secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. 2 Liter air

Bumbu Halus:

  1. 10 butir bawang merah
  2. 5 butir bawang putih
  3. 5 butir kemiri
  4. 5 buah keluak atau 10 gr keluak batangan
  5. 2 cm atau 1 sdm jahe, kupas
  6. 1 cm atau 1 sdt kencur, kupas
  7. 1 cm atau 1 sdt kunyit, kupas
  8. 1/2 sdt ketumbar
  9. 1/2 sdt jintan
  10. 1/2 sdt asam jawa
  11. 1/2 sdt terasi (optional)

Bahan Pelengkap:

  1. Taoge
  2. Bawang Goreng
  3. Kerupuk Udang
  4. Sambal Terasi
  5. Telur Asin
Bahan Rawon
Rawon

Rawon

Asal: Jawa Timur.

Sumber: Nenek Saya alias Mbah Toyo.

Catatan!

Ini dia masakan khas Jawa Timur yang populer di seluruh kawasan Nusantara : Rawon Daging. Warnanya memang hitam legam..tapi rasanya jangan ditanya. Apalagi kalau sudah diendapkan semalam bumbunya semakin sedap meresap. Ibarat kereta api kata orang Jawa, biar hitam tapi bikin kangen..itulah Rawon ha hah. Cita rasa rawon memang benar-benar komplit, sekomplit bumbu yang dikandungnya. Menu yang satu ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat dengan lauk telur asin, kerupuk udang dan sambal terasi. Tapi jujur saja di tempat tinggal saya sekarang, orang sering memandang skeptis melihat penampilannya yang menurut mereka sangat aneh dan mengurangi selera makan ;-). Jadi saya mesti sabar menerangkan bahwa warna hitamnya berasal dari bumbu khusus alias keluwak bukan yang lain-lain he he ;-))

Cara Membuat:

  1. Iris daging sapi kurang lebih sebesar ukuran satai. Cuci bersih, tiriskan.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  3. Jika perlu tambahkan sedikit minyak ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Panaskan 2 liter air sampai mendidih, *** kemudian masukkan irisan daging.
  5. Rebus daging sampai empuk dengan api sedang untuk mendapatkan kaldu yang jernih.
  6. (Jika perlu buang lemak yang muncul di permukaan air).
  7. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut hingga berbau harum.
  8. Setelah berbau harum, masukan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging.
  9. Tambahkan lada bubuk, gula jawa dan garam sesuai selera.
  10. Jika daging sudah benar-benar empuk, masukkan irisan daun bawang.
  11. Sajikan bersama taoge, kerupuk udang dan sambal terasi (jika suka).
  12. Rawon akan terasa lebih sedap jika sudah diendapkan semalam.

*** Catatan Tambahan:

  1. Rebus daging dalam air mendidih dengan suhu sedang untuk supaya sari daging terkunci serta mendapatkan kaldu yang bening.






Reviews & Comments


  |  2013-07-28 20:28:02

Arief from Batam Island says:

Hmmm ... Yummy ... Makanan Favoritku kalo mudik ...




  |  2012-08-26 22:00:29

heri from depok says:

wis......good food from indonesia

Setujuuuuuuuuuu...


  |  2012-11-21 22:07:31

hakilsa from blitar says:

emmmm mantafffff tuh kpn au bisa ngerasain lgi. lma g makan jdi kepingin au

makanya cepetan bikin sendiri biar nggak ngiler ;-)


  |  2012-11-24 13:31:33

ida from malang jawa timur says:

favorit bangettt..mantapp

Iya..Rawon memang hitam tapi rasanya hmm...siip dech...


  |  2013-01-23 17:34:03

indayani from Batam says:

hmmm,,,uenak tenan

He eh..Rawon emang sedap. Ibarat kereta api jaman dulu. Meski hitam legam banyak yang menanti kehadirannya ;-)


  |  2013-02-10 18:36:05

Ervan from Jombang says:

Plus daging empal makin mantappp!

Plus telor asin Boss sama sambal terasi hhmmm sedap ;-)


  |  2013-04-06 21:19:48

fenny from batam center says:

i love it n like it. this is my husband's favourite food

I like it too Fenny. Kl suami saya lihat warnanya agak2 gimana gitu. Bagus buat sayalah..bisa makan sepuasnya sendirian ha ha... Salam..Endang


  |  2013-04-14 14:46:08

retty ayu hapsari from solo says:

bikin lapeeeer...... q mau coba sekarang juga, tapee daging msh mahal ga yach.......?

Dari jaman baheula daging termasuk barang mahal Retty ;-) Tapi kl mau nabung dikit2 ntar sebulan sekali udah bisa bikin rawoh dech, iya nggak? he he..Salam....Endang


  |  2013-07-23 22:44:22

liana from dki jakarta says:

hemmhhh saya coba ikuti resep ini..s'moga hasilnya enak dan nikmat..meski saya bukan dari jawa saya pun suka dengan makanan ini..maknyossh!

Hallo Liana. Selera emang gak mengenal batas dan logika ;-). Ayo silahkan uji nyali.. Semoga sukses. Rawon emang sedap ..hitam tapi bikin kangen ;-). Salam....Endang


  |  2013-11-28 13:46:58

Dick Rijsenberg from Belanda says:

Resep itu baik sekali....bikin sendiri Taoge soto...yang kecil

Ha ha ha tahu aja nich ;-). Thx a lot untuk feedbacknya. Emang yang lebih afdol pakai taoge dari kacang ijo yang masih baby. Lain kali saya coba dech Boss ;-)


  |  2013-12-18 17:21:50

nana from bogor says:

tpi q lbih suka rawon yg gak trlalu gelap ,,,,, biar gak gelap teteppp rawon nmor satu

ha ha ha Nana bisa aja ;-). Ternyata ada tingkat kegelapan rawon yach. Masalah selera emang relatif Nana, kayak menyukai tipe cowok, mau yg putih, sawo matang atau hitam manis intinya tetep cowok ha ha. Mau coklat tua atau hitam legam rawon tetap rawon ha ha. Salam..Endang


  |  2014-01-07 07:31:27

rain from sukamara says:

mbak, kerabatku yg jago bikin rawon d surabaya blg klo rawon akan lebih sedep klo d inepkan, bsoknya baru d santap.....wuiiiiiih.....

Memang betul Non. Makanya dalam cara pembuatan di resep saya cantumkan juga keterangan tersebut ;-). Ayo silahkan uji nyali biar Non juga ketularan kerabat yang jago bikin rawon ha ha ;-)


  |  2014-02-13 20:37:27

Dick Rijsenberg from Rotterdam - Holland says:

My favorite...Rawon...Very good resep...sometimes I used sapi buntut.....

Hallo Bos. Ketemu lagi masih di Rawon juga ;-) Kayaknya Rawon adalah cinta sejak santapan pertama ya ha ha. Anyway pakai Buntut sapi ternyata enak juga ya. Perlu saya coba juga nich. Thx for sharing. Ayo cobain masakan yang lain juga dong ;-). Greeting from my kitchen..Endang


  |  2015-03-07 21:24:14

hani from jakarta says:

Mbak...sudah kucoba resep rawonnya ternyata memang mantaaabbbb, trimakasih sudah berbagi resep, dr dulu gak pede masak rawon tp pas ktemu resep ini langsung nekat bikin dan hasilnya memang sedap n nikmaaattt.

Hani...woi selamat untuk Rawonnya, koki bertangan dingin juga nich ;-). Jujur Rawon memang termasuk resep yang gampang-gampang susah bikinnya. Maksud saya bikinnya tidak sulit tapi untuk mendapatkan cita rasa yang pas perlu sentuhan khusus ;-). Terima Kasih juga sudah berani uji nyali. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam .....Endang


  |  2015-07-04 17:04:22

Rahma Yanti from pekanbaru says:

Udah dicoba resep rawonnya mantaaaappp banget mbak..dari berbagai resep yang saya coba ini yang pas resepnya buat saya.resep lain ada yang pake cabe merah..resep mbak yang paling sedap.makasih mbak ya udah berbagi resep.

Hallo Rahma. Selamat ya Rawonnya sukses. Bakat koki andal juga nich. Terus terang bikin Rawon memang agak susah susah gampang. Meski resep sama mungkin setiap orang akan menghasilkan rasa yang berbeda. Kalau sekali coba masakan Rahma langsung Mak Nyuss...woi angkat jempol saya ;-). Terima Kasih juga sudah sudi uji nyali dengan resep di warung ini ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain siapa tahu ada lagi yang cocok. Salam...Endang


  |  2015-11-11 10:21:33

The Batu Villas from Jl. Sultan Agung no.29 Batu says:

Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang : · Steak & Sate Kelinci · Jagung & Pisang Bakar · Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya. Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah. Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut. Warung Khas Batu Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jat




Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari