Pisang Ijo

Bahan Pisang Ijo:

  1. 4-6 buah pisang raja matang (ganti dengan 2-3 pisang raja nangka atau pisang tanduk kukus jika tak ada)
  2. 150 gr tepung beras (saya pakai tepung terigu protein sedang)
  3. 5 sdm/50 gr tepung terigu (saya tukar dgn tepung beras)
  4. 350 ml santan sedang (pakai 300 ml saja jika anda memakai tepung beras baru)
  5. 75 gr gula pasir atau sesuai selera
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1 sdm margarine atau mentega
  8. 3-5 tetes pasta pandan warna hijau (sesuai selera warna hijaunya)

Larutan pewarna dari daun suji (skip jika memakai pewarna pasta pandan):

  1. 10-12 batang daun suji atau ganti daun pandan wangi jika tak ada, potong2 halus
  2. 100 ml air

Bahan Saus Vla:

  1. 500 ml santan agak kental
  2. 3 sdm/30 gr tepung terigu
  3. 1/2 sdt garam
  4. 100 gr gula pasir (optional, sesuai selera)
  5. 2 tetes vanili essence atau 1 buah daun pandan, diikat
Bahan Pisang Ijo
Tepung Terigu Gula Pasir
Santan Untuk Pisang Ijo
Pasta Pandan Pisang Ijo
Adonan Mentah Pisang Ijo
Mentega Adonan Pisang Ijo
Adonan Matang Pisang Ijo
Plastik Untuk Pisang Ijo
Membentuk Pisang Ijo.jpg
Menekan Adonan Supaya Rata
Meratakan Adonan Pisang Ijo
Membentuk Pisang Ijo2
Membentuk Pisang Ijo3
Membentuk Pisang Ijo4
Membentuk Pisang Ijo5
Bentuk Pisang Ijo
Mengukus Pisang Ijo
Pisang Ijo Matang
Larutan Vla Pisang Ijo
Adonan Vla Pisang Ijo
Vanili Essence Saus Vla
Saus Vla Pisang Ijo
Pisang Ijo

Pisang Ijo

Asal: Makassar

Sumber: Adaptasi dari buku Indonesian Cakes & Desserts karya William Wongso & Hayatinufus A. L. Tobing

Catatan..

Terus terang sudah lama saya menunda-nunda resep ini karena bahan2 yang tidak terakses di tempat tinggal saya sekarang: pisang raja dan daun suji. Kalau diganti pisang buah, jelas hasilnya akan amburadul karena pisang buah akan menghitam warnanya setelah dimasak dan mulai mendingin. Alternativ yg ada hanya pisang raja nangka/plantain yang bentuknya segedhe lengan ;-).

Tetapi begitu ada salah satu pembaca setia menanyakan resep Pisang Ijo, tangan saya mulai gatal dan terusik ;-). Apa salahnya mencoba dengan bahan yang ada, siapa tahu berhasil he he.

Setelah nekad uji nyali akhirnya terhidang juga Pisang Ijo dengan beberapa catatan dan trik yang saya tulis di bagian paling bawah resep, khusus untuk anda yg tinggal di negeri seberang :-). Meski pada akhirnya saya berhasil membentuk pisang ijo segedhe lengan, tapi perlu usaha susah payah dan makan waktu untuk mewujudkannya. Jadi lebih baik anda lewatkan semua hambatan dan menghemat waktu yang terbuang sia-sia.

Last but not least, buat Erlin di Finland. Your curiosity is my great motivation !! Thx a lot Sista ;-).

Cara Membuat:

  1. Membuat Pewarna Hijau Alami :
  2. (Lewati step ini jika bahan tak ada, solusinya ganti dengan 4 tetes bahan pewarna hijau atau pasta pandan).
  3. Cuci bersih daun suji atau daun pandan, potong2 atau iris halus, masukkan dalam blender atau stand mixer.
  4. (Pakai daun pandan jika daun suji tak ada. Jangan kuatir meskipun tak sekuat daun suji, warnanya tetap cantik dan aromanya lebih sedap).
  5. Tambahkan 100 ml air dingin, blender sampai halus.
  6. Saring dengan saringan santan dan tekan2 atau peras ampas daun pandan sampai semua sari warna keluar. Sisihkan

  1. Membuat Adonan Pisang Hijau:
  2. Campur tepung terigu, tepung beras dan garam ke dalam mangkok yang besar. * Ayak campuran tepung dan masukkan ke panci pemasak.
  3. *Langkah ini penting untuk menghasilkan larutan yang rata dan bebas gumpalan karena gumpalan bisa menyebabkan adonan pembungkus pisang ijo gagal total :-( .
  4. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi larutan kental yang licin dan homogen.
  5. (Jika anda memakai larutan pewarna hijau dari pandan/daun suji, tambahkan ke dalam adonan dan kurangi jumlah santan hingga jumlahnya hanya 200 ml-250 ml saja).
  6. (Jika anda memakai pasta pandan, beri kurang lebih 4 tetes atau sesuai selera, tambahkan seluruh santan sebanyak 300 ml-350 ml).
  7. Panaskan panci dan masak dengan API KECIL (kurang lebih skala 3 dari 9) sambil diaduk terus menerus.
  8. (Tips Penting: Jangan memasak dengan API SEDANG apalagi API BESAR atau meninggalkan adonan barang sejenak selama proses pemanasan dan pengadukan, jika terlewat sebentar saja adonan akan bergumpal2 tidak karuan dan adonan bisa ancur2an!!)
  9. Di awal proses pemanasan, adonan kadang seperti bergumpal kecil2 dan matang tidak merata, abaikan dan aduk terus lama2 adonan akan halus dengan sendirinya)
  10. Sebelum diangkat tambahkan 1 sdm mentega, aduk2 hingga terbentuk adonan yang lebih licin.
  11. Adonan sudah benar2 matang jika terdengar letupan kecil dari dasar panci, teksturnya mengeras dan jika anda sendok pakai spatula, adonan tidak akan meninggalkan bekas di dasar panci. Angkat dan biarkan agak hangat.

  1. Membuat Pisang Hijau:
  2. Siapkan plastik tahan panas, olesi dengan sedikit minyak goreng.
  3. Ambil adonan secukupnya, ratakan dengan spatula tipis dari plastik, sendok atau selembar plastik yang permukaannya sudah anda olesi minyak juga.
  4. (Catatan: Apapun alat yang anda gunakan untuk meratakan adonan, olesi dengan sedikit minyak karena adonan lengket dan cenderung menempel).
  5. Letakkan pisang di tengah adonan, lipatkan plastik berlapis adonan dari bawah dan atas, bantu dengan tangan anda untuk merapikan adonan mengikuti bentuk pisang (rapikan dari luar plastik supaya adonan tidak lengket di tangan), singkirkan atau potong kelebihan adonan yang tidak perlu.
  6. Tutupkan plastik pembungkus ke dalam pisang ijo. Ulangi sampai habis. (Lihat step by step membungkus pisang dalam gambar).
  7. Panaskan air dalam panci pengukus sampai mendidih, turunkan api ke suhu sedang dan kukus pisang ijo bersama plastik pembungkusnya selama 20-25 menit sejak panci mendesis. Beri selembar daun pisang di atas untuk mendapat aromanya ).
  8. (Jangan mengukus pisang ijo dengan api besar supaya kulit tidak mengembang berlebihan dan pecah. Jika perlu biarkan panci dalam keadaan terbuka saat mengukus).
  9. (Tips Penting: Kukus pisang ijo bersama pembungkus plastik atau daun pisang (jika dipakai) supaya adonan pisang ijo tidak mengembang dan retak serta lengket satu sama lain).

  1. Membuat Saus Vla:
  2. Campur tepung terigu, garam dan gula (jika dipakai) ke dalam wadah atau gelas pengukur.
  3. Tambahkan santan, aduk hingga rata. Masukkan ke dalam panci dengan disaring supaya saus benar2 halus dan bebas gumpalan.
  4. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga saus matang dan meletup-letup. Angkat dari api.

  1. Cara Penyajian:
  2. Iris2 pisang ijo setebal kurang lebih 2 cm, tata beberapa potong di mangkok saji.
  3. Siram dengan saus vla. Beri sirup merah jika suka. Sajikan panas.

Catatan & Tips :

  1. Adonan pembungkus pisang ijo umumnya dari tepung beras tapi bisa juga memakai tepung terigu, hasilnya seperti yg anda lihat dalam postingan saya kali ini. Bedanya tepung beras akan menghasilkan tekstur yang sedikit lebih kenyal.
  2. Kesalahan fatal yg sering terjadi adalah TIDAK SABAR saat membuat adonan, dengan api agak besar adonan langsung bergumpal-gumpal tak karuan. Jika terjadi jangan langsung panik!! Selamatkan adonan anda dengan cara: Angkat segera dari api, beri air hangat untuk mengencerkan adonan, aduk2 adonan dengan gerakan memutar sendok spatula sekuat dan secepat mungkin sampai adonan agak rata, tambahkan 1 sdm mentega atau margarine dan panaskan kembali.
  3. Jika anda terpaksa memakai pisang raja nangka/plantain seperti yang terpaksa saya pakai, sebaiknya pisang dipotong menjadi 2 atau 3 bagian. Pengalaman mengajarkan saya, pisang yg terlalu besar memberi tekanan yg lebih berat ke bawah sehingga ketebalan adonan tidak merata, di satu sisi sangat tebal, di sisi lain sangat tipis. Bentuk yang kecil juga lebih mudah untuk dikukus di panci ukuran normal.
  4. Selain itu bentuk plantain yang besar menyebabkan waktu pengukusan lebih lama, jadi sebaiknya pisang dikukus terlebih dahulu supaya pisang ijo matang sempurna luar dalam.
  5. Meski ada referensi resep yang memakai adonan mentah untuk membungkus pisang ijo kemudian langsung dikukus, saran saya abaikan metode tersebut. Meski kelihatan gampang, hasilnya kulit/lapisan pembungkus akan retak dan robek di sana-sini. Tidak percaya, silahkan buktikan sendiri ;-).





Reviews & Comments


  |  2014-12-06 17:46:28

erlin from Finland says:

Mbak Endang, sy barusan bikin pisang ijo. Kok hbs sy kukus, adonannya jd pecah knp? Sedih aku. 🙎 Pdhal sy coba seperti petunjuk dr resep mbak.

Aduh Erlin turut berduka cita, pasti jengkel minta ampun dech ;-(. Penyebab kulit pecah karena api terlalu besar/panas saat mengukus sehingga kulit mengembang terlalu berlebihan dan akhirnya pecah. Lain kali pakai suhu sedang saja dan kalau perlu biarkan panci terbuka! Kalau mau cara yang praktis sich pakai metode dadar, resepnya sama bahan utama tepung terigu dan tepung tapioka sebagai tambahan. Menteganya dicairkan trus ditambahkan ke adonan. Kulit didadar kayak bikin dadar gulung, pisangnya dikukus dulu baru dibungkusin. Cara ini praktis tp menurut saya kulitnya nggak nempel beneran di pisang dan ketahuan memisah saat diiris. Menurut saya kurang afdol sich. Tapi ya kalau Erlin mau coba, silahkan. Jangan sedih ya, gagal itu biasa. Resep sdh saya update sekalian. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari