Pindang Tulang (Iga)

Bahan:

  1. 1 kg tulang iga atau daging yang ada tulangnya
  2. 1 batang serai, dimemarkan
  3. 2 bh daun salam
  4. 2 cm jahe, dimemarkan atau diiris tipis
  5. 2 cm lengkuas, dimemarkan atau diiris tipis
  6. 1 bh tomat belah 4
  7. 3 bh cabe merah & hijau, buang isinya, iris jadi 2
  8. cabe rawit utuh (jumlah sesuai selera)
  9. 1 genggam daun kemangi
  10. 3 sdm air asam
  11. 1 sdm kecap manis
  12. 1 sdt gula merah
  13. garam secukupnya
  14. gula putih secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 2 bh cabe merah
  2. 5 bh bawang merah
  3. 3 bh bawang putih

Pelengkap, Sambal Kweni (Jika suka):

  1. Mangga / Nanas dicincang halus, cabe keriting,
  2. Terasi, Gula Merah, Garam
Bahan Pindang Tulang
Pindang Tulang

Pindang Tulang (Iga)

Asal: Palembang - Sumatra Selatan

Sumber: Liza Dewanti, sahabat sekaligus eks rekan kerja.

Catatan!

Ini dia masakan khas dari Palembang, Sup Pindang Tulang. Pertama saya sudah lupa, maklum kebanyakan makan sana sini hi hi. Setelah ingatan kembali saya baru nyadar eh ternyata saya pernah makan beberapa kali sama sobat saya, sang wisatawan kuliner Pulau Batam ;-). Saya sebut begitu soalnya sobat satu ini selalu aktif berburu alias langsung cabut ke lokasi kejadian begitu mendengar ada resto atau warung yang lagi up-to-date di Batam. Mulai pembukaan McDonald, resto padang di tengah hutan sampai penjual gorengan kaki lima tak ada yang terlewatkan ha hah. It's sweet memory to share though ;-)

Ngomong2 hobby kita emang sama.....suka makan enak & suka ngintip2 si penjual nyiapin pesanan he heh. So jadilah resep Sup Pindang Tulang ala Liza. Pesannya mengiringi resep ini " Dimakan dengan nasi hangat dan bayangkan kita makan di Plaza Batamindo hmmmm..... Memang benar-benar uenak tenan. Paduan antara asam, manis dan pedas terasa nikmat dan menyegarkan..bisa-bisa bikin kangen lho ;-). Penasaran??!! Silakan coba dech, OK?. Catatan : O ya di resep ini saya tidak memakai daun kemangi soalnya stok di toko Asia sedang kosong, tapi saya ganti dengan daun Basil, masih keluarga kemangi juga alias kemangi orang Eropa. Rasanya enak juga kok. Last but not least thx and credit goes to Liza for sharing this recipe.

Cara Membuat:

  1. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  2. Jika perlu tambahkan sedikit air ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Panaskan 1.5 liter air sampai mendidih, kecilkan api ke suhu sedang, *** kemudian masukkan tulang iga atau daging tetelan.
  4. Masak daging sampai setengah empuk. (Jika perlu buang lemak yang muncul di permukaan air)
  5. Masukkan bumbu halus, daun salam, serai, jahe, lengkuas.
  6. Lanjutkan masak dengan api sedang sampai daging benar2 empuk.
  7. Kemudian masukkan berturut-turut cabe rawit, cabe merah, kecap, air asam dan gula merah.
  8. Beri garam dan gula putih sesuai selera hingga terasa asam, manis dan pedas.
  9. Masukkan irisan tomat, masak sebentar sampai agak layu.
  10. Terakhir taburi dengan daun kemangi kemudian angkat dari api.
  11. Sajikan dengan nasi hangat dan sambel kweni jika suka.
  12. Sambel Kweni: Siapkan cobek, haluskan cabe & semua bumbu. Terakhir masukkan mangga / nanas cincang.

Catatan:

  1. *** Masukkan daging dalam air mendidih dan masak dengan suhu sedang supaya sari daging terkunci dan terasa lebih gurih.







Reviews & Comments


  |  2012-09-26 18:01:50

ani from cirebon says:

d awal cara memasak,daging lgsg drebus smbari air mendidih dn memasukkan bhn2 yg lain.tp,ad cttn,daging d rebus dlm air mendidih dg api sdg.jd sbnrnya,daging d rebus dahulu sblm dmasak,atw lgsg drebus dn dlanjutkn dg memasukkn bumbu yg lain? Mhn jwbn nya

Halo Ani. Thx untuk feedbacknya. Mungkin istilahnya bikin anda bingung ya? ;-) Daging dimasak langsung dlm air mendidih dan bumbu dimasukkan ke air rebusan ( kaldu) itu juga biar enak. Anyway resep sudah saya koreksi biar gak bikin bingung. Salam..Endang


  |  2012-12-11 21:13:06

omolewa from mississauga says:

enak banget,,, aq kemaren make daun basil yg udah kering tp hasilnya gak jauh beda sama... tetep enak hehhe thanks mbk endang,, ngomong2 jd penasaran ama mbk endang yg pinter masak ini :)

Makasih kembali Non Lewa! Penasaran?? Ditanggung gak bakal ketemu dech soalnya muka sy jd hitam legam krn kelamaan nungguin tungku ha ha ha. Anyway memasak itu ilmu katon kata orang jawa, siapa mau belajar pasti akhirnya bisa, kayak si Non tul nggak? ;-)


  |  2012-12-12 20:32:46

omolewa from mississauga says:

hehehe, mbk bisa aja,, iya deh tp jngn marah ya klo ntar kita ketemu tp aq ny gak negur mbk hehehehe :D

Waduh gimana sy bisa marah?? Terus terang sy angkat topi sama Non Lewa.... pelanggan setia yg sibuk banget mondar-mandir nyamperin warung ini hi hi :-)


  |  2013-01-27 09:44:29

rini sri lestari from kalimantan says:

waduh mbak saya baru pengen coba masak pindang tulangan nih. biasanya kan ikan taunya saya. rupanya daging juga uenak..... ma kasih resepnya mbak.....

Hallo Rini. Pindang Tulang a la Palembang umumnya emang pakai daging. Silahkan coba dech dan buktikan rasanya ...ditanggung Mak Nyuss he he. Terima kasih juga sudah mampir. Salam...Endang


  |  2013-03-02 23:12:48

ira from bangka says:

Aq udh pernah mkn pindang tulang enak Banget,,kuahnya t rasanya ringan dmulut Pengen banget nyoba,mdh2n rasanya enak Thanks udh kasih resep

Setuju Ira. Pindang Tulang emang Mak Nyuss. Bikinnnya gampang rasanya nendang!! Ayo silahkan dicoba pasti lebih puas menikmati hasil karya sendiri ;-). Salam...Endang


  |  2013-03-24 20:22:51

fitri from batam says:

waaah..ko sama se,q jg suka pindang tulang,tiap gajian pasti q sempat2in makan pindang tulang dbatam indo jg ko..q akui emg rasanya ajiiiiib bgt^_^

Hallo Fitri ha ha ha. Dunia memang ibarat sedaun kelor...semangkok Pindang Tulang!!. Setuju dech..emang enak..nitip salam sama Mbaknya yang jualan ya kalau ke sana lagi ;-)


  |  2013-05-13 20:11:08

trie from batam says:

Dah lm pengen mkn pindang tulang di plaza batamindo tp lum kesampean.coba drmh aja kali ya mngkin lbih ajibbb...

Ayo Trie. Silahkan dicoba, ditanggung nggak nyesel dech. Masakan bikinan sendiri bikin hati lebih puas lho ;-) Salam..Endang


  |  2013-06-30 20:03:23

ummu mustla from palembang says:

alhamdulillah.... Suwun mba Endang, akhirnya aku bisa masak sendiri pindang tulang, dan ternyata suami dan anak2ku suka. Tadinya kami bisa merasakan nikmatnya pindang tulang hanya di rumah makan khas palembang, sekarang masak sendiri... jadi lebih ngirit hehe... :)

Hallo Ummu. Suwun juga ;-). Saya ikut senang hasilnya memuaskan seluruh keluarga. Itu juga harapan terbesar saya. Ayo silahkan dicoba resep2 tradisional yang lain. Salam....Endang


  |  2013-07-06 10:52:52

l lesmana from bandung jabar says:

Mbak pindangnya g pake nanas?

Nanasnya dipakai sebagai pelangkap Bos alias Sambal Kueni atau Sambal Nanas seperti saya tulis di resep. Kalau Nanasnya mau dimasukkan langsung ke dalam sup ya mangga atuh.. tapi saya belum pernah nyoba ;-). Thx sudah mampir. Salam...Endang


  |  2013-08-14 12:42:44

dyahayuwulan from pemalang-jateng says:

thanks mba endang for resep nya.kbtlan sy lg seneng ngmpulin resep dan masak,mumpung seneng msak iga dan pengen resep lain selain sup iga or iga bakar,sy cb pasti delicious suami q suka bgt

Hallo Dyah Ayu. Ayo..ayo silahkan dicoba secepatnya. Siapa tahu cocok dengan selera suami biar tambah disayang nich he he plus tambah uang belanja buat masak-masak he he. Selamat Mencoba semoga sukses. Salam..Endang


  |  2014-01-13 16:25:31

atik from bekasi says:

Mbak Endang....aku jg lg kkangen pindang tulang( pa lg pintulnya plasa Batam indo), sejak pindah dr batam hampir 2th yg lalu belum pernah masak ....resep ketinggalan di batam.kl aku masaknya nanas aku masukin langsung ke kuah jd sambalnya sambal mangga saja, trus asam jawa aku kurangin dan aku tambah belimbing wuluh,menurutku jadinya tamah seger......

Lho ada lagi korban Pintulnya Plaza Batamindo ha ha. Dunia emang semangkok Pintul ya Sist Atik ha ha. Yach emang ada yg nanasnya langsung ditambahin gitu. Belimbing wuluh jg bikin tambah seger masalahnya di beberapa daerah blimbing wuluh tuch barang langka susaaah dapatnya jd pakai asam lebih praktis Non ;-) Salam...Endang


  |  2014-03-27 08:10:46

ubach from gresik jawa timur says:

Mbak endang bikin resep iga bakar dong!! Plissssss

Iga sapi barang langka di sini Non jd gak bisa praktek. Tapi sy ada resep kl mau coba : Iga Bakar Kecap Pedass. Bahan: Iga Sapi (700 gr), potong2, 1 sdt garam, 1 btg serai, 2 lbr jeruk purut, 5 bawang merah tumbuk kasar, 4 sdm kecap manis, 1 sdt gula pasir, 1.5 liter air untuk merebus iga, 1 sdm air jeruk nipis, Minyak goreng untuk menumis. Bumbu halus: 5 cabe merah, 10 cabe rawit ( jk suka pedas ), 3 bawang putih, 1 cm jahe, 1/4 sdt pala bubuk, 1/2 sdt merica bubuk, 4 btr kemiri sangrai/goreng, Garam secukupnya. Cara membuat: Didihkan air, masukkan iga dan rebus iga bersama serai, jeruk purut dan garam sampai iga empuk. Tiriskan. Tumis bawang merah hingga harum. Masukkan bumbu halus tumis hingga matang. Tambahkan 100 ml kaldu bekas rebusan, kecap, gula dan iga rebus. Masak dengan api kecil hingga bumbu terserap dan kuah mengental. Cicipi rasanya. Beri air jeruk nipis. Bakar iga di atas api hingga matang. Selamat Mencoba.. Salam..End


  |  2014-10-30 08:28:32

dwi ajja from jambi says:

Kami tidak suka gula jawa atau kecap manis.gimana mbak.

Tahu lah saya orang Sumatra emang rata2 gak kenal gula di masakan ;-). Yach kalau emang lebih pas tanpa gula, tidak usah pakai Dwi, selera orang kan memang beda ;-). Lagian memasak itu bukan ilmu pasti. Selamat Bereksperimen semoga sukses ;-). Salam.........Endang


  |  2014-11-09 00:20:40

ros from jakarta says:

Hi dear, Bumbu halus nya belum dicantumkan tuh, seperti bawang merah dan bawang putih, kemiri pake juga ga? Tomat pakai kan?? Dimasukkan terakhir ya setelah hampir matang? Thanks ya for sharing nya.

Jadi bingung nich Boss, belum dicantumkan yg mana. Di bahan untuk bumbu halus sudah saya tulis : Cabe merah, bawang merah dan bawang putih (tanpa kemiri). Trus di cara pembuatan, step pertama, bahan bumbu dihaluskan, trus di step ke 5 setelah daging empuk : Masukkan bumbu halus, daun salam, dst. Kayaknya sudah ngebet nich sama Pindang Tulang atau lapar ya jadi salah lihat ha ha ha. Becanda lho....Ok sekarang waktunya masak. Salam....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari