Nasi Tempong

Bahan Nasi Gurih (Dibuat dengan Rice Cooker):

  1. 500 gr beras, dicuci bersih
  2. 3 lembar daun salam
  3. 2 batang serai, dimemarkan
  4. 800 ml santan encer
  5. 1.5 sdt garam atau secukupnya

Sambal Tempong:

  1. 7 buah cabai rawit keriting, potong2 kasar (saya pakai cabe lonceng yg pedasnya juga minta ampun)
  2. 3 buah cabe merah
  3. 10 cabai rawit merah (tambah kalau mau uji nyali)
  4. 1 siung bawang putih
  5. 2 sdt terasi bakar/goreng
  6. 1 buah tomat ukuran sedang
  7. 1 sdt garam atau sesuai selera
  8. gula pasir sesuai selera
  9. minyak untuk menggoreng

Lauk dan Bahan Pelengkap, pilih sesuai selera:

  1. sayuran rebus sesuai selera misalnya bayam, sawi hijau, terong, taoge dll
  2. irisan ketimun
  3. tahu atau tempe goreng secukupnya
  4. ikan asin goreng atau lauk goreng apa saja sesuai selera dan bahan yang anda punya misalnya telur dadar, ayam goreng, empal goreng dll
Bahan Nasi Tempong
Bahan Nasi Tempong
Garam Untuk Nasi Gurih
Santan Untuk Nasi Gurih
Serai Dimemarkan
Serai Utuk Nasi Gurih
Nasi Gurih DiRice Cooker
Masak Nasi Gurih
Nasi Gurih Rice Cooker
Sawi Iris Nasi Tempong
Sawi Hijau Nasi Tempong
Tempe Untuk Nasi Tempong
Ikan Asin Nasi Tempong
Bahan Sambal Tempong Goreng
Membuat Sambal Tempong
Sambal Tempong Jadi
Nasi Tempong

Nasi Tempong

Asal: Banyuwangi

Sumber: Nasi Tempong dari berbagai sumber, Nasi Gurih resep modifikasi sendiri

Catatan!!

Ini dia kuliner khas kebanggaan saudara kita dari ujung timur pulau Jawa alias kota Banyuwangi: Nasi Tempong. Keistimewaan sajian ini terletak pada sambalnya yang super pedas sehingga setelah makan mulut rasanya seperti habis ditampar (ditempong). Cocok untuk penggila cabe!

Sajian yang memadukan Nasi Gurih, lalapan rebus dan berbagai lauk goreng plus ditambah Sambal Tempong yang gurih sekaligus pedas ini rasanya luar biasa sedap. Tak rugi susah2 mempersiapkan bahan penyusunnya yang penuh pernak-pernik. Tapi dengan membuat Nasi Gurih memakai Rice Cooker, proses memasak menjadi lebih praktis dan singkat. Cobalah dan buktikan kelezatannya :-)

Cara Membuat:

  1. Nasi Gurih: Cuci bersih beras, masukkan ke mangkok rice cooker. Beri garam, aduk2 rata.
  2. Tuangkan santan, masukkan daun salam dan serai yang sudah dipukul-pukul atau dimemarkan.
  3. (Jumlah santan sebaiknya lebih sedikit dibandingkan jika anda memasak nasi putih supaya menghasilkan nasi gurih yang teksturnya lebih pera daripada nasi biasa, jumlahnya kurang lebih 4/5 bagian dari tinggi 1 ruas jari anda diukur dari permukaan beras).
  4. Tekan serai dan daun salam ke bawah supaya terendam dalam santan.
  5. Hidupkan rice cooker, masak seperti biasa hingga matang. Aduk2 dan biarkan nasi tetap hangat.
  6. Sayuran Rebus: Panaskan air sampai mendidih, beri 1/2 sdt garam, blansir/rebus sebentar sawi hijau atau bayam, siram dengan air dingin jika perlu supaya warna tidak menghitam. Sisihkan.
  7. Goreng semua lauk yang anda pakai sampai selesai. Tiriskan.
  8. Sambal Tempong: Goreng sebentar cabe merah, cabai rawit, bawang putih dan tomat sampai setengah matang.
  9. (Pastikan cabe jangan terlalu lama digoreng supaya tidak terlalu keras dan susah diulek).
  10. Ulek sambal sampai halus, cicipi sambal, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.

Cara Penyajian:

  1. Taruh nasi di piring/wadah saji yang sudah dialasi daun pisang. Beri sayuran rebus, lalapan ketimun dan semua lauk pauk yang sudah anda siapkan.
  2. Hidangkan bersama sambal tempong.

Catatan Tambahan:

  1. Sambal Tempong sebaiknya dibuat paling terakhir karena jika sambal dibiarkan terlalu lama tomat akan berair dan mengurangi kenikmatan sambal.
  2. Bahan pelengkap dan lauk standar nasi tempong awalnya hanya terung rebus, bayam/sawi rebus, lalapan ketimun, tempe dan tahu goreng. Tetapi dengan perkembangan jaman, lauk semakin berkembang variasinya sebanyak kreativitas dan imajinasi penjual ;-).
  3. Di Banyuwangi banyak warung dan restauran Nasi Tempong menawarkan menu nasi tempong dengan berbagai lauk pilihan sesuai selera, misalnya Nasi Tempong Ayam Goreng/Bakar, Nasi Tempong Udang Goreng/Bakar, Nasi Tempong Ikan Laut/Bakar, Nasi Tempong Cumi Goreng/Bakar, Nasi Tempong Ampela/Hati dll..dll
  4. Karena itu andapun bebas berkreasi, toch makanan punya anda sendiri suka2 mau pakai lauk apa saja he he. Lagian bagian yang terpenting dari sajian ini terletak pada Sambal Tempongnya yang nikmat dan pedas luar biasa sekaligus bikin ketagihan ;-)






Reviews & Comments


  |  2014-11-13 19:38:51

Erlin from Finland says:

Wah nasi tempong mbak Endang bikin sy kangen sm ortu di Banyuwangi. Mbak Endang apa asli sana jg? Kok bisa resepnya sampai nyasar di Banyuwangi. Di banyuwangi jg terkenal rujak soto mbak. Coba cari resepnya mbak. Sotonya, soto babat biasanya.

Oalah pantesan Erlin mirip hantu cabe, lha sudah terlatih makan sambal tempong wakakak ;-). Masak belum tahu kl saya orang Jatim, asli dari Kediri Non markas gudang garam. Lah dulu waktu muda hobby saya keluyuran mulai dr Pekanbaru, Padang, Jogja trus ke Bali naik ferry tentu saja sempat mampir Banyuwangi. Lah itu pertama kali kenal Nasi Tempong tapi waktu itu masih mlarat cuman beli yg lauknya telur dadar sama ikan teri goreng ;-(. Tahulah rujak soto, bikin rujak cingur/petis sama soto udah banyak jam terbang, di kampung tapi. Di sini di mana cari bahannya Non, pisang klutuk, cingur, babat mau diubek-ubek seluruh toko Asia gak bakalan nemu. Kalau bumbu yang gak penting sich bs diganti kl yang prinsip dan memberi karakter lebih baik diskip dulu..Bisa2 didamprat ntar kl bahannya asal2an ;-). Ok dech Salam Tempong Manis hi hi... Endang


  |  2014-11-14 14:52:31

from says:

Ya sih mbak, hehehe.... Eh kok malah vurhat disini. Oh ya, resep pisang ijo dong mbak.

Saya sebenarnya udah lama pingin nyoba bikin Pisang Ijo Erlin tapi belum lihat pisang kepok. Mau nyoba pakai pisang raja nangka bentuknya guedhe banget. Mau pakai pisang buah takutnya setelah dingin pisangnya becek dan warnanya menghitam. Tapi kalau Erlin mau bereksperimen silahkan dech. Kebetulan sy ada resep dari bukunya Pak William Wongso.


  |  2014-11-14 14:57:54

Endang - Lestariweb from says:

Resep Pisang Ijo, Bahan: 5-6 pisang raja (pisang tdk usah dikukus spy tdk terlalu lunak), 150 gr tepung beras (resep umum pakai tepung beras, tp bs jg diganti dgn tepung terigu protein sedang), 1 sdt pasta pandan & 3 tetes pewarna hijau atau ganti dgn 50 ml sari daun pandan - bikin warna hijau dr pandan lihat resep dadar gulung), 50 gr gula pasir, 350 ml santan sedang, 2 lembar daun pandan - potong2 (skip kl sdh pakai pasta pandan), sdt garam 1 sdm mentega (optional, spy lebih kalis)

Cara pembuatan: Campur tepung beras/terigu, gula dan garam, pasta pandan dan zat pewarna di dalam mangkok yang besar. Tuangkan santan sedikit demi sedikit, aduk hingga menjadi adonan yg licin dan halus. Masukkan adonan ke dalam panci (jika perlu saring dengan saringan santan supaya adonan bebas dari gumpalan). Masak dengan API KECIL & diaduk terus menerus hingga adonan matang dan kalis. Tambahkan mentega jk dipakai, aduk rata. (Di awal proses pemanasan, adonan seperti bergumpal kecil2 dan matang tidak merata, abaikan dan aduk terus lama2 adonan akan halus dengan sendirinya) Adonan sudah benar2 matang jk terdengar letupan kecil dari dasar panci dan jika disendok pakai spatula, adonan tidak akan meninggalkan bekas di dasar panci (lihat cara pembuatan nagasari) . Angkat dan biarkan agak hangat.


  |  2014-11-14 09:15:31

Endang from Lestariweb says:

Lanjutan cara pembuatan: Ambil selembar plastik, olesi sedikit minyak goreng, ambil kurang lebih 3 sdm adonan, ratakan, beri 1 buah pisang, gulung dan bentuk menyerupai bentuk pisang. Bungkuskan sekalian plastiknya (supaya adonan tidak mekar saat dikukus dan lengket satu sama lain). Kukus selama 20 menit sejak panci mendesis. Dinginkan

Saus Vla: Campur semua bahan, masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mendidih dan saus mengental. Cara Penyajian: Iris2 pisang ijo, siram dengan sausnya. Selamat Bereksperimen, kasih tahu ya Erlin hasilnya pisangnya menghitam gak?? ;-)


  |  2014-11-14 21:27:30

Erlin from says:

Terimakasih byk resepnya mbak. Mau sy coba bikin. Soalnya sy punya pisang raja 4 biji. Kulit sdh menghitam. Cuma di dlm buahnya msh bagus. Susah cari pisang raja matang mbak. Soalnya, kalau sy beli yg mentah. Kulit jd hitam, tp dlm nya msh mentah. Gk mateng2.

Ya sudah selamat bereksperimen. Moga hasilnya Mak Nyuss. Have a nice weekend Sista :-)


  |  2015-07-31 19:05:26

Richa from Surabaya says:

bbrp kali liat liputan nasi tempong d tv. tapi d kota ku kagak ada. ehh pas semlm k foodcourt mall ada yg jual nasi tempong. ok lahh saya coba. ternyata.....,,,, jangankan ditempong, keringetan aja kagak. apalagi mpe b'cucuran air mata. emg sptnya hrs bikin sndiri deh. mana nasi nya nasi biasa pula. baru tau dr blog mbak klo pake nasi gurih

Ha ha ha..pulang kerja buka web langsung ngakak saya baca komen Non Richa. Sorry dech bukannya senang kalau orang lain susah tapi bagian itu lho boro2 ditempong keringatan juga tidak wakakak...cengar-cengir sendiri saya. Lha waktu saya makan nasi ini bibir saya sampai kepanasen cabe. Makanya ayo bikin sendiri biar sampai guling-guling kepedasan ha ha. Selamat Berakhir Pekan Sista. Salam..Endang


  |  2016-02-22 20:35:05

RULLI RESPATI ELDRIDGE from Sidoarjo says:

Tempong. Pasti saya coba. Terimakasih untuk sudah posting. Bagus, jelas. Terimakasih

Gimana Rulli hasilnya? Sudah kerasa ketempong belum ha ha. Siapa tahu sampai guling-guling kepedasan ;-). Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari