Nasi Goreng

Bahan:

  1. 300 gr nasi matang.
  2. 150 gr fillet ayam, iris kotak-kotak
  3. sayur2an misal : wortel dan kol, iris tipis ( jika suka )
  4. 2 - 3 buah telur, diceplok
  5. 1 buah daun bawang, iris tipis
  6. 2 sdm kecap manis
  7. 1 sdm saus tomat
  8. 1 sdt garam

Bumbu Halus:

  1. 3 buah cabai merah, buang bijinya
  2. 5 buah cabai rawit ( jika suka pedas )
  3. 5 butir bawang merah
  4. 3 butir bawang putih
  5. 1 sdt terasi matang

Bahan Pelengkap:

  1. 1 buah tomat, iris tipis
  2. 1 buah timun, iris tipis
  3. Kerupuk udang secukupnya
Bahan Nasi Goreng
Bumbu Nasi Goreng
Ayam Untuk Nasi Goreng
Sayuran Untuk Nasi Goreng
Masak Nasi Goreng
Kecap Nasi Goreng
Saos Tomat Nasi Goreng
Nasi Goreng Matang
Nasi Goreng

Nasi Goreng

Sumber: Resep Keluarga

Catatan!

Ada nggak ya orang Indonesia yang belum pernah makan nasi goreng he he.. Makanan rakyat ini sudah populer di seluruh pelosok tanah air bahkan akhir2 ini sudah mendunia. Dan kita patut bangga karena menu yang satu ini berhasil go internasional dengan menyandang nama aslinya kemanapun dia pergi. Paling tidak itu yang saya tahu dari menu restauran-restauran Asia dan paket2 instan beku yang tersedia di beberapa supermarket di Jerman. Sayangnya produk2 itu hampir semuanya bukan produksi asli Indonesia. Bangga tapi sedih juga. Tapi mau apa lagi? Era globalisasi Bung, makanan menglobal profit menebal, tentunya bagi yang jeli melihat situasi he he he. Lalu apa yang bisa kita lakukan? Satu2nya cara untuk membantu melestarikan masakan tradisional dan syukur2 mengajak orang luar untuk memasak sendiri ya dengan cara menyebar luaskan resep ini. So bagi anda yang tinggal di Indonesia, sudah sering makan nasi goreng tapi belum pernah bikin sendiri. Coba yukk :-)

O ya tips penting untuk membuat nasi goreng : Untuk nasinya di masak dengan cara konvensional ya. Alias dimasak dalam air sambil diaduk sampai setengah matang ( istilah bahasa jawa : dikaru), setelah itu ditanak di dandang sampai matang supaya nasi tidak menggumpal. Kalau anda terpaksa memakai Rice Cooker, masak nasi dengan sedikit air untuk mendapatkan tekstur nasi yang keras dan berbutir. Setelah matang, pindahkan nasi ke dalam nampan, ratakan dan angin2kan nasi sampai dingin sebelum dimasak untuk Nasi Goreng.

Catatan : Untuk beberapa resep dalam bahasa Inggris dan Jerman, saya sengaja kurangi porsi Terasi karena menurut hidung orang2 Eropa terasi baunya sangat aneh dan tidak biasa ;-) Paling tidak biar mereka sosialisasi dulu supaya terbiasa daripada pingsan di dapur gara2 bau terasi ;-). So jangan heran kalau tidak sama dengan edisi bahasa Indonesia. Kalau buat kita sich terasi baunya sedappp & langsung bikin lapar ha ha.

Catatan : Bagi anda yang ingin menikmati variasi nasi goreng lainnya, silahkan lihat resep Nasi Goreng Mawut. Siapa tahu cocok dengan selera anda.

Cara Membuat:

  1. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Tambahkan sedikit minyak dlm blender jika perlu.
  2. Tumis bumbu halus dalam wajan cekung yang agak besar / wok hingga matang dan berbau harum.
  3. Masukkan ayam, aduk-aduk dan masak sampai ayam berubah warna dan matang.
  4. Masukkan sayur2an, aduk2 dan masak sebentar sampai sayuran layu.
  5. Kecilkan api dalam suhu sedang. Masukkan nasi matang, aduk rata.
  6. Tambahkan kecap manis, saus tomat dan daun bawang. Aduk rata.
  7. Tambahkan garam sesuai selera. Angkat.
  8. Buat telur mata sapi dgn cara: Oleskan sedikit mentega sebesar ukuran telur ceplok dalam wajan anti lengket.
  9. Panaskan dengan suhu sedang, tunggu sampai mentega mencair dan agak panas.
  10. Pecah telur dengan hati-hati, goreng sampai matang (tidak perlu dibalik). Angkat.
  11. Sajikan nasi goreng dengan telur beserta irisan tomat, ketimun dan kerupuk udang.






Reviews & Comments


  |  2012-05-04 17:44:08

Djoko from Berlin says:

Makan Enak....ditambah Merica hitam.....biar maknyos..

Hallo Bung Djoko...Apa nggak kepedasan tuch sudah pakai cabe masih ditambah merica hitam ;-)


  |  2012-08-11 17:55:34

ibnu from grobogan purwodadi jawa tengah says:

. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Tambahkan sedikit minyak dlm blender jika perlu. minyak goreng apa minyak yg lainnya bos.....?

Minyak goreng dong Boss. Ini trik penting u/ ngulek bumbu pakai blender biar cepet halus. Kl bumbu harus ditumis dl ya tambahin minyak goreng, kl bumbu hanya direbus sama santan, ya + sedikit santan, kl cuma direbus sama air yach + air. Jangan ketukar ya!


  |  2012-08-27 18:02:52

muhammad arifin from tenggarong says:

itu untuk brapa porsi,

Hallo Mas Arifin, kira2 untuk 3 orang. Kata para ahli nich porsi yang normal dan sehat untuk karbohidrat 1 porsi = 100 gram. Tapi kalau yang makan cowok semua mungkin nasinya perlu ditambahin dech ha ha. Becanda lho..Thx sudah mampir..Salam Endang


  |  2012-11-21 22:14:44

Rifda from salatiga says:

sippp

He eh. Nasi goreng emang gak ada matinya ha ha..


  |  2013-02-05 18:36:19

ateen from purwokerto says:

Sampe kapanpun nasi goreng akan ttp jadi favorit keluarga kuu!!!!!!

Ha ha ha supporter nasi goreng sejati. Setuju Ateen.. Nasi Goreng emang gak ada matinya dech . I love nasi goreng too apalagi yang pedasss . Salam..Endang


  |  2013-02-07 21:43:01

Fathurrizqi Ash-Shidqu Aziz from Daerah Khusus Ibukota Jakarta says:

tidak terlalu lengkap

Yach silahkan dilengkapi sendiri dong Boss!! Resep yg saya posting ini hanya resep dasar untuk bumbu nasi goreng. Untuk isinya silahkan ditambah + divariasi sesuai selera. Thx ..Endang


  |  2013-02-14 18:02:20

Tenri from says:

Bs mnta resep nasgor mawut yg ma'nyus dund Nasgor emng g da tdingn.a palge klo b.ak varisi.a tmbh lahap abis. Dri tenri

Pasti orang jatim nich nyari resep nasi goreng mawut.;-). Jd ingat dulu sy suka makan nas gor ini di warung punya Arema. Makasih masukannya Boss..tapi sabar ya...ntar saya bikin eksperimen dulu baru diposting. Salam..Endang


  |  2013-03-27 09:17:08

Agus from denpasar says:

Enak tenan ya nasi goreng nya. ?mak nyuuuusss..

Hallo Agus. He eh...Nasi Goreng emang gak ada matinya ;-)


  |  2013-04-08 18:51:57

from says:

enak manteb aq br cb resf nya.mksh

Selamat. Saya ikut senang kl hasilnya memuaskan dan sesuai selera. Itu juga harapan terbesar saya. Ngomong2 ini siapa ya??!! Keenakan makan nasi goreng jadi lupa nyebutin nama dan asal ya he he he ;-) ..Salam..Endang


  |  2013-09-08 09:01:19

vita from jakarta says:

kayanya nendang nih resepnya..aku klo buat nasgor suka ga pas bumbunya ..heheee maklum br belajar masak,:p

Ayo coba Vita, buktikan sendiri resepnya pas atau nggak. Kalau cocok silahkan pakai. Selamat Mencoba dan semoga sukses kali ini. Salam hangat nasi goreng ;-)...Endang


  |  2014-02-01 19:36:27

erlin from finland says:

Hello mbak, terimakasih banyak atas resep nasi grg nya. Kata suamiku, nasi grg nya enak & excellent. Kata suamiku, nasi grg yg direstoran pd lewat.

Erlin!! Akhir pekan bukannya jalan2 malah sibuk nongkrongin kompor ;-). Bilang sama Hubby ya, dia punya juru masak yang hebat di rumah makanya nasi goreng di semua resto lewat semua ha ha. Resep cm satu faktor yang penting yang masak. Well done girl..keep it up ;-)


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari