Mie Sagu Goreng

Bahan:

  1. 300 gr mie sagu, rendam dalam air hingga lunak, tiriskan
  2. 200 gr taoge, bersihkan ujungnya
  3. 2 buah daun bawang, iris sepanjang 1 cm
  4. 5 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  1. 5 buah cabe merah besar atau cabe merah keriting (jika suka pedas), iris kasar
  2. 3 buah bawang merah (optional)
  3. 3 buah bawang putih
  4. 2 sdm atau 20 gram ebi atau udang kering ( rendam sebelumnya dalam air panas selama 20 menit)
  5. 2 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Mie Sagu Goreng
Mie Sagu Direndam
Bumbu Mie Sagu Goreng
Tumis Bumbu Mie Sagu
Masak Mie Sagu Goreng
Taoge Untuk Mie Sagu Goreng
Daun Bawang Untuk Mie Sagu Goreng
Mie Sagu Goreng

Mie Sagu Goreng

Sumber: Mimi Maryati

Asal: Selat Panjang, P. Tebing Tinggi - Propinsi Kepulauan Riau.

Catatan!

Pertama mengenal sajian ini sekitar pertengahan tahun 90'an. Dikenalkan sekaligus dimasakin sama rekan kerja sekaligus teman serumah waktu saya masih nyangkul di salah satu MNC di Pulau Batam. Mimi yang asli penduduk Selat Panjang suatu hari membawa oleh-oleh Mie Sagu sehabis mudik di akhir pekan. Heran campur penasaran waktu lihat Mie yang warnanya persis di foto, agak kehitaman bukan putih bersih seperti produk mie sagu sekarang ini. Apalagi setelah direndam air, teksturnya langsung menjadi lembut. Lebih heran lagi waktu diajak makan, kesan pertama seperti makan karet gelang tapi setelah saya kunyah dan lidah saya beradaptasi ..hhhhmm saya langsung jatuh cinta sama sajian mie yang lumayan unik dan eksotik ini.

Rasanya yang pedas, gurih dan sedikit asin (ciri khas masakan Sumatra) memberi wacana baru lidah saya yang terbiasa dengan Mie Goreng Jawa yang umumnya agak manis karena kandungan kecap. Sejak itu juga saya baru tahu kalau di Selat Panjang banyak tumbuh pohon sagu bukan hanya di Maluku seperti anggapan saya sebelumnya ;-). Makanya Selat Panjang juga dijuluki Kota Sagu.

Sayangnya Mie Sagu tidak terakses di semua wilayah Indonesia apalagi di LN. Makanya saya langsung girang bukan kepalang ketika salah satu rekan kerja saya memberi tahu kalau di Toko Asia tersedia Mie dari ubi jalar, produk dari Korea yang teksturnya seperti karet. Langsung saya buktikan dan memang persis sama. Ohhh akhirnya kerinduan saya bertahun-tahun terobati. So bagi anda yang memiliki problem serupa, silahkan pakai mie ubi jalar sebagai pengganti. Dan bagi anda yang tidak bisa mengakses jenis mie ini, mungkin bahan pengganti terbaik adalah suun. Yang pasti saya ingin memperkenalkan resep Mie Goreng yang tidak kalah sedap. Sayang sekali kalau keinginan ini terhenti karena kendala Mie yang tidak terakses. Bagi anda terutama yang suka pedas, sajian Mie Goreng ini layak dicoba. Kalau ingin pedas lagi, silahkan tambah cabe rawit sesuai selera. Last but not least... Thx & credits to Mimi yang sudah memperkenalkan makanan unik dan sedap ini beberapa tahun lalu.

Cara Membuat:

  1. Rendam mie sagu dalam air hingga lunak, cuci dan tiriskan dalam saringan mie.
  2. ( Jika anda terpaksa memakai bahan pengganti lain misal mie ubi jalar atau suun silahkan rendam atau rebus dalam air panas sesuai petunjuk yang ada). Tiriskan.
  3. Ulek cabe, bawang merah dan bawang putih dengan cobek sampai halus.
  4. Kemudian tambahkan ebi yang sudah direndam air panas, ulek kembali sampai halus.
  5. ( Jika suka, semua bahan bumbu juga bisa anda haluskan dengan blender. Tambahkan sedikit minyak ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran)
  6. Tumis bumbu halus dengan suhu sedang hingga bumbu matang dan berbau harum. ( kurang lebih 5 menit)
  7. Tambahkan mie sagu, masak sambil diaduk-aduk hingga bumbu tercampur rata.
  8. (Siram lagi mie sagu / mie ubi jalar atau mie pengganti lain dengan air dingin sesaat sebelum dimasukkan ke wajan supaya mie tidak menggumpal, tekan2 mie pada saringan supaya air terbuang).
  9. Masukkan taoge, aduk rata. Masak sampai taoge layu.
  10. Terakhir tambahkan irisan daun bawang. Aduk hingga rata.
  11. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau sedikit gula pasir jika suka. Angkat segera dari api supaya mie tidak menggumpal.
  12. Sajikan panas.






Reviews & Comments


  |  2015-07-02 05:02:20

pipit from says:

wiiih enak nih, saya juga ada nih mie naripan yang enak dan legendaris banget di bandung kalo ke bandung jangan lupa mampir ya ke mie naripan jl.naripan bandung https://play.google.com/store/apps/details?id=biz.app4mobile.app_4e60142f2f3f43a8972e5bd1f81e1838.app




  |  2015-07-23 22:52:20

Naia Nafla from pekanbaru says:

Aku coba dlu ya. Kayak nya enak. :)

Silahkan Naia. Semakin pedas semakin lezaat ;-) Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam..Endang


  |  2016-01-23 10:39:04

Nur afiqa from Dumai says:

Coba dlu ah, kyk x seru dn enak

Emang enak Nur ;-) . Bikin yang pedas wow tambah nikmat. Selamat Mencoba Semoga cocok di lidah. Salam.....Endang


  |  2016-02-22 20:28:26

ferra from selat panjang says:

Enak banget betul...juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes yg kadar gula darahnya sedang naik...kalau kangen, info aja ke saya, nanti saya kirimin.

Ha ha ha Ferra. Terima Kasih untuk tawaran kirimannya. Berat diongkos oi ;-). Thx juga untuk masukannya. Baru tahu Mie Sagu bagus untuk penderita Diabetes. Semoga info ini bermanfaat untuk rekan-rekan yang lain. Salam....Endang


  |  2017-02-24 21:18:21

Bujang senang from Good says:

Memang sedap lah mie sagu neh

Setuju Bujang... Sedap asin2 pedas ;-)


  |  2017-02-18 21:55:22

Bujang senang from Dumai says:

Hhhhhaaaaha




  |  2017-03-05 17:30:19

mahira from dumai says:

Ini mie kesukaan saya :) Gak ckup seporsi... :p

Ha ha ha ..Tinggal banyakin bikinnya Mahira ;-)


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari