Mie Goreng

Bahan:

  1. 250 gr mie kering atau mie telur, rebus dalam air mendidih, tiriskan
  2. 150 daging / fillet ayam, potong kasar
  3. 200 gr daun kol, iris sesuai selera
  4. 2 buah wortel, iris menyerong tipis
  5. 100 sawi hijau, potong-potong ( jika suka)
  6. 3 buah daun bawang, iris sepanjang 1 cm
  7. 100 gr taoge, bersihkan
  8. 3 buah cabe merah besar, iris kasar
  9. 5 buah cabe rawit, iris kasar (optional, jika suka pedas )
  10. 2 bt telur, buat orak arik
  11. 1 sdt bubuk kaldu rasa ayam
  12. 3 sdm kecap manis
  13. 1 sdt kecap asin
  14. 3 sdm minyak

Bumbu Halus:

  1. 5 buah bawang merah
  2. 3 buah bawang putih
  3. 1/2 sdt merica butir
  4. garam

Bahan Taburan:

  1. Bawang Merah Goreng
  2. Seledri, iris halus
Bahan Mie Goreng
Bumbu Mie Goreng
Telur Diorak Arik
Sayuran Untuk Mie Goreng
Masak Mie Goreng
Telur Mie Goreng
Kecap Untuk Mie Goreng
Mie Goreng Matang
Mie Goreng

Mie Goreng

Sumber: Resep Keluarga

Asal: Indonesia dengan pengaruh kuliner Cina Imigran

Catatan!

Siapa tak kenal Mie Goreng? Seperti halnya Bakso, Mie Goreng ibarat makanan rakyat yang bisa kita santap di mana saja, kapan saja. Mulai dari restauran mewah di hotel berbintang lima sampai warung2 di pinggiran jalan bahkan akhir-akhir ini Mie Goreng sudah sangat dikenal di luar Indonesia. Di Eropa terkenal dengan sebutan lengkap Bakmi Goreng.

Terus terang saya bangga sering melihat sajian Mie Goreng di warung2 cepat saji atau kadang tersedia dalam paket instan beku di beberapa supermarket di Jerman. Rasanya? Mulai yang lumayan sampai yang ngalor-ngidul nggak karuan di lidah. Hanya satu hal yang bikin saya sedih dan kecewa, semua produk itu bukan Made In Indonesia ;-(. Tapi mau gimana lagi? Satu2nya cara yang bisa saya lakukan adalah berusaha mempopulerkan hidangan ini dalam resep aslinya, syukur2 kalau mereka mau mencoba sendiri di rumah.

Anyway menyantap Mie Goreng panas-panas dengan tambahan acar mentimun hmmmmmmmmmmm....dari baunya saja sudah bikin lapar ;-) Anda tertarik untuk bikin sendiri di rumah? Meski kelihatannya rumit dan perlu pernak-pernik bahan, bikinnya gampang dan dijamin sajian ini cepat ludes.. Catatan: Buat anda yang tinggal di LN di mana cabe rawit susah didapat, solusinya silahkan ganti cabe rawit dengan Sambal Oelek. Selain itu jenis sayuran bisa anda variasi sesuai selera. Selamat Mencoba.

Cara Membuat:

  1. Didihkan air, rebus mie telur sesuai petunjuk. Tiriskan. ( Di Indonesia anda bisa memakai mie telur basah siap pakai ).
  2. Jika anda pakai mie telur basah, siram dengan air panas supaya minyaknya larut. Tiriskan.
  3. Kocok telur, beri sedikit garam dan buat orak arik telur. Sisihkan.
  4. Ulek bahan bumbu dengan cobek sampai halus.
  5. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai matang dan berbau harum.
  6. Tambahkan daging ayam, masak sambil diaduk-aduk sampai ayam berubah warna.
  7. Tambahkan cabe, irisan wortel dan daun kol. Aduk2 sampai sayur layu dan hampir matang.
  8. Masukkan mie, sawi hijau, daun bawang, taoge dan orak-arik telur. Aduk rata. Masak sampai sayuran matang.
  9. Tambahkan bubuk kaldu, kecap asin dan kecap manis. Aduk hingga rata.
  10. Cicipi, jika perlu tambahkan garam sesuai selera. Angkat.
  11. Taburi dengan bawang goreng dan seledri. Sajikan panas dengan acar mentimun jika suka.






Reviews & Comments


  |  2012-10-13 19:32:15

feni from jakarta says:

Mbaaaakkk, akhirnya aku bisa bikin mie goreng *senengnyaaa :D. Tengkyu ya mbak uda mau bagi-bagi resep nya. Aku paling suka mie goreng, tp juga paling ga bisa bikin mie goreng coz rasa nya ga pernah benerrr haha:D. Tp skrg aku da bisaaa, tengkyu tengkyu ya mbak :*

Hallo Feniiiiiii...aduh senengnya saya baca komen Feni. Selamat ya sudah berani uji nyali & hasilnya sukses. Itu juga harapan terbesar saya. Ayo coba lagi resep2 yang lain. Makasih juga untuk apresiasinya. Salam hangat Mie Goreng ha ha...Endang


  |  2012-10-19 09:34:48

ria from ragunan says:

mie goreng aku kurang paham krn aku pake kemiri jd agak lengket tp suamiku palng suka yg namanya mie terpaksa aku sering masak,mksh rsepnya

Hallo Ria. Dalam resep " Suun Goreng" saya juga pakai kemiri. Itu salah satu bumbu khas Mie Goreng Jawa.. Rasanya juga enak.. Anyway selamat mencoba variasi Mie Goreng lain yang nggak pakai kemiri. Thx sudah mampir. Salam ..Endang


  |  2013-01-27 09:39:35

arieputra from pekanbaru says:

mbak saya koki di hotel pekanbaru, saya lagi buntu mbak soal menu indonesia, jadi resepnya berarti kali buat saya.

Hallo Arie. Ayo jangan segan2 menyajikan menu tradisional di hotel. Mari kita promosikan bersama-sama masakan tradisional Indonesia. Selamat Berkarya dan Semoga Sukses!!! You've got my full support ;-)). Salam....Endang


  |  2013-03-10 11:49:13

zen from jatim says:

akhirnya bsa masakin mi spesial buat suami...tengkyu..:)

Hallo Zen. Selamat ya udah sukses bikin Mie Gorengnya. Yang udah nyoba pasti bertangan spesial juga nich ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain biar tambah disayang sama Hubby he he. Thx untuk apresiasinya. Salam...Endang


  |  2013-03-21 21:11:46

Luna from Batam says:

ini untuk skolah, ada semacam lomba masak dech,..

Hallo Luna. Silahkan berlomba semoga masakannya Luna jadi juara dech ;-) Memasak itu seni..silahkan berimprovisasi, tambah ini itu biar tambah cakep penampilan. tapi jangan lupa yang penting rasanya ya he he. Salam...Endang


  |  2013-06-20 19:13:03

Juliana from Bayern Germany says:

Mie nya ueeenak :-) seneng dah mencicipi langsung buatan sang koki :-) salam dari kami berdua

Lebih asyik lagi mencicipi masakan sendiri, ditemani sama si hubby tul nggak? he he he . Salam balik juga dari kami Juli. Kapan ya kumpul2 sambil masak2 lagi ;-)


  |  2013-07-06 10:38:36

ani mardiani from bengkulu says:

menu andalan di rumah makan tempat saya bekerja selain masakan NASI GORENG,AYAM BAKAR,ADA JUGA MIE GORENG SPECIAL pake cumi dan udang boleh dicicip mie goreng ditempat saya

Mie Goreng emang makanan rakyat yang tersedia dengan berbagai variasinya. Ada di mana saja dan bisa disantap kapan saja. Hidup Mie Goreng ;-)


  |  2013-07-11 18:59:46

ryaniie from papua says:

wiih lagsung laperr bawaanya heheh

Makanya segera bikin dong he he..


  |  2015-02-01 09:29:11

tini from brunei says:

Baru sy praktekan simple tp yummy.tq mb

Selamat Tini Mie gorengnya sukses. Masakan yang enak tak ahrus yang ribet2 asal bumbu dan masaknya benar. Ayo silahkan lihat2 resep yang lain banyak lho resep simpel tapi lezat: Ayam Goreng Mentega. Tumis Kangkung misalnya. Thy sudah nyasar kemari. Salam...Endang


  |  2015-02-20 12:39:43

elcahyo from malang says:

boleh di coba nih at home hehehe...!!! https://ubiaod.wordpress.com




  |  2015-03-25 21:18:37

risna from bangkalan madura says:

Trims yaa info resepx..nii bsg adik ipar mau ujian praktek mie grng jd aq deh y masak.smg bsg sukses

Lho yang ujian adik ipar kok yang masak Risna ha ha ha. Maksudnya ini pra ujian di dapur sendiri trus Risna guru pembimbing ya hi hi. Yach semoga sang adik lulus ujiannya Risna kita doakan bersama-sama. Semoga hasil praktek mie gorengnya Mak Nyuss. Salam....Endang


  |  2015-08-11 22:39:35

EffaMardiana from Blitar says:

Thanks ya mbk buat temen2 besok mau datang,kayagnya cocok simple n enak

Hallo Effa. Cocok tuch bikin Mie Goreng untuk acara kumpul-kumpul. Di tambah acar dan nglethus cabe hijau bagi yang suka pedas..wow..sedap. Selamat Bereksperimen..Semoga hasilnya Mak Nyus. Salam...Endang


  |  2015-09-22 08:09:01

rizkyana casonato from san dona di piave, veneto, venice says:

Mba yu... aku kesulitan cari kecap manis n asin yg pas buat mie n nasi goreng. Aq domisili di italy, mb biasanyapake merk apa sih? Suzi wan n ponti aj yg biasa aq pake, tp ga begitu enak, mohon penjelasannya




  |  2015-10-24 22:51:56

adisty from semarang says:

Trimakasih banyak mb lestari...membuat saya dri tak suka dapur jdi sukak d dapur.... Tuhan membalas kebaikanmu mbak murah ilmu...lov u mbakku muaaahhh

Adisty....Terima Kasih banyak juga sudah berani uji nyali dengan resep hasil try error saya ha ha. Saya ikut bangga dan bahagia, Adisty mulai mengubah paradigma memasak dari kewajiban menjadi hobby. Itulah harapan terbesar saya. Semoga hobby baru ini membawa kebaikan untuk Adis dan keluarga tercinta. Amin. Keep Cooking Sista !!! Salam hangat Mi Goreng muaaah ;-) ...Endang Lestari


  |  2015-11-25 22:33:10

wiwin from jakarta-indonesia says:

thank you so much......

Feel free to try and enjoy your meal Wiwin. Thx for stopping by. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari