Mi Sop Medan

Bahan untuk 4 porsi:

  1. 200 gr mi basah atau mi kuning (ganti dengan mi telur jika tidak ada)
  2. 750 gr ayam, ambil yang banyak dagingnya misal dada
  3. 2 liter air untuk merebus ayam
  4. 2 batang daun bawang, iris halus
  5. 1 sdt bubuk kaldu rasa ayam (optional)
  6. gula pasir sesuai selera (jika suka)
  7. minyak untuk menumis dan menggoreng ayam

Bumbu Rempah:

  1. 4 buah kapulaga/cardamom/Kardamom (berwarna hijau), kupas kulit atau memarkan agar keluar bijinya
  2. 2 biji bunga lawang/pekak/star anise/Sternanis
  3. 1 batang kayu manis/cinnamon/Zimt (5 cm)
  4. 5 butir cengkih
  5. 1/2 sdt merica bubuk
  6. 1/2 sdt pala bubuk
  7. 1 cm jahe, memarkan

Bumbu Halus:

  1. 4 buah bawang merah
  2. 3 buah bawang putih
  3. 1 cm jahe
  4. 1 sdt garam atau secukupnya

Bahan Pelengkap:

  1. bawang merah goreng
  2. seledri cincang
  3. kerupuk kanji
Bahan Mi Sop Medan
Bumbu Tumis Mi Sop Medan
Ayam Rebus Mi Sop Medan
Masak Mi Sop Medan
Ayam Goreng Mi Sop Medan
Merica Mi Sop Medan
Menyaring kuah Mi Sop Medan
Daun Bawang Mi Sop Medan
Mi Sop Medan
Mi Sop Medan

Mi Sop Medan

Asal: Medan - Sumatra Utara

Sumber: Adaptasi dari "Periuk Nusantara" karya Suryatini N. Gani

Catatan!

Jika anda menyukai cita rasa Soto Banjar atau Soto Medan anda pasti bisa menikmati sajian khas dari ibukota propinsi Sumatra Utara : Mi Sop Medan. Sajian mi berkuah bening ini sangat cocok untuk anda yang kurang menyukai hidangan bersantan. Kelezatannya terletak pada aroma rempah kari yang tajam. (Catatan: Bumbu kari terdiri dari 5 komponen utama yaitu: kayu manis, cengkeh, kapulaga, ketumbar dan jintan).

Jika di Indonesia sajian dengan rempah kari yang tajam hanya disukai di beberapa daerah tertentu, sebaliknya masakan asia dengan rempah kari sangat disukai orang-orang Eropa. Bahkan sosis dengan saus kari yang pedas adalah salah satu jajanan favorit di Jerman! Nah bagi anda yang penasaran, cobalah biar tak kalah dengan orang asing yang lebih mencintai masakan daerah kita daripada kita sendiri ;-)

Cara Membuat:

  1. Kukus mi basah selama 5 menit, angkat.
  2. Jika anda menggunakan mi kering, rebus mi sesuai petunjuk. Tiriskan.
  3. Ulek bahan bumbu halus dengan cobek atau blender sampai halus. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, angkat. Buang kelebihan minyak jika perlu. Sisihkan.
  5. Rebus bumbu rempah dengan 2 liter air sampai mendidih. Kecilkan api ke posisi sedang.
  6. *** Masukkan ayam, bumbu tumis, pala dan merica. Masak hingga ayam matang dan empuk.
  7. (Buang jika masih ada lemak yang muncul di permukaan air).
  8. Keluarkan ayam dari kaldu, tiriskan.
  9. Saring kaldu dengan saringan santan untuk mendapatkan kaldu yang bening dan bebas dari ampas bumbu rempah.
  10. Cicipi kaldu, tambahkan bubuk kaldu (jika dipakai), garam dan gula sesuai selera.
  11. Terakhir tambahkan irisan daun bawang, masak sebentar sampai layu. Angkat dari api.
  12. Panaskan minyak, goreng ayam dengan minyak banyak dan panas sampai kering dan berwarna kuning kecoklatan. Tiriskan, suwir-suwir.

Cara Penyajian:

  1. Susun mi dan suwiran ayam dalam mangkok saji.
  2. Tuang kuah kaldu, taburi dengan seledri cincang dan bawang merah goreng.
  3. Sajikan panas dengan kerupuk kanji dan sambal jika suka pedas.

Catatan:

  1. *** Masukkan ayam dalam air mendidih dan masak dengan suhu sedang supaya sari ayam terkunci dan terasa lebih gurih.
  2. Dengan teknik ini anda juga akan mendapatkan kaldu yang jernih dan lemak tidak mengambang ke permukaan air.






Reviews & Comments


  |  2014-04-02 23:26:40

shien from jkt says:

Mayan resepnya good taste

Betul Shien Cocok buat selingan biar gak makan mie itu2 aja ;-) Ayo silahkan mencicipi resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2015-01-28 18:32:38

jeani akerina from surabaya says:

cocok utk sarapan pagi, tidak membuat kenyang banyak gisinya. tq

Orang sarapan biasanya biar kenyang Non Jeani ;-) . Tapi betul dech kalau kekenyangan gak bisa kerja ha ha. Thx sudah mampir. Salam...Endang


  |  2015-08-11 22:41:37

wita lestari from kisaran,asahan says:

Enak banget apa lagi mkan nya di saat h hjan

Lebih enak lagi pas kelaparan Wita ha ha ;-). Ehem...Mie Sop Medan memang enak lain dari mie yang lain ;-) Salam...Endang


  |  2016-02-02 18:09:13

rachelnoel from bogor says:

thanx yg udah nulis resep ini.kayaknya lengkap bgt dan sangat mudah dipahami.

Hallo Rachel. Kalau sudah paham tinggal praktek Non he he. Hujan-hujan makan Mie Sop Medan asyik dech. Thx juga sudah mampir. Salam....Endang


  |  2016-02-22 20:26:28

breginting from jakarta says:

pas bumbu nya dan lengkap penjelasan nya thanx ya.

Sama-sama Bre ;-). Ayo silahkan lihat resep-resep yang lain khususnya made in Sumut. Banyak resep menunggu untuk dicoba siapa tahu ketemu lagi yang pas. Salam....Endang


  |  2016-09-13 21:38:33

Zulhaini Desi from Tebing Tinggi says:

Thanks ya Kak atas resepnya. Makanan kesukaan nih, Boleh dicoba nih resepnya ^_^

Ayo Desi..buruan dicoba tunggu apa lagi ;-). Selamat Bereksperimen semoga sukses. Salam...Endang


  |  2016-11-03 20:25:03

Anna Sitanggang from Nederland says:

makanan kesukaan apalagi cuaca sdh mulai dingin, enak tenan, memang makanan dari sumut cap jempol ;-) .Terima kasih banyak resepnya,

Hallo Anna :-). Waduh sudah dapat pengakuan dari ya punya resep nich berarti resep ini sudah lulus ujian ha ha. Dingin2 emang paling enak makan sup. Terima kasih sudah mampir dan uji nyali. Ayo cobain Bihun Goreng Medan Anna..uenak juga lho ;-). Salam Hangat dari tetangga....Endang


  |  2016-12-11 14:47:04

Putri harefa from Kalimantan timur kota balikpapan says:

Wah..jdi kangen pengen makan mie sop ne...apalagi ini daerah kalimantan,mana ada yg jual kayak gini..dan 1 lagi,aku paling kangen makan mie kuning(milidi).soalnya disini gak ada yg jual.kalau aja ada yang mau ngasih saya 1kg aja milidi sekarang,pasti saya senang banget..!andaikan terwujud,aku pasti pun bayar ongkir nya kalau perlu..

Ya tinggal bikin kalau kangen Putri :-)


  |  2017-01-01 22:01:45

Dahlia from Lubuk Linggau Sumsel says:

Sudah lama banget tidak pernah makan miso lagi, Alhamdulillah ketemu resep miso yang sarat bumbu alami nya. Akan saya coba untuk menu keluarga diakhir pekan ini

Gimana hasilnya Dahlia? Semoga sukses dan rasanya cocok di lidah dech. Salam....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari