Daging Masak Habang

Bahan:

  1. 500 gr daging sapi
  2. 5 buah tomat ukuran sedang, belah jadi 4 bagian
  3. 300 ml air
  4. 1 sdt asam jawa larutkan dengan 2 sdm air
  5. 2 sdt gula merah
  6. garam secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 5 buah bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabe merah besar buang bijinya
  4. 5 kemiri, cincang kasar
  5. 2 cm jahe, dikupas
Bahan Masak Habang
Masak Habang

Daging Masak Habang

Sumber: Buku Kumpulan Masakan Indonesia

Catatan!

Masak Habang adalah masakan khas dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Habang berarti merah, jadi dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa masakan ini didominasi oleh warna merah yang dihasilkan dari cabe merah. Lebih jauh lagi masakan ini punya rekan pendamping yaitu Masak Hijau dan Masak Kuning.

Ketiga jenis bumbu tersebut berbeda sesuai nama masing-masing tetapi bahan utama bisa anda tukar satu sama lain. Misal Ayam Masak Habang atau Daging Masak Habang. Kali ini saya memilih daging sebagai bahan utama untuk resep Masak Habang ini.

O ya sebelum saya lupa untuk anda yang tidak suka makan pedas tidak perlu kuatir. Meski masakan ini berwarna merah menyala tapi rasanya tidak sepedas yang anda kuatirkan karena resep ini memakai cabe merah besar bukan cabe rawit.

Tips: Gunakan daging yang berkualitas baik misal lemusir dalam/rumpsteak atau daging dari sapi muda supaya cepat empuk dan bumbu meresap dengan sempurna.

Cara Membuat:

  1. Iris daging sesuai selera, cuci bersih, sisihkan.
  2. Cincang kasar semua bahan bumbu halus kemudian diblender sampai halus.
  3. Jika perlu tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Tumis bumbu halus sampai berbau harum dan matang.
  5. Masukkan daging, masak sampai daging berubah warna dan kaku. Aduk sekali-kali.
  6. Tambahkan 300 ml air, kecilkan api ke posisi sedang dan masak sampai daging benar-benar matang.
  7. Tambahkan 2 sdm air asam, gula merah dan garam sesuai selera.
  8. Terakhir tambahkan irisan tomat dan masak sampai tomat hancur dan kuah menjadi kental.






Reviews & Comments


  |  2012-02-28 18:47:36

fatrisia elisdiana from samarinda, kalimantan timur says:

enak dan tidak pedas, anak2 suka...:D

Hallo Fatrisia...thx sudah mampir. Ayo dicoba resep2 yang lain untuk anak2. Salam ..Endang


  |  2012-07-23 18:04:52

Agus Farid Fadli from Malang says:

jd kangen msakan ibu

Halo Agus...kalo kangen cobain masak sendiri dong he he..


  |  2012-07-28 13:21:20

qozy from banjarmasin says:

thanksss sedappp buat berbuka

Hallo Qozy...Terima kasih kembali. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Salam..Endang


  |  2012-11-10 18:39:54

alfin from ponorogo jawatimur says:

resepnya kurang jelas mohon di lebih jelas ya ,...^^

Hallo Alfin. Kalau resep saya kira cara pembuatannya sudah cukup jelas. Tp kalau yang dimaksud foto..emang agak kabur. Salah fokus waktu ngambil ;-). Mohon dimaklumi. Ntar kl bikin lagi saya ambil foto yg baru. Thx untuk masukannya. Salam..Endang


  |  2013-04-12 17:17:58

yeyen from says:

wow kayaknYA enak jd mau nyoba

Monggo. Ayo silahkan dicobain semua sampai puasssssssss ha ha ;-)


  |  2013-10-16 12:05:02

fadila nur from balikpapan, Kal-Tim says:

enak banget,,makasih ya :)

Sama-sama Fadila. Selamat ya percobaannya sukses. Ayo silahkan dicoba resep2 tradisional yang lain. Thx untuk kunjungannya. Salam..Endang


  |  2015-03-04 21:44:20

genter from banjarmasin says:

enak nieeeee udak ku coba beberapa kli ...

Waduh senengnya saya kedatangan pengamat khusus dari Banjarmasin. Berarti resep ini sudah lolos kelayakan nich he he ;-). Thx komennya Bos. Salam Kuliner...Endang


  |  2015-07-13 18:42:50

soniya from from tenggarong says:

Mantappp.... masak buat harii raya ntarr..

Selamat Mencoba Soniya. Semoga Lebaran tambah meriah dengan masakan lezat. Hidangkan dengan lontong dan gangan nangka...hmmm jadi ngiler sendiri nich he he..


  |  2015-09-24 18:49:07

Jumey from says:

Wahh enak..Saya senang. Terimakaasih

Sama-sama Jumey. Terima Kasih juga sudah uji nyali. Ayo silahkan lihat dan dicoba resep-resep yang lain. Salam....Endang


  |  2015-09-26 20:22:27

Tikaiin from Banjarbaru says:

Waaaahhh tu kan mknan khas banjar..saya suka..ntar cba msak sndri..& mkasihhh resepx..tinggal di bnjar pi nggak pernah cba masak habang..sering sih mkanx..

Hallo Tikaiin..Ayo silahkan praktek. Sayang dong masakan kampung halaman yang sedap gini gak dicoba ;-). Sudah ada beberapa yang nyoba tuch dari komen di atas kayaknya pada cocok. OK Selamat Bereksperimen..Semoga Sukses. Salam...Endang


  |  2015-09-30 20:21:09

leny rita zahara from balikpapan says:

nyaman nya lih....

He eh...emang nyaman dan enak Leny he he..


  |  2015-10-11 11:49:10

arif from balikpapan says:

Mbak untuk resap woku,rica rica dsb. Bisakah bahan pakai daging,trus KLo bisa apa daging direbus dulu..trims.....

Hallo Chef Arif ;-) Masih rajin masak ya he he. Kalau menurut saya memang lebih baik direbus dulu soalnya untuk resep Rica-Rica atau Woku arinya cuman sedikit tidak cukup untuk memasak daging sampai empuk. Nah itu air bekas rebusan alias kaldunya pakai untuk kuahnya hmmm tambah sedap asal dagingnya tidak mengandung lemak yg berlebihan. Selamat Mencoba Semoga Sukses. Selamat Akhir Pekan. Salam...Endang


  |  2016-03-25 21:39:15

Aminah from Jakarta says:

Lagi belajar masak.. nyoba buat sekali, rasanya langsung enak. Caranya juga gak njelimet buat yg amatiran spt saya.. thanks Mb utk sharingnya

Wah Aminah bakat koki hebat nich sekali coba masakannya langsung sukses. Semua orang bisa memasak asal mau belajar Non. Semua orang awalnya juga amatir ntar lama-lama jadi hobby bahkan ada yang menjadikan masak sebagai profesi. Ayo semangat terus belajar biar tambah lihai :-). Salam....Endang


  |  2016-09-13 21:41:59

Erlyyanti from Banjarmasin.. says:

Ini pertama kali sya masak daging krn sya g suka daging... tp suami dan ank suka.. pas idul adha td dpt daging buka google ktemu resep ini..cocok lgsg pas rsx.. suami suka anak jg suka bgt.. sya si ga mkn..hehehe tp seneng bgt liat mrk mkn lahap .jdx 1piring lgsg ludes dmkn mrk brdua..anak sya umur 4,8thn lo pdhl suka bgt dia pas sya msk ini, ga pedes lg.. makasih ya mba udh share ilmu..

Selamat Erly masaknya sukses apalagi disukai suami dan anak. Ayo silahkan dicoba resep-resep yang lain. Banyak kok resep yang gak pakai daging dan rasanya lezat. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari