Martabak Telur

Bahan Kulit Martabak:

  1. 100 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 75 ml air
  3. 2 sdm minyak goreng
  4. garam sesuai selera
  5. 500 ml minyak goreng untuk merendam adonan kulit

Bahan Isi Martabak:

  1. 300 gr daging sapi cincang
  2. 100 gr bawang bombay, cincang halus
  3. 4 buah bawang putih, haluskan
  4. 6 batang daun bawang, iris menyerong halus
  5. 6 butir telur
  6. 2 sdt bubuk kari instan
  7. 1/2 sdt merica bubuk
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 2 sdt garam

Saus Martabak, campur:

  1. 50 gr gula merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. wortel cincang halus
  4. ketimun cincang halus
  5. bawang merah cincang halus (jika suka)
  6. 3 sdm cuka
  7. 100 ml air matang
  8. cabe rawit hijau ( jika suka pedas)
  9. garam secukupnya
Bahan Martabak Telur
Kulit Martabak
Daging Cincang Martabak
Isi Martabak Telur
Kulit Martabak Telur
Adonan Isi Martabak
Martabak Telur Goreng
Martabak Telur Jadi
Martabak Telur

Martabak Telur

Asal: Jawa

Sumber: Modifikasi dari kumpulan resep Indonesia

Catatan!

Ini dia hidangan ringan yang sangat populer di Pulau Jawa dan Sumatra. Di Jawa terkenal dengan Martabak Telur, di Sumatra punya andalan Martabak Mesir. Keduanya hampir sama hanya bumbunya saja yang agak berbeda. Tapi dari keduanya punya kesamaan yaitu sama2 memakai bumbu kari. Konon hidangan ini memang diperkenalkan oleh para pendatang dari India yang terkenal dengan penggunaan bumbu kari dalam khasanah budaya kuliner mereka. Rasanya??!! Hmm....meski saya kurang begitu suka sajian kari tapi sejak saya nyangkul di Batam saya jadi demen banget menyantap martabak telur sambil ngobrol ngalor-ngidul sama teman2 atau rekan2 sehabis pulang kerja.

Anyway...Anda sering makan martabak tapi belum pernah nyoba bikin sendiri? Terus terang awalnya saya ngeri juga membayangkan sulitnya bikin kulit martabak seperti yang didemonstrasikan oleh abang penjual martabak yang sangat lihai memutar2 adonan kayak adegan akrobat sampai terbentuk adonan kulit yang tipis dan transparan tanpa sobek sama sekali. Wuiiih..Kalau dipikir2 hebat juga ya keahlian kuliner bangsa kita ;-)

Anyway bikin kulit martabak tidak harus menguasai ilmu akrobat dulu. Dengan sedikit nyali dan triks anda bisa juga membuat sajian ini di rumah sendiri. Tentu saja perlu sedikit kesabaran karena banyak pernak-pernik bahan penyusun. Kalau mau gampang sich, langsung aja beli trus dimakan langsung ha ha. Jujur di Indonesia saya juga nggak pernah tergerak untuk repot2 bikin martabak telur..wong beli juga dekat, harganya lumayan terjangkau. Tapi di tempat tinggal saya sekarang mau tak mau saya mesti nyoba sendiri. So ..anda mau gabung?? Catatan: Kalau nggak mau repot, kulit martabak bisa anda ganti dengan kulit lumpia. Tapi kalau penasaran ingin benar2 bikin martabak sesuai prosedur aslinya, ya silahkan ikuti cara pembuatannya step by step. Selamat Mencoba..

Cara Membuat:

  1. Adonan Kulit Martabak : Campur tepung terigu dan garam, aduk hinggak rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan tercampur rata.
  2. Tambahkan minyak goreng, uleni kembali sampai adonan kalis ( tidak lengket di tangan). Sisihkan.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan. Rendam dalam minyak goreng selama 2 jam.
  4. (Pastikan semua adonan benar2 terendam. Jangan kuatir, minyak akan tetap bersih dan bisa anda gunakan lagi).

  1. Bahan Isi Martabak : Tumis bawang putih dan bawang bombay cincang dengan api sedang hingga matang dan berbau harum.
  2. Masukkan daging cincang, aduk2 sampai daging berubah warna.
  3. Tambahkan merica bubuk, bubuk kari, garam dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  5. Tambahkan 1/2 bagian ( 2 batang daun bawang iris). Aduk rata.
  6. Teruskan menumis hingga air dari daging agak menyusut dan daun bawang agak layu. Angkat dari api.
  7. Panaskan sedikit minyak, kocok lepas 2 telur dan buat orak-arik telur. Sisihkan.

  1. Membuat Kulit Martabak: Ambil satu bagian adonan, pipihkan dengan telapak tangan atau dengan gilingan kayu hingga melebar.
  2. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri ke kanan berulang-ulang ( seperti penjual martabak kalau anda bisa trik ini ;-.)
  3. (Atau cara saya : Pegang salah satu sisi adonan kemudian tarik ke sisi luar untuk ke 4 sisi secara bergantian sampai terbentuk adonan yang tipis dan transparan).

  1. Penyelesaian : Siapkan mangkok, kocok 4 telur di dalamnya. Tambahkan tumisan bahan isi martabak, irisan daun bawang dan orak-arik telur.
  2. Panaskan 3 sdm minyak goreng di dalam wajan martabak atau wajan datar ukuran besar.
  3. Letakkan kulit martabak, tambahkan 1/2 campuran isi martabak di tengah2 kulit, ratakan.
  4. Lipat kulit martabak seperti lipatan amplop atau lipat sesuai selera anda hingga semua bagian isi terbungkus kulit.
  5. Goreng sambil dibolak-balik hingga isi matang dan kedua sisi kulit berwarna kekuningan. Angkat.
  6. Jika perlu gunakan tissue dapur untuk menyerap kelebihan minyak.

  1. Saus : Campur semua bahan menjadi satu.
  2. Penyajian : Iris martabak sesuai selera. Sajikan hangat dengan acar dan saus pelengkap.
  3. (Catatan : 1 martabak bisa diiris menjadi kurang lebih 6 potong).






Reviews & Comments


  |  2013-02-09 14:12:08

from says:

mau dong...

bikin sendiri dong ;-)


  |  2013-03-21 21:16:17

dian from buntok says:

makasih atas resepnya...

Sama-sama. Terima Kasih juga Dian sudah sibuk mondar-mandir ke warung saya ha ha...


  |  2013-07-28 20:45:32

miinam from dirumah says:

ENak ?G????????????????K????? ?? tuhh

Cobain dong ntar kan tahu sendiri ;-)


  |  2014-06-16 21:25:03

lies from depok says:

perlu dicoba resep ini, semoga berhasil, terima kasih

Hallo Lies... Sudah ekperimen kah? Gimana hasilnya? Semoga sukses ya ;-) . Salam...Endang


  |  2014-11-06 10:28:30

yeny from sby says:

bisa di coba tuh, makasih ya

Monggo silahkan dicoba Yenny semoga sukses dan rasanya Mak Nyuss. Thx sudah mampir. Salam....Endang


  |  2015-01-20 11:59:11

Sweetbaker from US says:

Saya baru cobain resep isi dan sausnya. Enak bangetttt!! Sangat sangat direkomendasi! Mungkin laen waktu cobain bikin kulitnya, huhuhu. Terima kasih!

Selamat Boss..Martabaknya sukses. Tinggal praktek kulitnya kalau ada waktu dan niat saya yakin no problem ...sesuai dengan gelarnya tuch Sweetbaker ha ha ha :-D. Thx sudah mampir. Salam hangat martabak telur...endang


  |  2015-01-25 10:26:00

madu from cirebon says:

enak enak enak.....mksh resepnya cntx!!!!!!

Waduh ikutan ngiler nich bayangin yang enak..enak. Selamat Madu martabak bikinannya sukses. Koki jempol juga nich cuman bekal google masakan Bos langsung Mak Nyus ;-). Thx juga sudah mampir. Salam....Endang


  |  2015-02-02 18:06:37

hankyuha@gmail.c from tj karang says:

mau nyoba resep cuka nyaa ..

Monggo ;-)


  |  2015-10-10 21:08:25

nurisa from says:

sy suka dgan resepi martabak ini sy akan mncobaya

Ayo silahkan dicoba Nurisa. Semoga Bakso buatan Nurisa sukses dan lezat biar tak harus beli ke gerai lagi ;-). Salam...Endang


  |  2016-05-27 21:10:11

Carissa from Spain says:

Mbak, kulitnya g sobek kena tekuk sudut ujung wajan? Stlh masukin adonan isi tunggu sebentar br lipet atau langsung lipet kulitnya? Thanks in advance

Hallo Carissa. Kulit martabak sangat elastis gak usah kuatir kalau sobek. Setelah isi diratakan langsung dilipat Carissa gak perlu nunggu supaya isi dan kulit benar2 menyatu setelah digoreng. Selamat Mencoba...Semoga sukses. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari