Lumpia Semarang

Bahan:

  1. 15 lembar kulit lumpia @ ukuran 15 x 15 cm, siap beli

Bahan Isi:

  1. 2 buah bawang merah, cincang halus
  2. 3 buah bawang putih, cincang halus
  3. 2 buah daun bawang, iris halus
  4. 250 gr udang kupas, cincang kasar
  5. 150 gr filet ayam rebus, cincang kasar
  6. 350 gr rebung kalengan bentuk korek api, tiriskan
  7. 1 butir telur, buat orak-arik halus
  8. 1 sdm ebi, rendam air panas, tiriskan, cincang kasar
  9. 2 sdm kecap manis
  10. 1 sdt garam
  11. 1/2 sdt merica bubuk
  12. 75 ml air / kaldu
  13. Minyak untuk menumis/ menggoreng

Bahan Saus:

  1. 500 ml air
  2. 1 siung bawang putih memarkan
  3. 50 gr gula merah, sisir halus
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1 sdm kecap asin
  6. 6 sdt tepung tapioka, larutkan dengan 1 sdm air

*Saus Asam Manis, jika suka:

  1. 2 siung bawang putih, haluskan
  2. 1 buah cabe merah, buang bijinya, haluskan
  3. 1 sdm cuka
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 200 ml air
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/2 sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
Bahan Lumpia Semarang
Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Asal: Semarang - Jawa Tengah

Sumber: Majalah Femina tempo dulu

Catatan!

Kalau saya mendengar kata Lumpia otomatis otak saya langsung nyambung ke Lumpia Semarang. Nggak tahu kenapa, meski banyak variasi resep lumpia tapi mau tidak mau harus saya akui "Lumpia Semarang" sudah melekat di hati baik nama dan rasanya.

Dulu waktu saya masih nyangkul di salah satu MNC di Batam saya suka membeli lumpia ini di kios kecil yang mojok di Matahari Dept. Store, Batam Center. Saya tidak tahu apa kios ini masih ada apa nggak? Tapi yang jelas rasa khas "Lumpia Semarang" yang memadukan irisan rebung, udang dan ebi membuat rasanya beda dari lumpia yang lain. Anda tertarik untuk membuat sendiri?? Tidak susah kok hanya butuh sedikit kesabaran karena perlu pernak-pernik dalam prosesnya. Tapi hasilnya.....hhm sungguh memuaskan. Selamat mencoba, OK??!!

Cara Membuat:

  1. Isi: Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai berbau harum.
  2. Masukkan daun bawang dan udang, aduk-aduk hingga udang berubah warna.
  3. Masukkan ayam dan rebung, aduk rata. Masukkan orak-arik telur dan ebi.
  4. Tambahkan kecap manis, merica dan garam. Aduk rata. Cicipi. Tambahkan sedikit gula jika suka.
  5. Tuangi air, masak sampai semua bahan matang. Angkat, biarkan dingin.
  6. Isi setiap kulit lumpia dengan 2 sdm adonan isi. Lipat sambil digulung.
  7. Rekatkan ujungnya dengan larutan terigu.
  8. Goreng **) dalam minyak banyak dan panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat & tiriskan.
  9. Saus: Didihkan semua bahan saus kecuali tepung tapioka, hingga gula larut.
  10. Tuangkan larutan tepung tapioka. Didihkan hingga kental. Angkat, saring.
  11. Sajikan lumpia bersama saus dan bahan pelengkap.

Catatan Tambahan:

  1. * Saus Asam Manis : Campur semua bahan, aduk rata, lalu masak sampai mendidih.
  2. Masukkan larutan tepung maizena, aduk rata, masak hingga kental.
  3. ** Jika ingin lumpia basah, tidak usah digoreng dan tidak perlu direkatkan dengan larutan terigu.






Reviews & Comments


  |  2013-01-08 17:30:58

Esti from Semarang says:

Thanks bgt atas info masakannya...tinggal dicobain nie... semoga aku berhasil




  |  2012-10-13 19:46:19

syifa from bandung says:

gampang masaknya dan enak makanan nya

He he..Syifa. Bikin Lumpia mudah tapi perlu pernak-pernik dan kesabaran dech. Tapi rasanya he eh..setuju emang enak ;-)


  |  2013-01-18 18:31:05

abdul basir from batam says:

yo memang enak tenan

he eh..Boss ngomong2 masih adakah penjual Lumpia Semarang yang mojok di Matahari - Batam Center. Jadi penasaran nich he he ..


  |  2013-05-04 16:10:06

diana from hongkong says:

SAYA SERING BIKIN . BAHAN ISI WORTEL , LOBAK PUTIH , JAMUR HITAM (klo ga salah menyerupai jamur kuping hehe ) BATANG SLEDRI , KOL dan UDANG CINCANG . SEDAP APA LAGI MUSIM HUJAN HOHO ....GOYANG LIDAH

He eh. Isi lumpia bisa divariasi sesuai bahan yang ada dan rasanya hmmm emang enak. Saya kadang juga sering pakai jamur hitam ( black fungus) yang tersedia di toko asia. Rasanya kenyal mirip jamur kuping. Hidup di LN emang harus pandai2 menyiasati resep ;


  |  2013-07-11 19:02:34

ryanie from papua says:

enakknyaa :)

Setuju Ryanie....Saya juga ngefans berat sama Lumpia Semarang...gurih dan sedap ;-) Salam...Endang


  |  2013-07-11 19:03:26

mira from jayapura says:

enak buat buat makan pagiiiii :)

Enak dimakan kapan saja sambil nglethus cabe hijau ha ha :-)


  |  2014-06-18 16:37:27

ratna from palangka raya says:

jadi kangen semarang,,, termasuk lumpianya. karena orang semarang jelas saya akan bilang, lumpia semarang itu paling top markotop, mak nyus. buat sarapan, cemilan, atau sekedar ngisi perut pas kebangun tengah malam jg oke,,,

Hallo Ratna ..ha ha ha. Saya yg bukan orang Semarang aja ngefans berat apalagi yang punya resep. Cuman nyium baunya aja bs langsung klepek2. Paduan antara ebi dan rebungnya itu lho yg bikin rasanya begitu istimewa. Hmmm ..jadi ngiler sendiri nich. Makanan kampung halaman memang terlezat dech, tul nggak?? Salam...Endang


  |  2014-09-06 03:26:35

lia from east java says:

Silakan mampir ke www.kulitlumpiaku.blogspot.com Informasi seputar kulit lumpia Semarang & kulit pembungkus makanan lainnya Semoga bermanfaat.....




  |  2014-09-26 06:39:40

Wisnu Hermawan from Batu Aji Batam says:

Istri sering bikin untuk pemesan lumpia dan resol...khusu lumpia kulitnya masih impor dari Malaysia..tahan mlempem renyah chryspie beda denga kulit resol yg bikin sendiri agak tebel dan lunak...lumpia ini isinya bengkoang (karna orang batam yg dari batak gak suka rebung)kool,touge,wortel,dan dicampur ayam/daing giling...cukup sederhana karna harga nya juga sederhana...rp.100 ribu/50 pcs...rasa banyak yg muji...bentuk bisa segitiga...sesuai selera pemesan....hubungi kami di Batuaji Cupcakes &




Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari