Ketupat Plastik

Bahan untuk 1 Ketupat dalam Plastik:

  1. 150 gr beras kualitas sedang, cuci bersih
  2. 1 kantong plastik tahan panas yang agak tebal ukuran 15 cm x 17 cm
  3. air secukupnya
  4. sejumput garam (jika suka)

Catatan Khusus:

  1. Jika anda ingin ketupat yang agak besar, pakai plastik ukuran 18 x 20 cm, isi sebanyak 225 gr beras.

  1. Kelebihan 2cm panjang plastik untuk dilipat dan selanjutnya lipatan di-lem/di-seal atau dilaminating sehingga menghasilkan bungkusan berbentuk bujur sangkar sebesar 15cm x15cm atau 18 cm x 18 cm.
  1. Saya sengaja tidak memakai ukuran beras dengan istilah 1/3 atau 1/2 volume plastik karena ukuran tsb relatif dan subyektif, susah diaplikasikan bagi pemula yang akan membuat ketupat pertama kali.


Mengelem Plastik
Mengelem Plastik Dengan Lilin
Plastik Dilem Manual
Isi Ketupat Plastik
Plastik Ketupat Dilubangi
Merebus Ketupat Plastik
Merebus Ketupat Plastik
Masak Ketupat Plastik
Masak Ketupat Plastik
Masak Ketupat Plastik
Ketupat Plastik

Ketupat Plastik

Asal: Indonesia

Sumber: Resep Keluarga

Catatan..

Ketupat asli yang dibungkus dengan daun kelapa muda memang nikmat. Tapi bagi beberapa orang terutama yang tinggal di rantau ketupat daun kelapa ibarat impian semata karena susah didapat. Solusinya ya membuat ketupat dengan bungkus plastik daripada tidak ada sama sekali. Di Indonesiapun kalau sedang kepepet, saya juga sering membuat ketupat dalam plastik demi alasan kepraktisan he he.

Membuat ketupat dalam plastik sebenarnya tidak susah malah sangat gampang, tentunya bagi yang sudah punya jam terbang tinggi. Tetapi bagi yang baru belajar bisa saja mengalami kegagalan karena beberapa faktor: Metode memasak, jenis beras atau banyaknya isi. Ketiganya adalah faktor penting yang menentukan keberhasilan pembuatan ketupat. Memang kelihatan sederhana tetapi kalau caranya tidak tepat, ketupat anda akan berbentuk keras dan berbutir-butir atau bubur encer yang berbulir-bulir.

Catatan: Ketupat plastik dikatakan berhasil jika saat matang bentuknya sudah menyerupai ketupat: padat dan kenyal bukan seperti bungkusan bubur encer, lunak atau berair. Ada argumen yang mengatakan kekurangan ini bisa diatasi dengan cara disimpan dalam kulkas supaya ketupat mendingin dan mengeras. Lupakan teori tersebut, karena menyesatkan !!. Ketupat yang lembek dan berair tak akan mengeras meski anda simpan dalam kulkas selama 2 hari. Tapi jangan keburu takut he he. Jika anda ikuti tips dan step by step cara pembuatan ketupat dengan benar saya yakin anda akan berhasil ;-)

TIPS PENTING: Untuk anda yang tinggal di LN, jangan memakai beras import kualitas bagus seperti Jasmine Rice/Scented Rice. Beras2 ini sengaja didesain untuk dimasak dengan sedikit air, waktu singkat dan bentuknya tetap cantik berbutir-butir setelah dimasak. Kalau anda pilih beras ini untuk membuat ketupat saya jamin ketupat akan ancur2an, kalau nggak keras berbutir-butir ya berakhir seperti bubur encer yang berbulir-bulir. Prinsip pembuatan ketupat: Beras kualitas sedang dan murah menghasilkan ketupat yang lebih baik karena beras jenis ini bisa mengembang sekaligus menyatu/merekat satu sama lain. Saran saya lebih baik pakai beras patah atau beras panjang biasa. Kalau kepepet pakai Boiled-in Bag Rice/Reisbeutel yang regular parboiled, bukan precooked atau easy-cook dan masak dengan cara yang sama dalam resep ini.

Last but not least thx & credits goes to Yani & Liza, my best friends & ex-colleagues teman setia bereksperimen di tempat kerja plus di dapur, in Batam Island many years back ;-)

Cara Membuat:

  1. Ukur plastik sebesar 15 cmx 17 cm (untuk 150 gr beras) atau 18 cm x 20 cm (untuk 225 gr beras).
  2. Potong atau gunting plastik sesuai ukuran jika perlu. Jangan lupa sisihkan 2 cm lebih panjang untuk dilipat dan dilem.
  3. Lem/seal bungkus plastik dengan cara lewatkan lipatan pada api atau lilin dari ujung ke ujung dengan cepat. Lipatan akan meleleh dan otomatis tertutup/sealed. (Lihat Gambar)
  4. (Cara ini menyerupai proses laminating hanya dilakukan secara manual. Note: Hati2 dengan jari anda jangan sampai keslomot api :-).
  5. Cuci beras, tiriskan dan masukkan isi ke dalam plastik sesuai ukuran. Beri sedikit garam jika anda suka.
  6. Lem plastik dengan cara yang sama sehingga terbentuk bungkusan berbentuk bujursangkar.
  7. Lubangi plastik dengan cara ditusuk garpu 5 kali secara merata di setiap sisi. Jangan dilubangi terlalu banyak krn menyebabkan terlalu banyak air yang masuk sehingga ketupat jadi lembek.
  8. Panaskan air sebanyak mungkin ke dalam panci ukuran besar (kurang lebih 3/4 volume panci) dengan api maksimum. Tunggu sampai mendidih.
  9. Setelah air mendidih, masukkan bungkusan plastik. Tutup panci dan masak selama 30 menit.
  10. (Jangan memasukkan bungkusan plastik bersama air dingin atau sebelum air mendidih, karena akan menyerap air terlalu banyak sementara beras belum mengembang. Hasilnya Ketupat akan lembek dan berair).
  11. Intip sekitar 15 menit setelah perebusan, plastik akan menggembung seperti terlihat dalam gambar.
  12. Setelah 30 menit, bungkus plastik akan tenggelam karena beras sudah mulai menyerap air dan mulai mengembang.(lihat gambar)
  13. Kecilkan api sedikit antara panas sedang dan tinggi dan lanjutkan merebus selama 1 jam sampai bungkusan matang dan benar2 tenggelam ke dasar panci.
  14. Jaga supaya seluruh bagian ketupat selalu terendam air dan tambahkan air mendidih setiap kali air mulai menyusut.
  15. (Kekurangan air menyebabkan tekstur ketupat berbutir seperti nasi/tidak halus menyatu).
  16. Jika sudah matang, letakkan di saringan, rebahkan ketupat pada lubangnya supaya kelebihan air keluar.






Reviews & Comments


  |  2015-02-04 20:47:56

Mar from USA says:

Very Help full

Itu harapan saya Boss, semoga berhasil bikin ketupatnya. Bikin ketupat plastik di Ina gak perlu teori macem2 pasti jadi, tapi di LN dengan jenis beras yang beda kadang susah2 gampang juga ;-). Thx sudah mampir. Salam.....Endang


  |  2015-11-03 22:16:50

nEeNa from Gresik says:

cantik sekali tekstur lontongnya. kalau menggunakan panci presto, kira2x bisa kah? berapa menit ya, bu? terimakasih

Hallo Neena. Bisa juga pakai panci presto. Di web ini saya juga posting bikin lontong dengan panci presto tapi saya bungkus daun juga dan nasinya saya aron atau masak setengah matang dulu baru dibungkus pisang, perlu waktu kurang lebih 25 menit sejak panci mendesis. Kalau pakai beras mentah dan bungkus plastik mungkin butuh waktu sekitar 1 jam. Pastikan pakai platik yang tahan panas dan tekanan tinggi supaya tidak pecah saat direbus dengan presto. Kalau mau lihat yang pakai diaron dan dibungkus daun pisang liaht resep Lontong Presto. Selamat Mencoba. Salam.....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari