Kering Tempe

Bahan:

  1. 1 papan tempe (500 gr)
  2. 2 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris serong tipis
  3. 2 lembar daun salam
  4. 2 lembar daun jeruk purut, iris tipis
  5. 75 ml air
  6. Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:

  1. 2 siung bawang putih
  2. 2 cm lengkuas
  3. 1 sdt asam jawa
  4. 50 gr gula jawa, sisir halus
  5. 1 sdt garam

Bahan Taburan:

  1. 1 sdm bawang merah goreng
Bahan Kering Tempe
Racikan Kering Tempe
Bumbu Kering Tempe
Bumbu Daun Kering Tempe
Air Untuk Bumbu Kering Tempe
Masak Kering Tempe
Cabe Goreng Untuk Kering Tempe
 Kering Tempe Matang
Kering Tempe

Kering Tempe

Asal: Jawa

Sumber: Resep dari Nenek alias Mbah Toyo

Catatan..

Siapa sich yang tidak kenal kering tempe? Makanan satu ini praktis bikinnya, tapi efektif fungsinya alias bisa disimpan dan dikonsumsi dalam keadaan darurat atau pas sedang malas memasak. Betul nggak? he he.. Di Jawa Kering Tempe sering menjadi menu pelengkap Nasi Tumpeng pada acara2 hajatan misalnya Ulang Tahun atau Acara Syukuran. Umumnya Lauk Pendamping Nasi Tumpeng terdiri dari : Kering Tempe, Mie Goreng, Sambal Goreng Kentang Hati, dan Daging atau Ayam atau Telur Bumbu Bali.

O ya resep yang saya dapat dari nenek saya ini mungkin agak lain dari resep kering tempe umumnya. Nenek saya selalu menambahkan irisan daun jeruk purut, biar rasanya lebih sedap katanya. Anda penasaran?? Silakan buktikan sendiri ;-). Selain rasanya lebih mak nyus irisan daun jeruk purut juga memberikan aroma khas yang menyegarkan. Tips: Pastikan anda memakai tempe yang berkualitas bagus dan masih segar. Tempe yang sudah agak lama atau semangit akan merusak cita rasa masakan.

Cara Membuat:

  1. Iris tipis tempe sebesar 1 cm x 3 cm atu sesuai selera, goreng dalam minyak panas sampai kering, tiriskan.
  2. Goreng cabe merah iris, sisihkan.
  3. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan blender atau cobek.
  4. Tumis bumbu halus sampai berbau harum kemudian masukkan daun salam dan daun jeruk purut.
  5. Tambahkan air, masak kembali sampai mendidih dan kental, lalu kecilkan api.
  6. Masukkan tempe dan cabai merah goreng. Aduk hingga tercampur rata. Angkat dari api.
  7. Taburi dengan bawang merah goreng.






Reviews & Comments


  |  2013-07-06 10:47:32

harun from yogyakarta says:

semoga dapat menambah wawasan saya untuk mengetahui ilmu tta boga yang lebih.

Hallo Harun. Itu juga harapan terbesar saya. Mari kita lestarikan masakan tradisional biar tak hilang ditelan jaman. Thx sudah mampir ..jangan lupa dipraktekkan Boss he he he. Salam Kuliner...Endang


  |  2013-12-24 08:41:31

RYEL from bandung says:

sy pikir karena di tambah air tempe nya bakalmelempem,,ternyata jadi kayak karamel gitu,,dan tempe tetap crispy,,mantapppp nian mbak. Asem dan manisnya pas..sedap

We never know until we've tried, iya nggak?? Sy juga kadang penasaran atau skeptis waktu nyoba resep2 baru terutama dari buku. Jujur banyak yg gagal juga Sist tapi biasa bagian dari proses belajar ;-)


  |  2013-12-26 14:11:46

RYEL from bandung says:

makanya sy setelah sy coba resep2 yg mbak posting sy baru puas dgn hasilnya krn slama ini resep2 dari buku banyak yg gatot alias gagal total hehe makasihh ilmu nya mbak, bermanfaat bgt

Terima Kasih juga untuk kepercayaaan Non udah berani uji nyali dengan resep2 dari warung ini. Semoga hasilnya banyak yang nggak gatot ha ha ha. Biar kita sama2 belajar dari pengalaman GATOT di dapur ;-) Salam Selalu...Endang


  |  2014-01-20 22:40:28

erlin from finland says:

Hello mbak Endang, sy td brsan bikin kering tempe pakai resep dr mbak endang. Rasanya enak, cuman ke aseman. ;-(, jdnya kering tempe sy, rasanya kayak permen nano2 ;-). Mungkin kebanyakan asam td. oh ya, minta resepnya batagor dong mbak?

Hallo Erlin ha ha ha. Boleh jg tuch saya cobain Tempe Kering Nano2 ;-). Biasa itu...kalo sy uji coba resep jg gak sll berhasil beberapa malah langsung masuk tong sampah ;-(. Pengalaman adl guru terbaik, ya nggak? Batagor?!! Sabar ya skrg sy lagi berkutat sm Pempek ntar kl sudah lolos uji coba br nyebrang ke Batagor kan bahannya hampir sama dr ikan. Lagi coba beberapa ikan nich sampai ketemu yg cocok buat pengganti tenggiri. OK..Orang sabar disayang Tuhan ;-) Cobain resep yang lain dulu ya. Salam ..Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2013 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari