Kelia Hati Ayam

Bahan:

  1. 3 buah kentang
  2. 10 hati ayam (kurang lebih 250 gr))
  3. 1 batang serai, potong jadi 2, memarkan
  4. 2 lbr daun jeruk purut, buang tulangnya
  5. 2 lbr daun salam
  6. 200 ml santan sangat kental
  7. 1 sdt asam (dilarutkan dengan 3 sdm air)
  8. 2 sdt garam atau sesuai selera
  9. 1 sdt gula (jika suka)
  10. minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu Halus:

  1. 6 bh cabe merah ( Buang biji jika tidak suka pedas)
  2. 6 bh bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 4 butir kemiri, cincang
  5. 1 cm lengkuas, iris tipis
  6. 2 cm kunyit
  7. 1 sdt ketumbar bubuk
  8. 1/4 sdt jintan bubuk
  9. 1/2 sdt terasi
Bahan Kelia Hati Ayam
Irisan Kentang Dan Hati Ayam
Bumbu Kelia Hati Ayam
Kentang Untuk Kelia Hati Ayam
Hati Untuk Kelia Hati Ayam
Asam Kelia Hati Ayam
Santan Untuk Kelia Hati Ayam
Masak Kelia Hati Ayam
Masak Kelia Hati Ayam
Kelia Hati Ayam

Kelia Hati Ayam

Asal: Jambi

Sumber: Adaptasi dari buku Periuk Nusantara

Catatan!

Ini dia masakan khas dari propinsi Jambi : Kelia Hati Ayam. Paduan bumbu yang komplit membuat masakan ini terasa sedap, gurih dan segar dengan sentuhan sedikit asam jawa. Mirip sajian sambal goreng kentang ati dari Jawa tapi dengan sentuhan sedikit jintan membuat aromanya semakin sedap menggugah selera. Terus terang saya suka dengan masakan ini sejak pertama kami membuatnya, sebagai alternatif lain dari sambal goreng kentang ati. Disantap dengan nasi panas hmmmmmmm.. uenak tenan ;-) Penasaran??!! Silahkan mencoba dan buktikan sendiri rasanya ;-)

Catatan : Hati ayam juga bisa anda ganti dengan hati sapi. Jika suka kentang juga bisa anda ganti dengan ampela.

Cara Membuat:

  1. Potong2 hati ayam sesuai selera. Sisihkan.
  2. Kupas kentang, potong2 bentuk dadu, rendam dalam air supaya kentang tidak berwarna kecoklatan. Tiriskan.
  3. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak ke dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk purut dan daun salam dengan api sedang hingga matang dan berbau harum. (kurang lebih 10 menit)
  5. Tambahkan kentang, hati ayam, air asam dan garam. Tutup panci dan masak sampai setengah matang. ( kurang lebih 15 menit))
  6. Tuangkan santan dan teruskan memasak sampai hingga semua bahan matang dan santan menyusut.
  7. (Pastikan jangan sampai kentang terlalu lunak).
  8. Cicipi. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  9. Angkat dari api. Sajikan panas.






Reviews & Comments


  |  2016-01-28 03:28:26

Anie from Bandung says:

Hmmm sptnya enak ya, mirip rendang kah rasanya mb?Mb kalau ditambah ampela enak gak ya, soalnya sy beli hati sepasang sm ampela nya,,kebetulan lg pny stok hati ampela 10 pasang nih




  |  2016-01-31 13:45:52

Anie from Bandung says:

Uuuppss mbaakk..hahaha sy ga baca pengantarnya ternyata bs pake ampela jg yaa..saking udah keburu ngiler liat foto masakannya..siiip..sipp langsung meluncur ke dapur deh

Hallo Anie?? Gimana hasilnya?? Semoga sukses dan lezat. Eh emang orang kalau lagi lapar, mata jadi agak rabun tuch ha ha. Selamat berakhir Pekan. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari