Karedok

Bahan:

  1. 50 gr kacang panjang, iris sekitar 1/2 cm.
  2. 2 lembar daun kol, iris halus
  3. 100 gr taoge, buang akarnya
  4. 3 buah terung hijau bulat, belah 4, iris tipis
  5. 100 gr mentimun, belah 4, iris tipis
  6. 1 genggam daun kemangi, ambil daunnya

Bumbu Kacang:

  1. 100 gr kacang tanah
  2. 3 buah cabai rawit merah
  3. 1 buah cabe merah
  4. 2 cm kencur atau 1/4 sdt kencur bubuk
  5. 1/2 sdt terasi matang
  6. 1 sdm air asam jawa
  7. 1 sdm gula jawa, iris halus
  8. 1/2 sdt garam
  9. 50 ml air panas
Bahan Karedok
Karedok

Karedok

Sumber: Resep Keluarga

Tips!

Ini dia resep favorite almarhum bapak saya yang memang asli orang Sunda. Meski sudah merantau ke mana-mana si Karedok tidak pernah terlupakan. Ada nggak sich orang Sunda yang tidak bangga sama Karedok he he he. Ibu saya yang aslinya orang Jawapun menjadi pengagum Karedok dan lama sesudah Ayah saya meninggal dia masih setia membuat menu ini untuk kami. Tetangga kami di Kediri dulu sering berkomentar " O, ini ya pecel orang Sunda" ha ha ha.

Memang sekilas mirip pecel karena bahannya hampir sama. Tapi keduanya punya perbedaan yang paling mendasar, kalau pecel sayurnya direbus dulu, bahan Karedok semuanya mentah dan disajikan dalam keadaan mentah pula. Jadi kalau ada sayuran yang direbus dulu meski sebentar itu namanya bukan Karedok, iya nggak? Kecuali kacang tanah sama terasi untuk saus kacang yang harus digoreng dulu tentunya. Bagaimana dengan rasanya??? Hhhm pedas-pedas sedap. Sepertinya tidak ada sajian salat yang terasa kriuk-kriuk nikmat selain Karedok ;-) Nggak percaya, silahkan buktikan sendiri. O ya ada sedikit catatan, waktu saya buat resep ini minus kemangi soalnya stok di toko Asia lagi kosong. Tapi tetap enak kok ;-).

Cara Membuat:

  1. Saus Kacang : Haluskan cabe merah, cabe rawit, kencur dan terasi dalam cobek.
  2. Tambahkan kacang goreng, tumbuk halus bersama bumbu.
  3. ( Kacang bisa anda haluskan dengan blender, kemudian tambahkan ke campuran bumbu halus).
  4. Tambahkan gula jawa dan air asam jawa. Aduk rata.
  5. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi saus yang licin dan kental.
  6. Cicipi, tambahkan gula dan garam jika perlu.
  7. Campur semua bahan sayuran yang sudah diiris. Taruh di piring saji.
  8. Siram dengan saus kacang, aduk rata, taburi dengan daun kemangi.
  9. Sajikan segera dengan nasi panas dan kerupuk atau emping jika suka.






Reviews & Comments


  |  2011-11-18 18:24:23

nha from INDONESIA says:

WOW KAREDOK FROM INDONESIA ,,,KALO DI LUAR NEGRINYA SAMA KAYA SALAD X YACH ,,HEHE

Makasih yach udah mampir ke warung kami. Kalau bahan Salad sich yach rata-rata sama dari sayur-sayuran mentah bedanya Salad di LN gak ada yang pakai saus kacang apalagi dibumbui TERASI he he.


  |  2012-10-13 19:44:31

from says:

klo karedok emang udah pasti enak an seger keluarga kami sangat menyukai'a

Setuju dech..ngomong2 ini siapa ya...hantu penggemar karedok kah he he..


  |  2012-11-03 21:29:42

aww from somewhere says:

Nyam-nyam, love karedok!!!

Nyam-nyam. love it too :-)


  |  2012-12-07 22:50:04

baby from kepri says:

Emg te o pe be ge te deh karedok,

Setuju..Salad paling top kriuk kriuk sedunia ha ha..


  |  2013-02-24 15:07:43

Erin from Timur tengah says:

Hay. Q slh stu pnggmr karedok rasax wenak gto he he.

Betul Erin..Karedok emang enak salad kriuk-kriuk..gak bikin bosan. Bikinnya cepat rasanya nikmat ;-)


  |  2013-05-04 15:59:56

from says:

hmmm laperrr

kalo cuman ngliatin ya bikin ngiler kelaparan. ngomong2 ini siapa ya??!! :-) Hantu penggemar karedok kah?


  |  2015-05-04 22:05:26

Hantu from Karedok says:

Karedok mantep an mak nyus kayak pak bondan he he he

Betul ..kriuk-kriuk Mak Nyusssss. Hantu juga suka karedok ya ha ha ha.


  |  2015-08-11 22:45:00

Endoh Fauzi from Magelang says:

Saya suka sekali karedok dan sedang cari2 resep karena di tempat saya sekarang tidak ada yang jual... Thank you so very much mbak Endang...

You're welcome Endoh. Karedok memang lezaaat masakan dari leluhur saya juga nich ;-). Ayo cepetan bikin, bahannya murah meriah, bikinnya gampang rasanya nendang itulah kehebatan Karedok! Jangan lupa pakai kemangi ditanggung lebih mantap!! Terima Kasih juga sudah nyasar kemari. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari