Jemblem atau Misro

Bahan:

  1. 500 gr singkong parut (jika tak ada ganti dengan sediaan singkong parut beku)
  2. 100 gr kelapa parut atau ganti dengan 50 gr sediaan kelapa parut kering/desiccated coconut
  3. 60-75 gr gula merah, sisir halus
  4. 1/2 sdt garam
  5. 500 ml minyak untuk menggoreng
BahanJemblem
Kelapa Kering Santan
ParutanKetelaDicampurKelapa
GaramUntukJemblem
MembuatAdonanJemblem
GulaKelapaDisisir
MembentukJemblem1
MembentukJemblem2
MembentukJemblem3
MembulatkanJemblem
BahanRacikanJemblem
MinyakUntukMenggorengJemblem
MenggorengJemblem
MenggorengJemblem2
JemblemMatang
JemblemDitiriskan
 Jemblem

Jemblem

Asal: Jawa

Sumber: Nenek Saya

Catatan...!!

Ini dia makanan ringan yang terbuat dari singkong parut dan di dalamnya diisi dengan gula merah sisir. Di tempat kelahiran saya di Kediri, makanan ini dikenal dengan nama "Jemblem". Almarhum Bapak saya yang asli Sunda bilang namanya "Misro" yaitu kepanjangan "aMIS di jeRO" alias Manis di dalam. Harap diketahui dalam bahasa Sunda "amis" berarti manis bukan amis bau ikan ;-). Kalau di Solo kudapan ini dikenal dengan sebutan "Klenyem" dan mungkin masih banyak lagi namanya sesuai daerah masing-masing. Mungkin pembaca ada yang tahu nama lainnya??

Terus terang dulu waktu kecil saya sampai bosan dengan makanan satu ini apalagi pas musim panen singkong. Pasti sehari-hari dapat menu singkong melulu mulai dari roti sumbu alias singkong rebus, singkong goreng, lemet, ongol-ongol dan tak ketinggalan jemblem. Kini setelah jauh di rantau kok jadi ngiler juga membayangkan kudapan2 tradisional dari kampung halaman ;-(

Membuat jemblem tidak susah bahkan sangat gampang menurut saya. Tapi ada juga versi pembuatan jemblem yang lebih ribet dengan mengukus singkong lebih dulu, terus dihancurkan baru dibentuk bulat2. Terus terang saya malah tidak tahu versi tersebut dan belum pernah nyoba. Lagian kalau ada cara yang gampang ngapain cari yang susah2 iya nggak he he..

Bagi anda yang tinggal di LN jika tak ada singkong segar untuk diparut, pakai saja sediaan singkong parut atau grated cassava/yucca yang biasanya tersedia dalam paket beku di toko asia. Jangan keliru dengan tepung tapioka/cassava flour ya ;-). Menurut saya bahan ini lebih praktis tinggal dicampur kelapa parut kering sudah terbentuk adonan yang pas tidak perlu lagi menambahkan air dll. Selamat bereksperimen dan semoga sukses....

Cara Membuat:

  1. Jika anda memakai singkong segar, kupas singkong kemudian parut dengan parutan kelapa. Sisihkan.
  2. (Tergantung jenis singkong, jika perlu peras parutan singkong jika kandungan air terlalu banyak supaya adonan tidak terlalu lembek dan bisa dibentuk).
  3. Jika anda memakai paket singkong parut beku, de-frost secara sempurna sebelum dimasak.
  4. Parut kelapa secara memanjang jika anda memakai kelapa segar. (Lewati step ini kalau anda terpaksa memakai sediaan kelapa parut kering).
  5. Campur singkong parut, kelapa parut dan garam dalam wadah atau mangkok yang besar. Uleni dengan tangan hingga adonan tercampur rata.
  6. Ambil kurang lebih sekepal adonan, bentuk bulat *** (diameter kurang lebih 4 cm) dengan memutar adonan di antara kedua telapak tangan.
  7. Lubangi tengahnya dengan ibu jari anda. Masukkan kira-kira 1 sdm gula merah sisir.
  8. (Beri gula agak banyak supaya rasa manisnya terasa, jangan kuatir jemblem akan meletus karena kelebihan isi, sebab singkong parut daya lengketnya tinggi).
  9. Tangkupkan kembali tepi adonan ke tengah, ambil sedikit adonan untuk menutup bagian atas lubang.
  10. Rapatkan kembali dengan bantuan kedua telapak tangan hingga jemblem tertutup rapat.
  11. Putar2 jemblem di antara kedua telapak tangan hingga jemblem berbentuk bulat dan permukaannya halus. (Jangan menekan terlalu keras saat memutar-mutar jemblem yg sudah berisi gula).
  12. (Untuk pemula silahkan lihat step by step membentuk jemblem seperti dalam gambar).
  13. Lakukan sampai adonan habis. (Kurang lebih terbentuk 12 buah jemblem dengan diameter kurang lebih 5 cm)
  14. Panaskan minyak dengan suhu sedang sampai minyak cukup panas. Usahakan memakai wajan cekung jangan wajan datar supaya volume minyak lebih dalam)
  15. Goreng jemblem sampai matang dan semua permukaannya berwarna kuning kecoklatan.
  16. Tiriskan dan hidangkan selagi hangat.

Catatan:

  1. Pakai gula merah/gula kelapa yang lunak saat disisir supaya gula langsung mencair saat digoreng. Jangan memakai gula aren karena teksturnya keras, susah meleleh dan kembali mengeras/menggumpal setelah dingin.
  2. Di beberapa daerah kadang jemblem berbentuk lonjong agak pipih menyerupai kroket. Silahkan bentuk sesuai selera anda.






Reviews & Comments


  |  2016-11-03 19:01:45

Maya from HH says:

Hai Lestari, singkong bisa diganti Ubi merah? Mantap resepnya!

Hallo Maya, kalau bahannya dari ubi jalar itu namanya Timus. Di Indonesia umumnya dibuat dari ubi jalar putih, dikukus lalu dikupas dan dihaluskan. Trus dicampur gula putih, sedikit garam, vanili dan sedikit tepung tapioka/pati untuk perekat. Diuleni sampai rata, dibentuk lonjong trus digoreng. Saya pernah eksperimen di sini dengan bahan ubi jalar merah seperti yang banyak tersedia di supermarket Jerman. Hasilnya ampun dech ubi jalar merah ini lembek dan saat digoreng banyak menyerap minyak dan setelah matangpun hasilnya tetap lembek gak karuan. Makanya gak saya posting krn bikin kecewa ;-(. Sekedar berbagi pengalaman tapi kalau Maya mau nyoba ya silahkan. Saran saya kalau ada coba cari jenis ubi jalar putih di Toko Asia siapa tahu ada. Selamat Mencoba Semoga Lebih sukses. Salam..Endang


  |  2016-10-15 13:36:06

Maya from HH says:

Hi Endang, ya hasilnya ngga mantap :-(. Lain kali pake singkong aja lebih mantap! Saya juga taunya pake singkong:-). Makasih Infonya ya. Kapan nih posting Resep baru? Ada resep buat bikin kue Lapis biasa bkn lapis beras? Ditunggu resep resep masakan n kue yg lain n baru nih ;-).

Hallo Maya...sudah try and hasilnya error ya he he. Biasa itu saya udah kenyang nyoba resep gatot alias GAGAL TOTAl!! Waduh sekarang udah gak sempat lagi ngurusin dapur uji nyali. Ich hab einen Vollzeitjob. Akhir pekan sudah teler. Salam....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari