Cumi Goreng Bumbu Kecap

Bahan:

  1. 500 gr cumi, bersihkan, potong melintang

Marinade/Bumbu Perendam untuk cumi, Haluskan:

  1. 1 bh bawang putih
  2. 1 ruas jari kunyit
  3. 1/2 jeruk nipis, ambil airnya
  4. 1 sdt garam

Bumbu:

  1. 5 bh bawang merah, iris halus
  2. 2 bh bawang putih, cincang halus
  3. 1 ruas jari jahe, cincang halus
  4. 1 bh cabe merah, iris halus
  5. 1/2 jeruk nipis, ambil airnya
  6. 2 lembar daun jeruk purut, iris halus
  7. 3 sdm kecap manis
  8. 1 sdm saus tiram
  9. Bubuk lada secukupnya
Bahan Cumi Bumbu Kecap
Cumi Bumbu Kecap

Cumi Goreng Bumbu Kecap

Sumber: Resep Keluarga

Tips!!

Taburi minyak dengan tepung terigu untuk mengurangi letupan minyak saat menggoreng cumi atau tutup wajan sambil sesekali diaduk. Kalau suka cumi bisa diganti dengan ikan.

Cara Membuat:

  1. Lumuri cumi dengan marinade, sisihkan selama 15 menit.
  2. Goreng cumi dengan minyak panas sampai matang. Sisihkan.
  3. Tumis irisan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan jahe sampai berbau harum.
  4. Masukan kecap manis, saus tiram dan irisan daun jeruk purut.
  5. Tambahkan merica sesuai selera. Aduk rata.
  6. Terakhir masukan cumi goreng masak sebentar hingga bumbu meresap.
  7. Matikan api kemudian beri perasan sisa jeruk nipis. Aduk rata.
  8. Sajikan dengan nasi selagi panas.






Reviews & Comments


  |  2013-01-18 18:39:36

cahyani from jombang says:

klo gak di marinade,gimana?

Cahya.. Resep yg sy posting itu yg sy coba, selain itu terus terang gak tahu . Coba aja ntar kan tahu sendiri ;-) Apapun masakannnya Marinade menambah kenikmatan rasa : Ayam Goreng ( Mentega), Sate dll. Kl sate gak dimarinade, kira2 gimana rasanya ; - )


  |  2013-03-10 11:46:11

aisyah dewi from dfty6 says:

masakannye enak !

Terima Kasih Aisyah. Yang udah nyoba pasti tangannya juga mantap nich ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Thx untuk apresiasinya. Salam...Endang


  |  2013-05-24 23:06:34

verawatepaga from Damascus says:

:) Thnkz fr tips'y......

Hallo Vera. semoga tips di atas bermanfaat biar gak takut lagi kl mau goreng2 ;-) . Thx juga sudah mampir. Salam...Endang


  |  2013-12-16 12:03:57

wiwin from bekasi says:

Thank You for the Tips . :D

You're Welcome Wiwin. Thx for visiting & trying of the recipe. Feel fry to explore & enjoy your food ;-) Regards...Endang


  |  2014-03-22 14:11:39

ubach umaayyah from gresik jawa timur says:

Maaf marinade itu apa yah??

Hallo Ubach. Marinade itu bumbu perendam biasanya untuk merendam bahan daging atau ikan yang akan digoreng, dibakar atau dipanggang. Istilah sudah saya edit sekalian biar lebih jelas dan tidak bikin bingung. Terima Kasih untuk inputnya. Salam...Endang


  |  2014-07-03 07:47:52

ika safira from jombang says:

Alhamdulillah nemu resep permintaan suami hari ini.. wajib. dicoba nich buat buka puasa..!

Hallo Ika. Ayo silahkan dicoba semoga hasilnya Mak Nyuss dan cocok dengan selera suami ;-) Selamat Menjalankan Ibadah Puasa. Salam...Endang


  |  2014-11-11 19:42:27

Lobstar from Surabaya says:

Bagi yang ingin bereksperimen dengan gurita, kami dari Lobstar Surabaya siap menyuplai gurita dan lobster air tawar untuk kebutuhan restauran seafood, rumah makan ikan bakar, maupun untuk konsumsi pribadi. HP: 085707105679, 087851343104, 031-72969303 www.lobstar.net




  |  2015-04-17 17:00:02

wahyu sartika from weiden, Germany says:

semua resepnya sangat bermanfaat bagi saya. apalagi bisa di terjemahkan dalam 3 bahasa, hal itu memudahkan saya untuk mencari semua bahan-bahan di sini, secara saya gak pernah masak sebelumnya dan nama bahan-bahan disini aneh-aneh, sampai-sampai saya harus mencarinya ke kota-kota besar bahkan ke Cheko, karena disana terdapat komunikas Asia terbesar. terima kasih untuk postingannya

Hallo Sartika ..Selamat Datang di dapur ngebul. Silahkan ekplorasi resep mana saja, dicoba satu-satu siapa tahu cocok. Semua orang bisa masak asal mau belajar. Pelan-pelan nanti lama-lama memasak bisa menjadi hobby yang menyenangkan. Tinggal di LN akan menambah rasa rindu dan apresiasi terhadap masakan daerah kita sendiri. Semakin susah cari bahan, semakin terasa nikmat saat kita berhasil membuatnya, ya nggak? ;-) . Salam Kuliner Indonesia.....Endang


  |  2015-10-22 21:58:49

chef celenh from di atas lautan says:

makasih resep'y.. Bisa buat menu baru untuk abk sya...

Sama-sama Chef. Semoga resepnya cocok dengan selera anak buah ;-). Waduh saya ngiri sama cumi segarnya yang langsung ditangkap nich hi hi. Salam...Endang


  |  2015-12-22 22:32:40

Arthur Clemens from Jakarta says:

mantaps and pas sekali bumbunya , cocok buat malam natal hehehe

Ha ha ha ...ayo silahkan Arthur bikin lagi yang banyak biar puas makan malamnya ;-D. Selamat Merayakan Natal bersama Keluarga dan Sahabat. Salam...Endang


  |  2015-12-31 21:12:36

adisty from semarang says:

Sudah mencoba dan yammi ....meski tampilan tak secantik pnya mb endang ...tp rasa jgn d tanya wenak alhamdulillah

Hallo Adisty...sorry ya baru jawab habis liburan nich. Anyway kl untuk masakan penampilan nomer 2 yang penting rasanya kan ;-). Selamat Tahun Baru 2016. Semoga Tahun Depan membawa berkah dan kebaikan untuk Adisty dan keluarga. Salam Hangat dari rantau...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari