Cah Kangkung Belacan

Bahan:

  1. 250 gr kangkung
  2. 2 lembar daun salam
  3. 1 cm lengkuas, memarkan
  4. 1/2 sdt bubuk kaldu (optional)
  5. 1/2 sdt gula pasir (jika suka)
  6. garam secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 4 buah/40 gr cabe merah
  2. 4-7 buah cabe rawit merah
  3. 6 buah/60 gr bawang merah
  4. 3 siung/9 gr bawang putih
  5. 1 buah tomat merah ukuran sedang (optional)
  6. 1 sdt belacan atau terasi matang
Bahan Cah Kangkung Belacan
Racikan Cah Kangkung Belacan
Bahan Bumbu Cah Kangkung
Bumbu Halus Cah Kangkung
Bumbu Cah Kangkung Belacan
Bumbu Tumis Cah Kangkung
Masak Kangkung Belacan
Cah Kangkung Belacan Matang
Cah Kangkung Belacan

Cah Kangkung Belacan

Asal: Pontianak - Kalimantan Barat

Sumber: Buku Kumpulan Resep Tradisional Indonesia

Catatan..

Sajian dari propinsi Kalimantan Barat ini gampang kita jumpai di seluruh kawasan nusantara. Cah Kangkung Belacan sangat populer dihidangkan di chinese restauran, seafood restauran untuk melengkapi sajian Kepiting Asam Manis. Hidangan ini juga sering hadir di restauran yang menyajikan menu ikan bakar. Rasanya yang khas pedas berpadu dengan belacan atau terasi memang cocok dipadukan dengan lauk apa saja.

Tip: Mirip tumis kangkung, kunci kenikmatan oseng-oseng terletak pada keberanian bumbu alias jangan terlalu pelit;-). Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum sayuran dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar/cemplang.

Tip penting: Masak Tumis Kangkung sesaat sebelum dihidangkan dan santap segera. Bagi anda yang kurang menyukai bumbu terasi, silahkan mencoba versi lain Tumis Kangkung yang simpel tetapi rasanya tak kalah lezat.

Cara Membuat:

  1. Siangi kangkung, petiki sesuai selera, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Haluskan bahan bumbu dengan cobek atau blender sampai halus.
  3. (Jika perlu tambahkan sedikit minyak ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran).
  4. Tumis bumbu halus bersama lengkuas dan daun salam hingga benar2 matang dan berbau harum.
  5. Masukkan kangkung, masukkan irisan batang lebih dulu, aduk sebentar sampai layu.
  6. Kemudian masukkan bagian daun, aduk sebentar hingga layu.
  7. Cicipi, tambahkan garam sesuai selera. Angkat segera dari api.






Reviews & Comments


  |  2014-09-26 09:21:11

Mulvita Ardy from Ambon says:

Membayangkan aja sudah pasti enak, tumis kangkung kesukaan kami sekeluarga..

Bagi yang suka terasi emang enak Vita he he...


  |  2015-01-07 19:14:46

yola yusli from Bekasi says:

Waaa... trims sangat mba Endang. Suamiku lahap lagi nih makannya pake resep ini. Makin ketagihan masak pake resep mba Endang. Salam dari tanah air.. :)

Halo Yola salam jumpa lagi ;-). Wah istri teladan masih aktif masak nich. Salut!! Ketagihan makanan gak pa pa Yola daripada ketagihan narkoba ha ha. Tiada yang membanggakan selain melihat suami lahap makan di rumah daripada jajan di luar, tul nggak? Keep cooking Sista. Salam Hangat dari tanah rantau...Endang


  |  2016-05-03 20:29:49

regia susan p-diana from garut kota says:

Cah kangkung belacan (terasi) memang mantaf dan nikmat ?? lidah,bikin ketagihaaaaan. O-(´O`)-O (^?^)

Ha ha ha....setuju Regia..Terasi hitam dan bau tapi bikin ketagihan ..


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari