Bubur Ketam Hitam

Bahan:

  1. 100 gr ketan hitam
  2. 1.5 liter air
  3. 200 ml santan encer
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1 lembar daun pandan, potong2 sepanjang 5 cm
  6. 75 gr gula kelapa, sisir
  7. 2 sdm tepung maizena, larutkan dalam 4 sdm air

Saus Santan:

  1. 200 ml santan sangat kental
  2. 1/2 sdt garam atau 50 g gula pasir
  3. 1-2 potongan daun pandan
Bahan Bubur Ketan Hitam
Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketam Hitam

Sumber: Nenek Saya

Tips!!

Satu lagi hidangan ringan yang sangat populer di Indonesia : Bubur Ketam Hitam. Bubur ini bisa dihidangkan dalam keadaan dingin maupun panas, bisa disantap sebagai sarapan maupun hidangan penutup. Tapi terus terang saya lebih suka mengkonsumsinya dalam keadaan panas. Paduan antara bubur yang manis dengan saus santan yang asin.... hhmmm sedap. Bagi anda yang tidak suka saus asin tidak perlu kuatir. Anda juga bisa mengubahnya jadi saus santan manis dengan menambahkan gula sesuai resep yang saya posting di sini. Flexibel kan?? he he.

Tips penting untuk membuat Bubur Ketam Hitam : 1. Rendam ketam hitam semalaman sebelum dimasak supaya bubur cepat lunak sekaligus menghemat bahan bakar. 2. Tambahkan gula saat2 terakhir setelah bubur lunak agak bubur tidak gosong sebelum matang. Larutan yang manis dan kental cenderung cepat gosong apalagi kalau kurang pengadukan. Hal ini bisa membuat rasa dan aroma bubur ancur lebur ;-((. Jika kepepet dan tak ada waktu lagi untuk merendam, ada cara terakhir yang praktis. Masak dengan panci tekan. Hal ini sering saya lakukan demi efisiensi he he. Proses masak juga lebih cepat dari waktu normal. Rasanya dijamin nggak berubah kok.. OK Selamat Menikmati Bubur Ketam Hitam....Si Hitam Manis yang selalu bikin penasaran.

Cara Membuat:

  1. Rendam ketan hitam semalaman atau minimum 12 jam sebelum dimasak.
  2. Buang air rendaman ketan, cuci bersih, masukkan ke dalam panci ukuran sedang.
  3. Tambahkan 1.5 liter air dan 200 ml santan, garam dan daun pandan.
  4. Masak dengan api besar sampai mendidih, panci dalam keadaan terbuka.
  5. Teruskan masak selama 1 jam sambil diaduk sekali-kali.
  6. Kecilkan api ke posisi sedang, tambahkan gula.
  7. Teruskan memasak selama 15 menit sambil sering diaduk biar tidak gosong.
  8. Hati-hati dengan tangan anda karena pada saat ini air sudah menyusut dan bubur mulai meletup-letup.
  9. Terakhir tambahkan larutan tepung maizena. Aduk sebentar sampai bubur benar-benar mengental.
  10. Bila perlu tambahkan garam dan gula sesuai selera. Angkat dari api.
  11. Saus Santan: Masak santan sangat kental dengan api sedang, aduk2 supaya santan tidak pecah.
  12. Tambahkan garam atau gula putih jika anda ingin saus manis.
  13. Masak sebentar saja tidak perlu sampai mendidih.
  14. Sajikan bubur ketan hitam dengan sausnya.






Reviews & Comments


  |  2012-08-20 23:08:50

tasya indar from makassar says:

mantap resepnya

Thx Tasya. Yang komen pasti juga mantap he he. Salam..Endang


  |  2012-08-20 23:09:35

yaya from makassar,sulawesi selatan says:

thanks,,infox sangat membantu saya..

Thx juga Yaya sudah mampir. Semoga sukses bikin Buburnya..


  |  2013-04-10 18:52:16

yeyen from giri says:

verrygood

He eh...Bahannya simpel tapi rasanya hmmm..;-). Ayo Yeyen Silahkan mencoba resep2 yang lain. Salam...Endang


  |  2013-04-10 18:57:02

nur from gunungkidul says:

berrrrrrrrrrrrrrrr

Maksudanya apa Nur? Kekenyangan makan bubur kah?? ;-)


  |  2013-04-10 18:56:17

dini from cengklik says:

enk bgt yyyyy

Betul...Bubur Ketan Hitam emang enak. Dimakan pas cuaca dingin trus turun hujan hmm ;-). Ayo Dini silahkan dicoba resep2 yang lain, siapa tahu ada yang sesuai selera. Salam...Endang


  |  2013-07-28 20:39:42

Ummi from Cilongok says:

Yaa... Berbagi ilmu memang indah ... Saya sukka ,, selain anda disenangi banyak orang, anda juga akan d senangi oleh Allah, karena sesungguhnya orang yang mw berbagi ilmu dengan yang lain tanpa merasa kehilangan, jaminannya adalah syurga .... Amiiin

Hallo Ummi. Terima Kasih untuk kata2 Ummi yang menyejukkan. Iya saya setuju..berbagi memang indah, mempelajari dan menghargai masakan Nusantara yang penuh perbedaan, simbol keragaman bangsa kita, iya nggak? Salam..Endang


  |  2013-09-23 20:37:37

nelma from jakarta says:

sip

Betul Nelma. Bubur yang satu ini memang enaakkkk..Hitam tapi ngangeni he he..


  |  2013-10-14 19:37:44

Juliana from Bayern says:

Saya baru tau klo Feine Speisestarke itu tepung maizena :-) selama ini selalu ngotot ke toko asia cari tepung maizena Makasih mbak Endang infonya sangat membantu Tips dan langkah2 masak jg details buat pemula misal "hati2 tangan" hahahahaha Nächste Wochenende mache ich sofort

Jul, sebenarnya tepung maizena itu kl di Jerman namanya Maismehl tp tepung ini cuman ada di bbrp supermarket tertentu. Kebetulan Speisestärke jg dr tepung jagung yg sdh diekstrak & fungsinya u/ pengental plus lebih mudah didapat. Makanya sy ganti itu Non


  |  2013-12-29 17:08:45

maya from dubai says:

nanti malem aku mau cobain bikin bubur ketan hitamnya sis,, mudah2n sukses,soalnya udah pernah bikin 2xali kurang memuaskan. kali ini saya mau coba resep sis endang. smoga berhasil,soalnya besok mau ada temen suami main. doain ya sis.. moga sukses bubur ketan hitamnya.. thanks sis,, tuk resep2nya sangat membantu skali

Hai Sist....udah bagus tuch tetap semangat mencoba resep. Kadang gagal itu biasa bagian dari proses belajar. Selamat bereksperimen semoga kali ini dapat hocky ;-) Terima Kasih juga sudah mau mampir dan uji nyali. Salam..Endang


  |  2015-09-15 22:36:41

vera from niederalteich says:

Hi mba.... Resep mba endang bener2 enak loch, ga pernah bosen ak utk nyoba masak menu yg lain he...he.. untungnya semua yg tak coba slalu sukses & sedappp krn panduannya yg lengkap trmsuk bubur ketan hitam ini yummy bgt...

Wow yang lagi rajin masak. Ngomong2 tuch selera sudah melanglang ke mana saja Vera ? ;-) Sudah pernah nyoba petis belum ha ha. Jadi malu nich dapat pujian dari spesialis masakan Bali hi hi. Selamat Berkreasi ntar kapan-kapan tak samperin buat test ha ha :-D. Salam dari Dapur Ngebul und LG Endang


  |  2016-09-13 21:37:19

putri from malang says:

Resep jenang abang dari jawa ada bunda?

Belum posting Putri. Cari ke warung lain dulu ya. Ngomong2 jenang abang atau bubur abang. Kalau bubur merah/abang bikinnya gampang kok cuma perlu beras, santan sama gula kelapa. Ayo coba praktek ukurannya dikira-kira sendiri sampai berasnya jadi bubur baru tambahin gula kelapa sisir jadilah bubur merah. Kalau jenang abang waduh bikinnya lama ngaduknya itu lho gak kuaat. Bikin wajik aja dulu tuch resepnya sudah ada ;-). Salam....Endang


  |  2017-02-06 23:21:27

Rauda from jambi says:

Waaaaahh... Rasanya pengen buka restoran ngeliatin resep2 nya mbak Endang.. Dibanyakin lagi resep nya mbak, fighting!!!

Ya sana cepetan buka Rauda. Melestarikan resep leluhur plus cari rejeki, praktis kan ha ha. Pertama buka restauran di rumah sendiri dulu. Silahkan dicoba resepnya semoga cocok di lidah. Salam....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari