Botok Tempe Teri

Language
resep Indonesia resep Indonesia resep Indonesia

Bahan:

  1. 1 papan tempe (500 gr)
  2. 1 bh kelapa muda parut atau 250 gr kelapa parut kering
  3. 100 gr ikan teri asin, cuci bersih, tiriskan
  4. 1 genggam daun kemangi / basilikum ( optional)
  5. 10 lembar daun salam
  6. 2 cm lengkuas, iris tipis
  7. 20 lembar daun pisang ukuran 20cm x 25cm untuk membungkus
  8. 300 ml santan kental jika menggunakan kelapa parut kering.

Bumbu Halus:

  1. 5 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 buah cabe merah besar
  4. 3 - 5 cabe rawit merah ( jika suka pedas)
  5. 1 sdm gula merah
  6. 1 sdt garam atau secukupnya
Botok Tempe Teri

Botok Tempe Teri

Asal: Jawa Tengah

Sumber: Ibu Saya

Catatan..

Ini dia hidangan khas yang sudah merakyat di propinsi Jawa Tengah & Jawa Timur alias Botok. Ada berbagai variasi Botok : Botok Tempe, Botok Daun Sembukan, Botok daun Kemangi, Botok Lamtoro dll. Salah satu botok favorit yang saya kenal sejak masih kecil yaitu Botok Tempe Teri. Paduan antara Tempe yang gurih dan mengandung protein tinggi dengan ikan teri asin bercampur dengan kelapa berbumbu plus aroma daun pisang hmmmmmmmmmmm...Mertua lewat bisa lupa kata orang jawa ha ha. Membuat Botok tidak susah dan rumit seperti yang anda bayangkan. Anda tertarik untuk mencoba??

Catatan Penting : Bagi anda yang tinggal di Luar Negeri di mana kelapa muda segar untuk diparut mustahil didapatkan, jalan satu2nya adalah memakai sediaan kelapa parut kering yang ada di Supermarket. Kelapa Parut Kering berasal dari kelapa tua yang nyaris tidak mempunyai kandungan santan lagi. Akibatnya bahan ini akan menghasilkan Botok yang kering dan terasa hambar. Tapi jangan keburu putus asa, OK??!! Dari pengalaman pribadi dan percobaan berulang-ulang akhirnya saya temukan triks untuk mengantisipasi hal tersebut, paling tidak meminimalisasi kerusakan ;-). Caranya : Tambahkan santan kental ke dalam adonan botok. Ditanggung Botok akan bertekstur lembab dan terasa gurih dan sedap. Selamat mencoba.

Cara Membuat:

  1. Potong2 tempe berbentuk dadu atau korek api, sisihkan.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan air dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Campur kelapa parut, tempe, bumbu halus, ikan teri dan irisan lengkuas.
  4. Tambahkan santan jika anda memakai kelapa parut kering. Aduk kembali hingga rata.
  5. Cicipi adonan botok, jika perlu tambahkan garam atau gula secukupnya.
  6. Ambil 2 lembar daun pisang. Letakkan 2 sdm campuran botok di tengahnya kemudian taruh 1 lembar daun salam di atasnya.
  7. Bungkus bentuk tum dan semat dengan lidi / tusuk gigi. ( Gunakan stapler jika lidi tak ada ).
  8. Kukus selama 30 menit ( sejak air mendidih dan keluar uap) hingga botok matang.

Tips:

  1. Daun pisang segar sangat rentan dan mudah sobek pada saat kita lipat. Untuk itu sebaiknya daun pisang dilemaskan dulu sebelum dipakai. Ada 2 cara yang anda bisa pakai, terserah cara mana yang mudah menurut anda.
  2. 1. Rendam daun pisang dalam air panas kurang lebih 3 menit sampai daun layu dan warna agak berubah , kemudian keringkan dengan lap pembersih atau tissue dapur.
  3. 2. Panaskan di atas dandang yang berisi air mendidih yang anda siapkan sebelumnya untuk mengukus.






Reviews & Comments


  |  2013-04-05 17:35:26

dewi rahmayani from bangkinang says:

kayaknya lebih nikmat kalo ditambah petai cina

Orang jawa bilang Lamtoro Dewi. Emang enak, mau dibuat campuran botok apa saja ditamnbah petai cina hmmm sip. Sayang susah dapatnya di sini ;-(


  |  2013-07-15 20:40:54

novi nia from jakarta says:

Wah asik nih. Go perlu plug kampug jg BSA makan botok

Ayo Novi silahkan dicoba, saya yakin bahannya gampang didapat, bikinnya jgua nggak terlalu ribet lho. Waduh jadi rindu kemangi nich . Sayang susah di dapat di rantau ;-(. Salam Botok Teri...Endang


  |  2013-10-10 19:01:46

nulan from malaysia says:

Hmmmmmm,,,,teringin nag coba nieh,kayak masakannya mak di jawa,saya akan buat esok.mumpung cuti

Ayo Nulan..silahkan dicoba secepatnya. bahannya dan proses pembuatan juga mudah. Tunggu apa lagi?? ;-) Jgn lupa cari kelapa yang agak muda biar botok tambah sipp. Selamat Mencoba dan semoga sukss. Salam....Endang


  |  2014-03-26 08:27:23

ubah from gresik jawa timur says:

Kalo terinya digantung udang yang kecil2 enak gak yah? Soalnya agak susah teri disini

Terus terang belum pernah nyoba tapi kayaknya enak dech Non kan masih sama2 keluarga ikan2an. Mau alternatif lain, ganti isinya dengan ikan asin peda tanpa tempe, buang durinya jadilah brengkes ikan peda plus daun kemangi wajib ada...woow nikmat sekali ;-) Penasaran??! Silahkan buktikan sendiri he he. Salam...Endang


  |  2014-04-06 10:04:45

chila from tangerang says:

Botok makanan favorit saya,tp saya ga bisa buatnya, jd d mana da bazar makanan pasti cari botok, apalagi klo pedes mantap bgt, nanti mau coba buat sendiri deh thanks resepnya .....

Ayo Chila silahkan dicoba. Bikin botok yang enak tidak susah kok Non. Apalagi kalau bikin sendiri, bahan isinya bisa kita variasi sesuai selera. Selamat mencoba dan semoga sukses. Salam...Endang


  |  2014-05-16 00:10:52

Ahliyah ridwan from Palembang says:

Hem jd pngn bkin cz dah lma smenjak plang mnd0k djwa g prnh gi mkan botok

Ayo Non Ahliyah..sana cepetan ke pasar mumpung masih pagi ;-). Kalau ada botoknya ditambah petai cina atau lamtoro woow tambah sedap dech. Selamat Mencoba semoga sukses. Salam...Endang


  |  2014-10-12 12:27:55

ridha from bogor says:

q juga mau nyobain nie.. biasanya sich di masakin ibu skarang mau bkin sendiri ah... mantappp

Ayo silahkan dicoba, isi botok bisa divariasi sesuai selera dan ketersediaan bahan Ridha ;-). Selamat Mencoba semoga hasilnya Mal Nyuss! Salam...Endang


  |  2014-10-19 12:27:21

Lilis from Munich says:

Jadi pingin nyoba nich, coz udah lama banget gak makan botok. Lali rasane.... Makasih resepnya dik Endang!

Gayane Bu..sampai lali rasane kakehan maem keju Jerman sing ambune aduhai kuwi opo american potato fritters?? Menurutku bau terasi tetap lebih ngangeni hi hi..


  |  2015-03-01 15:12:52

monica eva suwandie from Garut says:

Ini dia resep yang ud lama saua cari.... Inget masakan almarhum ibu saya ;-) Cobain bikin ah, semoga sukses ;. Thanks ud share resepnya.

Ayo Monica...silahkan dicoba sambil menghidupkan kembali kenangan untuk Bunda Tercinta. Pasti beliau senang putrinya mau melestarikan resep masakan keluarga ;-). Bikin Botok tidak susah kok ;-). Selamat Mencoba semoga sukses. Salam...Endang


  |  2015-10-23 18:27:49

titi from solo says:

mb endang klo botok tapi g pakek dibungkus alias cuma di masak di panci / wajan itu daun itu berarti ditambah air ya??

Kalau gak dibungkus, bagusnya dikukus Titi kayak ngukus bumbu urap-urap itu lho. Ditaruh di wadah plastik yang tahan panas. MUngkin perlu dikasih air tapi sedikit saja, soalnya waktu proses pengukusan kan menghasilkan uap air yang bikin botok nantinya agak basah juga. Selamat Bereksperimen Semoga Sukses. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari