Bihun Goreng Medan

Bahan:

  1. 200 gr bihun kering, rendam dalam air panas hingga lunak atau al dente (lihat petunjuk kemasan)
  2. 200 gr udang ukuran sedang, bersihkan, buang kepala dan kulitnya
  3. 150 gr sawi hijau, potong-potong (ganti dengan sawi putih jika tak ada)
  4. 100 gr taoge, bersihkan
  5. 2 buah daun bawang, iris serong 1 cm
  6. 3-5 buah bakso ikan atau cumi, iris tipis
  7. 2 buah sosis sapi, iris tipis
  8. 1-2 butir telur, kocok rata
  9. 1/2 sdt merica bubuk
  10. 1 sdt bubuk kaldu rasa ayam
  11. 3 sdm kecap manis
  12. 1 sdt kecap asin
  13. 3 sdm minyak
  14. 1 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Iris (atau diulek jika suka):

  1. 4 buah/40 gr bawang merah, iris halus
  2. 4 siung/12 gr bawang putih, geprak atau memarkan, cincang halus

Bahan Taburan (jika suka):

  1. Bawang Merah Goreng
BahanBihunGorengMedan
MerendamBihun
MenyiangiUdang
IrisanBaksoDanSosis
BawangMerahPutihCincang
RacikanBihunGorengMedan
BumbuTumisBihunGoreng
UdangUntukBihunGoreng
TelurUntukBihunGoreng
MasakBihunGorengMedan
SosisBaksoBihunGoreng
SayuranUntukBihunGoreng
KecapUntukBihunGoreng
BubukKalduBihunGoreng
BihunGorengMedanMatang
Bihun Goreng Medan

Bihun Goreng Medan

Sumber: Warung Kaki Lima

Asal: Medan - Sumatra Utara

Catatan!

Ini dia salah satu sajian "Street Food" yang terkenal dari Sumatra Utara, "Bihun Goreng Medan". Makanan ini bisa anda jumpai dengan mudah di berbagai restauran bahkan Warung Kaki Lima di seluruh penjuru kota Medan dan kini mulai merambah ke kota2 besar di Indonesia bahkan ke Singapura!

Paduan Bihun Goreng dengan udang, telur dan sayur2an segar yang hampir komplit hmmmmmmmmm.. gurih dan sedap!! Saat anda memasak saja sudah tercium aroma udang yang bikin lapar he he..Tak perlu susah-susah pergi ke Medan, silahkan bikin di rumah dan buktikan sendiri rasanya. Meski banyak pernak-pernik bahan, bikinnya gampang lho ;-)

Catatan: Untuk pemula dalam urusan masak, kalau anda masih bingung perbedaan antara Bihun, Suun dan Kwetiau yang semuanya berwarna putih, berikut perbedaan dan ciri2nya. Suun dibuat dari tepung kacang hijau, sedangkan Bihun berasal dari tepung beras. Kwetiau pada dasarnya juga berasal dari tepung beras, hanya bentuknya yang lain. Kalau bihun bentuknya bulat kecil dan panjang seperti benang kasur, Kwetiau bentuknya tipis seperti pita. Semoga info ini membantu supaya anda tak salah beli ;-)

Cara Membuat:

  1. Rendam bihun dalam air panas atau air hangat sesuai petunjuk. Tiriskan hingga benar2 bebas dari air.
  2. Buang kulit dan kepala udang, kerat punggungnya untuk membuang kotoran udang. Cuci bersih dan tiriskan.
  3. Siapkan bahan sayuran, potong2 dan siangi taoge. Cuci bersih dan tiriskan.
  4. Kocok telur, beri sedikit garam. Sisihkan.
  5. Cincang dan iris bawang putih dan bawang merah. (Jika anda memilih untuk mengulek bumbu, tumbuk bawang merah kasar saja).
  6. Tumis bumbu dengan sedikit minyak sampai benar2 matang dan berbau harum.
  7. Tambahkan udang, masak sambil diaduk-aduk sampai udang kaku dan berubah warna.
  8. Singkirkan udang dan bumbu ke pinggir wajan, masukkan telur kocok, aduk2 sampai terbentuk orak-arik telur. Aduk dengan bahan lain hingga rata.
  9. Masukkan bihun, sawi hijau dan daun bawang. Aduk dengan cepat hingga rata.
  10. Tambahkan segera kecap asin, kecap manis, merica bubuk dan kaldu bubuk. Aduk2 dan masak hingga sayuran layu.
  11. Cicipi, jika perlu tambahkan garam sesuai selera. Terakhir tambahkan taoge, aduk sebentar dan angkat segera dari api.
  12. Sajikan panas dengan taburan bawang goreng dan acar mentimun jika suka.

Tips Penting:

  1. Bihun jangan direbus supaya tidak terlalu lembek dan lengket. Lebih baik direndam setengah matang saja (sudah lentur tapi masih mentah), siram air dingin, tiriskan, lumuri dengan sedikit minyak dan kecap jika ada di resep.
  2. Ada juga bihun yang cukup direndam air dingin, lihat sesuai petunjuk masing2 merk .






Reviews & Comments


  |  2014-09-29 13:47:45

Mulvita Ardy from Ambon says:

Maaf mba, boleh nanya, untuk bihunnya sebaiknya pakai yang merk apa ya mba? biar lebih enak & gak terlalu lembek. Saya suka banget sama Bihun goreng mba, Trimakasih ya mba udah berbagi resepnya. Ditunggu resep selanjutnya ya mba...

Hallo Vita, sebenarnya banyak merk yang bagus di pasaran. Bihun yang bagus warnanya agak kusam tidak putih bersih. Kata orang kl di Indonesia merk bihun yang tidak gampang hancur antara lain Merk AAA, Cap Dua Mujair, Cap Ikan Mas. Apapun bihun yg dipakai, kl kelamaan direndam air akan lembek. Untuk mengantisipasi, rendam setengah matang saja, langsung tiriskan, olesi dengan minyak goreng sekaligus kecap manis (ambil dari resep). Ditanggung bihun tak akan lengket. Selamat Mencoba, Semoga Sukses OK?! Salam hangat bihun goreng ;-) ....Endang


  |  2014-09-30 07:44:16

Mulvita Ardy from Ambon says:

Trimakasih mba Endang, atas jawabannya...

Sama-sama Vita...Ayo silahkan bikin, nggak usah takut masak bihun goreng ;-). Pertama gagal biasa, justru jadi pengalaman dan guru terbaik, tul nggak?? ;-)


  |  2015-12-10 17:29:37

sorliani. saragih from jakarta says:

Mbak boleh nAnya kalo bihunnya 1kg bumbunya seberapa banyaknya dan telurnya butuh berApa banyak ya? Makasih mba atas infonya!

Hallo Sorliani, resep ini untuk 200 gr bihun, kalau bau 1 kg ya kira-kira tinggal dikali 5 banyaknya, sekitar 200 gr/2 ons bawang merah dan 8 siung / 25 gr bawang putih. Lebih bail banyak bumbu daripada kurang biar rasanya tetap enak. Telurnya boleh sekitar 5 butir saya rasa cukup, mau ditambah silahkan. Semoga membantu dan Selamat Mencoba. Salam....Endang


  |  2017-06-12 22:01:00

Khaesya putri from Cirebon says:

Makasih tips'y. Bisa buat tmbhan menu buka puasa nih... Hemmm....yummy

Ayo segera dieksekusi resepnya Putri. Semoga Sukses. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa. Salam....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari