Bakwan Jagung

Bahan:

  1. 2 bongkol jagung manis muda (menghasilkan kurang lebih 250 gr jagung pipil)
  2. 1 butir telur ayam
  3. 4-5 sdm tepung terigu
  4. 2 sdm bawang merah goreng atau 6 butir bawang merah, iris tipis, digoreng kering
  5. 10 batang daun kucai, iris halus
  6. Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:

  1. 2 siung bawang putih
  2. 1/2 sdt merica butir
  3. 1 sdt garam atau sesuai selera
BahanBakwanJagung
MenyisirBongkolJagung
MemblenderJagungPipil
JagungHalus
BumbuBakwanJagung
BawangGorengUntukBakwan
TelurUntukBakwanJagung
TeriguUntukBakwanJagung
TongcaiUntukBakwanJagung
MenggorengBakwanJagung
BakwanJagungMatang
BakwanJagungDitiriskan
Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Asal: Indonesia

Sumber: Resep Keluarga

Catatan..

Bakwan Jagung, lauk yang mudah bikinnya tetapi sangat enak rasanya. Di daerah asal saya di Kediri, makanan ini lebih populer dengan sebutan "Perkedel Jagung" karena bumbu dan bikinnya mirip Perkedel bedanya jagung tidak bisa dipulung bulat pipih seperti Perkedel. Di Malang atau Surabaya lauk ini dikenal dengan nama "Dadar Jagung" karena menurut mereka prosesnya mirip bikin dadar telur meski bentuknya kecil.

Nama bakwan sendiri menurut ahli bahasa sebenarnya kurang tepat karena "Bak" dalam bahasa Mandarin artinya "Daging" contoh "Bakmie Ayam (sediaan mie dengan campuran daging ayam), "Bakso" alias daging yang dibentuk bulat dan direbus, "Bakpao" yaitu sediaan kue yang di dalamnya diisi daging.

Kenapa namanya berbeda-beda dan istilah mana yang lebih tepat, sayapun tidak tahu jawabannya. Jadi daripada pusing2 sebutlah dengan nama yang umum di daerah anda he he. Soalnya istilah ini sudah salah kaprah dan susah kalau mau dikoreksi.

Kunci kelezatan bakwan/perkedel/dadar jagung resep ini terletak pada bawang merah goreng yang digerus kasar bersama bumbu dan dicampurkan ke dalam adonan. Cobalah, saya jamin rasanya akan semakin gurih dan lezat. Kalau tidak mau capek goreng2 yach beli bawang goreng jadi atau bisa juga diganti dengan sediaan bawang bombay goreng/deep-fried onions (Inggris)/Rostzwiebeln (Jerman) yang banyak tersedia di supermarket.

Bawang Goreng halus juga bisa anda tambahkan ke dalam adonan Bakso, ditanggung Bakso anda akan semakin gurih dan lezat tanpa bahan penyedap. Tidak percaya, silahkan buktikan sendiri ;-)

Cara Membuat:

  1. Cuci bongkol jagung kemudian sisir dengan pisau untuk melepaskan dari bongkolnya.
  2. Ulek atau blender jagung agak kasar. Taruh dalam mangkok yang agak besar. Sisihkan.
  3. Kupas bawang merah, iris halus dan goreng hingga renyah dan berwarna kuning keemasan. Tiriskan.
  4. (Lewati step di atas jika anda memakai sediaan bawang goreng jadi).
  5. Haluskan bahan bumbu halus dengan ulekan dan cobek.
  6. Tambahkan bawang merah goreng ke dalam cobek, ulek kasar bersama bumbu sambil diaduk hingga rata.
  7. Masukkan bumbu halus dan telur ke dalam mangkok jagung. Aduk hingga benar-benar rata.
  8. Tambahkan terigu, aduk kembali hingga rata. (Adonan memang agak encer, jadi jangan menambahkan terigu terlalu banyak supaya rasa jagungnya optimal)
  9. Cicipi, tambahkan garam jika perlu dan aduk kembali hingga rata. Terakhir tambahkan irisan tongcai dan aduk rata.
  10. (Untuk anda yg tinggal di LN biasanya jagung terasa lebih manis daripada jagung lokal, lebih baik jika adonan terasa agak asin daripada terlalu manis).
  11. Panaskan kurang lebih 150 ml minyak goreng dengan api sedang.
  12. Tuang adonan dengan sendok makan berbentuk pipih-lonjong. (Adonan tidak bisa dibentuk dengan tangan karena terlalu lembek).
  13. Goreng dan balik hingga kedua sisi matang dan berwarna kecoklatan. Tiriskan.
  14. (Beri jarak antara satu sama lain saat menggoreng supaya bakwan tidak saling menempel).

Catatan Tambahan:

  1. Pastikan bentuk bakwan/perkedel tidak terlalu tebal supaya benar2 matang sampai ke dalam. Kira2 terbentuk 16 buah.






Reviews & Comments


  |  2014-08-09 00:42:02

erlin from Finland says:

Mbak Endang, kalau pakai jagung yg di freezer bs gk?

Erlin terus terang saya gak bisa jawab karena belum pernah tapi saya rasa setelah didefrost pasti sama kayak jagung umumnya dan bisa dimasak seperti biasa. Saya ada saran lain kalau Erlin mau. Pakai saja sediaan jagung manis pipil kalengan yg banyak tersedia di supermarket. Kalau ini saya tahu hasilnya pasti OK. Silahkan coba dech. Semoga membantu ;-)....Selamat berakhir pekan.. Endang


  |  2014-11-11 09:58:01

irma rusliana from cililitan jakarta says:

salam kenal sebelumnya :) makasi ya mba resepnya...aku seneng bgt nemu blogmu resepnya gampang dicoba...sederhana...dan ada pictnya jd membantu bgt... ak udh coba bakwan jagungnya...enak bgt..tp aku ga pake tongcainya :D

Hallo Irma salam kenal kembali ;-). Selamat yang sudah nyasar kemari, saya pasang step by step gambar biar mudah diikuti dan menggoda iman untuk mencoba he he. Resep yang enak tak harus ribet asal bumbu dan masaknya benar dari hati. Banyak lho resep simpel yang enak, silahkan coba : Tumis Kangkung, Ayam Goreng Mentega atau Mie Goreng extra pedaaaaaaaaaaas ;-). Selamat Bereksperimen. Terima Kasih untuk apresiasinya. Salam....Endang


  |  2014-11-14 09:19:21

irma rusliana from cililitan jakarta says:

yaaa mbaaa ak sampe bingung loh mau nyoba yg mana dulu..kmaren udh nyoba tempe mendoan...enak :D suami dan ade iparku suka :D ngomong-ngomong mba endang ini asalna dri kota amana ya

Irma sudah bisa jualan Tempe Mendoan dong ha ha ha. Belajar pelan-pelan Non nanti lama2 memasak menjadi hobby yang menyenangkan ;-). Saya asli dari Kediri - Jatim, desa kelahiran saya tempatnya kurang lebih 20 km dari kaki Gunung Kelud ;-). OK selamat mengeksplorasi bakat dan uji nyali. Selamat berakhir Pekan. Salam....Endang


  |  2015-07-30 21:27:22

fransisca anetzeder from Germany says:

Hai mb Endang... Kalo tepungnya pake Maismehl bisa ga mba?

Hallo Fransica?? Apa khabar lama gak absen ha ha. Tentu saya bisa mungkin malah lebih pas tuch pakai Maismehl jadi rasanya benar-benar jagung murni. Selamat Mencoba...Semoga Mak Nyuss hasilnya. Salam....Endang


  |  2015-09-08 21:50:17

liss farida from jakarta says:

maaf kak itu tongcai apa kucai?

Halo Liss. Terima Kasih untuk inputnya. Yang benar kalau di Indonesia namanya kucai yang batangnya kecil-kecil itu. Kalau tongcai mirip bawang prei ya tapi lebih kecil bentuknya. Resep sudah saya koreksi. Salam...Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari