Bakso

Bahan:

  1. 500 gr daging sapi yang bagus atau tidak berlemak, giling
  2. 100 gr tepung tapioka atau bisa diganti dengan tepung maizena
  3. 1 butir telur
  4. 3 sdm bawang merah goreng
  5. 2 butir bawang putih
  6. 1/2 sdt merica
  7. 1 sdt garam atau sesuai selera
  8. 1 sdt gula putih atau sesuai selera
  9. 100 ml air es

Bahan Kuah:

  1. 2 liter kaldu (ganti dengan air atau air bekas merebus pentol bakso jika tak ada)
  2. 3 buah bawang putih, geprak
  3. 1/2 sdt lada bubuk
  4. 1 buah bawang bombay, cincang halus
  5. 1 batang daun bawang, iris menyerong
  6. 1 sdt kaldu bubuk rasa daging
  7. garam secukupnya

Pangsit:

  1. 10 lembar kulit pangsit goreng / wantan

Bahan Pelengkap:

  1. Bawang merah goreng
  2. 2 buah dauh bawang, iris halus
  3. Mie kuning / Bihun atau Suun, rebus, tiriskan
  4. Sawi hijau atau caisin (jika suka), rebus, tiriskan
  5. Kecap Manis
  6. Saos Tomat
  7. Sambal Bakso
Bahan Bakso
Bumbu Bakso
Bawang Goreng Untuk Bakso
Bumbu Halus Bakso
Daging Untuk Bakso
Menggiling Daging
Daging Giling Campur Telur
Daging Giling Bakso
Bumbu Halus Campur Air Es
Bumbu Campur Tepung Tapioka
Adonan Bakso
Menguleni Adonan Bakso
Panci Perebus Bakso
Membentuk Bakso
Merebus Bakso
Bakso Matang
Membuat Pangsit
Membentuk Pangsit
Mengelem Pangsit
 Menggoreng Pangsit
Pangsit Goreng
SawiUntukBakso
Bakso Daging
Bakso

Bakso

Sumber: Hasil eksperimen "try dan error" dari beberapa buku resep.

Tips!!

Siapa yang tidak kenal Bakso? Bisa dibilang Bakso adalah Makanan Sejuta Umat ha ha ha. Gimana nggak? Bakso adalah satu2nya makanan rakyat yang bisa kita temui di manapun di seluruh kawasan Nusantara, mulai dari restauran mewah di hotel berbintang lima, di warung2 sepanjang jalan di Indonesia atau di gerobak makanan yang didorong oleh Abang Bakso dari kampung ke kampung. Makanan ini bisa disantap kapan saja tak kenal waktu: pagi, siang, sore bahkan sampai waktu tengah malam. Enak dinikmati saat turun hujan sampai panas terik yang menyengat, dilengkapi dengan saus sambal yang pedas.. wah bisa2 bikin kita mandi keringat sambil ber hah hah huh huh sekaligus puassssssss ;-).

Ngomong2 membuat Bakso yang enak dan lezat tidak sesulit yang anda sangka. Kelezatan Bakso bukan terletak pada penyedap masakan atau bahan yang aneh2. Kuncinya cuma sederhana, yaitu : Tambahkan bawang merah goreng yang dihaluskan bersama bumbu ke dalam adonan Bakso. Dijamin Bakso akan terasa gurih dan lezat seperti yang anda harapkan. Penasaran?? Silahkan buktikan sendiri!!

Tipps penting untuk membuat Bakso: 1. Pilih daging yang bagus dan tidak berlemak dan giling sendiri. Jangan menggunakan daging giling jadi yang tersedia di Supermarket karena daging jenis ini banyak mengandung lemak dan bakso akan ambyar saat direbus atau paling tidak bentuknya benjol2 tidak karuan. 2. Saat awal perebusan, rebus bakso satu dulu, tunggu sampai matang dan terapung kemudian rasakan. Jika kurang asin atau manis tambah garam atau gula secukupnya, aduk kembali adonan sampai rata. Coba rebus satu lagi, rasakan...begitu seterusnya sampai rasa sudah benar2 pas sesuai selera anda, baru bulat2kan dan rebus semuanya. Langkah ini penting untuk anda ikuti karena kalau sudah terlanjur direbus dan rasa bakso hambar atau tidak enak, bakso tidak bisa dirework alias masuk tong sampah (dari pengalaman sendiri nich hehehe). 3. Hati2 dalam memilih kulit pangsit atau wantan. Kulit wantan terdiri dari 2 macam yaitu wantan sup dan wantan goreng. Kalau ketukar, ditanggung dalam waktu 2 jam pangsit anda akan lemas dan loyo. (dari pengalaman pribadi juga ha ha...Kasihan dech gua). So sekian dulu seminar tentang proses pembuatan Bakso. Selamat Mencoba dan semoga sukses OK..

Cara Membuat:

  1. Bakso: Haluskan bawang putih, bawang merah goreng, garam dan gula dengan cobek. Sisihkan.
  2. (Jika anda menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu, masukkan bahan di atas ke dalam blender, tambahkan 50 ml dari air es untuk mempermudah proses penghancuran, blender sampai halus).
  3. Haluskan daging bersama telur dengan blender atau food processor. (Iris daging kecil2 sebelumnya untuk mempermudah proses penghancuran).
  4. Campur bumbu halus dengan sisa air (jika ada) dan tepung tapioka. Aduk hingga rata.
  5. Tambahkan daging halus, aduk atau uleni adonan bakso dengan tangan hingga rata.
  6. (Adonan juga bisa anda campur di dalam food processor jika mangkoknya cukup besar atau jika anda malas menguleni dengan tangan).
  7. Sebelumnya didihkan 3 lt air di dalam panci yang besar, tambahkan 1 sdt garam. Setelah mendidih, kecilkan api.
  8. Bulatkan 1 buah bakso, rebus dan cicipi. Tambahkan garam dan gula jika perlu.( Silahkan ikuti tipp yang sudah saya jelaskan di atas).
  9. Jika rasa udah pas, sisihkan sedikit adonan untuk pangsit jika anda suka. Bulat2kan sisanya dan rebus sampai matang. (Kurang lebih untuk 50 biji)

Pangsit Goreng:

  1. Pangsit Goreng: Isi tiap lembar dengan 1 sdt adonan bakso yang sudah disisihkan, lipat segitiga, lalu rekatkan kedua ujung dengan sedikit air.
  2. Goreng pangsit dalam minyak panas sedang sampai kekuningan.

Kuah:

  1. Kuah : Didihkan kaldu atau air.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai matang dan berbau harum.
  3. Masukkan tumisan ke dalam kuah.
  4. Tambahkan irisan daun bawang, garam, merica dan kaldu bubuk.
  5. Tambahkan gula jika suka.
  6. Masukkan bakso rebus ke dalam kuah.

Cara Penyajian:

  1. Tata mie rebus dan sayur di dalam mangkok saji.
  2. Tambahkan bakso dan pangsit goreng. Siram dengan kuah.
  3. Taburi daun bawang dan bawang goreng.
  4. Terakhir tambahkan kecap manis dan sambal sesuai selera.






Reviews & Comments


  |  2012-11-28 20:00:40

hakilsa from blitar says:

tpung apa sja yang boleh buat bakso selain tpung maezina/tapioka

Waduh Boss. Cuman kedua tepung itu yg saya tahu, lainnya blm pernah nyoba. Tp lebih enak lagi Bakso kl gak pakai tepung alias daging murni he he. Airnya dikit aja biar gak lembek. Cuman ya itu enak di perut, bikin dompet bangkrut ;-)


  |  2012-12-07 22:52:03

omolewa from mississauga says:

udah pernah nyoba, hmmm yummy deh pokoknya makasih buat resepnya :)

Hallo Omolewa. Selamat udah berani uji nyali dan hasilnya sukses. Thx for ur appreciation. Salam..Endang


  |  2013-01-31 19:15:40

Liana Uegaki from Yokohama says:

mencari resep bakso jumpa sini mau coba ...tentu sedap buat bekalan untuk anak ke sekolah dan suami kerja ... ;D

Ayo Liana. Silahkan dicoba secepatnya. Semoga Suami dan Anak tersayang suka dengan bakso buatan sendiri. Thx sudah nyasar ke sini. Salam..Endang


  |  2013-03-21 21:25:03

harry manson from london, england says:

wow resep in indonesia really good to me, my family love this resep. Thanks for this resep.

Hallo Harry!! Glad to hear that ;-) It drives me crazy to make this site getting better & better lol. Thx for your sincere appreciation. Have a nice cooking & enjoy our Indonesian foods. Regards....Endang


  |  2013-05-13 20:18:32

iim rohimah from Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia says:

nice posting...bakso emang selalu dicari orang. saya sendiri ingin banget bisa bikin bakso sendiri, biar gak harus beli, hehe... apalagi kalau kumpul keluarga, enaknya sih bikin masal tanpa harus nyari ke tukang bakso. trims infonya, mba...

Hallo Iim. Ayo silahkan dicoba secepatnya. Seperti saya tulis di atas, bikin bakso yg enak nggak susah kok. Selamat bereksperimen dan semoga sesuai selera. Salam...Endang


  |  2013-05-13 20:25:11

Julia Adam from Kuala Lumpur, Malaysia says:

Wow..this is my fav indonesian food..selalu makan di gerai yang berhampiran disini. With this resep I want to try to make it my own ;-) thanks.

Hallo Julia. Glad to hear that. Ayo silahkan dicoba biar tak perlu beli lagi ke gerai sebelah ;-) . Wish you a happy cooking & enjoy your home-made Bakso ;-) . Regards...Endang


  |  2013-05-13 20:16:02

waty from kaltim says:

boleh juga nih di coba,hmmm pasti enakkkk

Emang enak he he.. Lagian kalo bikin sendiri bisa makan sepuas-puasnya. Ayo silahkan dicoba Wati..semoga sukses. Salam...Endang


  |  2013-05-26 19:27:50

Martha from Medan says:

Mmg bs halus hanya menggunakan blender ? Mksh

Hallo Martha. Bisa tapi daging diiris dulu agak kecil2 dgn pisau, baru diblender sedikit2 jg, jangan langsung sekalian. Apalagi kl anda pakai food processor yg biasanya dilengkapi pisau khusus u/ memblender daging akan lebih mudah. Salam...Endang


  |  2013-07-28 20:46:54

natasa from bangka says:

Kalau untuk bikin bakso ikan bahannya apa bahannya sama aja. Tq

Hallo Natasha. terus terang saya nggak bisa jawab soalnya belum pernah. Kl resep saya rasa sama cuman mungkin airnya dikurangi biar nggak terlalu lembek, soalnya daging ikan kan lebih banyak mengandung air. Semoga membantu. Salam...Endang


  |  2013-08-24 11:26:53

adella from says:





  |  2013-09-03 08:59:16

anjani from bandung ,jabar says:

i like it,,,i want try it,,,hehe jadi gak sabar pengen buat untuk suami,,,hehe

Hallo Anjani. Ayo ..ayo silahkan dicoba secepatnya. Siapa tahu cocok dengan selera suami. Selamat mencoba dan semoga sukses. Salam...Endang


  |  2014-05-29 12:54:51

Ida from China says:

Nyam..nyam.. Jadi ngiler liatnya. Saya kan orang Indonesia, suami saya orang China. Mau ga mau terpaksa ikut suami tinggal di China. Saya ingin sekali mencoba resep ini, saya juga sudah rindu masakan Indonesia (terutama bakso daging sapi). Tapi sayang nya disini saya ga nemu bawang merah kecil, ada juga yang gede2 banget. Padahal kan yg bikin gurih bawang merah. Gimana nih, apa enak pake tanpa bawang merah kecil ?

Ida beli saja sediaan bawang goreng jadi banyak dijual di toko asia biasanya produk dari Thailand atau Vietnam. Itu yang sering saya pakai soalnya goreng sendiri malas ;-). Kalau tidak ada pakai bawang bombay goreng yang ini malah lebih banyak lagi di Supermarket. Bawang merah gedhe atau bawang merah perancis rasanya juga enak silahkan pakai. Selamat mencoba semoga sukses. Salam...Endang.


  |  2014-05-30 15:30:07

Ida from China says:

Alhamdulilah enak... Dan suami saya suka. Terimakasih resepnya

Selamat Ida bikin baksonya sukses cocok sama suami lagi ;-). Bakat koki juga nich! Ayo2 semakin semangat masak masak biar tambah disayang hubby he he. Terima Kasih Kembali sudah berani uji nyali ;-). Salam..Endang


  |  2014-05-31 10:41:46

Erlin from Finland says:

Terimakasih banyak mbak Endang resep baksonya. Enak banget, teman sy pd suka & mereka malah suruh sy buat lg baksonya. Oh ya, mbak endang tau gk resep ayam woku????

Erlin sekalian jualan bakso saja ha ha ha. Beneran nih tmn sy ada yang nerima pesenan bakso 1 kg/15. Sy ada resep ayam woku sobekan dr majalah Femina jadul, sy coba ntar aja kalau udah ada daun kemangi lagi nanam nich. Bahan: 1 ekor (750g)ayam, potong 12 bagian, 1 sdm jeruk nipis, 1 sdt garam, 3 sdm minyak, 2 batang serai memarkan, 7 lembar daun jeruk purut iris halus, 1 lembar daun pandan iris kasar, 1 lembar daun kunyit iris halus (skip saja kl gak ada), 150 ml air, 7 buah cabe hijau tumbuk kasar, 2 batang daun bawang iris tipis, 100 g daun kemangi, Bumbu, haluskan: 8 buah cabe merah, 4 butir cabe rawit merah, 8 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 4 butir kemiri, 2 cm kunyit bakar, 2 cm jahe, 1 buah tomat merah, 2 sdt garam,


  |  2014-05-31 10:30:33

Endang from Jerman says:

Lanjutan Resep Ayam Woku

Cara Membuat: -Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 30 menit. -Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan serai,daun jeruk, daun pandan dan daun kunyit, aduk rata. -Masukkan ayam, aduk rata. Tuangi air,didihkan. -Tambahkan cabai hijau,daun bawang,daun kemangi. Masak hingga cairan berkurang. Angkat. -Sajikan hangat. .......Selamat Mencoba dan Selamat Berakhir Pekan.. Salam..Endang


  |  2014-06-02 08:01:01

Erlin from Finland says:

Terimakasih banyak mbak untuk resep ayam woku nya. Akan sy coba nanti kalau sdh dpt daun kemangi nya.

He eh.kalau musim panas biasanya kemangi juga tersedia di toko Asin Erlin meski nggak sering...


  |  2014-07-06 00:01:35

zibrilroib from bekasi says:

klau baso di buat dari kentang bisa tdak ,thanks.

Hallo Boss. Ngomong2 bakso dari kentang, di Jerman sini ada olahan kentang yang mirip bakso dan cukup terkenal namanya "Kloesse". Coba cek di Internet atau pakai resep bakso ini, tinggal ganti dagingnya dengan kentang rebus yg dihaluskan dan tanpa penambahan air. Jadi seperti adonan perkedel. Prosesnya sama, test dulu satu bulatan, kalau masih belum kenyal dan terlalu lembek tambahkan lagi tepung kanji. Selamat Mencoba. Untuk melihat bentuknya lihat di link berikut http://www.chefkoch.de/rezepte/1716801280412225/Kloesse.html Salam...Endang


  |  2014-11-06 10:26:54

norizan from malaysia says:

Mahu coba, but i cant understand ingredient use for this bakso. Saya suka bangat bakso

Hallo Norizan ...please go to English version from this site at http://www.lestariweb.com/English/Bakso.php Hopefully it helps. Good Luck ;-). Endang


  |  2014-12-12 07:24:07

ayu wagiman from singapore says:

Thanks buat resepnya saya dah coba dan emang mantep

Halloy Ayu.. Selamat baksonya sukses!! Ternyata bikin bakso yang lezat tidak susah kan ;-). Lebih sehat lagi soalnya tidak pakai penyedap, coba kalau di Indoenesia setiap mangkok langsung dikasih miwon atau sasa seakan penyedap bumbu wajib racikan bakso ;-( . Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Terima Kasih sudha uji coba. Salam....Endang


  |  2015-02-04 20:45:52

Mamik from Toronto says:

Mantaaaaab jadinya ,,,,,, gara2 cari resep Mie ayam ada bakso juga langsung dech bikin saia

Jeng Mamik koki hebat nich, sekedar kesasar saja hasilnya mantap apalagi kalau sengaja ;-). Selamat Menikmati Bakso buatan sendiri. Thx sudah kesasar kemari. Mie Ayamnya juga enak lho ;-) Silahkan diuji coba. Salam....Endang


  |  2015-07-04 17:05:41

Afif from Bengkulu says:

Soal Pangsit nya yg ane blum paham..mhon pencerahan. Sbb stiap kali sy bli bakso gk ada tuh..,apa mata ini yg rabun...he...he

Hallo Afif, kalau di Jawa hampir semua warung atau Abang penjual bakso keliling pasti menyajikan pangsit juga. Terserah pembeli mau tambah pangsit atau bakso goreng dengan harga tambahan akan dikasih sama penjualnya. Saya kurang tahu kalau di Bengkulu. Bikin pangsit gampang, tinggal beli sediaan kulit pangsit jadi di Supermarket (kulit pangsit untuk digoreng bukan untuk sup), trus diisi sama adonan bakso kemudian digoreng. Bikinya coba lihat pada foto yang baru saya posting. Semoga mendapat pencerahan. Salam...Endang


  |  2015-09-08 22:20:07

Yanti Nuryanti from Hong Kong says:

mau nyoba resepnya ya

Silahkan Yanti. Selamat Bereksperimen Semoga Sukses. Salam....Endang


  |  2015-10-30 14:34:40

Indah from Kuala lumpur says:

Indah udah nyobain 2x nih mbak :D dari segi rasa enakkkkk!! percobaan pertama langsung habiss! Percobaan kedua karna bikinnya banyak, ada sisanya. Indah coba masukin freezer tp begitu dimasak lagi, jadi kurang kenyal(tp masih enak). Setelah di google sana-sini pantesan bakso2 di indo ternyata semuanya pake pengenyal: phosmix, sttp, keregenan, atau baking powder. Inshallah pada percobaan ke-3 Indah akan coba masukin baking bowder (pengenyal yg lain gak tersedia di KL). Hasilnya nanti akan di upda




  |  2015-10-30 14:36:38

Indah from Kuala lumpur says:

Hasilnya nanti akan di updates disini Inshallah. || INFO: untuk ngurangin biaya, indah bikin bakso nya dicampur pake daging ayam. Ternyata enakk!! Temen indah yg gak suka bakso aja jadi makan bakso, katanya "baksonya enak, bau-nya gak kuat juga, aku gak mau makan bakso karna bau-nya kuat, tp ini bau baksonya gak gitu kuat". Alhamdulillah. || TIP: klu indah lebih suka masukin daging/ayam nya sebentar ke freezer jadi gak perlu ditambahin lagi air es nya. Hasilnya adonan lebih kental. Ga




  |  2015-11-03 21:52:35

Indah from Kuala lumpur says:

Hasilnya adonan lebih kental. Gak tau kenapa rasanya jadi lebih enak dilidah. Maaf ya mbak, comment ku kepanjangan.

Hallo Indaahhhhhh. Thx banget untuk semua tipsnya. Hebat oiiiiiii. Itu harapan saya para pengunjung yang sudha uji nyali dan menemukan tips yang bermanfaat dibagi di sini. Saya tunggu hasilnya pakai Backing Powder Indah, ntar kalau fix positif akan saya posting di awal resep sebagai tips tambahan tentunya dengan mencantumkan nara sumber.O ya sedikit ide. kalau dalam pembuatan dawet biasanya ditambahkan air kapur sirih untuk mengenyalkan dawet, kira-kira bisa gak ya untuk bakso. Saya sendiri belum pernah nyoba ;-). Lagian kapur sirih lebih sehat daripada bahan kimia, ya nggak? Selamat Bereksperimen Semoga Hasilnya Sukses. Salam....Endang


  |  2016-01-14 17:56:49

dianty from Jakarta Timur says:

mbak..pake food processor merk apa ya..boleh minta rekomendasinya

Hallo Dianti. Yang saya pakai seperti di gambar itu merk Philips edisi Cucina keluaran tahun 2002 yg mungkin sudah tidak keluar lagi. Tapi Dianty tentu saja bisa memnbeli edisi Philips yang baru misalnya HR 7627 harganya sekitar 900 ribu - 1,1 jt. Semoga info saya membantu. Salam...Endang


  |  2016-01-19 19:35:12

aby from sabah says:

Tq resepinya...kalau bole hari2 mkn baksooooo.....mantap.

Wah makan bakso setiap hari bisa bosan juga Aby he he. Tapi emang betul Bakso makanan yang enak dimakan kapan saja. Thank You sudah mencoba resep dari kedai saya ;-). Salam....Endang


  |  2016-03-25 21:35:41

muhammad satir from sabah malsysia says:

Bakso memang enak tapi kat sini susah dapat yg sama rasanya di indonesia untung ada resepi saya tengok di google baru boleh makan bakso seperti saya duduk bakso gerobak di indonesia thanks endang

Hallo Pak Cik Muhammad ;-). Selamat Baksonya sukses dan sedap!!!! Hebat juga nich bakso bikinan sudah sama kayak bakso gerobak di Indonesia. Sudah bisa buka kedai kat situ kah ha ha ha ;-). Terima Kasih juga sudah sudi mencoba resep dari kedai saya. Salam....Endang


  |  2016-05-03 20:38:00

Aminah from Jakarta says:

Saya kurang sukses bikin ini mb Endang. Hiks. Rasa baksonya kurang sedap. Kurang kenyal. Sdh sesuai resep sih.. kenapa yaa

Hallo Jeng Amninah. Turut berduka nich Baksonya kurang sukses. Aduh saya jg kurang tahu nich kira2 penyebabya apa, kurang garam kah? jumlah bawang goreng kurang? Atau mungkin kualitas daging yang dipakai? Kalau masalah kenyal, tuch ada komentar di atas dari Indah di KL, katanya ditambahin soda kue bisa membuat bakso lebih kenyal. Silahkan coba siapa tahu membantu. Yang jelas jangan bandingkan kekenyalan basko di penjual bakso sama buatan sendiri. Karena mereka kadang memakai bahan pengenyal kimia ya tidak layak dikonsumsi misal tawas. Semoga memberi pencerahan ;-). Coba aja lagi, saya jgua sering kok praktek Gatot alias Gagal Total ;-(. Salam...Endang


  |  2016-07-31 10:48:30

intan from johor bahru, malaysia says:

thank resepinya...belum cuba lg..In shaa Allah kalau dah cuba buat akan share kat sini

Gimana Intan....sudah praktek? Ditunggu hasilnya ;-)


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari