Ayam Taliwang

Bahan:

  1. 1 ekor ayam utuh ( 1000 gr), cuci bersih.
  2. 100 ml minyak goreng
  3. 1 buah jeruk limau ( Bisa diganti dengan jeruk nipis)

Bumbu Halus:

  1. 12 buah cabai merah keriting
  2. 3 - 5 buah cabai rawit merah
  3. 10 butir bawang merah
  4. 5 butir bawang putih
  5. 2 buah tomat
  6. 4 cm kencur (ganti dengan 1 sdt kencur bubuk jika tak ada)
  7. 25 gr gula merah, sisir
  8. 1 sdt terasi goreng
  9. 2 sdt garam
Bahan Ayam Taliwang
Bumbu Ayam Taliwang
Ayam Utuh Taliwang
Air Jeruk Nipis Untuk Ayam Taliwang
Ayam Taliwang Dimarinade
Ayam Taliwang Dipanggang
Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Asal: Lombok - Nusa Tenggara Barat

Sumber: Kumpulan Resep Indonesia

Catatan..

Ini dia salah satu ikon kuliner dari Pulau Lombok - Nusa Tenggara Barat : Ayam Taliwang. Resep favorit suami saya, tapi versi yang nggak pedas pedas banget ;-) Konon masakan ayam berbumbu ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rasanya?? ditanggung anda puas. Bumbunya yang pedas-pedas nikmat dan menyelimuti daging ayam saat ayam dibakar hhhmm...sedap. Ditanggung bikin anda berkeringat dan puas ha ha ha.

Catatan : Dalam resep asli Ayam Taliwang cabai yang dipakai adalah cabai merah keriting. Sayangnya cabai jenis ini susah didapatkan di tempat tinggal saya sekarang jadi terpaksa cabainya saya ganti dengan cabai merah besar biasa hanya rasa pedasnya saya ganti dengan cabai rawit. So bagi anda yang mempunyai problem serupa silahkan pakai cara ini. Ditanggung rasa pedasnya tetap bikin hah hah huh huh ;-) So untuk saudara saudari dari Tanah Lombok mohon maaf atas kekurangan di atas.

Cara Membuat:

  1. Belah ayam di bagian dada hingga ke arah leher sampai putus.
  2. Balikkan ayam kemudian tekan bagian punggungnya hingga ayam terbuka, kaki dan sayap mengarah ke luar.
  3. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Tambahkan sedikit minyak dlm blender jika perlu.
  4. Tumis bumbu halus dalam wajan yang agak besar sampai matang dan berbau harum. Aduk sekali-kali.
  5. Perlu waktu kurang lebih 10 - 20 menit untuk menumis sampai air menyusut dan bumbu relatif kering menyerupai sambal.
  6. (Hati-hati dengan tangan anda karena bumbu meletup-letup saat ditumis).
  7. Panaskan oven dengan suhu 200°C.
  8. Angkat bumbu dari api kemudian beri perasan air jeruk limau / nipis. Cicipi, jika perlu tambahkan garam & gula sesuai selera.
  9. Lumuri ayam dengan setengah porsi bumbu hingga rata.
  10. Siapkan loyang datar ukuran besar yang sudah diolesi minyak atau dialasi dengan aluminium foil dulu kemudian diolesi minyak. (supaya loyang lebih mudah dibersihkan)
  11. Letakkan ayam dengan agian dada menghadap ke atas.
  12. Panggang di dalam oven selama 30 menit. Kemudian balik ayam dengan bagian punggung menghadap ke atas.
  13. Olesi sekali lagi dengan bumbu dan panggang lagi selama 30 menit.
  14. Oleskan sisa bumbu sekali-kali. Angkat dan sajikan dengan nasi dan Pelecing Kangkung.

Catatan:

  1. Jika suka bakar ayam panggang di atas bara api sambil diolesi sisa bumbu hingga agak kering.






Reviews & Comments


  |  2012-08-20 22:52:36

Daning from Probolinggo says:

Ayam Taliwang memang ngangenin,pedasnya itu lho !

Setujuuuuu :-)


  |  2012-09-05 18:03:02

hotib from jatim says:

kayak apa rasanya y????

Wah susah neranginnya Boss. Yang jelas paduan antara pedasssssssssss, gurih dan nikmat. Makanya dicoba dan buktikan sendiri. Ntar tahu rasanya. Ditanggung gak bakalan nyesel dah ;-) Salam Endang


  |  2012-11-03 21:28:11

kusyairi from jakarta says:

Mantab,,

udah dicobain Boss?? he he..


  |  2012-11-06 17:21:25

shally from batam says:

hemmm klamaan klu dipanggang,tp enak y

He eh. Saya juga biasanya langsung santap dari oven. Itupun sudah Mak Nyuss he he..


  |  2012-11-09 17:43:38

Iwan from Bandung says:

Bner bgt neh ayam taliwang emang paling makkknyuuusss

He eh.....setuju dengan Iwan ;-) Emang Mak Nyuss !!!


  |  2013-01-31 19:13:45

rizal ristawan from yogyakarta says:

Ayam taliwang ada yg jualan d daerah yogyakarta, bhkn msakan lombok bnyak di jumpai dsni tp gak pas sma msakkn lombok asli, Jd pngen cpt" pulkam

Rizal daripada nungguin pulang kampung, cobain masak sendiri dong he he..


  |  2013-04-12 17:17:12

yeyen from says:

kyaknya wenax tuc aku maw coba moxa2 okk

Emang enak. Makannya sambil merem melek kepedasan tapi rasanya hmmmmmmmmmm..sedap :-)


  |  2013-05-13 20:25:48

trie from batam says:

Mantepp..apa lagi aq ska pdes.

Emang rasa pedasnya yang bikin ketagihan ;-)


  |  2013-06-17 12:57:22

Tina from Magelang says:

Tanya dong..itu trasinya digoreng pake minyak? Engga disangrai?

Hallo Tina. Digoreng sudah cukup, tapi kalau Tina mau sangrai ya silahkan. Toch nanti dicampur dan ditumis bersama bumbu nggak ada akan bedanya. Iya nggak ? ;-) Selamat Mencoba. ...Salam..Endang


  |  2013-07-28 20:32:57

Amy Betawi from Senggigi says:

Biasanya kalo kita makan di Lombok, ayam taliwang tsb ditmani dua madam sambal, yang pedas dan tidak pedas. Yang tidak pedas itu bumbunya apa ya? Tolong dong kalo ada yang tau. Terima kasih sebelumnya.

Hallo Amy. Maaf saya sendiri juga belum tahu kalau ada sambal yang tak pedas untuk Ayam Taliwang. Mungkin ada rekan2 lain yang bisa jawab pertanyaan Amy. Sebelumnya makasih untuk infonya. Salam...Endang


  |  2013-08-25 15:35:36

dwi from darwin, australia says:

Makasih ya resepnya, aku tadi pas Baca resep ini langsung aku praktekin . Tapi gak pakai oven aku pakai BBQ dengan api sedang selama 1 jam Dan hasilnya uenak banget. Suamiku suka sekali :)

Hallo Dwi. Selamat ya udah berani uji nyali, langsung dibikin BBQ lagi, saya malah belum pernah ;-). Thx juga untuk sharingnya. Ayo silahkan coba resep2 yg lain siapa tahu cocok buat Hubby ;-). Salam...Endang


  |  2013-09-03 08:58:17

Sisi from Jakarta says:

Emang ayam taliwang aje gile muantap abizzz,,,

Iya nich sampai yang makan juga ikutan gila keenakan ha ha ha


  |  2013-09-12 17:52:18

Dian Masjoen-Losso from Slovakia says:

THX yaaa!!

Sama-sama Dian. Sudah kepedasan nich he he. Pedas-pedas tapi nikmat itulah ayam taliwang. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam Kuliner...Endang


  |  2013-10-21 18:22:14

idhax from luwuk sulteng says:

Mantap ku lgsg coba rasene puuuol maknyuuuz bikin ketagihan makin di syg suamiii hehehehe

Hallo Idhax..Selamat percobaaannya sukses. Bakat jadi koki jg nich ;-) Ayo..silahkan dicoba resep2 yang lain biar suami tambah sayaaaaaaaaaaaaaaaaang lagi he he. Salam...Endang


  |  2013-10-21 18:24:50

Luailiyah from Shah Alam,Selangor says:

Lagi nyari resep bumbu ayam bakar nie,InSyaa ALLAH maw nyoba Ayam Taliwang...mdh2an menjadi Kalo rasanya pas__boleh jual nie;)_tq bngt ya..

Hallo Luailiyah. Ayo silahkan dicoba. Udah ada beberapa yang bikin dan rasanya cocok tuch. Syukur kalau bisa dijadikan usaha buat nambah rejeki ;-). Selamat mencoba dan semoga sukses. Salam...Endang


  |  2014-10-23 16:28:44

wanti from cilacap says:

ngangenin banget tuh rasanya bikin ketagihan terusssss, makyusss

Setujuuuuuuuuuuuuuuu Wanti. Ayam Taliwang memang enak gila saya juga gak bosan2 sama menu satu ini dan setiap bikin langsung ludes ;-)


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari