Ayam Rica Rica

Bahan:

  1. 500 gr ayam, potong sesuai selera
  2. 2 batang serai, dimemarkan
  3. 6 buah bawang merah dirajang
  4. 1 lembar daun pandan , iris tipis
  5. 4 lembar daun jeruk purut
  6. 150 ml air
  7. 1 buah jeruk nipis
  8. 1 buah tomat, iris tipis
  9. minyak untuk menumis
  10. garam secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 6 bh cabe merah
  2. 10 cabe rawit merah ( jika suka pedas)
  3. 3 bh bawang putih
  4. 2 cm jahe

Bahan Taburan:

  1. 1 tomat, iris tipis
Bahan Ayam Rica Rica
Ayam Rica Rica

Ayam Rica Rica

Asal: Manado / Minahasa - Sulawesi Utara

Sumber: Rudy Choiruddin

Catatan..

Masakan khas dari Menado ini tentunya sudah tak asing lagi bagi kita atau paling nggak sudah sering dengar di telinga. Paduan antara rasa pedasssssssssss, gurih dan aroma sedap dari irisan daun pandan hmmmmmmmmm.. Sayangnya kali ini daun pandan terpaksa absen karena tidak tersedia stok di toko Asia. Harap dimaklumi atas keterbatasan di atas.

Anyway...untuk anda yang belum pernah mencicipi atau sudah sering makan di luar tapi ingin membuat sendiri tidak ada salahnya anda mencoba. Tidak susah kok....

Cara Membuat:

  1. Haluskan cabai merah, cabai rawit merah bawang putih dan jahe. Sisihkan.
  2. Tumis bawang merah, serai dan daun pandan hingga bawang berwarna kecoklatan.
  3. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan daun jeruk purut, aduk hingga matang dan berbau harum.
  4. Kemudian masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warnanya, tambahkan air, kecilkan api dan tutup.
  5. Diungkep hingga airnya agak mengering sambil sekali-sekali diaduk-aduk.
  6. Tambahkan irisan tomat, masak sebentar hingga layu. Angkat.
  7. Tambahkan air jeruk, aduk hingga rata.






Reviews & Comments


  |  2012-07-03 18:00:59

Yuli Lismawati from Hessen Germany says:

Tolong di muat resep empek empek pp Pla

Hallo Lisma. Thx sudah mampir. Mpek - Mpek mohon sabar ya nunggu giliran. Selain itu bahan dasar Empek2 alias ikan tenggiri tidak tersedia di Jerman. Harus eksperimen dulu cari ikan pengganti yang cocok. Salam Endang


  |  2012-09-09 00:15:25

budi utami from singapore says:

mantafffff pa lgi ku pengemar cabe hehe mohon resep baksonya plus pangsit gorengnya mksh i love ur way to cooking

Hallo Budi Utami. PR anda alias pesanan resep Bakso sudah saya kerjakan hari ini 08/09/12 setelah lama tertunda. Silahkan lihat di sub directory Indonesia di sebelah Home. Selamat mencoba & thx for your appreciation ;-) Salam...Endang


  |  2012-09-25 18:25:37

rose from batam says:

makasih ya resepnya..

Halo Rose. Sama - sama. Thx untuk kunjungannya. Salam..Endang


  |  2012-12-04 20:28:47

cici from qatar says:

kl utk bikin mpek2..bs pk ikan pomfret kl ya mba?krn disini juga sm bingung nya nyari ikan pengganti tenggiri:)

Cici, ada yg bilang semua ikan air tawar & ikan laut bs dibuat mpek2 sebagai pengganti tenggiri tp ikan laut lebih amis. Coba Tilapia, Cod or Red Snapper kali aja cocok??. Sy jg masih coba ini itu ;-)


  |  2013-04-30 17:46:50

Sandy Wahyu from Surabaya, East Java, ID says:

ini ga pake garam sama sekali ya? thanks.

Hallo Sandy. Dari referensi resep tidak tercantum garam tapi dalam prakteknya tentu saja saya pakai. Masakan tanpa garam pasti gak karuan rasanya ;-), jadi lebih baik saya koreksi & tambahin sekalian. Thx untuk masukannya. Salam..Endang


  |  2013-05-27 21:37:05

from says:

Mbak Endang, request resep cakalang fufu yang uenakk donk ya. Ditunggu lhoo.. :)

Waduh Boss Terima Kasih untuk masukan & kepercayaannya ;-). Masalahnya Ikan Cakalang gak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Ntar kl saya ganti ikan asap asal2an bisa didamprat habis2an nich ;-( Sabar ya harus riset dulu. Salam Kuliner...Endang


  |  2013-06-28 07:06:21

dian from jawa says:

makasih atas resepny.. kalau bisa resep kue juga ya...

Hallo Dian. Thx untuk motivasinya. Terus terang saya kurang ahli dech kalau bikin kue. Kl jajanan pasar tradisional akan saya usahakan nyoba satu persatu. Untuk kue sy serahkan ke ahlinya saja ;-). Salam...Endang


  |  2013-09-21 20:50:27

chandra from aceh says:

good cooking,

Agree Chandra ;-) Hot but delicious !!


  |  2013-09-27 08:23:07

antonie edi from kalimantan says:

Tks rica rica nya mantap sdh sy coba ternyata manta. Salam iss world

Terima Kasih kembali Antonie. Yang barusan nyoba pasti bertangan dingin juga nich..masakannya mantap ;-). Ayo..ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Banyak yg tak kalah mantap lho ;-). Salam....Endang


  |  2014-07-11 11:24:27

ana from tangerang says:

Mba endang, kapan masukin tomat nya?

Hallo Non Ana. Ha ha sorry kelupaan ;-) Tomat ditambahkan terakhir biar nggak kematengan gitu. Resep sudah saya koreksi sekalian. Makasih untuk masukannya ;-) Salam....Endang


  |  2014-07-31 20:35:44

diana from jakarta says:

Mau tnya , sbnr nya utk bumbu yg di hluskan utk ayam rica2 tu,apa ja ya yg bnr , soal'y dr stiap resep yg sya liat berbeda ada yg tdk pkai bw.merah dan ada yg tdk pke bw.putih. Makasih Sblm nya

Hallo Diana, jangan dibawa serius banget dong ;-). Dalam setiap resep tak peduli resep apapun memang sll ada beda sedikit di sana sini. Di kalangan orang Manadopun mungkin tak bakal persis sama. Kl menurut saya bumbu wajib rica2 yg jelas cabe, bawang putih dan jahe ( sebaiknya ketiga bumbu dihaluskan). Krn ada versi di mana jahenya cm dimemarkan. Jadi Diana bikin percobaan sj, pakai bawang merah dan tidak pakai, ntar mana yg lebih enak itu yg dipakai ;-). Trus untuk daun2an, orang asli Manado pakai daun kemangi, daun bawang dan daun pandan tp kadang orang kurang suka daun pandan jd dilewatin. Mana yg benar?? Gak bisa kasih penilaian juga, krn selera lain2. OK? ;-) Semoga mendapat pencerahan dan silahkan bereksperimen sampai menemukan versi resep yg pas. Salam...Endang


  |  2014-08-29 20:02:13

bagas from bandung says:

Ayam Rica super pedasss...mantap banget!!

Setuju Bagas....makin pedas makin nikmat bisa nambah nasi terus ha ha ;-). Ayo cobain juga resep Ayam Woku Belanga rasanya tak kalah dahsyat !! Salam...Endang


  |  2014-10-13 07:31:25

jhois from Porong-jawa timur says:

webnya sangat membantu bagi yang mau belajar masak..terimakasih ya Bu..

Sama2 Jhois ;-). Itu juga harapan terbesar saya, mengajak generasi muda Indonesia dan siapa saja untuk mengenal kembali dan belajar masakan tradisional supaya tak punah terlindas jaman. Semua orang bisa masak asal mau belajar ;-). Selamat Bereksperimen semoga menjadi hobby yang menyenangkan. Terima Kasih juga sudah mampir. Salam ....Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2014 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari