Ayam (Panggang) Bumbu Rujak

Bahan:

  1. 2 paha ayam bagian atas dan bawah (600 gr), cuci bersih.
  2. 250 santan kental
  3. 3 helai daun jeruk purut
  4. 1 serai, ambil bagian yang putih, geprak
  5. 3 lembar daun salam
  6. 2 cm lengkuas, geprak
  7. 1 sdt asam, larutkan dengan 2 sdm air
  8. 1 sdt garam

Bumbu Halus:

  1. 4 buah cabai merah, buang bijinya
  2. 5 buah cabai rawit
  3. 5 butirr bawang merah
  4. 3 butir bawang putih
  5. 5 butir kemiri
  6. 2 cm jahe
  7. 1 sdt ketumbar bubuk
  8. 2 cm kunyit atau 2 sdt kunyit bubuk
  9. 2 sdt gula merah
Bahan Ayam Panggang Bumbu Rujak
Menumis Bumbu Rujak
Ayam Dimasak Bumbu Rujak
Ayam Bumbu Rujak Dengan Santan
Ayam Bumbu Rujak
Ayam Panggang Bumbu Rujak
Ayam Panggang Bumbu Rujak

Ayam (Panggang) Bumbu Rujak

Asal: Jogjakarta

Sumber: Kumpulan Resep Indonesia

Catatan..

Rasanya hhhhmm.....paduan antara pedas-pedas gurih dan sedap ;-). Mau dimakan bersama kuahnya alias masih bernama "Ayam Bumbu Rujak", rasanya sudah sedap. Mau dimasak sampai santan mengering, dipanggang kemudian dinikmati sambil mencocol sausnya juga tambah enak. Fleksibel khan sesuai judul di atas ;-).

Sebagai catatan resep sudah saya modifikasi sesuai ketersediaan bahan dan kebutuhan. Karena anggota keluarga saya yang lain tidak bisa makan pedas jadi saya memakai trik supaya hasilnya bisa memuaskan semua pihak. Cabe rawit merah plus masih saya tambahin beberapa cabe rawit hijau (tanpa tangkai) saya biarkan utuh dan saya masukkan bersamaan dengan santan. Nantinya saya makan ayam panggang ini sambil nglethus cabe sementara anggota keluarga yang lain bisa ikut menikmati hidangan tanpa harus kepedasan. Jika anda punya masalah yang sama ada baiknya trik ini anda coba. O ya bumbu boleh anda buat dobel bahkan triple sesuai selera. Semakin banyak bumbu semakin nikmat!!! Tidak percaya?? Silahkan buktikan sendiri.

Cara Membuat:

  1. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Tambahkan sedikit minyak dlm blender jika perlu.
  2. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut dan daun salam dalam wajan cekung yang agak besar hingga berbau harum.
  3. Masukkan ayam, aduk-aduk dan masak sampai ayam berubah warna.
  4. Masukkan santan dan air asam, masak di atas api besar sampai mendidih dan ayam hampir matang.
  5. Kecilkan api dan masak terus di atas api sedang hingga ayam lunak dan kuah mengental. Aduk sekali-kali.
  6. Sampai di sini masakan sudah bisa anda nikmati, namanya "Ayam Bumbu Rujak".
  7. Aduk terus menerus pada saat santan mulai mengering dan berubah menjadi minyak supaya ayam tidak gosong.
  8. Pindahkan ayam ke dalam pirex tahan panas beserta sausnya.
  9. Panggang ayam dengan suhu 180°C selama kurang lebih 25 menit sampai ayam berwarna kecoklatan.






Reviews & Comments


  |  2010-02-19 14:48:01

Yeni.Nugraheni-Geiger from Ruhmanssfelden says:

Resepnya top banget




  |  2013-01-10 17:41:50

ayu iren from says:

nyami,......lezat,enak i love you

I love U too..maksudnya I love Ayam Bumbu Rujak too ;-)


  |  2012-07-27 18:25:56

aris muryati from london says:

udah coba,enak bgt!! tapi saya ga nemu kemiri di sini ,udah nyari2 di asian shop ga ada juga,tapi tetep ueenak!. tx

Hallo Aris. Selamat dech ..saya juga senang hasilnya memuaskan anda. Ntar kalau mudik bawa kemiri dari tanah air ;-) Soalnya banyak resep tradisional kita yang pakai kemiri. Gak pakai jg masih enak tapi pakai kemiri lebih mak nyusss....


  |  2012-08-26 22:00:05

riya from jawa timur says:

trima ksihh....!!!siip bgt

makasih kembali Riya. Monggo dicoba resep tradisional yang lain. Salam.. Endang


  |  2012-08-20 22:57:01

galuh from kalimantan says:

.hemm,.enaak....mak nyusz dech pkok x...

Emang betul. Saya sendiri juga gak bosen2 sama menu satu ini :-)


  |  2012-09-15 10:03:34

ranibutheimut from gresik says:

memang mantap tapi tanpa santan dan air asam juga dah enak bgt tinggal diganti ama air biasa aja dan biarkan airnya mengering dan ayam matang tinggal panggang dech. emang masakan indonesia top markotop dech :-)

Hallo Rani. Wow terima kasih infonya. Saya malah nggak tahu kalau tanpa santan rasanya juga enak. Ide yang bagus bagi mereka yang harus membatasi konsumsi santan tapi ingin tetap makan enak ;-) Salam..Endang.


  |  2012-09-27 17:56:00

ranibutheimut from gresik says:

halo juga mbak endang saya tau resep ayam panggang tanpa santan dari ibu saya yang punya catering dan waktu sma ada praktek bikin ayam panggang kata guruku enak tanpa santan jadi gk bkin nambah kolestrolsbnernya smua resep mkanan tu enk yang pnting jangan pelit bumbu dan olah makann sebaik mungkin serta dalam kajian makanan selalu sisipkan manfaatnya untuk tubuh sikonsumsi jangan asal enakxixixixixi:Dhemzzzz jadi pingin bikin ayam panggang ne....hehehehehe :D

Halo Rani, senang Rani mampir lagi ke warung kami. Memang betul, kunci masakan yg enak adalah jangan pelit bumbu! Anyway thx untuk tipp hidup sehat dgn pola makan yang tepat. Jangan sampai dech gara2 makanan Nikmat membawa Sengsara ;-) ...Salam Endang


  |  2014-02-14 08:07:07

idawatul from malang - jawa timur says:

enakkk bgt..maknyuss

Setuju. Masakan khas Jogja ini emang mantap dech..


  |  2012-11-26 17:29:10

fulan from tulungagung says:

hmmm,,,,Nyammmiii,,,Bikin aaaahhh,,,

Hallo Fulan. Ayo cepetan bikinnya...ditanggung nggak nyesel dech :-)


  |  2014-02-14 08:07:34

hakilsa from garum blitar jatim says:

aku mau mencobaa pasti, ,,,,,,nyammiiii

Monggo Boss...Selamat Mencoba & Menikmati Ayam Bumbu Rujak. Masakan khas Jagja yg bikin ketagihan ha ha...


  |  2013-03-17 17:55:00

Miemie from Hongkong says:

Masih mw nyoba

Ayo Miemie..silakan dicoba secepatnya. Jangan pelit bumbu ya ;-) Ditanggung rasanya Mak Nyuss dech. Semoga sukses dengan eksperimennya. Salam....Endang


  |  2013-04-13 23:30:06

eka fitria ayu wanda lestari from situbondo,jawa timur says:

horeeee :D akhirnya aku bisa membuat ayam panggang bumbu rujak..makasiihh yaaa REsepnya topp bangett daahh maknyuuuuuuss :D :D

Hallo Eka. Selamatttttt hasilnya memuaskan. Itu jg harapan terbesar saya. Non Eka pasti bertangan dingin nich :-) Ayo silahkan dicoba resep2 yg lain. Terima kasih juga sudah mampir. Salam...Endang


  |  2013-07-06 10:39:54

ani mardiani from bengkulu says:

aku harus coba masakan ini,mudah-mudahan berhasil biar bisa di rekomendasikan buat rumh makan kami

Ayo silahkan dicoba Ani. Cocok untuk menu restauran. Dijamin enak dech gak akan nyesel. Tuch udah banyak yang nyoba dan hasilnya memuaskan. Semoga sukses percobaannya. Salam...Endang


  |  2013-07-13 20:00:50

komarudin from lampung tengah says:

boss klw menu ini di komersilkan alias buka warung makan mantap kali ya, soal nya saya kepengen buangt punya usaha warung makan.

Boss yang jelas masakan ini emang ces pleng, sudah banyak yg nyoba dan nyangkut di lidah tuch. Ayo saya dukung penuh kalau mau buka usaha. Semoga sukses dan berhasil. Salam....Endang


  |  2014-04-02 23:37:19

vivi from Norway says:

Makasih mba.. resepnya ok punya deh. anakku suka banget ayam bumbu rujak ini. Alhamdulillah bahan masakan di sini tersedia semua. Kemiri dijual ditoko thailand namanya candlenut tapi ya mahal harganya. Poko'e TOP!

Hallo Vivi. Selamat udah uji nyali dan sukses, disukai si kecil lagi ;-) Koki TOP juga nich! Nggak nyangka meski hampir mendekati kutub kemiri masih terakses di Norway ;-). Ayo silahkan uji coba resep yang lain kan bumbu sudah lengkap tuch ;-) . Salam..Endang


Write your own review:

Your rating:

      
      
      
      
      
      

Your name:

Your location:

Write your text:

Write your review:




Copyright @ 2009- 2013 | all rights reserved Lestariweb.com | Design by Lestariweb.com

Contact Us   Sitemap   Impressum & Disclaimer

Thank's a lot for visiting our site. Have fun while cooking and enjoy your meal!

Endang Lestari